Pembagian bid'ah menjadi dua yakni bid'ah hasanah (baik) dan bid'ah
dhalalah (sesat) merupakan perspektif yang disepakati oleh Sahabat, dan
para ulama salaf seperti Imam Syafi'i, Nawawi, Imam Suyuti, dan
lain-lain.
Dalam pengertian yang umum, bid'ah adalah segala sesuatu perilaku yang
tidak dilakukan oleh Nabi Muhammad. Pengertian yang khusus adalah segala
bentuk ibadah yang tidak disyariatkan oleh Rasulullah. Hukum bid'ah
adalah haram. Namun bid'ah yang haram itu adalah bid'ah dalam soal
ibadah sebagaima dikatakan dalam kaidah fikih bahwa "hukum asal dari
ibadah adalah haram". Adapun bid'ah yang bukan ibadah hukumnya boleh
karena dalam kaidah fiqih dikatakan "hukum asal dari segala sesuatu
(muamalah, adat, non-ibadah) adalah boleh."
إِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ، وَأَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْيُ
مُحَمَّدٍ، وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ،
وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلُّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.
"Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah kitab Allah, dan
sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad SAW, dan seburuk-buruk
perkara adalah perkara baru, setiap perkara baru adalah bid'ah, dan
setiap bid'ah itu sesat dan setiap kesesatan itu tempatnya di neraka."
(HR. An-Nasa'i)
Hadits ini merupakan salah satu dari sekian banyak hadits yang berbicara
tentang bid'ah. Namun untuk memahami perkara bid'ah ini tidak asal
begitu saja kita pahami secara harfiah atau tekstual dari hadits
tersebut, sehingga siapapun menjadi mudah untuk mengklaim
saudara-saudaranya semuslim yang melakukan satu perkara yang tidak
pernah dilakukan di zaman nabi SAW kita anggap sebagai pelaku bid'ah
yang sesat, dan jika ia sesat berarti tempatnya di neraka. Agar tidak
berkesan tergesa-gesa ada baiknya kita memahami terlebih dahulu masalah
ini melalui kajian-kajian dari para ulama salafush-shalih kita yang
telah terebih dahalu mengkajinya.
Definisi Bid'ah
Untuk mengetahui pengertian bid'ah yang benar maka kita harus terlebih
dahulu memahami arti bid'ah secara bahasa (etimologi) dan istilah
(terminologi/syariat).
Pendefinisian Bid’ah
Imam an-Nawawi mengatakan bid’ah sebagai perbuatan yang tidak ada contoh sebelumnya,
أن البدعة كل ما عمل على غير مثال سبق
“setiap perkara yang dilakukan yang mana padanya tidak ada contoh sebelumnya”
dan didalam Tahdzibul Asmaa’ wal Lughaat, beliau mendefinisikan :
بدع: البِدعة بكسر الباء في الشرع هي إحداث ما لم يكن في عهد رسول الله -
صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وهي منقسمة إلى: حسنة وقبيحة
“Bid’ah didalam syara’ adalah mengada-adakan perkara yang tidak ada pada
masa Rasulullah shalullah shallallahu ‘alayhi wa sallam, dan itu
terbagi menjadi hasanah dan qabihah”.
Sulthanul ‘Ulamaa’ al-Imam ‘Izzuddin bin Abdissalam didalam kitabnya Qawa’idul Ahkam mendefinisikan bid’ah sebagai berikut :
البدعة فعل ما لم يعهد في عصر رسول الله - صلى الله عليه وسلم -. وهي
منقسمة إلى: بدعة واجبة، وبدعة محرمة، وبدعة مندوبة، وبدعة مكروهة، وبدعة
مباحة، والطريق في معرفة ذلك أن تعرض البدعة على قواعد الشريعة
“Bid’ah adalah melakukan sesuatu yang tidak ada masa masa Rasulullah
shallallahu ‘alayhi wa sallam, dan itu terbagi menjadi ; bid’ah wajibah,
bid’ah muharramah, bid’ah mandzubah, bid’ah makruhah dan bid’ah
mubahah, sedangkan metode dalam mengetahui pembagian yang demikian untuk
menjelaskan bid’ah berdasarkan kaidah-kaidah syariah”.
Berdasarkan definisi ini, setiap sesuatu apapun terkait syara’ yang
tidak ada pada masa Rasulullah maka itu dinamakan sebagai bid’ah.
Sehingga apa yang dilakukan hanya atas inisiatif sahabat Nabi pasca
wafatnya Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam, itu adalah perkara baru
yang bid’ah. Namun perlu di ketahui, bahwa perkara baru ini dilakukan
oleh sahabat Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam, yang mana para sahabat
merupakan orang-orang yang mendapatkan petunjuk sehingga perkara baru
yang mereka lakukan walaupun kadang terjadi perselisihan diantara mereka
tetap saja disebut sebagai sunnah. Yaitu bid’ah yang hakikatnya adalah
sunnah. 95 Sunnah yang dimaksud adalah sunnah dalam pengertian kebiasaan
umum bukan khusus. Sebab dalam pengertian khusus hanya di sandarkan
pada Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam baik berupa perkataan, perbuatan
maupun taqrir beliau.
Definisi ulama lainnya memang ada kemungkinan berbeda tergantung dari
sudut pandang apa mereka mendefinisikannya, sehingga nantinya cara
memahami pun akan terjadi perbedaan namun pada hakikatnya sebenarnya
sama.
Bid'ah Menurut Bahasa (Etimologi)
Yaitu hal baru yang disisipkan pada syariat setelah setelah ia sempurna.
Ibnu As-Sikkit berpendapat bahwa bid'ah adalah segala hal yang baru.
Sementara istilah pelaku bid'ah (baca: mubtadi') menurut adat terkesan
tercela.
Adapun Abu Adnan berpendapat bahwa bid'ah adalah melakukan satu
perbuatan yang nyaris belum pernah dilakukan oleh siapapun, seperti
perkataan Anda: si fulan berbuat bid'ah dalam perkara ini, artinya ia
telah mendahului untuk melakukan hal itu sebelum orang lain.
Bid'ah Menurut Istilah (Terminologi/Syariat)
Ada dua cara yang ditempuh para ulama untuk mendefinisikan bid'ah menurut syara'.
