Sholawat kepada Nabi SAW dalam tasyahhud akhir hukumnya wajib. Sedangkan
shalawat kepada keluarga beliau, hukumnya adalah sunnah menurut ulama
al-Syafi`iyah. Yang paling kuat dari segi sanad riwayatnya ada dua
lafadz. Kami sebutkan riwayat hadisnya dan silakan diperhatikan Lafadz
sholawatnya.
Lafadz yang pertama;
صحيح البخاري (11/ 156)
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عِيسَى سَمِعَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ أَبِي لَيْلَى قَالَ لَقِيَنِي كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ فَقَالَ
أَلَا أُهْدِي لَكَ هَدِيَّةً سَمِعْتُهَا مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ بَلَى فَأَهْدِهَا لِي فَقَالَ سَأَلْنَا
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ
اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ فَإِنَّ اللَّهَ
قَدْ عَلَّمَنَا كَيْفَ نُسَلِّمُ عَلَيْكُمْ قَالَ قُولُوا اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ
بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
‘Abdullah bin ‘Isa dia mendengar ‘Abdur Rahman bi Abi Laila berkata;
Ka’ab bin ‘Ujrah menemui aku lalu berkata; “Maukah kamu aku hadiahkan
suatu hadiah yang aku mendengarnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam”. Aku jawab; “Ya, hadiahkanlah aku”. Lalu dia berkata; “Kami
pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam; “Wahai
Rasulullah, bagaimana caranya kami bershalawat kepada tuan-tuan kalangan
Ahlul Bait sementara Allah telah mengajarkan kami bagaimana cara
menyampaikan salam kepada kalian?”. Maka Beliau bersabda: “Ucapkanlah;
ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA SHOLLAITA
‘ALAA IBRAHIIM WA ‘ALAA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJID. ALLAHUMMA
BAARIK ‘ALAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALI MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA ‘ALAA
IBRAHIIM WA ‘ALAA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJIID” (Ya Allah berilah
shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana
Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahiim dan kepada keluarga
Ibrahim, sesungguhnya Engkah Maha Terpuji dan Maha Mulia. Ya Allah
berilah barakah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau
telah memberi barakah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim,
sesungguhnya Engkah Maha Terpuji dan Maha Mulia) “. (H.R.Bukhari)
Lafadz yang kedua;
صحيح البخاري (11/ 155)
عَنْ عَمْرِو بْنِ سُلَيْمٍ الزُّرَقِيِّ أَخْبَرَنِي أَبُو حُمَيْدٍ السَّاعِدِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُمْ
قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ فَقَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى
مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ
كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dari ‘Amr bin Sulaim Az Zuraqiy telah mengabarkan kepadaku Abu Humaid
as-Sa’idiy radliallahu ‘anhu bahwa mereka berkata; “Wahai Rasulullah,
bagaimana caranya kami bershalawat kepada baginda?”. Maka Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA SHALLI
‘ALAA MUHAMMADIN WA AZWAAJIHI WA DZURRIYYATIHII KAMAA SHOLLAITA ‘ALAA
AALI IBRAHIM WA BAARIK ‘ALAA MUHAMMADIN WA AZWAAJIHI WA DZURRIYYATIHII
KAMAA BAARAKTA ‘ALAA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJIID” (Ya Allah
berilah shalawat kepada Muhammad, istri-istrinya dan anak keturunannya
sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada keluarga Ibrahim dan
berilah barakah kepada Muhammad, istri-istrinya dan anak keturunannya
sebagaimana Engkau telah memberi barakah kepada keluarga Ibrahim.
Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia) “. (H.R.Bukhari)
Membaca Sholawat dalam shalat maupun diluar shalat bisa memilih salah
satu lafadz dari dia lafadz ini. Bisa juga berganti-ganti sebagai
variasi. Tidak dibedakan apakah saat Tasyahud Awal ataupun Tasyahud
Akhir. Artinya bacaan Sholawat saat Tasyahud awal sama saja dengan
bacaan Sholawat saat Tasyahud akhir.
Selain dua lafadz ini, adapula lafadz Sholawat yang lain yang dinyatakan Nash. Berikut ini kami deretkan lima lafadz yang lain.
صحيح مسلم (2/ 373)
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ
أَتَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ فِي
مَجْلِسِ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ فَقَالَ لَهُ بَشِيرُ بْنُ سَعْدٍ
أَمَرَنَا اللَّهُ تَعَالَى أَنَّ نُصَلِّيَ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ
فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ قَالَ فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى تَمَنَّيْنَا أَنَّهُ لَمْ يَسْأَلْهُ ثُمَّ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُولُوا
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ
عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ
كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ
مَجِيدٌ وَالسَّلَامُ كَمَا قَدْ عَلِمْتُمْ
Dari Abu Mas’ud al-Anshari dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam mendatangi kami sedangkan kami berada dalam majlis Sa’d bin
Ubadah, maka Basyir bin Sa’ad berkata kepadanya, ‘Allah memerintahkan
kami untuk mengucapkan shalawat atasmu wahai Rasulullah, lalu bagaimana
cara bershalawat atasmu? ‘ Perawi berkata, “Lalu Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam diam hingga kami berangan-angan bahwa dia tidak
menanyakannya kepada beliau. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam bersabda, “Katakanlah, ‘ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMAD
WA’ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHOLLAITA ‘ALAA AALI IBROOHIIMA WABAARIK
‘ALAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA BAAROKTA ‘ALAA AALI
IBROOHIIMA FIL’AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIID.” Ya Allah, berilah
shalawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberi
shalawat atas keluarga Ibrahim, dan berilah berkah atas Muhammad dan
keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberi berkah kepada keluarga
Ibrahim di dunia. Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.’ Dan salam
sebagaimana yang telah kamu ketahui.” (H.R.Muslim)
مسند أحمد (3/ 331)
عَنْ مُوسَى بْنِ طَلْحَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكَ قَالَ قُلْ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ
عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ
حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dari Musa bin Thalhah dari bapaknya berkata; aku bertanya; “Wahai
Rasulullah, bagaimana cara bershalawat kepadamu?” beliau menjawab:
“Bacalah: ALLAHUMMA SHALLI ‘ALA MUHAMMADIN WA ‘ALA `ALI MUHAMMAD, KAMA
SHALLAITA ‘ALA IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJIID WA BAARIK ‘ALA MUHAMMAD WA
‘ALA `ALI MUHAMMAD, KAMA BARAKTA ‘ALA `ALI IBRAHIIM INNAKA HAMIIDUM
MAJIID (Ya Allah berikanlah salam kesejahteraan kepada Muhammad dan
kepada Keluarga Muhammad sebagaimana Engkau berikan salam kesejahteraan
kepada Ibrahim sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia, dan
berikanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluaga Muhammad
sebagaimana Engkau telah berikan keberkahan kepada keluarga Ibrahim.
Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”. (H.R.Ahmad)
صحيح البخاري (19/ 442)
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذَا السَّلَامُ عَلَيْكَ فَكَيْفَ نُصَلِّي
قَالَ قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ
كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ
Dari Abu Sa’id Al Khudri dia berkata; kami bertanya; “Wahai Rasulullah,
kami telah mengetahui salam kepadamu, lalu bagaimanakah kami
bershalawat?” beliau menjawab: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA
MUHAMMAD ‘ABDIKA WARASUULIKA KAMAA SHALLAITA ‘ALAA IBRAAHIM WA BAARIK
‘ALAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA BAARAKTA ‘ALAA IBRAHIIM WA
‘ALAA AALI IBRAHIIMA (Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad hamba
dan utusan-Mu sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahiim,
dan berilah barakah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana
Engkau telah memberi barakah kepada Ibrahim, dan keluarga Ibrahim).”
(H.R.Bukhari)
مسند أحمد (28/ 304)
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَقْبَلَ رَجُلٌ حَتَّى
جَلَسَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَنَحْنُ عِنْدَهُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَمَّا السَّلَامُ عَلَيْكَ
فَقَدْ عَرَفْنَاهُ فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ إِذَا نَحْنُ صَلَّيْنَا
فِي صَلَاتِنَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْكَ قَالَ فَصَمَتَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَحْبَبْنَا أَنَّ الرَّجُلَ
لَمْ يَسْأَلْهُ فَقَالَ إِذَا أَنْتُمْ صَلَّيْتُمْ عَلَيَّ فَقُولُوا
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dari Abu Mas’ud, Uqbah bin ‘Amr Al Anshari berkata; ada seorang
laki-laki yang datang sehingga dia duduk di depan Rasulullah
Shallallahu’alaihiwasallam, dan kami pada saat sedang berada di samping
beliau. Lalu orang itu berkata; “Wahai Rasulullah, berkenaan ucapan
salam terhadap anda kami telah mengetahuinya, lalu bagaimana kami harus
mengucapkan shalawat atas anda saat kami shalat?.” (Abu Mas’ud, Uqbah
bin ‘Amr Al Anshari Radliyallahu’anhu) berkata; “Lalu Rasulullah
Shallallahu’alaihiwasallam diam sampai kami berandai-andai jika si
laki-laki tadi tidak menanyakannya.” Lalu beliau bersabda: “Jika kalian
hendak mengucapkan salawat atasku, maka bacalah: ALLAHUMMA SHALLI ‘ALA
MUHAMMAD AN-NABIYIL UMI WA ‘ALA ALI MUHAMMAD. KAMA SHALLAITA ‘ALA
IBRAHIM DAN KELUARGA IBRAHIM. WA BARIK ‘ALA MUHAMMAD WA ‘ALA ALI
MUHAMMAD AN-NABIYIL UMI KAMA BARAKTA ‘ALA IBRAHIM WA ‘ALA ALI IBRAHIM
FIL ‘ALAMIN INNAKA HAMIDUN MAJID (ya Allah, berilah rahmat kepada
Muhammad, Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis dan keluarganya. Dan
berilah berkah kepada Muhammad Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis,
sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya.
Sesungguhnya engkau Maha Terpuji dan Maha Agung), (H.R.Ahmad)
مسند أحمد (47/ 143)
عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ رَجُلٍ
مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَعَلَى
أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ
إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَهْلِ
بَيْتِهِ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dari Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amru bin Hazm dari seorang sahabat Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa salam dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam
bahwa beliau bersabda: “Ya Allah! Limpahkanlah kesejahteraan pada
Muhammad, keluarganya, istri-istrinya dan keturunannya seperti engkau
melimpahkan kesejahteraan kepada keluarga Ibrahim, Engkau Maha Terpuji
lagi Mulia.” (H.R.Ahmad)
Sebagaimana dua lafadz sebelumnya, salah satu dari lima lafadz ini juga
bisa dipilih untuk diamalkan dan dibiasakan saat membaca shalawat, atau
dipakai semua dengan membacanya secara berganti-ganti dalam berbagai
kesempatan shalat.
Adapun bacaan Shalawat pendek, yakni sekedar mengucapkan “ALLAHUMMA
SHOLLI ‘ALA MUHAMMAD” pada saat melakukan Tasyahud Awal, maka sebagian
ulama membolehkan berdasarkan keumuman ayat dalam Al-Quran, yaitu ayat
yang berbunyi;
{إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا } [الأحزاب:
56]
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai
orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah
salam penghormatan kepadanya (Al-Ahzab; 56).
Namun lafadz Sholawat yang pendek itu tidak disebutkan dalam riwayat,
sebagaimana lafadz-lafadz Sholawat yang dipaparkan di atas. Lafadz
Sholawat yang pendek itu jika dibaca tetap sah, namun yang lebih afdhol
adalah membaca sholawat dengan lafadz yang diajarkan dalam riwayat.
