JAWA dan kejawen seolah tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.
Kejawen bisa jadi merupakan suatu sampul atau kulit luar dari beberapa
ajaran yang berkembang di Tanah Jawa, semasa zaman Hinduisme dan
Budhisme. Dalam perkembangannya, penyebaran islam di Jawa juga dibungkus
oleh ajaran-ajaran terdahulu, bahkan terkadang melibatkan aspek kejawen
sebagai jalur penyeranta yang baik bagi penyebarannya. Walisongo
memiliki andil besar dalam penyebaran islam di Tanah Jawa. Unsur-unsur
dalam islam berusaha ditanamkan dalam budaya-budaya jawa semacam
pertunjukan wayang kulit, dendangan lagu-lagu jawa , ular-ular ( putuah
yang berupa filsafat), cerita-cerita kuno, hingga upacara-upacara
tradisi yang dikembangkan,khususnya di Kerjaan Mataram (Yogya/Solo).
AJARAN FILSAFAT JAWA DALAM BERBAGAI ASPEK
Konsep tentang Ketuhanan (Tauhid)
“Pangeran iku ora ono sing podho. Mulo ojo nggambar-ngambarake wujuding Pangeran”.
Artinya : Tuhan itu tak ada yang bisa menyamainya. Oleh sebab itu jangan menggambar-gambarkan wujud Tuhan.
“Pangeran iku dudu dewo utowo manungso, nanging sekabehing kang ono iku, uga dewa lan manungso asale soko Pangeran”.
Artinya : Tuhan itu bukan dewa atau manusia, namun segala yang ada itu, termasuk dewa dan manusia itu berasal dari Tuhan.
“Pangeran iku biso ngawohi kahanan opo wae tan keno kinoyo ngopo”.
Artinya: Tuhan itu bisa mengubah segalanya tanpa mungkin dapat diperkirakan manusia.
“Pengeran iku kuwoso tanpo piranti, mulo soko kuwi ojo darbe pengiro yen manungso iku biso dadi wakiling Pangeran”.
Artinya: Tuhan itu berkuasa tanpa menggunakan alat pelengkap apa pun,
oleh sebab itu jangan beranggapan manusia itu dapat mewakili Tuhan.
“Pangeran biso ngerusak kahanan kang wis ora diperlokake, lan biso gawe kahanan anyar kang diperlokake”.
Artinya: Tuhan itu bisa merusak sesuatu yang tidak diperlukan, dan bisa menciptakan sesuatu yang baru yang diperlukan.
“Ora ono kesakten sing mandhi papesthen, awit papesthen iku wis ora ono sing biso murungake”.
Artinya: Tidak ada kesaktian yang bisa menyamai kepastian Tuhan, karena tidak ada yang dapat menggagalkan kepastian Tuhan.
“Owah ono gingasring kahanan iku soko kersaning Pangeran Kang Murbahing Jagad”.
Artinya: Perubahan itu hanya atas kehendak Tuhan Yang Menguasai Jagad (Alam Semesta).
Konsep tentang Hubungan Tuhan dan Manusia
“Weruh marang Pangeran iku ateges wis weruh marang awake dhewe. Lamun
durung weruh awake dhewe, tangeh lamun weruh marang Pangeran”.
Artinya: Mengakui adanya Tuhan berarti sudah mengenal dirinya sendiri.
Jikalau belum mengetahui dirinya sendiri, mustahil dapat mengenal Tuhan.
“Gusti iku sambatan naliko siro lagi nandhang kasengsaraan. Pujinen yen siro lagi nompo kanugerahing Gusti”.
Artinya: Sebutlah nama Tuhan jika engkau sedang menderita sengsara. Bersyukurlah pada-Nya jika engkau mendapat anugerah.
“Gusti iku dumunung ono jeneng siro pribadi, dene ketemune Gusti lamun siro tansah eling”.
Artinya: Tuhan itu ada dalam dirimu sendiri, dan pertemuan dengan-Nya akan terjadi jika engkau senantiasa ingat kepada-Nya.
“Ojo lali saben ari eling marang Pangeran niro. Jalaran sejatine siro iku tansah katunggon Pangeraniro”.
Artinya: Jangan lupa setiap hari untuk mengingat Tuhan. Sebab hakikatnya engkau selalu di jaga oleh Tuhanmu.
“Lamun ono jaman ora kepenak siro ojo lali nyuwun pangapuro marang Pangeran. Jalan Pangeraniro bakal aweh pitulungan”.
Artinya: Jikalau mengalami keadaan (zaman) yang tidak enak, jangan lupa
memohon ampun kepada Tuhan. Karena Tuhan akan memberi pertolongan-Nya
kepadamu.
“Sing sopo nyembah lelembut iku keliru. Jalaran lelembut iku sejatine
rowangiro, lan ora perlu disembah koyo dene menembah marang Pangeran”.