DALIL DASAR SEPUTAR BID'AH
Ulama salaf membagi bid'ah menjadi dua kategori yaitu bid'ah yang baik (hasanah, mahmudah) dan bid'ah sesat (dhalalah, mazmumah)
DALIL BI'DAH HASANAH
- Hadits riwayat Muslim
من سن في الإسلام سنة حسنة كان له أجرها وأجر من عمل بها من بعده لا ينقص
ذلك من أجورهم شيئا، ومن سن في الإسلام سنة سيئة كان عليه وزرها ووزر من
عمل بها من بعده لا ينقص ذلك من أوزارهم شيئا
Artinya: Barang siapa yang melakukan perbuatan yang baik maka dia akan
mendapat pahala dan pahala orang yang melakukan itu setelahnya tanpa
kurang sedikitpun. Barangsiapa yang melakukan perbuatan buruk maka ia
akan mendapat dosa dan dosa orang yang menirunya tanpa kurang
sedikitpun.
- Hadits riwayat Muslim
من دعا إلى هدى كان له من الأجر مثل أجور من تبعه لا ينقص ذلك من أجورهم
شيئا ومن دعا إلى ضلالة كان عليه من الإثم مثل آثام من تبعه لا ينقص ذلك من
آثامهم شيئا
Artinya: Barangsiapa yang mengajak kepada hidayah (kebaikan) maka ia
akan mendapat pahala seperti pahala yang mengikutinya tanpa kurang
sedikitpun. Barang siapa yang mengajak pada kesesatan maka ia akan
mendapat dosa seperti dosa yang mengikutinya tanpa berkurang sedikitpun.
- Hadits riwayat Muslim
من دل على خير فله مثل أجر فاعله
Artinya: Barangsiapa menunjukkan pada kebaikan maka pahalnya sama dengan yang melakukannya,
- Perkataan Umar bin Khattab dalam soal shalat taraweh berjamaah
قول عمر رضي الله عنه في صلاة التراويح جماعة: نعمت البدعة هذه
Artinya: Perkataan Umar bin Khattab dalam shalat tarawih yang dilakukan
secara berjamaah (atas inisiatif Umar): "Sebaik-baik bid'ah adalah ini."
DALIL BID'AH DHALALAH
- Hadits riwayat Bukhari & Muslim (muttafaq alaih)
من أحـدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
Artinya: Barangsiapa membuat hal baru dalam perkaraku maka ia tertolak.
- Hadits riwayat Bukhari & Muslim
من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد
Artinya: Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan yang tidak berasal dari kami maka ia tertolak.
- Hadits riwayat Tirmidzi & Nasa'i (muttafaq alaih)
إِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ ، فَإِنَّ شَرَّ الأُمُورِ
مُحْدَثَاتُهَا ، وَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَإِنَّ كُلَّ
بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ
Artinya: Jauhkan dari memperbarui perkara. Karena seburuk-buruk perkara
adalah membuat hal baru (inovasi). Setiap perkara baru adalah bid'ah dan
setiap bid'ah adalah sesat.
CATATAN PENTING:
Hadis-hadis di atas oleh kalangan sebagian umat dijadikan dalil bahwa
semua bid'ah dan muhdas (perkara baru) itu sesat. Padahal menurut
kalangan ulama salaf, hadits di atas jelas menyatakan bahwa bid'ah yang
sesat itu yang tidak sesuai dengan syariah (ما ليس منه). Adapun bid'ah
yang sesuai syariah maka dibolehkan bahkan baik (hasanah).
Adapun hadits riwayat Abu Dawud yang melarang kita dari membuat perkara
baru (muhdasat al-umur - وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة وكل
بدعة ضلالة), maka hadits ini lafadznya umum tapi maknanya khusus untuk
bid'ah yang menyalahi syariah saja dengan dalil takhshish hadits-hadits
lain yang disebut di atas
Pembagian Bid'ah
Sebagaimana Imam an-Nawawi menyebutkan didalam al-Minhaj syarah Shahih Muslim :
قال العلماء البدعة خمسة أقسام واجبة ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة فمن
الواجبة نظم أدلة المتكلمين للرد على الملاحدة والمبتدعين وشبه ذلك ومن
المندوبة تصنيف كتب العلم وبناء المدارس والربط وغير ذلك ومن المباح التبسط
في ألوان الأطعمة وغيرذلك والحرام والمكروه ظاهران وقد أوضحت المسألة
بأدلتها المبسوطة في تهذيب الأسماء واللغات
“’Ulama berkata bahwa bid’ah terbagi menjadi 5 bagian (bagian hukum)
yakni wajibah (bid’ah yang wajib), mandubah (bid’ah yang mandub),
muharramah (bid’ah yang haram), makruhah (bid’ah yang makruh), dan
mubahah (bid’ah yang mubah)”, diantara bid’ah yang wajib adalah
penyusunan dalil oleh ulama mutakallimin (ahli kalam) untuk membantah
orangorang atheis, ahli bid’ah dan seumpamanya;
diantara bid’ah mandzubah (bid’ah yang sunnah) adalah mengarang kitab
ilmu, membangun madrasah dan tempat ribath serta yang lainnya ;
diantara bid’ah yang mubah adalah mengkreasi macam-macam makanan dan
yang lainnya, sedangkan bid’ah yang haram dan bid’ah yang makruh,
keduanya telah jelas dan telah dijelaskan permasalahannya dengan dalil
yang rinci didalam kitab Tahdzibul Asmaa wal Lughaat”
Berikut adalah redaksi dalam kitab Tahdzibul Asma’ wal Lughaat, yang
menjelaskan lebih rinci lagi tentang pembagian bid’ah tersebut :
قال الشيخ الإمام المجمع على إمامته وجلالته وتمكنه في أنواع العلوم وبراعته أبو محمد عبد العزيز بن عبد السلام رحمه الله ورضي
عنه في آخر كتاب "القواعد": البدعة منقسمة إلى: واجبة، ومحرمة، ومندوبة، ومكروهة، ومباحة. قال: والطريق في ذلك أن تعرض
البدعة على قواعد الشريعة، فإن دخلت في قواعد الإيجاب فهي واجبة، أو في قواعد التحريم فمحرمة، أو الندب فمندوبة، أو المكروه
فمكروهة، أو المباح فمباحة، وللبدع الواجبة أمثلة منها: الاشتغال بعلم
النحو الذي يفهم به كلام الله تعالى وكلام رسول الله - صَلَّى الله
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وذلك واجب؛ لأن حفظ الشريعة واجب، ولا يتأتى حفظها
إلا بذلك وما لا يتم الواجب إلا به، فهو واجب، الثاني حفظ