Tambahan ‘sayyidina’ pada sholawat
Para ulama Syafi’iyah dan Hanafiyah mengatakan sunnat menambah perkataan
sayyidina pada lafazh shalawat tersebut. Dalam kitab Hasyiah al-Bajuri,
salah satu kitab Syafi’iyah dikatakan :
“Pendapat yang mu’tamad dianjurkan menambah perkataan sayyidina, karena padanya ada sopan santun.”
Ulama Syafi’iyah lainnya yang mengatakan sunnat menambah perkataan
sayyidina dalam shalawat dalam shalat antara lain Ibnu Hajar al-Haitamy,
al-Ramli, al-Kurdy, al-Ziyadi, al-Halaby, dan lainnya. Sedangkan dari
kitab ulama Hanafiyah antara lain tersebut dalam Hasyiah ‘ala Muraqi
al-Falah karya Ahmad al-Thahthawy al-Hanafi, beliau mengatakan :
“Berkata pengarang kitab al-Dar , disunatkan membaca perkataan sayyidina.”
Pendapat yang senada ini juga dapat dilihat dalam Hasyiah Rad al-Mukhtar, karangan Ibnu Abidin, juga dari kalangan Hanafiah.
Dalil-dalil fatwa ini, antara lain :
1. Kata-kata “sayyidina” atau ”tuan” atau “yang mulia” seringkali
digunakan oleh kaum muslimin, baik ketika shalat maupun di luar shalat.
Hal itu termasuk amalan yang sangat utama, karena merupakan salah satu
bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Karena itu, Syeikh Ibrahim
bin Muhammad al-Bajuri menyatakan:
“Pengucapan “sayyidina” merupakan sikap sopan santun.”
Pendapat ini didasarkan pada Sabda Rasulullah SAW:
أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَوَّلُ مَنْ يَنْشَقُّ عَنْهُ الْقَبْرُ وَأَوَّلُ شَافِعٍ وَأَوَّلُ مُشَفَّعٍ
Artinya : Saya adalah sayyid (penghulu) anak adam pada hari kiamat.Orang
pertama yang bangkit dari kubur, orang yang pertama memberikan
syafaa’at dan orang yang pertama kali diberi hak untuk memberikan
syafa’at.” (Shahih Muslim).
Hadits ini menyatakan bahwa Rasulullah SAW menjadi sayyid di akhirat.
Namun bukan berarti Nabi Muhammad SAW menjadi sayyid hanya pada hari
akhirat saja. Bahkan beliau SAW menjadi sayyid manusia di dunia dan
akhirat, sebagaimana dikemukan oleh al-Nawawi dalam mensyarahkan hadits
di atas, yaitu :
“Adapun sabda Rasulullah SAW pada hari kiamat, sedangkan beliau adalah
sayyid, baik di dunia maupun di akhirat, sebab dikaidkan demikian adalah
karena nyata sayyid beliau itu bagi setiap orang, tidak ada yang
berusaha mencegah, menentang dan seumpamanya, berbeda halnya di dunia,
maka ada dakwaan dari penguasa kaum kafir dan dakwaan orang musyrik”.
Berdasarkan pemahaman ini, maka menjadi sebuah keutamaan nama Rasulullah
SAW disebut dalam shalat dengan menggunakan perkataan sayyidina.
2. Hadits Abu Sa’id, berkata :
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم أنا سيد ولد آدم يوم القيامة ولا فخر
Artinya : Rasulullah SAW bersabda, Aku adalah sayyid anak Adam pada hari kiamat. Aku tidak sombong.(H.R. Turmidzi)
Hadits ini juga dipahami sebagaimana penjelasan hadits pertama di atas
Sebagian umat Islam menolak menggunakan sayyidina dalam shalat dengan
menuduh perbuatan tersebut termasuk dalam bid’ah yang dicela dalam
agama. Penolakan ini dengan berargumentasi antara lain :
1. Sabda Rasulullah SAW :
لاَ تُسَيِّدُونِي فِي الصَّلاَةِ
Artinya : Janganlah kalian mengucapkan kalimat “sayyid” kepadaku dalam shalat.
Jawab kita :
Hadits ini tidak memiliki dasar sama sekali, bahkan dalam segi bahasa
termasuk kesalahan fatal yang tidak mungkin diucapkan oleh Rasulullah
SAW sebagai orang yang paling fasihnya orang arab dalam bertutur kata.
Hal ini dikarenakan kalimat “sayyid“ berasal dari kata “ سَادَ –
يَسُوْدُ “ , yang seharusnya ketika menginginkan makna seperti dalam
hadits, maka dengan redaksi “لاَ تُسَوِّدُوْنِي “ dan bukanlah dengan “
لاَ تُسَيِّدُونِي “ . Oleh karena itu, Ibnu Abidin mengatakan :
”Adapun hadits ” Janganlah kalian mengucapkan kalimat “sayyid” kepadaku
dalam shalat, maka batil, tidak ada asal, sebagaimana telah dikatakan
oleh sebagaian hafizh muataakhirin."
Senada dengan pernyataan di atas juga disampaikan oleh Syarwani dalam Hasyiah Syarwani ’ala Tuhfah al-Muhtaj.
Dengan demikian, pernyataan di atas yang didakwa sebagai hadits ini
tidak bisa dijadikan hujjah pelarangan memanggil “sayyid” kepada
Rasulullah SAW.