Artinya: Menyembah makhluk halus itu keliru. Sebab makhluk halus itu
sebenarnya adalah temanmu, dan tidak perlu di sembah seperti Tuhan.
“Sing sopo seneng ngerusak katentremaning liyan bakal di bendu dening Pangeran lan dielehake dening tumindake dhewe”.
Artinya: Barang siapa suka merusak ketenteraman orang lain akan
mendapatkan murka Tuhan, dan akan di gugat karena ulahnya sendiri.
Konsep tentang Hakekat Diri
“Lamun siro kepengin wikan marang alam jaman kelanggenan, siro kudu
weruh alamiro pribadi. Lamun siro durung mikani alamiro pribadi adoh
ketemune”.
Artinya: Jikalau engkau ingin mengetahui alam keabadian, engkau harus
lebih dulu mengenali alam pribadimu. Kalau engkau belum mengetahui alam
pribadimu, masih jauhlah alam keabadian itu dari dirimu.
“Lamun siro durung wikan kadangiro pribadi, cubo dulunen siro pribadi”.
Artinya: Jikalau engkau belum mengetahui alam pribadimu, maka tanyakanlah kepada yang mengetahuinya.
“Lamun siro wis mikani alamiro pribadi, alam jalan kalanggengan iku cedhak tanpo senggolan, adoh tanpo wangean”.
Artinya: Jikalau engkau telah mengetahui alam pribadimu, alam abadi akan
menjadi dekat tanpa dengan menyentuhnya, jauh dari dirimu tanpa ada
yang membatasinya.
“Lamun siro wis mikani alamiro pribadi, mara siro mulango marang wong kang durung wikan”.
Artinya: Jikalau engkau telah mengetahui alam pribadimu, hendaklah engkau mengajarkannya kepada yang belum mengetahui.
“Kadangiro pribadi ora bedo karo jeneng siro pribadi, gelem nyambut gawe”.
Artinya: Terkadang pribadimu itu tidaklah berbeda dengan dirimu sendiri, suka bekerja.
“Kahanan kang ono iki ora suwe. Mesthi ngalami owah gingsir. Mulo ojo lali marang sapadha-padhaning tumitah”.
Artinya: Keadaan yang ada ini tak akan lama. Pasti mengalami perubahan. Oleh karena itu jangan melupakan sesama makhluk hidup.
“Rame ing gawe, sepi ing pamrih”.
Artinya: Selalu rajin bekerja dan tidak mengharapkan pamrih.
“Kudu angon wektu”.
Artinya: Harus pandai memperhatikan suasana.
Konsep tentang Hidup
“Donya iki dalan iyo kudu diambah mesthine. Amanging dudu benere yen
dirungkebana. Sing sopo ngambah dalan kudu sumurup kang ono ing ngarepa
sanadyan diparanono mung bakal diliwati bae”.
Artinya: Dunia ini ibarat jalan yang harus ditempuh seperti semestinya.
Tapi bukan kebenaran yang dituju. Siapa bakal menempuh jalan harus tahu
yang di depannya, meskipun akan didatangi, hanya di lewati saja.
“Urip iku ing donya tan lami. Umpamane jibeng menyang pasar tan langgeng
neng pada wae, tan wurung nuli mantuk raring wismane sangkane uni. Ing
mengko ojo samar sangkan paranipun ing mengko podho weruh yen asale
sangkan paran duking nguni ojo nganti kesasar”.
Artinya: Hidup di dunia ini tidak akan lama, ibarat manusia pergi ke
pasar, akan segera kembali ke rumah asalnya tadi, karena itu jangan
sampai ragu-ragu tehadap asal-usulnya, agar jangan sampai salah jalan.
Secara singkat, pesan ini mau menunjukkan bahwa di dunia ini hanya
sekedar mampir ngombe (singgah untuk minum), karena suatu saat akan
kembali kepada Tuhan.
“Sing sopo mung arep gawe seriking liyan, kuwi uga arep memahi ciloko”.
Artinya: Barang siapa yang membuat sakit hati orang lain, ia juga akan celaka.
“Sing sopo seneng udur, iku bakal keno bebendu dening Pangeran”.
Artinya: Barang siapa yang suka bertengkar, akan terkena amarah/hukuman Tuhan.
“Wani marang penggawe kang ora bener, kuwi kagolong titah kang ora becik tumindakake”.
Artinya: Berani menjalankan perbuatan yang tidak baik, itu tergolong makhluk yang tidak baik tabiatnya.
“Mungsuh sing wis nungkul ojo dipateni”.
Artinya: Musuh yang sudah menyerah jangan di bunuh.
Konsep tentang Keluarga
“Sing sopo mung arep oleh wae nanging emoh kangelan, iku aran wong
kesed. Iku kabeh ojo ditiru, jalaran keluwargo lan bongso uga rugi”.
Artinya: Barang siapa yang hanya ingin enaknya saja, tapi tidak suka
bekerja keras, itu orang yang malas. Itu semua jangan ditiru, sebab
keluarga dan bangsa juga rugi.