غريب الكتاب والسنة في اللغة، الثالث تدوين أصول الدين وأصول الفقه، الرابع الكلام في الجرح والتعديل، وتمييز الصحيح من
السقيم، وقد دلت قواعد الشريعة على أن حفظ الشريعة فرض كفاية فيما زاد على المتعين ولا
يتأتى ذلك إلا بما ذكرناه، وللبدع
المحرمة أمثلة منها: مذاهب القدرية والجبرية والمرجئة والمجسمة والرد على هؤلاء من البدع الواجبة، وللبدع المندوبة أمثلة منها
إحداث الرُبِط والمدارس، وكل إحسان لم يعهد في العصر الأول، ومنها
التراويح، والكلام في دقائق التصوف، وفي الجدل، ومنها جمع المحافل
للاستدلال إن قصد بذلك وجه الله تعالى. وللبدع المكروهة أمثلة: كزخرفة
المساجد، وتزويق المصاحف، وللبدع المباحة أمثلة: منها المصافحة عقب الصبح
والعصر، ومنها: التوسع في اللذيذ من المآكل، والمشارب، والملابس، والمساكن،
ولبس الطيالسة، وتوسيع الأكمام. وقد يختلف في بعض ذلك فيجعله بعض العلماء
من البدع المكروهة، ويجعله آخرون من السنن المفعولة في عهد رسول الله -
صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - فما بعده، وذلك كالاستعاذة في الصلاة
والبسملة هذا آخر كلامه
“Syaikhul Imam Abu Muhammad ‘Abdul ‘Aziz bin Abdis Salam didalam akhir kitabnya al-
Qawaid berkata : “bid’ah terbagi kepada hukum yang wajib, haram, mandub, makruh dan
mubah. Ia berkata : metode yang demikian untuk memaparkan bid’ah berdasarkan kaidah kaidah syari’ah, sehingga
1. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum wajib maka itu bid’ah wajibah,
2. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum haram maka itu bid’ah muharramah,
3. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum mandub maka itu bid’ah mandubah,
4. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum makruh maka itu bid’ah makruhah,
5. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum mubah maka itu bid’ah mubahah.
Diantara contohnya masing-masing adalah ;
1. Bid’ah Wajibah seperti : menyibukkan diri belajar ilmu-ilmu sehingga
dengannya bisa paham firman-firman Allah Ta’ala dan sabda Rasulullah
shallallahu ‘alayhi wa sallam, itu wajib karena menjaga menjaga syariah
itu wajib, dan tidak mungkin menjaga kecuali dengan hal itu, dan sesuatu
kewajiban yang tidak sempurna kecuali dengannya maka itu wajib, menjaga
bahasa asing didalam al-Qur’an dan as-Sunnah, mencatat (membukukan)
ilmu ushuluddin dan ushul fiqh, perkataan tentang jarh dan ta’dil,
membedakan yang shahih dari buruk, dan sungguh kaidah syariah
menunjukkan bahwa menjaga syariah adalah fardlu kifayah”.
2. Bid’ah Muharramah seperti : aliran (madzhab) al-Qadariyah,
al-Jabariyah, al-Murji’ah, al-Mujassimah, dan membantah mereka termasuk
kategori bid’ah yang wajib (bid’ahwajibah).
3. Bid’ah Mandzubah (Bid’ah yang Sunnah) seperti : membangun
tempat-tempat rubath dan madrasah, dan setiap kebaikan yang tidak ada
pada masa awal Islam, diantaranya
adalah (pelaknasaan) shalat tarawih, perkataan pada detik-detik tashawuf, dan lain sebagainya.
4. Bid’ah Makruhah seperti : berlebih-lebihan menghiasai masjid, menghiasi mushhaf danlain sebagainya.
5. Bid’ah Mubahah seperti : bersalaman (berjabat tangan) selesai shalat
shubuh dan ‘asar, jenis-jenis makanan dan minuman, pakaian dan kediaman.
Dan sungguh telah berselisih pada sebagian yang demikian, sehingga
sebagian ‘ulama ada yang memasukkan pada bagian dari bid’ah yang makruh,
sedangkan sebagian ulama lainnya memasukkan perkara sunnah yang
dilakukan pada masa Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam dan setelah
beliau, dan itu seperti mengucapkan isti’adzah didalam shalat dan
basmalah. Ini akhir perkataan beliau. “
Kesimpulannya sudah jelas yaitu bahwa tidak semua bid’ah dihukumi haram,
melainkan harus ditinjau terlebih dahulu status hukumnya. Semua itu
karena ternyata ada bid’ah yang tidak bertentangan dengan syariat Islam,
diistilahkan dengan bid’ah hasanah (baik) dan ada juga bid’ahyang
bertentangan dengan syariat Islam, di istilahkan dengan bid’ah yang
buruk. al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah pernah mengatakan sebagaimana
disebutkan olah al-Muhaddits al-Baihaqi :
أخبرنا أبو سعيد بن أبي عمرو، ثنا أبو العباس محمد بن يعقوب , ثنا الربيع
بن سليمان، قال: قال الشافعي رضي الله عنه: المحدثات من الأمور ضربان:
أحدهما: ما أحدث يخالف كتابا أو سنة أو أثرا أو إجماعا , فهذه لبدعة
الضلالة. والثانية: ما أحدث من الخير لا خلافيعني أنها محدثة « نعمت البدعة
هذه » : فيه لواحد من هذا , فهذه محدثة غير مذمومة وقد قال عمر رضي الله
عنه في قيام شهر رمضان لم تكن , وإن كانت فليس فيها رد لما مضى
“Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’id bin Abu ‘Amr, telah
menceritakan kepada kami Abul ‘Abbas Muhammad bin Ya’qub, telah
menceritakan kepada kami ar-Rabi’ bin Sulaiman, ia berkata : Imam
asy-Syafi’i pernah berkata : perkara baru (muhdatsaat) itu terbagi
menjadi menjadi dua bagian :
1. Suatu perkara baru yang menyelisihi al-Qur’an, Sunnah, Atsar atau Ijma’, maka ini
termasuk perkara baru yang disebut bid’ah dlalalah, dan
2. Suatu perkara baru yang baik yang didalamya tidak menyelisihi dari
salah satu tersebut, maka ini perkara baru (muhdats) yang tidak buruk,
dan sungguh Sayyidina ‘Umar radliyallahu ‘anh berkata tentang shalat
pada bulan Ramadhan
(shalat Tarawih) : “sebaik-baiknya bid’ah adalah ini”, yakni perkara
muhdats yang tidak ada sebelumnya, walaupun keberadaannya tidaklah
bertentangan dengan sebelumnya.