2. Sabda Rasulullah SAW,
لاَ تُطْرُونِي كَمَا أَطْرَتِ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ فَإِنَّمَا أَنَا عَبْدُهُ فَقُولُوا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُه
Artinya : Janganlah kamu menyanjungku sebagaimana sanjungan Nasrani
terhadap Ibnu Maryam, sesungguhnya aku ini seorang hamba, maka
katakanlah aku hamba Allah dan Rasul-Nya. (H.R. Bukhari)
Mereka mengatakan, hadits melarang kita menyanjung Rasulullah SAW secara
berlebihan. Mengatakan sayyidina termasuk katagori menyanjung secara
berlebihan. Tapi katakan untuk beliau ”Hamba Allah dan Rasul-Nya”
Jawab kita :
Larangan pada hadits tersebut adalah menyanjung sebagaimana sanjungan
kaum Nashrani kepada Nabi Isa ibnu Maryam, yakni kaum Nashrani memanggil
Isa .a.s. sebagai tuhan. Menyebut sayyidina sebelum menyebut nama
Rasulullah SAW tidak ada anggapan dan jauh sama sekali dari penuhanan
Rasulullah SAW. Sedangkan perintah mengucapkan kepada Rasulullah SAW
pada hadits tersebut ”Hamba Allah dan Rasul-Nya” adalah dalam konteks
larangan menyanjung sebagaimana sanjungan kaum Nashrani kepada Nabi Isa
ibnu Maryam. Artinya, ini tidak berarti Rasulullah SAW tidak boleh
disebut dengan gelar-gelar lain seperti Nabiyullah, Khatim al-Nabi,
sayyidina dan lain-lain. Badruddin al-Ainy al-Hanafi dalam menafsir
hadits di atas mengatakan :
”Sabda Rasulullah SAW ”sebagaimana sanjungan Nashrani”, maksudnya, pada
dakwaan tentang Isa sebagai tuhan dan lainnya. Sedangkan sabda
Rasulullah SAW, ”Aku hamba-Nya dan seterusnya” maka itu termasuk
merendah diri dan mendhahirkannya adalah tawadhu’.”
Dengan demikian, hadits ini tidak tepat dijadikan hujjah melarang
menyebut sayyidina kepada Rasullah SAW, baik dalam dalam shalat maupun
luar shalat
3. Hadits dari Anas bin Malik, berkata :
أن رجلا قال يا محمد يا سيدنا وبن سيدنا وخيرنا وبن خيرنا فقال رسول الله
صلى الله عليه و سلم : يا أيها الناس عليكم بتقواكم ولا يستهوينكم الشيطان
أنا محمد بن عبد الله عبد الله ورسوله والله ما أحب أن ترفعوني فوق منزلتي
التي أنزلني الله عز و جل
Artinya : Seorang lelaki telah datang kepada RAsulullah SAW seraya
berkata:”Ya Muhammad! Ya Sayyidina, Ya anak Sayyidina! ,wahai yang
terbaik di kalangan kami dan anak orang terbaik di kalangan kami !”
Rasulullah menjawab:”Wahai manusia, hendaklah kalian bertaqwa dan jangan
membiarkan syaitan mempermainkan engkau. Sesungguhnya aku adalah
Muhammad bin Abdillah, hamba Allah dan Rasul-Nya dan Demi Allah
bahwasanya aku tidak suka sesiapa mengangkat kedudukan aku melebihi apa
yang telah Allah ‘Azza wa Jalla tentukan bagiku.(H.R. Ahmad)
Jawab kita :
Memperhatikan ujung hadits ini yang berbunyi,
“ Demi Allah bahwasanya aku tidak suka sesiapa mengangkat kedudukan aku
melebihi apa yang telah Allah ‘Azza wa Jalla tentukan bagiku”
Dan hadits riwayat Muslim sebelum ini, berbunyi :
“Saya adalah sayyid (penghulu) anak adam pada hari kiamat”
Maka menurut hemat kami, menyebut kata sayyidina kepada Nabi SAW
tidaklah termasuk mengangkat kedudukan Nabi SAW melebihi apa yang telah
Allah ‘Azza wa Jalla tentukan bagi beliau. Karena Rasulullah SAW sendiri
mengakui sebagaimana dalam hadits Muslim di atas bahwa beliau adalah
sayyid bagi anak Adam. Lalu bagaimana dengan hadits Rasulullah SAW yang
melarang memanggil beliau dengan sayyid sebagaimana disebutkan dalam
hadits riwayat Ahmad ini ?. Jawabnya adalah larangan tersebut adalah
dalam konteks menyanjung Nabi SAW sebagaimana sanjungan kaum Nashrani
kepada Nabi Isa ibnu Maryam, yakni kaum Nashrani memanggil Isa .a.s.
sebagai tuhan. Pemahaman ini sesuai dengan konteks hadits riwayat
Bukhari di atas, yaitu :
“Janganlah kamu menyanjungku sebagaimana sanjungan Nasrani terhadap Ibnu
Maryam, sesungguhnya aku ini seorang hamba, maka katakanlah aku hamba
Allah dan Rasul-Nya”. (H.R. Bukhari)
Pemahaman hadits ini telah dijelaskan pada penjelasan hadits ini di
atas. Dengan demikian hadits riwayat Ahmad tersebut tidak terjadi
paradoks dengan hadits riwayat Muslim.
4. Rasulullah SAW telah mengajar bagaimana cara bershalawat kepada
beliau dalam shalat dengan tanpa perkataan sayyidina. Shalawat yang
diajarkan Rasulullah SAW tersebut berbunyi :
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ
عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ
مَجِيد
(H.R. Bukhari)
Dengan demikian, berarti tidak dibolehkan menambah-nambah zikir dalam
shalat selain zikir yang diajarkan Rasulullah SAW. Membaca sayyidina
dalam shalat berarti menambah-nambah zikir dalam shalat selain zikir
yang diajarkan Rasulullah SAW. Maka perbuatan ini termasuk bid’ah yang
tercela. Lagi pula Rasulullah SAW pernah bersabda :
صلوا كما رأيتموني أصلي
Artinya : Shalatlah sebagaimana kamu melihat aku shalat
Jawab kita :
Menambah zikir dalam dalam shalat selama tidak bertentangan dengan zikir
yang ma’tsur dapat dibenarkan. Hal ini berdasarkan hadits riwayat
Rifa’ah bin Rafi’ al-Zarqy, beliau berkata :
كنا يوما نصلي وراء النبي صلى الله عليه وسلم، فلما رفع رأسه من الركعة،
قال: سمع الله لمن حمده. قال رجل وراءه: ربنا ولك الحمد، حمدا طيبا مباركا
فيه. فلما انصرف، قال: من المتكلم قال: أنا، قال: رأيت بضعة وثلاثين ملكا
يبتدرونها، أيهم يكتبها أول.