“Wong tuwo kudu memulung kang prayogo marang putra wayah”.
Artinya: Orang tua harus mengajarkan yang baik dan pantas kepada anak cucunya.
“Anane keluwargo apik margo wong-wonge becik. Mulo ojo darbe pengiro lamun wong-wonge podho olo kaluwargane bisa becik”.
Artinya: Kaluarga akan baik jika anggota keluargnya baik. Oleh karena
itu jangan berpikir bahwa keluarga akan menjadi baik jika anggotanya
tidak baik.
Sedulur iku apik lamun kabeh darbe panjangka amrih rahayu”.
Artinya: Saudara itu baik kalau semuanya mencita-citakan kebahagiaan.
“Wong tuwo ora keno dadi mungsuhe anake”.
Artinya: orang tua tidak boleh menjadi musuh anaknya sendiri.
“Cedhak keluwargo kang becik, ugo senajan ketularan becik”.
Artinya: Dekat dengan keluarga yang baik, tentu akan ketularan yang baik.
“Mikul dhuwur, mendem njero”.
Artinya: Memikul tinggi-tinggi, memendam dalam-dalam (nasehat agar anak
bisa menjaga nama baik keluarga dan menutup rapat aib keluarga)
Konsep tentang Kehidupan Bertetangga
“Tonggo iku podho karo bapa biyung”.
Artinya: Tetangga itu sama dengan bapak dan ibu.
“Sing sopo ora seneng tetanggan, klebu wong kang ora becik”.
Artinya: Barang siapa yang tidak suka hidup bertetangga tergolong orang yang tidak baik.
“Tonggo kang ora becik atine ojo dicedhaki, nanging ojo dimusuhi”.
Artinya: Tetangga yang tidak baik hatinya jangan di dekati, tetapi jangan pula di musuhi.
“Tonggo iku singkirono lamun darbe sipat kang kurang prayogo”.
Artinya: Jauhi tetangga yang mempunyai sifat tidak sepantasnya.
“Tetangga iku kadyo ulo umpamane, keno diingu nanging yo gelem nyokot”.
Artinya: Tetangga itu seumpama ular, bisa dipelihara tapi juga mau menggigit.
“Tonggo sing gelem tetulung iku titenono. Yen mangku arep iku bakal
ketoro. Nanging yen sarana bebarengan urip bakal dadi konco selawase”.
Artinya: Perhatikan tetangga yang suka menolong. Kalau punya pamrih
pasti lekas terlihat. Tetapi kalau hanya sebagai sarana hidup bersama,
akan menjadi teman selamanya.
Konsep tentang Menuntut Ilmu
“Ngelmu iku kalakone kanthi laku. Lekase lawan kas. Tegese kas nyantosani. Setya budya pangekese dur angkoro”.
Artinya: Menuntut ilmu itu harusnya disertai dengan laku prihatin.
Dimulai dengan niat/kemauan. Kemauan keras yang membuat sentosa. Budi
setia penghancur nafsu angkara.
“Sasmitaning ngaurip puniki yekti ewuh yen nora weruha. Tan jumeneng ing
uripe. Sakeh kang ngaku-aku pangrasane pan wus utami, tur durung weruh
ing rasa, rasa kang satuhu rasaning rasa punika. Upayanen darapon
sampurneng dhiri ing kauripaniro”.
Artinya: Makna kehidupan itu sungguh sayang bila tak tahu. Tidak kokoh
hidupnya. Banyak orang mengaku perasaaanya sudah utama, padahal belum
tahu rasa, rasa yang sesungguhnya. Hakikat rasa itu adalah usahakan
supaya diri sempurna dalam kehidupan.
“Yen siro nggeguru kaki amiliha manungsa kang nyoto. Ingkang becik
martabate sarto kang weruh ing khukum. Kang ibadah lan kang wirangi
sukur oleh wong topo. Iya kang wus mungkul tan mikir piwewehing liyan.
Iku pantes gurunono kaki sertane kawrihana”.
Artinya: Jika kamu berguru pilihlah manusia nyata. Yang baik martabatnya
serta tahu hukum. Yang hidupnya untuk beribadah, sederhana, senantiasa
bersyukur. Yang sudah menanggalkan pamrih pemberian orang. Itulah orang
yang pantas kamu jadikan guru.
“Lamun ono wong micoro ilmu, tan mufakat ing patang prekoro, ojo siro
age-age. Anganggep nyatanipun saringono dipun bersih limbangen kang
patang prekoro rumuhun dalile qur'an hadis lan ijmak lan kiyase papat
iku salah siji adate kang mufakat”.
Artinya: Kalau ada orang yang bicara ilmu, tak setuju empat perkara,
jangan cepat-cepat percaya padanya. Saringlah yang teliti, pertimbangkan
empat hal perkara terdahulu, dalil qur'an hadits dan ijma` dan keempat
Qiyas. Semua telah disepakati.