Contoh-contoh semacam ungkapan (istilah) seperti diatas begitu banyak
dikitab-kitab Ulama, diantaranya sebagaimana yang telah disebutkan.
Sehingga menjadi penting ketika membaca perkataan ulama syafi’iyah juga
mengerti pembagian bid’ah menurut ulama syafi’iyah. Perincian Imam
‘Izzuddin bin ‘Abdis Salam tersebut kadang berbeda dengan ulama madzhab
lainnya, sehingga menyebutnya bukan sebagai bid’ah melainkan sebagai
maslahah Mursalah, perbedaan ini terjadi karena memang cara memahaminya
pun berbeda walaupun esensinya sebenarnya sama yaitu samasama para
‘ulama menerimanya. Perbedaan seperti inilah yang sebenarnya terjadi,
bukan seperti kalangan yang selalu menuding-menuding “ini sesat” dan
“itu sesat”, bukan seperti pemahaman mereka itu.
LANJUT MASALAH BID’AH
Pembahasan bid’ah adalah sebenarnya pembahasan “usang” yang selalu di
gembar-gemborkan oleh beberapa kalangan hingga akhirnya menimbulkan
keresahan diantara kaum Muslimin dengan berbagai tudingan yang
sebenarnya bermuara pada perbedaan pemahaman dalam memahami esensi dari
bid’ah. Misalnya seperti kalangan ulama menolak pembagian bid’ah
hasanah, hakikatnya adalah tidak menerima penyebutan bid’ah terhadap
masalah yang masih di naungi oleh keumuman nas atau masalah yang masih
ada asalnya dari al-Qur’an, as—Sunnah, Ijma’, Qiyas, Mashlahah Mursalah,
dan ada fuqaha’ yang menunjuki dalilnya, sehingga menurut mereka, yang
seperti ini kenapa harus disebut bid’ah jika ada nasnya (walaupun
nas-nya umum).
Sedangkan yang membagi bid’ah hasanah, mereka menganggap bahwa perkara
tersebut memang baru (muhdats) yang tidak ada pada masa Rasulullah yang
perlu di di tinjau hukumnya sehingga jika selaras dengan esensi
al-Qur’an dan As-Sunnah atau masih di naungi dengan nas-nas umum maka
berarti itu perkara baru yang baik. Hal ini juga didasarkan pada
ungkapan Sayyidina ‘Umar yaitu “ni’amatul bid’ah” juga hadits “man sanna
fil Islam”, yang dari sini kemudian muncul istilah bid’ah hasanah atau
bid’ah mahmudah atau bid’ah hudaa dan lain sebagainya. Penggunaan
istilah bid’ah tidak lain sebagai pembeda antara perkara yang ada pasa
masa Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam danyang tidak. Imam an-Nawawi
rahimahullah didalam al-Majmu’ juga menjelaskan :
قوله) صلى الله عليه وسلم " كل بدعة ضلالة " هذا من العام المخصوص لأن
البدعة كل ما عمل على غير مثال سبق قال العلماء وهي خمسة أقسام واجبة
ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة وقد ذكرت أمثلتها واضحة في تهذيب الأسماء
واللغات
“Sabda Nabi shallallahu ‘alayhi wa salam “setiap bid’ah adalah dlalalah
(sesat)”, ini bagian dari ‘amun makhshush, karena sesunggguhnya bid’ah
adalah setiap perkara yang dilakukan atas tidak adanya contoh
sebelumnya, ulama juga berkata : bid’ah terbagi kepada 5 bagian yaitu
wajiban, mandzubah, muharramah, makruhah dan mubahah, dan sungguh telah
aku sebutkan contoh-contohnya dan telah aku jelaskan didalam kitab
Tahdizbul Asmaa’ wal Lughaat”.
Disini Imam an-Nawawi menjelaskan maksud hadits “kullu bid’atin
dlalalah” sebagai bentuk yang umum yang di takhshish (dikhususkan) oleh
hadits-hadits lainnya. Adapun salah satu hadits yang menjadi takhsish
terhadapnya adalah sebagaimana yang telah beliau sebutkan penjelasannya
didalam Syarh Shahih Imam Muslim :
وفي هذا الحديث تخصيص قوله صلى الله عليه وسلم كل محدثة بدعة وكل بدعة
ضلالة وأن المراد به المحدثات الباطلة والبدع المذمومة وقد سبق بيان هذا في
كتاب صلاة الجمعة وذكرنا هناك أن البدع خمسة أقسام واجبة ومندوبة ومحرمة
ومكروهة ومباحة
Dan dalam hadits ini (man sanna fil Islam) merupakan takhsish terhadap
sabda Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam “setiap perkara baru (muhdats)
adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah dlalalah (sesat)”, sesungguhnya
yang dimaksud dengannya adalah perkara-perkara baru yang bathil dan
bid’ah madzmumah (buruk), dan telah berlalu penjelasan masalah ini pada
kitab Shalat Jum’at, dan kami telah menuturkan disana bahwa bid’ah
terbagi menjadi 5 bagian yakni wajibah, mandzubah, muharramah, makruhah
dan mubahah”.
Sehingga dari itu, dapat dipahami bahwa istilah sunnah sayyi’ah pada
hadits “man sanna fil Islam” sebenarnya merupakan bid’ah yang buruk,
karena mensunnahkan atau mencetuskan sesuatu baru yang buruk didalam
Islam. Adapun para sahabat Nabi sendiri, mensunnahkan atau mencetuskan
sesuatu yang baik Islam. Oleh karena itu, bid’ah yang dimaksudkan pada
hadits yang masih umum tersebut adalah bid’ah madzmumah atau perkara
muhdats yang bathil.