Artinya : Dari Rifa’ah bin Raafi’ al-Zarqi, beliau berkata : “Pada
suatu hari, kami shalat dibelakang Nabi SAW. Manakala Rasulullah
mengangkat kepalanya dari rukuk, beliau berkata : “Sami’allahu liman
hamidah, lalu berkata seorang laki-laki di belakang beliau : “Rabbana wa
lakalhamdu hamdan thaiban mubarakan fiihi. Tatkala Rasulullah selesai
(dari shalatnya) bertanya : “Siapa yang berkata tadi ?. Laki-laki itu
menjawab : “Saya”. Rasulullah bersabda : “Aku melihat tiga puluh orang
lebih malaikat yang berebutan pertama kali menulis amalnya”. (H.R.
Bukhari)
Dalam hadits di atas, seorang sahabat Nabi menambah sebuah zikir dalam
i’tidalnya, padahal belum ada contoh sebelumnya dari Nabi SAW mengenai
zikir tersebut. Bahkan Nabi SAW memujinya setelah shalat. Ini
menunjukkan bahwa boleh menambah zikir dalam shalat. Tentunya ini selama
tidak bertentangan dengan zikir yang ma’tsur. Dalam mengomentari hadits
di atas, Ibnu Hajar al-Asqalany mengatakan :
“ Dijadikan dalil dengan hadits tersebut, kebolehan mengihdats
(mendatangkan dengan tanpa ada dalil) zikir yang tidak ma’tsur dalam
shalat apabila zikir itu tidak bertentangan dengan zikir yang ma’tsur”.
Berdasarkan pemahaman ini, maka dapat dipahami kenapa ada beberapa
sahabat ada yang melakukan penambahan zikir dalam shalat, seperti
tindakan Ibnu Umar menambah perkataan “wa barakatuhu” dan “wahdahu la
syarika lahu” dalam tasyahud shalat sebagaimana pernyataan beliau dalam
hadits Abu Daud yang kualiatas hadits tersebut adalah shahih
Mengenai hadits “Shalatlah sebagaimana kamu melihat aku shalat” di atas, lengkapnya hadits ini adalah dari Abu Qilabah
حَدَّثَنَا مَالِكٌ أَتَيْنَا إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
وَنَحْنُ شَبَبَةٌ مُتَقَارِبُونَ فَأَقَمْنَا عِنْدَهُ عِشْرِينَ يَوْمًا
وَلَيْلَةً ، وَكَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم رَحِيمًا رَفِيقًا
فَلَمَّا ظَنَّ أَنَّا قَدِ اشْتَهَيْنَا أَهْلَنَا ، أَوْ قَدِ اشْتَقْنَا
سَأَلَنَا عَمَّنْ تَرَكْنَا بَعْدَنَا فَأَخْبَرْنَاهُ قَالَ ارْجِعُوا
إِلَى أَهْلِيكُمْ فَأَقِيمُوا فِيهِمْ وَعَلِّمُوهُمْ وَمُرُوهُمْ -
وَذَكَرَ أَشْيَاءَ أَحْفَظُهَا ، أَوْ لاَ أَحْفَظُهَا - وَصَلُّوا كَمَا
رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ
أَحَدُكُمْ وَلْيَؤُمَّكُمْ أَكْبَرُكُمْ
Artinya : Malik mengabarkan : Kami datang kepada Nabi SAW Dan tinggal
bersamanya dua puluh hari dan malam. Kami semua adalah anak-anak muda
dengan umur yang hampir sama. Rasulullah SAW ramah dan bersahabat dengan
kami. Sewaktu beliau mengetahui kerinduan kami kepada keluarga-keluaga
kami, beliau bertanya kepada kami tentang orang yang kami tinggal (di
rumah) dan kamipun memberitahukannya. Lalu beliau berkata kepada kami,
”Pulanglah kepada keluarga-keluargamu dan dirikanlah shalat bersama
mereka, ajarkanlah mereka (agama) dan suruhlah mereka melakukkan hal-hal
yang baik”. Rasulullah SAW menyebutkan hal-hal lain yang telah aku
(ingat) dan yang aku lupa. Nabi lalu menambahkan: " Shalatlah
sebagaimana melihatku shalat dan apabila waktu shalat telah datang, maka
hendaklah di antara kamu adzan dan orang yang tertua di antara kamu
menjadi imam”. (H.R. Bukahri22 dan Syafi’i
Sebagaimana dipahami dari teks hadits di atas, dapat dipahami bahwa
sabda Rasulullah SAW tersebut diucapkan dalam rangka memberi bekal
pengetahuan kepada Malik dan kawan-kawan yang sudah dua belas hari
menetap bersama Rasulullah SAW, kemudian berkeinginan pulang kepada
keluarganya masing-masing. Untuk itu, Rasulullah SAW bersabda kepada
mereka, ”Shalatlah sebagaimana melihatku shalat”.
Lalu sekarang muncul pertanyaan, Apakah sabda Rasulullah SAW tersebut
dapat mengharamkan perbuatan seseorang dalam shalatnya yang tidak
diketahui Rasulullah SAW pernah melakukannya ? Jawabannya adalah sebagai
berikut :
a. Manthuq (diri lafadh) sabda Rasulullah SAW tersebut hanya
menjelaskan bahwa perbuatan yang dilakukan Rasulullah SAW dalam shalat
beliau wajib diikuti. Jadi, tidak ada penjelasan dalam sabda tersebut
mengenai sesuatu yang tidak dikerjakan Rasulullah SAW dalam shalat
beliau, apakah haram, makruh, mubah atau sunat melakukannya ?
b. Mafhum mukhalafah (pemahaman kebalikan) dari sabda Rasulullah SAW
di atas, juga tidak dapat menjawab mengenai sesuatu yang tidak
dikerjakan Rasulullah SAW dalam shalat beliau, apakah haram, makruh,
mubah atau sunat melakukannya ? Karena mafhum mukhalafah-nya adalah
”Kalau kamu tidak pernah melihatnya sebagaimana aku shalat, maka aku
tidak memerintah (wajib) melakukannya.” Tidak memerintah dalam arti
wajib ini, tentunya tidak berarti haram. Boleh jadi makruh, mubah dan
bahkan sunat. Dengan demikian, sabda Rasulullah SAW di atas tidak tepat
digunakan sebagai dalil tidak boleh menambah zikir dalam shalat seperti
perkataan sayyidina dalam tasyahud.