“Wong kang ahli sastra ingarane luhur sastrane. Layak yen mangsi lan
kertas. Pantes yen luhur ngakal ning sastra suraosipun. Luhur sejatining
sastra, sastra praboting negoro. Lumaku saben dino mang migar pradata
hukum, sanadyan tan kanthi ngakal”.
Artinya: Orang yang ahli sastra disebut luhur sastranya. Tepat jika
tinta dan kertas. Pantas jika luhur akalnya pada sastra maknanya. Luhur
sejatinya sastra, sastra sarana negara. Berjalan tiap hari serta wujud
perdata hukum, meskipun tiada diukur dengan akal.
Konsep tentang Kepemimpinan dan Bernegara
“Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”.
Artinya: Seorang pemimpin itu harus bisa berada di depan sebagai suri
tauladan, harus bisa berada di tengah untuk senantiasa membaur dengan
rakyatnya dan sebagai pengayom, dan harus bisa berada di belakang
sebagai motivator demi kemajuan yang dipimpinnya.
“Lamun ono penguasane asale soko wong olo, iku ora luwes bakal konangan
alane. Sebab kabeh mau wis kewoco soko tumindhake panguasa mau”.
Artinya: Jikalau ada penguasa yang tidak berasal dari orang yang baik,
tiada lama pastinya akan ketahuan jeleknya. Sebab akan tampak dari
tindakan si penguasa itu.
“Janma iku tan keno kiniro kinoyo ngopo. Mula ojo siro seneng ngaku lan rumongso pinter dhewe”.
Artinya: Sifat manusia itu walau bagaimanapun tidak bisa diterka dan
diduga-duga. Oleh karena itu janganlah engkau suka mengaku dan merasa
paling pandai.
“Ratu iku durung mesthi kepenak uripe, lamun ora biso ngaweruhi kawulane”.
Artinya: Penguasa itu belum tentu enak hidupnya, bila tak mengetahui aspirasi rakyatnya.
“Ratu kang mung seneng uripe margo akeh bandane, ing tembe matine ora kajen. Mulo dadi ratu ojo sawiyah-wiyah marang kawulane”.
Artinya: Penguasa yang enak hidupnya hanya karena banyak harta benda
kelak matinya tak akan terhormat. Oleh sebab itu jangan kejam dan
sewenang-wenang terhadap rakyatnya.
“Ratu kang murang sarak iku ojo diajeni, jalaran ratu kang koyo mengkono iku gawe rusaking negoro”.
Artinya: Penguasa yang kejam dan serakah jangan dihormati, sebab penguasa yang seperti itu akan merusak negara.
“Ratu iku kudu gawe tentrem poro kawulane, mergo yen ora mengkono biso dadi kawulane ngrebut negoro”.
Artinya: Penguasa itu harus bisa membuat tenteram rakyanya, karena jika tidak rakyatnya akan merebut kekuasaan dalam negara itu.
“Pathokaning negoro iku dumunung ono angger-anggering negoro”.
Artinya: Tiang sebuah negara itu terletak pada undang-undang negara.
“Dhasaring negoro iku ono limo, kapisan paserah anane negara iki marang
kang Murbeng Dumadi. Kapindo percoyo marang anane manungso iku soko kang
Murbeng Dumadi. Kaping telu ojo siro ngilwatake bongso niro pribadi.
Kaping papat siro ojo mung kepingin menang dhewe, mulo perlu rerembungan
amrih becike. Kaping limo kewajiban aweh sandhang kalawan pangan lan
uga njogo katentraman lahir kalawan batin”.
Artinya: Dasar sebuah negara itu ada lima. Pertama, pasrah adanya negara
kepada Tuhan. Kedua, percaya bahwa manusia itu adanya dari Tuhan.
Ketiga, jangan mengabaikan bangsamu sendiri. Keempat, engkau jangan
ingin menang sendiri, karena itu harus suka bermusyawarah bagaimana
baiknya. Kelima, berkewajiban memberi sandang dan papan serta
ketenteraman lahir batin.
“Bongso iku minangka sarana kuwating negoro. Mulo ojo ngiwarake
kebangsaniro pribadi. Supoyo kenugerahan bongso kang handana warih”.
Artinya: Bangsa itu sebagai sarana kuatnya negara. Oleh karena itu
janganlah mengabaikan rasa kebangsaanmu sendiri, agar memiliki bangsa
yang berjiwa kesatria.
“Poro mudo ojo ngungkurake kawruh kang nyoto, amrih karya ungguling bongso lan biso gawe rahayuning sesama”.
Artinya: Para pemuda jangan mengabaikan ilmu pengetahuan yang nyata,
agar negaranya menjadi makmur dan dapat membuat keselamatan sesamanya.