Jalaluddin Suyuti: Maulid Nabi adalah Bid'ah hasanah
Imam Jalaluddin Al-Suyuti (w. 911 H) dalam kitab Al-Hawi lil Fatawa hlm. 1/221 menyatakan:
فقد وقع السؤال عن عمل المولد النبوي في شهر ربيع الأول ما حكمه من حيث
الشرع وهل هو محمود و مذموم، وهل يُثاب فاعله أولا. والجواب عندي، أن أصل
عمل المولد الذي هو اجتماع الناس وقراءة ما تيسر من القرآن ورواية الأخبار
الواردة في مبدأ أمر النبي وما وقع في مولده من الآيات ثم يُمدّ لهم سماط
يأكلونه وينصرفون من غير زيادة على ذلك هو من البدع الحسنة التي يثاب عليها
صاحبها لما فيه من تعظيم قدر النبي وإظهار الفرح والاستبشار بمولده
الشريف. أول من أحدث فعل ذلك صاحب اربل الملك المظفر ابو سعيد كوكبري بن
زين الدين علي بن بكتكين احد الملوك الأمجاد والكبراء الأجواد وكان آثار
حسنة وهو الذي عَمَّر الجامع المظفري بسفح قاسيون
Artinya: Ada yang bertanya apa hukum peringatan Maulid Nabi pada bulan
Rabiul Awal menurut syariah, apakah terpuji atau tercela, apakah
pelakunya mendapat pahala atau tidak? Jawabannya menurutku adalah: bahwa
asal peringatan maulid Nabi berupa berkumpulnya manusia yang membaca
Al-Quran dan riwayat kisah-kisah yang terjadi di masa Nabi, dan
tanda-tanda yang terjadi saat kelahiran Nabi, lalu disuguhkan buat
hadirin hidangan makanan lalu mereka membubarkan diri tanpa lebih dari
itu, maka ini termasuk bid'ah hasanah yang pelakunya mendapat pahala
karena telah mengangungkan Nabi dan menampakkan kegembiraan pada
kelahirannya. Adapun orang pertama yang menyelanggarakannya adalah
penguasa Irbil Raja Muzaffar Abu Said Kukubri bin Zainuddin Ali bin
Baktakin salah satu raja besar dan dermawan. Dialah yang mendirikan
universitas Muzaffar di bukit Qasiyun, Damaskus Suriah.
Ibnu Hajar Al-Asqalani: Bid'ah Hasanah dan Mazmumah
Ibnu Hajar (w. 852 H.) berkata dalam kitab Fathul Bari Syarh Sahih Bukhari 4/219 menyatakan:
قوله : قال عمر : نعم البدعة. والبدعة أصلها ما أحدث على غير مثال سابق
وتطلق في الشرع في مقابل السنة قتكون مذمومة والتحقيق أنها إن كانت مما
تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي حسنة وإن كانت مما تندرج في الشرع فهي
مستقبحة وإلا فهي من قسم المباح وقد تنقسم إلى الأحكام الخمسة
Artinya: Umar berkata: 'Sebaik-baik bid'ah adalah ini'. Bid'ah adalah
hal baru yang dilakukan tanpa ada contohnya di masa lalu. Secara syariah
bid'ah dianggap berlawanan dengan sunnah oleh karena itu ia dianggap
tercela (madzmumah). Yang benar adalah apabila baik mnurut kacamata
syariah maka ia bid'ah hasanah (baik). Dan apabila buruk menurut
perspektif syariah maka disebut bid'ah buruk (qabihah). Apabila tidak
masuk pada keduanya, maka termasuk dalam bid'ah yang mubah. Dan bid'ah
bisa terbagi ke dalam hukum syariah yang lima (wajib, haram, sunnah,
makruh, sunnah).
PENDAPAT MADZHAB EMPAT TENTANG BID'AH
Berikut pendapat ulama fiqih dari empat madzhab tentang bid'ah. Mereka
sepakat bahwa bid'ah terbagi dua yakni bid'ah baik (hasanah) dan sesat
(dhalalah). Sedangkan hukumnya bisa meliputi lima hukum syariah yaitu
wajib, haram, sunnah, makruh dan mubah.
BID'AH MENURUT MAZHAB HANAFI
Ibnu Abidin dalam Hasyiyah Ibnu Abidin, hlm. 1/376, menyatakan:
فقد تكون البدعة واجبة كنصب الأدلة للرد على أهل الفرق الضالة، وتعلّم
النحو المفهم للكتاب والسنة، ومندوبة كإحداث نحو رباط ومدرسة، وكل إحسان لم
يكن في الصدر الأول، ومكروهة كزخرفة المساجد، ومباحة كالتوسع بلذيذ المآكل
والمشارب والثياب
Artinya: Bid'ah terkadang wajib hukumnya seperti membuat dalil pada
kelompok sesat, belajar ilmu nahwu untuk memahami Al-Quran dan Hadits.
Bid'ah terkadang hukumnya sunnah seperti mendirikan pesantren dan
sekolah, dan setiap kebaikan yang tidak ada pada zaman Rasulullah.
Bid'ah itu bisa juga hukumnya makruh seperti mengukir dan menghias
masjid. Bid'ah hukumnya mubah (boleh) seperti berlapang diri dalam
memakan makanan lezat dan minuman enak dan pakaian bagus.
Badruddin Al-Aini dalam Syarah Sahih Bukhari, hlm. 11/126, ketika
mengomentari perkataan Umar bin Khattab "nikmatul bid'ah hadzihi" saat
berkumpulnya manusia untuk shalat tarawih di belakang imam di mana
sebelumnya jamaah shalat tarawih dilakukan sendiri-sendiri:
والبدعة في الأصل إحداث أمر لم يكن في زمن رسول الله صلى الله عليه وسلم،
ثم البدعة على نوعين، إن كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي بدعة حسنة
وإن كانت مما يندرج تحت مستقبح في الشرع فهي بدعة مستقبحة
Artinya: Bid'ah pada asalnya adalah membuat perkara yang tidak terdapat
di zaman Rasulullah. Bid'ah ada dua macam: apabila baik menurut syariah
maka disebut bid'ah hasanah (baik). Apabila buruk menurut syriah, maka
disebut bid'ah buruk (mustaqbihah).