5. Ada sebagian kaum muslimin yang berpendapat penambahan perkataan
”sayyidina” dalam tasyahud shalat merupakan perbuatan bid’ah yang harus
dijauhi, berargumentasi bahwa penambahan tersebut bertentangan dengan
perintah Rasulullah SAW yang mencukupkan penyebutan nama Muhammad tanpa
tambahan ”sayyidina” pada tata cara shalawat kepada beliau, sebagaimana
disebut dalam hadits riwayat Bukhari dan Ahmad di atas.
Jawab kita :
Seandainya (sekali lagi seandainya) kita memahami bahwa perintah dalam
hadits tersebut merupakan perintah bershalawat kepada Rasululllah SAW
dengan tidak boleh menambah perkataan ”sayyidina”, maka perintah
Rasulullah ini termasuk dalam katagori perintah yang bertentangan dengan
sikap adab kita kepada beliau sendiri. Dalam masalah ini, para ulama
berbeda pendapat dalam menyikapinya. Sebagian ulama berpendapat lebih
baik mengikuti perintah, sedangkan sebagian lain berpendapat lebih baik
mengikuti adab. Pendapat lebih baik mengikuti adab kita kepada
Rasulullah SAW lebih rajih dibandingkan pendapat lebih baik mengikuti
perintah beliau. Amirulmukminin Abu Bakar r.a. pernah pada suatu ketika
sedang mengimami shalat manusia, tidak mengikuti perintah Rasulullah SAW
untuk tetap menjadi imam, bahkan beliau tetap mundur dari imam
mempersilakan Rasulullah SAW maju menjadi imam. Sikap Abu Bakar tetap
mundur tidak mengikuti perintah Rasulullah tersebut sebagai sikap adab
beliau kepada Rasulullah SAW sebagaimana tercermin dalam hadits riwayat
Bukhari dan Muslim secara lengkap di bawah ini :
عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَهَبَ إِلَى بَنِي عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ لِيُصْلِحَ
بَيْنَهُمْ فَحَانَتِ الصَّلَاةُ فَجَاءَ الْمُؤَذِّنُ إِلَى أَبِي بَكْرٍ
فَقَالَ: أَتُصَلِّي بِالنَّاسِ فَأُقِيمُ؟ قَالَ: نَعَمْ، قَالَ فَصَلَّى
أَبُو بَكْرٍ فَجَاءَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَالنَّاسُ فِي الصَّلَاةِ فَتَخَلَّصَ حَتَّى وَقَفَ فِي الصَّفِّ،
فَصَفَّقَ النَّاسُ وَكَانَ أَبُو بَكْرٍ لَا يَلْتَفِتُ فِي الصَّلَاةِ،
فَلَمَّا أَكْثَرَ النَّاسُ التَّصْفِيقَ الْتَفَتَ فَرَأَى رَسُولَ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَشَارَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِ امْكُثْ مَكَانَكَ، فَرَفَعَ أَبُو بَكْرٍ
يَدَيْهِ فَحَمِدَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى مَا أَمَرَهُ بِهِ رَسُولُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ ذَلِكَ، ثُمَّ اسْتَأْخَرَ
أَبُو بَكْرٍ حَتَّى اسْتَوَى فِي الصَّفِّ، وَتَقَدَّمَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى، ثُمَّ انْصَرَفَ فَقَالَ: «يَا أَبَا
بَكْرٍ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَثْبُتَ إِذْ أَمَرْتُكَ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ:
مَا كَانَ لِابْنِ أَبِي قُحَافَةَ أَنْ يُصَلِّيَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا لِي رَأَيْتُكُمْ أَكْثَرْتُمُ
التَّصْفِيقَ؟ مَنْ نَابَهُ شَيْءٌ فِي صَلَاتِهِ فَلْيُسَبِّحْ فَإِنَّهُ
إِذَا سَبَّحَ الْتُفِتَ إِلَيْهِ وَإِنَّمَا التَّصْفِيحُ لِلنِّسَاءِ»
Artinya : Dari Sahal bin Sa'd As Sa'idi, bahwa suatu hari Rasulullah SAW
pergi menemui Bani 'Amru bin 'Auf untuk menyelesaikan masalah di antara
mereka. Kemudian tiba waktu shalat, lalu ada seorang mu'adzin menemui
Abu Bakar seraya berkata, "Apakah engkau mau memimpin shalat berjama'ah
sehingga aku bacakan iqamatnya?" Abu Bakar menjawab, "Ya." Maka Abu
Bakar memimpin shalat. Tak lama kemudian datang Rasulullah SAW,
sedangkan orang-orang sedang melaksanakan shalat. Lalu beliau bergabung
dan masuk ke dalam shaf. Orang-orang kemudian memberi isyarat dengan
bertepuk tangan, namun Abu Bakar tidak bereaksi dan tetap meneruskan
shalatnya. Ketika suara tepukan semakin banyak, Abu Bakar berbalik dan
ternyata dia melihat ada Rasulullah SAW. Rasulullah SAW memberi isyarat
yang maksudnya: 'Tetaplah kamu pada posisimu'. Abu Bakar mengangkat
kedua tangannya lalu memuji Allah atas perintah Rasulullah SAW tersebut.