Sungguh, dengan memahami setiap makna dari falsafah di atas, maka
terlihat jelas bahwa orang Jawa masa lampau memiliki budaya yang sangat
tinggi. Dan ini baru segelintirnya saja, karena masih banyak lagi yang
lain namun tidak bisa disampaikan disini. Sehingga tidak salah bila
dikatakan melebihi peradaban bangsa-bangsa lain di dunia.
Sebuah kebanggaan yang tak terkira, karena leluhur kita telah mewariskan
sesuatu yang sangat berharga. Tapi, sangat disayangkan bahwa saat ini
banyak dari kita – termasuk orang etnis Jawa – yang sudah tidak lagi
memahami falsafah ini. Bahkan tinggal sedikit saja yang masih mengenal
dan mau mengenalinya. Sehingga tidak usah heran bila keadaan negara ini
pun terkena dampak buruknya. Makin lama maka kian carut marut saja
tatanan kehidupannya, karena para pemimpinnya sendiri – khususnya orang
Jawa – sudah tidak mau lagi menjadikan falsafah Jawa ini sebagai pedoman
hidup. Sehingga yang tertinggal hanyalah “Akeh wong jowo, ning ora jowo
: Banyak orang Jawa, tapi tidak jowo (benar)“
Dalam pertunjukan wayang kulit yang paling dikenal adalah cerita tentang
Serat Kalimasada (lembaran yang berisi mantera/sesuatu yang sakral)
yang cukup ampuh dalam melawan segala keangkaramurkaan dimuka bumi.
Dalam cerita itu dikisahkan bahwa si pembawa serat ini akan menjadi
sakti mandraguna. Tidak ada yang tahu apa isi serat ini. Namun diakhir
cerita, rahasia dari serat inipun dibeberkan oleh dalang. Isi serat
Kalimasada berbunyi "Aku bersaksi tiada Tuhan Selain Allah dan Aku
bersaksi Muhammad adalah utusan-Nya" ,isi ini tak lain adalah isi dari
Kalimat Syahadat.
Dalam pertunjukan wayangpun sang wali selalu mengadakan di halaman
masjid, yang disekelilingnya di beri parit melingkar berair jernih. Guna
parit ini tak lain adalah untuk melatih para penonton wayang untuk
wisuh atau mencuci kaki mereka sebelum masuk masjid. Simbolisasi dari
wudu yang disampaikan secara baik.
Dalam perkembangan selanjutnya, sang wali juga menyebarkan lagu-lagu
yang bernuansa simbolisasi yang kuat. Yang terkenal karangan dari Sunan
Kalijaga adalah lagu Ilir-Ilir. Memang tidak semua syair menyimbolkan
suatu ajaran islam, mengingat diperlukannya suatu keindahan dalam
mengarang suatu lagu. Sebagian arti yang kini banyak digali dari lagu
ini di antaranya :
Tak ijo royo-royo tak senggoh penganten anyar : Ini adalah sebuah diskripsi mengenai para pemuda, yang dilanjutkan dengan,
Cah angon,cah angon, penekna blimbing kuwi, lunyu-lunyu penekna kanggo
seba mengko sore : Cah angon adalah simbolisasi dari manusia sebagai
Khalifah Fil Ardh, atau pemelihara alam bumi ini (angon bhumi). Penekno
blimbing kuwi,mengibaratkan buah belimbing yang memiliki lima segi
membentuk bintang. Kelima segi itu adalah pengerjaan rukun islam (yang
lima) dan Salat lima waktu. Sedang lunyu-lunyu penekno , berarti, tidak
mudah untuk dapat mengerjakan keduanya (Rukun islam dan salat lima
waktu) ,dan memang jalan menuju ke surga tidak mudah dan mulus. Kanggo
sebo mengko sore, untuk bekal di hari esok (kehidupan setelah mati).
Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane : Selagi masih
banyak waktu selagi muda, dan ketika tenaga masih kuat, maka lakukanlah
(untuk beribadah).
Memang masih banyak translasi dari lagu ini, namun substansinya sama,
yaitu membumikan agama,menyosialisasikan ibadah dengan tidak lupa tetap
menyenangkan kepada pengikutnya yang baru.
Dalam lagu-lagu Jawa, ada gendhing bernama Mijil,Sinom, Maskumambang,
kinanthi, asmaradhana, hingga megatruh dan pucung. Ternyata kesemuanya
merupakan perjalanan hidup seorang manusia. Ambillah Mijil,yang berarti
keluar, dapat diartikan sebagai lahirnya seorang jabang bayi dari rahim
ibu. Sinom dapat di artikan sebagai seorang anak muda yang bersemangat
untuk belajar.Maskumambang berarti seorang pria dewasa yang cukup umur
untuk menikah, sedangkan untuk putrinya dengan gendhing Kinanthi. Proses
berikutnya adalah pernikahan atau katresnan antar keduanya disimbolkan
dengan Asmaradhana. Hingga akhirnya Megatruh, atau dapat dipisah
Megat-Ruh. Megat berarti bercerai atau terpisah sedangkan ruh adalah Roh
atau jiwa seseorang. Ini proses sakaratul maut seorang manusia. Sebagai
umat beragama islam tentu dalam prosesi penguburannya ,badan jenazah
harus dikafani dengan kain putih, mungkin inilah yang disimbolkan dengan
pucung (atau Pocong).