BID'AH MENURUT MAZHAB MALIKI
Muhammad Al-Zarqoni dalam Syarah Muwatta, hlm. 1/238, ketika menjelaskan
perkata Umar "sebaik-baik bid'ah adalah ini" (نعمت البدعة هذه):
فسماها بدعة لأنه صلى اللّه عليه وسلم لم يسنّ الاجتماع لها ولا كانت في
زمان الصديق، وهي لغة ما أُحدث على غير مثال سبق وتطلق شرعًا على مقابل
السنة وهي ما لم يكن في عهده صلى اللّه عليه وسلم، ثم تنقسم إلى الأحكام
الخمسة. انتهى
Artinya: Umar bin Khattab menyebutnya bid'ah karena Nabi tidak pernah
melakukan shalat taraweh secara berjemaah juga tidak di zaman Abu Bakar
Ash-Shiddiq. Bid'ah secara bahasa adalah sesuatu yang dibuat tanpa ada
contoh sebelumnya. Secara syariah bid'ah secara mutlak bermakna sesuatu
yang berhadapan dengan sunnah yang tidak ada pada zaman Nabi. Bid'ah
terbagi menjadi hukum yang lima.
Ahmad bin Yahya Al-Wansyarisi dalam Al-Mi'yar Al-Mu'rib, hlm. 1/357, menyatakan:
وأصحابنا وإن اتفقوا على إنكار البدع في الجملة فالتحقيق الحق عندهم أنها
خمسة أقسام ... فالحق في البدعة إذا عُرضت أن تعرض على قواعد الشرع فأي
القواعد اقتضتها ألحقت بـها، وبعد وقوفك على هذا التحصيل والتأصيل لا تشك
أن قوله صلى الله عليه وسلم:" كل بدعة ضلالة"، من العام المخصوص كما صرح به
الأئمة رضوان الله عليهم
Artinya: Ulama mazhab Maliki walaupun mereka sepakat untuk mengingkari
bid'ah secara umum, namum kenyataannya adalah bid'ah menurut mereka
terbagi dalam lima bagian ... Yang benar dalam soal bid'ah adalah
apabila dihadapkan pada kaidah syariah maka dengan kaidah syariah mana
yang sesuai maka itulah hukumnya. Dari kesimpulan ini, maka sabda Nabi
bahwa "setiap bid'ah adalah sesat" itu termasuk dari kalimat umum yang
berlaku khusus sebagaimana dijelaskan oleh para ulama.
MAZHAB SYAFI'I TENTANG BID'AH
Imam Syafi'i
Imam Syafi'i sebagaimana dinukil oleh Baihaqi dalam Manaqib Al-Syafi'i,
hlm. 1/469, dan disebutkan juga oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, hlm.
13/267, menyatakan:
المحدثات من الأمور ضربان أحدهما ما أحدث يخالف كتابا أو سنة أو أثرا أو
إجماعا فهذه البدعة الضلالة، والثاني ما أحدث من الخير لا خلاف فيه لواحد
من هذا، فهذه محدثة غير مذمومة..
Artinya: Perkara baru (muhdas al-umur) ada dua macam. Pertama, perkara
baru yang berlawanan dengan Al-Quran, Sunnah Nabi, Atsar Sahabat atau
ijmak ulama, maka disebut bid'ah dolalah. Kedua, perkara baru yang baik
yang tidak menyalahi unsur-unsur di atas maka tidaklah tercela.
Abu Nuaim dalam kitab Hilyah Al-Aulia, hlm. 9/76 meriwayatkan pernyataan Imam Syafi'i di mana ia berkata:
البدعة بدعتان، بدعة محمودة، وبدعة مذمومة. فما وافق السنة فهو محمود، وما
خالف السنة فهو مذموم، واحتج بقول عمر بن الخطاب في قيام رمضان: نعمت
البدعة هي
Artinya: Bid'ah itu ada dua: bid'ah terpuji (mahmudah) dan bid'ah
tercela (madzmumah). Bid'ah yang sesuai Sunnah disebut bidah terpuji.
Yang berlawanan dengan sunnah disebut bid'ah tercela. Imam Syafi'i
berargumen dengan perkataan Umar bin Khattab dalam soal shalat tarawih
bulan Ramadan: "Sebaik-baik bid'ah adalah ini."
Imam Ghozali
Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin, hlm. 2/3, "Bab Tatacara Makan", menyatakan:
وما يقال إنه أبدع بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم فليس كل ما أبدع منهيا
بل المنهي بدعة تضاد سنة ثابتة وترفع أمرا من الشرع مع بقاء علته بل
الإبداع قد يجب في بعض الأحوال إذا تغيرت الأسبابـ
Artinya: Apa yang dikatakan bahwa itu adalah bid'ah, maka tidaklah semua
bid'ah itu dilarang. Yang dilarang itu adalah bid'ah berlawanan dengan
sunnah yang tetap ... Bid'ah terkadang wajib dalam sebagian situasi
apabila sebab-sebabnya berubah.
Imam Nawawi
Imam Nawawi dalam Syarah Muslim, hlm. 6/154-155, menyatakan:
قوله صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ: (وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ) هذا
عامٌّ مخصوص، والمراد: غالب البدع. قال أهل اللُّغة: هي كلّ شيء عمل عَلَى
غير مثال سابق. قال العلماء: البدعة خمسة أقسام: واجبة، ومندوبة، ومحرَّمة،
ومكروهة، ومباحة. فمن الواجبة: نظم أدلَّة المتكلّمين للرَّدّ عَلَى
الملاحدة والمبتدعين وشبه ذلك. ومن المندوبة: تصنيف كتب العلم وبناء
المدارس والرّبط وغير ذلك. ومن المباح: التّبسط في ألوان الأطعمة وغير ذلك.