Kemudian Abu Bakar mundur dan masuk dalam barisan shaf lalu Rasulullah
SAW maju dan melanjutkan shalat. Setelah shalat selesai, beliau
bersabda: "Wahai Abu Bakar, apa yang menghalangimu ketika aku
perintahkan agar kamu tetap pada posisimu?" Abu Bakar menjawab,
"Tidaklah patut bagi anak Abu Qahafah untuk memimpin shalat di depan
Rasulullah". Maka Rasulullah SAW bersabda: "Mengapa kalian tadi banyak
bertepuk tangan?. Barangsiapa menjadi makmum lalu merasa ada kekeliruan
dalam shalat, hendaklah dia membaca tasbih. Karena jika dibacakan
tasbih, dia (imam) akan memperhatikannya. Sedangkan tepukan untuk
wanita." (H.R. Muslim dan Bukhari)
Berdasarkan pendapat yang rajih ini yang didasarkan kepada hadits shahih
riwayat Bukhari dan Muslim di atas, maka menambah “sayyidina” pada
tasyahud shalat yang merupakan sikap adab kita kepada Rasulullah SAW
lebih utama dilakukan dibandingkan bershalawat kepada Rasulullah SAW
tanpa tambahan “sayyidina” yang merupakan perintah Rasulullah SAW.
Penjelasan senada dengan ini pernah dikemukakan oleh Ibnu Hajar
al-Haitamy dalam kitab beliau, al-Dur al-Manzhud.
Hakikat Gelar Sayyid
Kemudian, gelar ‘sayyid’ tidak hanya dikhususkan untuk Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam. Kata sayyid bisa diberikan kepada para tokoh agama,
diantaranya adalah para sahabat. Karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam pernah menyebut beberapa sahabatnya dengan ‘sayyid’. Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang Hasan bin Ali bin Abi
Thalib:
إِنَّ ابنِي هَذَا سَيِّدٌ
“Sesungguhnya anakku ini adalah seorang sayyid (pemimpin).” (HR. Bukhari 2704)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda kepada orang
Anshar, untuk menghormati pemimpinnya, Sa’d bin Muadz radhiyallahu
‘anhu, ketika Sa’d datang, beliau menyuruh orang Anshar:
قُومُوا إِلَى سَيِّدِكُم
“Sambutlah pemimpin (sayyid) kalian.” (HR. Bukhari 3073 & Muslim 1768)
Kemudian, para sahabat juga menyebut sahabat lainnya dengan sayyid. Umar
bin Khatab pernah mengatakan tentang Abu Bakr dan Bilal:
أَبُو بَكرٍ سَيِّدُنَا وَأَعتَقَ سَيِّدَنَا : يعني بلال بن رباح
“Abu Bakr sayyiduna, dan telah memerdekakan sayyidana, maksud beliau adalah Bilal bin Rabah.” (HR. Bukhari 3754)
jika demikian, sangat layak bagi kita untuk menyebut manusia yang paling mulia dengan ‘sayyiduna’.
Hadis Abdullah bin Syikkhir
Sahabat Abdullah bin Syikkhir mengatakan,
انطَلَقتُ فِي وَفدِ بَنِي عَامِرٍ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيهِ وَسَلَّمَ فَقُلنَا : أَنتَ سَيِّدُنَا . فَقَالَ : السَّيِّدُ
اللَّهُ . قُلنَا : وَأَفضَلُنَا فَضلًا ، وَأَعظَمُنَا طَوْلًا ( أَي
شَرَفًا وَغِنًى ) . فَقَالَ : قُولُوا بِقَولِكُم أَو بَعضِ قَولِكُم ،
وَلَا يَسْتَجْرِيَنَّكُمُ الشَّيطَانُ
Saya pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai utusan
Bani Amir. Kami sanjung beliau dengan mengatakan: “Anda adalah sayyiduna
(pemimpin kami).” Spontan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Assayidu Allah (Sang Pemimpin adalah Allah).” Lalu aku sampaikan: “Anda
adalah yang paling mulia dan paling utama di antara kami.” Selanjutnya
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammenasihatkan: “Sampaikan perkataan
kalian, dan jangan sampai setan membuat kalian menyimpang.” (HR. Abu
Daud, 4806 dan dishahihkan Al-Albani)
Hadis ini tidaklah menunjukkan larangan menggunakan gelar ‘sayyidina’
untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena konteks ketika
Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam melarang sahabat Abdullah bin Syikkhir
adalah kekhawatiran beliau ketika pujian Abdullah bisa berlebihan,
sehingga mengangkat beliau sebagaimana layaknya Allah. Karena itu, Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallammengarahkan kata ‘sayyid’ untuk Allah.
Dalam rangka mengingatkan mereka bahwa ‘as-sayid’ (pemimpin) mutlak
hanyalah Allah Ta’ala. Oleh karena itu, janganlah kalian berlebihan
dalam memujiku, sehingga kalian mengkultuskanku sebagai layaknya Tuhan.
Imam Ibnu Utsaimin mengatakan:
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melarang mereka untuk menyebut
beliau dengan sayyid. Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkan
mereka untuk mengucapkan hal itu, sebagaimana yang beliau sabdakan:
‘Sampaikan perkataan kalian’ namun beliau melarang agar jangan sampai
setan menyimpangkan mereka, sahingga mereka melebihkan gelar ‘pemimpin’
yang sifatnya khusus menjadi gelar ‘pemimpin’ yang berlaku mutlak.
Karena kata ‘sayyiduna’ [pemimpin kami] adalah gelar kepemimpinan khusus
yang dikaitkan dengan kata lainnya. Sementara ‘as-sayyid’ [Sang
Pemimpin] adalah gelaran yang mutlak (dan itu hanya milik Allah).”
(Al-Qoulul Mufid, 2/258).
Dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah disebutkan:
Kaum muslimin sepakat bolehnya memberikan gelar ‘pemimpin’ untuk Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan menjadikannya sebagai tanda untuk
Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam.