Kesemua jenis gendhing ditata apik dengan syai-syair yang beragam,
sehingga mudah dan selalu pas untuk didendangkan pada masanya.
Ada banyaknya filsafat Jawa yang berusaha diterjemahkan oleh para wali,
menunjukkan bahwa walisongo dalam mengajarkan agama selalu dilandasi
oleh budaya yang kental. Hal ini sangat dimungkinkan, karena masyarakat
Jawa yang menganut budaya tinggi, akan sukar untuk meninggalkan budaya
lamanya ke ajaran baru walaupun ajaran tesebut sebenarnya mengajarkan
sesuatu yang lebih baik,seperti ajaran agama islam . Sistem politik Aja
Nabrak Tembok (tidak menentang arus) diterapkan oleh para dunan..
Dalam budaya jawa sebenarnya sangat sarat dengan filsafat hidup
(ular-ular). Ada yang disebut Hasta Brata yang merupakan teori
kepemimpinan, berisi mengenai hal-hal yang disimbolisasikan dengan benda
atau kondisi alam seperti Surya, Candra, Kartika, Angkasa,
Maruta,Samudra,Dahana dan Bhumi.
1. Surya (Matahari) memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan.
Pemimpin hendaknya mampu menumbuhkembangkan daya hidup rakyatnya untuk
membangun bangsa dan negaranya.
2. Candra (Bulan) , yang memancarkan sinar ditengah kegelapan malam.
Seorang pemimpin hendaknya mampu memberi semangat kepada rakyatnya
ditengah suasana suka ataupun duka.
3. Kartika (Bintang), memancarkan sinar kemilauan, berada ditempat
tinggi hingga dapat dijadikan pedoman arah, sehingga seorang pemimpin
hendaknya menjadi teladan bagi untuk berbuat kebaikan
4. Angkasa (Langit), luas tak terbatas, hingga mampu menampung apa saja
yang datang padanya.Prinsip seorang pemimpin hendaknya mempunyai
ketulusan batin dan kemampuan mengendalikan diri dalam menampungpendapat
rakyatnya yang bermacam-macam.
5. Maruta (Angin), selalu ada dimana-mana tanpa membedakan tempat serta
selalu mengisi semua ruang yang kosong. Seorang pemimpin hendaknya
selalu dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat da martabatnya.
6. Samudra (Laut/air), betapapun luasnya, permukaannya selalu datar dan
bersifat sejuk menyegarkan. Pemimpin hendaknya bersifat kasih sayang
terhadap rakyatnya.
7. Dahana (Api), mempunyai kemampuan membakar semua yang bersentuhan
dengannya. Seorang pemimpin hendaknya berwibawa dan berani menegakkan
kebenaran secara tegas tanpa pandang bulu.
8. Bhumi (bumi/tanah), bersifat kuat dan murah hati. Selalu memberi
hasil kepada yang merawatnya. Pemimpin hendaknya bermurah hati
(melayani) pada rakyatnya untuk tidak mengecewakan kepercayaan
rakyatnya.
Dalam teori kepemimpinan yang lain ada beberapa filsafat lagi yang
banyak dipakai , agar setiap pemimpin (Khususnya dari Jawa) memiliki
sikap yang tenang dan wibawa agar masyarakatnya dapat hidup tenang dalam
menjalankan aktifitasnya seperti falsafah : Aja gumunan, aja kagetan
lan aja dumeh.Maksudnya, sebagai pemimpin janganlah terlalu
terheran-heran (gumun) terhadap sesuatu yang baru (walau sebenarnya amat
sangat heran), tidak menunjukkan sikap kaget jika ada hal-hal diluar
dugaan dan tidak boleh sombong (dumeh) dan aji mumpung sewaktu menjadi
seorang pemimpin.Intinya falsafah ini mengajarkan tentang menjaga sikap
dan emosi bagi semua orang terutama seorang pemimpin.
Falsafah sebagai seorang anak buahpun juga ada dalam ajaran Jawa, ini
terbentuk agar seorang bawahan dapat kooperatif dengan pimpinan dan
tidak mengandalakan egoisme kepribadian, terlebih untuk mempermalukan
atasan, seperti digambarkan dengan, Kena cepet ning aja ndhisiki, kena
pinter ning aja ngguroni,kena takon ning aja ngrusuhi. Maksudnya, boleh
cepat tapi jangan mendahului (sang pimpinan) , boleh pintar tapi jangan
menggurui (pimpinan), boleh bertanya tapi jangan menyudutkan pimpinan.