والحرام والمكروه ظاهران، وقد أوضحت المسألة بأدلَّتها المبسوطة في
(تـهذيب الأسماء واللُّغات) فإذا عرف ما ذكرته علم أنَّ الحديث من العامّ
المخصوص، وكذا ما أشبهه من الأحاديث الواردة، ويؤيّد ما قلناه قول عمر بن
الخطَّاب رَضِيَ اللهُ عَنْهُ في التّـَراويح: نعمت البدعة، ولا يمنع من
كون الحديث عامًّا مخصوصًا قوله: (كُلُّ بِدْعَةٍ) مؤكّدًا بـــــــ كلّ،
بل يدخله التَّخصيص مع ذلك كقوله تعالى: {تُدَمّرُ كُلَّ شَىءٍ}
[الأحقاف،ءاية 25]اهـ
Artinya: Sabda Nabi "Setiap bid'ah itu sesat" Kalimat ini bersifat umum
yang khusus. Maksudnya adalah umumnya bid'ah. Ahli bahasa berkata:
Bid'ah adalah setiap sesuatu yang dilakukan tanpa ada contoh sebelumnya.
Ulama berkata: Bid'ah ada lima bagian yaitu wajib, sunnah, haram,
makruh dan mubah. Termasuk bid'ah wajib adalah penyusunan argumen
kalangan ulama ilmu kalam untuk menolak kalangan mulhid dan mubtadi' dan
sejenisnya. Termasuk bid'ah sunnah adalah penyusunan kitab ilmu dan
membangun madrasah dan asrama dan lainnya. Termasuk bid'ah boleh (mubah)
adalah tidak membatasi dalam membuat warna makanan dan lainnya.
Sedangkan bid'ah yang haram dan makruh sudah jelas dan sudah saya
jelaskan hal ini dengan dalil-dalilnya yang luas dalam kitab Tahdzib
al-Asma wa Al-Shifat. Apabila sudah diketahui apa yang saya sebut, maka
dapat disimpulkan bahwa hadits di atas termasuk hadits umum yang berlaku
khusus. Begitu juga dengan hadits-hadits lain yang serupa. Hal ini
dikuatkan oleh perkataan Umar bin Khattab dalam shalat taraweh
"sebaik-baik bid'ah." Sabda Nabi "setiap bid'ah" (كُلُّ بِدْعَةٍ) --
walalupun dikuatkan dengan kata 'setiap'-- tidak mencegah dari adanya
hadis ini bersifat umum yang khusus. Bahkan kata "kullu" itu berfungsi
takhsis (pengkhususan) sebagaiman firman Allah dalam QS Al-Ahqaf :25
(ُُتُدَمّر كُلَّ شَىءٍ) "yang menghancurkan segala sesuatu."
MADZHAB HANBALI TENTANG BID'AH
Syamsuddin Muhammad bin Abil Fath Al-Ba'li dalam Al-Muttali' ala Abwab Al-Muqni', hlm. 334, pada "Kitab Talaq" menyatakan:
والبدعة مما عُمل على غير مثال سابق، والبدعة بدعتان: بدعة هدى وبدعة ضلالة، والبدعة منقسمة بانقسام أحكام التكليف الخمسة.
Artinya: Bid'ah adalah perkara yang dilakukan tanpa ada contoh
sebelumnya. Bid'ah terbagi dua: bid'ah hidayah (huda) dan bid'ah sesat
(dhalalah). Bid'ah terbagi sesuai dengan pembagian hukum-hukum taklif
yang lima (wajib, sunnah, haram, makruh, mubah).
Ibnu Arabi (25 July 1165 – 8 November 1240)
Ibnu Arabi menyatakan bahwa bid'ah dan perkara baru tidak otomatis sesat:
ليست البدعة والمحدَث مذمومين للفظ بدعة ومحدث ولا معنييهما، وإنما يذم من
البدعة ما يخالف السنة، ويذم من المحدثات ما دعا إلى الضلالة
Artinya: Bid'ah dan perkara baru tidaklah otomatis tercela. Bid'ah itu
tercela apabila menyalahi sunnah. Perkara baru itu tercela apabila
membawa pada kesesatan.
BID'AH MENURUT IBNU TAIMIYAH
Berikut definisi dan hukum bid'ah menurut Ibnu Taimiyah:
Ibnu Taimiyah dalam Majmuk Al-Fatawa, hlm. 1/161-162 dan dalam kitabnya
yang bernama Qaidah Jalilah fi Al-Tawassul wa Al-Wasilah, hlm. 2/28, ia
menyatakan:
وكل بدعة ليست واجبة ولامستحبة فهي بدعة سيئة، وهي ضلالة باتفاق المسلمين.
ومن قال في بعض البدع إنها بدعة حسنة فإنما ذلك إذا قام دليل شرعي على أنها
مستحبة، فأما ما ليس بمستحب ولا واجب فلا يقول أحد من المسلمين إنها من
الحسنات التى يتقرب بها إلى الله
Artinya: Setiap bid'ah yang tidak wajib dan tidak sunnah maka disebut
bid'ah buruk (sayyi'ah). Bid'ah buruk hukumnya sesat menurut kesepakatan
ulama. Yang mengatakan bahwa sebagian bid'ah itu bid'ah hasanah maka
itu bisa terjadi apabila ada dalil syar'i yang menyatakan sunnah. Adapun
bid'ah yang tidak sunnah dan tidak wajib maka tidak ada satu ulama pun
yang menyatakan sebagai bid'ah hasanah untuk beribadah pada Allah.
Ibnu Taimiyah dalam Majmuk Al-Fatawa, hlm. 20/163, mengutip pembagian bid'ah menjadi dua oleh Imam Syafi'i:
قال الشّافعيّ - رحمه اللّه -: البدعة بدعتان: بدعة خالفت كتابًا وسنّةً
وإجماعًا وأثرًا عن بعض أصحاب رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم فهذه بدعة
ضلالةٍ. وبدعة لم تخالف شيئًا من ذلك فهذه قد تكون حسنةً لقول عمر: نعمت
البدعة هذه هذا الكلام أو نحوه رواه البيهقي بإسناده الصّحيح في المدخل.
Artinya: Imam Syafi'i berkata: Bid'ah ada dua: Bid'ah yang berlawanan
dengan Al-Quran dan Sunnah Nabi, ijmak ulama dan atsar Sahabat maka
disebut bid'ah sesat (dholalah) dan bid'ah yang tidak menyalahi Al-Quran
dll maka disebut bid'ah baik (hasanah) berdasarkan ucapan Umar:
"Sebaik-baik bid'ah adalah ini." Perkataan Imam Syafi'i ini diriwayatkan
oleh Baihaqi dengan sanad yang sahih.