As-Syarqowi mengatakan:
فلفظ ( سيّدنا ) علم عليه صلى الله عليه وسلم
Lafadz ‘sayyiduna’ adalah tanda untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah, 11:346)
Patut diketahui, bahwa bacaan shalawat tidak hanya bisa dibaca saat
Tasyahud, tetapi juga bisa di bagian shalat manapun, misalnya saat
bediri, sujud, duduk diantara dua sujud dll. Dalil yang menunjukkan
adalah hadis berikut;
مسند أحمد (28/ 304)
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَقْبَلَ رَجُلٌ حَتَّى
جَلَسَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَنَحْنُ عِنْدَهُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَمَّا السَّلَامُ عَلَيْكَ
فَقَدْ عَرَفْنَاهُ فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ إِذَا نَحْنُ صَلَّيْنَا
فِي صَلَاتِنَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْكَ قَالَ فَصَمَتَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَحْبَبْنَا أَنَّ الرَّجُلَ
لَمْ يَسْأَلْهُ فَقَالَ إِذَا أَنْتُمْ صَلَّيْتُمْ عَلَيَّ فَقُولُوا
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dari Abu Mas’ud, Uqbah bin ‘Amr Al Anshari berkata; ada seorang
laki-laki yang datang sehingga dia duduk di depan Rasulullah
Shallallahu’alaihiwasallam, dan kami pada saat sedang berada di samping
beliau. Lalu orang itu berkata; “Wahai Rasulullah, berkenaan ucapan
salam terhadap anda kami telah mengetahuinya, lalu bagaimana kami harus
mengucapkan shalawat atas anda saat kami shalat?.” (Abu Mas’ud, Uqbah
bin ‘Amr Al Anshari Radliyallahu’anhu) berkata; “Lalu Rasulullah
Shallallahu’alaihiwasallam diam sampai kami berandai-andai jika si
laki-laki tadi tidak menanyakannya.” Lalu beliau bersabda: “Jika kalian
hendak mengucapkan salawat atasku, maka bacalah: ALLAHUMMA SHALLI ‘ALA
MUHAMMAD AN-NABIYIL UMI WA ‘ALA ALI MUHAMMAD. KAMA SHALLAITA ‘ALA
IBRAHIM DAN KELUARGA IBRAHIM. WA BARIK ‘ALA MUHAMMAD WA ‘ALA ALI
MUHAMMAD AN-NABIYIL UMI KAMA BARAKTA ‘ALA IBRAHIM WA ‘ALA ALI IBRAHIM
FIL ‘ALAMIN INNAKA HAMIDUN MAJID (ya Allah, berilah rahmat kepada
Muhammad, Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis dan keluarganya. Dan
berilah berkah kepada Muhammad Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis,
sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya.
Sesungguhnya engkau Maha Terpuji dan Maha Agung) (H.R.Ahmad)
Dalam hadis di atas, Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
mengajarkan bacaan shalawat yang dibaca saat Shalat, namun beliau tidak
menentukan posisi tertentu kapan dibaca, sebagaimana beliau menentukan
posisi berdiri untuk membaca Al-Fatihah. Oleh karena itu riwayat ini
menunjukkan bahwa bacaan Shalawat bisa dibaca selain saat Tasyahud.
Dalil yang menguatkan adalah hadis berikut;
سنن الترمذى (8/ 497)
عَنْ الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ذَهَبَ
ثُلُثَا اللَّيْلِ قَامَ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا اللَّهَ
اذْكُرُوا اللَّهَ جَاءَتْ الرَّاجِفَةُ تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ جَاءَ
الْمَوْتُ بِمَا فِيهِ جَاءَ الْمَوْتُ بِمَا فِيهِ قَالَ أُبَيٌّ قُلْتُ
يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُكْثِرُ الصَّلَاةَ عَلَيْكَ فَكَمْ أَجْعَلُ
لَكَ مِنْ صَلَاتِي فَقَالَ مَا شِئْتَ قَالَ قُلْتُ الرُّبُعَ قَالَ مَا
شِئْتَ فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ قُلْتُ النِّصْفَ قَالَ مَا
شِئْتَ فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ قَالَ قُلْتُ فَالثُّلُثَيْنِ
قَالَ مَا شِئْتَ فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ قُلْتُ أَجْعَلُ لَكَ
صَلَاتِي كُلَّهَا قَالَ إِذًا تُكْفَى هَمَّكَ وَيُغْفَرُ لَكَ ذَنْبُكَ
Dari Ath Thufail bin Ubai bin Ka’ab dari ayahnya berkata: Bila dua
pertiga malam berlalu, Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Salam bangun
lalu bersabda: “Wahai sekalian manusia, ingatlah Allah, ingatlah Allah,
tiupan pertama datang dan diiringi oleh tiupan kedua, kematian datang
dengan yang ada padanya, kematian datang dengan membawa segala
kelanjutannya, kematian datang dengan membawa segala kelanjutannya.”
Berkata Ubai: Wahai Rasulullah, aku sering membawa shalawat untuk
baginda, lalu seberapa banyak aku bershalawat untuk baginda? Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa salam menjawab: “Terserah.” Aku bertanya:
Seperempat? Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Salam menjawab: “Terserah,
jika kau tambahi itu lebih baik bagimu.” Aku bertanya: Setengah? Beliau
menjawab: “”Terserah, jika kau tambahi itu lebih baik bagimu.” Aku
bertanya: Dua pertiga?”Terserah, jika kau tambahi itu lebih baik
bagimu.” Aku berkata: Aku akan menjadikan seluruh doaku untuk baginda.
Beliau bersabda: “Kalau begitu, kau dicukupkan dari dukamu dan dosamu
diampuni.” (H.R.At-Tirmidzi)
Menjadikan shalawat dengan kuantitas seperempat, separuh, duapertiga dan
keseluruhan dari bacaan shalat menunjukkan bahwa bacaan Sholawat itu
tidak dibatasi saat Tasyahud saja. Dengan demikian, riwayat ini
menguatkan bahwa Shalawat bisa dibaca selain saat Tasyahud.
Wallohu A’lam.