Intinya seorang anak buah jangan bertindak yang memalukan pimpinan,
walau dia mungkin lebih mampu dari sang pimpinan. Sama sekali falsafah
ini tidak untuk menghambat karir seseorang dalam bekerja, tapi, inilah
kode etik atau norma yang harus di pahami oleh tiap anak buah atau
seorang warga negara, demi menjaga citra pimpinan yang berarti citra
perusahaan dan bangsa pada umumnya. Penyampaian pendapat tidak harus
dengan memalukan,menggurui dan mendemonstrasi (ngrusuhi) pimpinan, namun
pasti ada cara diluar itu yang lebih baik. Toh jika kita baik ,tanpa
harus mendemonstrasikan secara vulgar kebaikan kita, orang pun akan
menilai baik.
Dalam kehidupan umum pun ada falsafah yang menjelaskan tentang The Right
Man on the Right Place (Orang yang baik adalah orang yang mengerti
tempatnya). Di falsafah jawa istilah itu diucapakan dengan Ajining diri
saka pucuke Lathi, Ajining raga saka busana. Artinya harga diri
seseorang tergantung dari ucapannya dan sebaiknya seseorang dapat
menempatkan diri sesuai dengan busananya (situasinya). Sehingga tak
heran jika seorang yang karena ucapan dan pandai menempatkan dirinya
akan dihargai oleh orang lain. Tidak mengintervensi dan memasuki dunia
yang bukan dunianya ini ,sebenarnya mengajarkan suatu sikap yang
dinamakan profesionalisme, yang mungkin agak jarang dapat kita jumpai
(lagi). Sebagai contoh tidak ada bedanya seorang mahasiswa yang pergi ke
kampus dengan yang pergi ke mal , dan itu baru dilihat dari segi
busana/bajunya , yang tentu saja baju akan sangat mempengaruhi tingkah
laku dan psikologi seseorang.
Falsafah Sedulur papat limo pancer
Falsafah Sedulur Papat Kalima Pancer adalah falsafah Jawa Kuno yang
memiliki makna spiritual teramat dalam. Kelima elemen dasar dalam
falsafah tersebut berbicara tentang kelahiran seorang manusia (jabang
bayi) yang tidak lepas dari empat duplikasi penyertanya. Duplikasi
tersebut dimaknai sebagai sedulur (saudara) yang tak kasat mata, yang
akan menyertai kehidupan seseorang sejak lahir hingga matinya. Mereka
itu antara lain:
1. Watman : yaitu rasa cemas / kawatir dari seorang ibu ketika hendak
melahirkan anaknya. Ibu harus berjuang antara hidup dan mati dalam
proses kelahiran. Watman adalah saudara tertua yang menyiratkan betapa
utamanya sikap menaruh hormat dan sujud pada orang tua khususnya ibu.
Kasih sayang, perhatian dan doa ibu adalah kekuatan yang akan mengiringi
perjalanan hidup sang anak.
2. Wahman : yaitu kawah atau air ketuban. Fungsi air ketuban adalah
menjaga agar janin dalam kandungan tetap aman dari goncangan. Ketika
proses kelahiran terjadi, air ketuban pecah dan musnah menyatu dengan
alam, namun secara metafisik ia tetap ada sebagai saudara penjaga dan
pelindung.
3. Rahman : yaitu darah persalinan. Darah adalah gambaran kehidupan,
nyawa dan semangat. Darah persalinan pada akhirnya musnah dan menyatu
dengan alam, namun secara metafisik ia tetap ada sebagai saudara yang
memberi semangat dalam perjuangan mengarungi kehidupan. Darah juga
gambaran kesehatan jasmani dalam hidup seseorang.
4. Ariman : yaitu ari-ari atau plasenta. Fungsi ari-ari adalah sebagai
saluran makanan bagi janin dalam kandungan. Ariman adalah saudara tak
kasat mata yang menolong seseorang untuk dapat mencari nafkah dan
memelihara kehidupannya. Dan
5. Pancer (Pusat) yaitu si jabang bayi itu sendiri. Ketika jabang bayi
itu lahir, tumbuh dan dewasa, maka ia tidaklah sendirian. Keempat
saudaranya Watman, Wahman, Rahman dan Ariman senantiasa menemani secara
metafisik.
Mereka adalah saudara penolong dalam mengarungi kehidupan hingga
seseorang kembali lagi pada Sang Pencipta. Pancer atau Pusat juga
dimaknai sebagai "Ruh" yang ada dalam diri manusia, yang akan
mengendalikan kesadaran seseorang agar tetap "eling lan waspodo", ingat
pada Sang Pencipta dan menjadi insan yang bijaksana. Jadi sedulur papat
berperan sebagai potensi / energi aktif, sedangkan pancer sebagai
pengendali kesadarannya. Kesadaran kosmik tentang adanya saudara
penyerta dalam falsafah Sedulur 4 Ka-5 Pancer pada akhirnya akan
mengaktifkan potensi dalam diri seseorang.