Dalam Majmuk Al-Fatawa hlm. 27/152 Ibnu Taimiyah menyatakan:
إذًا البدعة الحسنة - عند من يقسّم البدع إلى حسنةٍ وسيّئةٍ - لا بدّ أن
يستحبّها أحد من أهل العلم الّذين يقتدى بـهم ويقوم دليل شرعيّ على
استحبابـها وكذلك من يقول: البدعة الشّرعيّة كلّها مذمومة لقوله صلّى اللّه
عليه وسلّم في الحديث الصّحيح: {كلّ بدعةٍ ضلالة} ويقول قول عمر في
التّراويح: " نعمت البدعة هذه " إنّما أسماها بدعةً: باعتبار وضع اللّغة.
فالبدعة في الشّرع عند هؤلاء ما لم يقم دليل شرعيّ على استحبابه اهـ
Artinya: Jadi, bid'ah hasanah (baik) - menurut mereka yang membagi
bid'ah menjadi hasanah dan sayyi'ah - harus disunnahkan oleh seorang
ulama yang jadi panutan dan menunjukkan dalil syar'i atas kesunnahannya.
Begitu juga ulama yang menyatakan bahwa semua bid'ah syar'iyah itu
tercela (madzmumah) berdasarkan pada sabda Nabi "setiap bid'ah itu
sesat" dan mengatakan bahwa ucapan Umar dalam shalat tarawih
"sebaik-baik bid'ah itu ini" dialihkan sebagai bid'ah secara bahasa.
Menurut golongan kedua ini, bid'ah secara syariah adalah suatu perbuatan
yang tidak berdasarkan pada dalil syar'i atas kesunnahannya.
Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Al-Furqon baina Auliya Al-Rahman wa Aulia Al-Syaiton, hlm. 1/162, menyatakan:
قال الشّافعيّ " البدعة بدعتان: محمودة ومذمومة، فما وافق السّنّة فهو
محمود وما خالفها فهو مذموم " أخرجه أبو نعيم بمعناه من طريق إبراهيم بن
الجنيد عن الشّافعيّ، وجاء عن الشّافعيّ أيضًا ما أخرجه البيهقيّ في مناقبه
قال"المحدثات ضربان ما أحدث يخالف كتابًا أو سنّة أو أثرًا أو إجماعًا
فهذه بدعة الضّلال، وما أحدث من الخير لا يخالف شيئًا من ذلك فهذه محدثة
غير مذمومة " انتهى. وقسّم بعض العلماء البدعة إلى الأحكام الخمسة وهو
واضح.ا
Artinya: Imam Syafi'i berkata: Bid'ah terbagi dua, terpuji (mahmudah)
dan tercela (madzmumah). Yang sesuai dengan sunnah disebut terpuji
sedangkan yang menyalahi sunnah disebut tercela. Pernyataan Imam Syafi'i
ini diriwayatkan oleh Abu Nuaim dari jalur Ibrohim bin Junaid dari
Syafi'i. Juga dari Syafi'i pernyataan yang diriwayatkan oleh Baihaqi
dalam Manaqib Syafi'i di mana Syafi'i berkata: "Perkara baru itu ada dua
macam, pertama, perkara yang menyalahi Al-Quran, Sunnah, atsar Sahabat
Nabi, ijmak ulama, maka ini disebut bid'ah sesat. Kedua, perkara baru
yang baik yang tidak berlawanan dengan sesuatu pun dari yang disebut
maka ini disebut perkara baru yang tidak tercela." Sebagian ulama
membagi bid'ah berdasarkan hukum yang lima. Ini jelas.
Dalam kitabnya yang lain yaitu Iqtishad Al-Shirat al-Mustaqim, hlm 297, Ibnu Taimiyah mengatakan:
فتعظيم المولد واتخاذه موسما قد يفعله بعض الناس ويكون له فيه أجر عظيم لحسن قصده وتعظيمه لرسول الله صلى الله عليه وآله وسلم.
Artinya: Mengagungkan maulid Nabi dan menjadikannya sebagai rutin
dilakukan oleh sebagian orang dan ia akan mendapat pahala besar karena
kebaikan niatnya dan pengangungannya pada Rasulullah.
Takhtimah
Karena itu, syariat pun dapat dimaknakan sebagai values (nilai-nilai).
Nilai-nilai itu yang mampu bertahan di tengah perubahan waktu dan
tempat. Pemaknaan ini bukan berarti hilangnya makna syariat sebagai
hukum yang bersifat positif.
Dalam kaitannya dengan makna bid'ah, yang dapat dipahami dari definisi
Imam al-Nawawi adalah adanya penambahan nilai dan juga penambahan hukum
yang bersifat positif.
Oleh karena itu, sebuah amalan dapat dikategorikan bid'ah jika
bertentangan dengan nilai-nilai syariat dan menambah hukum positif yang
sudah dicontohkan Nabi Muhammad s.a.w.
Menarik jika mencermati ungkapan Umar ibnu al-Khatthab seusai sholat tarawih berjamaah dengan hitungan 20 rakaat:
نعمت البدعة هذه
Bid'ah yang paling enak adalah ini (sholat tarawih berjamaah).
Nabi Muhammad memang tidak pernah menganjurkan sholat tarawih secara
berjamaah. Tapi bukankah Nabi Muhammad menganjurkan sholat berjamaah?
Apalagi Abdullah bin Abbas mengaku pernah sholat malam berjamaah bersama
Nabi. Lalu pernahkah Nabi anjurkan sholat sebanyak 20 rokaat?
Jawabannya memang tidak, tapi ucapan Nabi "siapa yg menghidupkan malam
Romadlon...dst" dipahami oleh para sahabat sebagai anjuran untuk
beribadah sebanyak-banyaknya. Lebih-lebih Aisyah r.a menuturkan, "jangan
kalian tanya tentang lama dan bagusnya sholat beliau s.a.w."
Umar r.a tidak bisa dituduh sebagai pelaku bid'ah karena ada dalil yang
mengarahkan pemahamannya kepada perbuatan tersebut. Jadi, justru karena
dalil orang melakukan suatu perbuatan. Bukan dibalik yaitu berbuat dulu
baru dicarikan dalilnya.
Sehingga menganggap bid'ah sebuah amalan memang tidaklah sederhana.
Jadi, kalo ada yang gampang menuding bid'ah, katakan saja, "muka ente
juga bid'ah brow."
Wallohul muwaffiq.