Seseorang yang mampu menggali potensi Sedulur Papat Kalima Pancer akan
menjadi seseorang yang sukses seutuhnya. Pada tingkat kesadaran tertentu
orang tersebut bahkan dipercaya dapat mencapai "kesaktian" yang
supranatural. Dalam persepsi moralitas dan spiritualitas, orang yang
memiliki kesadaran Sedulur Papat Kalima Pancer dapat dimaknai sebagai
orang yang memiliki etika tinggi. Etika ini mencakup seluruh aspek
kehidupan manusia dalam berbagai hubungan dan perannya dalam masyarakat.
Dalam keluarga, pekerjaan, pendidikan, kerohanian, kesehatan maupun
hubungan-hubungan sosial lainnya. Banyak orang mengklaim dirinya sukses,
tapi hanya dalam bisnis saja, sedangkan rumah tangganya berantakan,
tubuhnya sakit-sakitan, jiwanya tertekan. Ini bukan sukses yang sejati.
Falsafah Sedulur 4 Ka-5 Pancer merupakan falsafah dasar yang kemudian
dapat dikembangkan dalam berbagai pakem-pakem Jawa. Misalnya pakem
tentang hari-hari Jawa, yaitu pasaran Legi (Timur), Pahing (Selatan),
Pon (Barat), Wage (Utara) dan Kliwon (Tengah/Pusat).
Dalam tradisi pewayangan juga dikenal tokoh Punakawan: Semar, Petruk,
Gareng, Bagong yang menemani dan melayani tokoh pusat yaitu Arjuna. Hal
ini juga menggambarkan keempat kuda pada kereta perang Arjuna yang
dikendalikan oleh kusirnya yaitu Krisna.
Pada periode Islam Jawa, dikenal pula keyakinan tentang malaikat
penyerta yaitu Jibril, Mikail , Isrofil, dan Ijro'il yang akan membawa
seseorang mencapai Sidrathul Muntaha atau menyertai hidup manusia hingga
mati menghadap kepada Sang Ilahi.
Seperti yang sudah-sudah, falsafah Jawa selalu sarat dengan
perlambangan, sehingga ia kaya akan interpretasi tanpa mengeliminir
substansi-nya. Demikian pula falsafah Sedulur 4 Ka-5 Pancer, secara
normatif dapat berupa perlambangan untuk makna yang jauh labih hakiki.
Sedulur 4 menggambarkan elemen dasar dalam diri manusia (ego) yaitu
Cipta, Rasa, Karsa dan Karya.
1. CIPTA adalah pikiran, sumber dari segala logika, idea, imajinasi,
kreativitas dan ambisi. Pikiran adalah manipulasi otak atas informasi
untuk membentuk konsep, penalaran dan pengambilan keputusan.
2. RASA adalah emosi atau reaksi afekif atas peristiwa dan pengalaman
hidup. Berbagai ekspresi emosi begitu kaya, bahkan jauh lebih kaya
daripada bahasa yang dapat mengungkapkannya.
3. KARSA adalah kehendak atau niat, yaitu motivasi dalam diri individu
untuk melaksanakan keputusan dan rencananya. Seseorang dapat termotivasi
oleh rangsangan dari luar, namun sebaliknya juga dari dalam dirinya
sendiri.
4. KARYA adalah tindakan, yaitu aspek psikomotor dalam diri individu
yang menghasilkan suatu wujud konkret, sehingga dapat dikenali dan
berdampak bagi lingkungan sekitarnya.
Keempat elemen dasar dalam diri manusia di atas akan menjadi “efektif”
apabila manusia tersebut dikontrol oleh Pancer / kunci yang disebut
dengan KESADARAN yang biasa diistilahkan dengan “eling”. Di sinilah
letak perjuangan spiritual sesungguhnya. Ketika katup-katup kesadaran
mampu dibuka, maka potensi 4 elemen dasar manusia akan menjadi kekuatan
“quantum” yang luar biasa, memiliki daya ledak, menjadikan seseorang
menjadi insan seutuhnya, sukses lahir batin, satria pinandhito sinisihan
wahyu!
Masih banyak filsafat Jawa yang mungkin, tidak dapat diuraikan satu
persatu, terlebih keinginan saya bukan untuk banyak membahas hal ini,
mengingat ini bukan bidang saya, namun kami hanya ingin memberikan suatu
wacana umum kepada pembaca, bahwa, banyak sekali ilmu yang dapat kita
gali dari budaya (Jawa) kita saja, sebelum kita menggali budaya luar
terlebih hanya meniru (budaya luar)-nya saja.
Semoga dengan adanya tulisan ini semakin menyadarkan kehidupan kita,
bahwa di dalam diri kita ini – khususnya warisan leluhur – telah
memiliki kemampuan yang besar dan tidak akan kalah dengan bangsa lainnya
di dunia. Agar kian bertambah cinta pada warisan leluhur dan terus
percaya diri demi kemajuan negara.