Guru adalah seorang pendidik sebagai insan yang mulia dan berjasa kerana
merekalah yang bertanggungjawab mendidik manusia bagi melahirkan
generasi Muslim yang beriman dan beramal soleh serta sanggup
melaksanakan tugas terhadap diri, keluarga, masyarakat dan negara. Guru
dalam sejarah hidupnya sentiasa menghargai kejayaan anak didiknya serta
sanggup bekorban dan melakukan apa sahaja untuk manfaat dan
kesejahteraan orang lain. Firman Allah s.w.t. di dalam Al-Quran :
يرفع الله الذين ءامنوا منكم والذين أوتوا العلم درجت
Maksudnya: “Supaya Allah meninggikan darjat orang-orang yang beriman di
antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan agama (dari
kalangan kamu) beberapa darjat”. (Surah Al-Mujaadalah ayat 11)
Peranan guru adalah luas. Guru adalah pendidik, pembimbing dan
pendorong. Dia juga penyampai ilmu, penggerak dan penasihat. Ini
bermaksud, guru atau pendidik mempunyai tugas dan tanggungjawab yang
mencabar, kepentingan peranan guru itu memang tidak dapat dinafikan
kerana boleh dikatakan setiap ahli masyarakat pada zaman ini melalui
pendidikan yang diberikan oleh guru.
Islam meletakkan tugas sebagai guru yang melaksanakan tugas tarbiyah
adalah ditempat yang sungguh mulia, seluruh masa yang digunakan dikira
sebagai ibadah, setiap langkah dari rumah ke sekolah dan pulang kerumah
dari sekolah akan mendapat satu pahala dan dihapuskan satu dosa,
menyampaikan ilmu secara hikmah dan ikhlas semata-mata kerana Allah
merupakan jihad yang paling tinggi pada pandangan Islam seperti mana
yang dituntut dalam syariat Islam.
Ayat yang menerangkan atau menjadi simbol seorang guru dalam Q.S. Al – Baqarah ayat 124
Lafadz Q.S Al- Baqarah ayat 124
وَ إِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيْمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ قَالَ
إِنِّيْ جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا قَالَ وَ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ قَالَ
لاَ يَنَالُ عَهْدِي الظَّالِمِيْن
Terjemah Q.S Al – Baqarah ayat 124
Dan (ingatlah) tatkala telah di¬uji Ibrahim oleh TuhanNya dengan
beberapa kalimat, maka telah dipenuhinya semuanya. Diapun berfirman :
Sesungguhnya Aku hendak menjadikan engkau Imam bagi manusia. Dia berkata
: Dan juga dari antara anak-cucuku. Berfirman Dia : Tidaklah akan
mencapai perjanjianKu itu kepada orang-orang yang zalim.
Kandungan Q.S Al – Baqarah ayat 124
“Imam “ untuk menjadi panutan ,yang akan membimbing manusia ke jalan
Allah dan membawa mereka kepada kebaikan. Mereka (manusia ) menjadi
pengikutnya dania menjadi pemimpin mereka. Pada waktu itu insting
kemanusiaan Ibrahim timbul ,yaitu keinginan untuk melestarikannya
melalui anak cucunya . Itulah perasaan fitri yang mendalam yang
ditanamkan Allah pada fitrah manusia untuk mengembangkan kehidupan dan
menjalankannya pada jalurnya, dan untuk menjembatani masa lalu dan masa
depannya ,dan supaya seluruh generasi bantu membantu dan tunjang
menunjang . Itulah perasaan yang sebagian manusia beruasaha untuk
menghancurkannya ,menghambatnya , dan membelenggunya .
Padahal ,perasaan itu tertanam dalam – dalam di lubuk fitrah untuk
merealisasikan tujuan jangka panjang itu. Di atas prinsip inilah islam
menetapka syariat kewarisan ,untuk memenuhi panggilan fitrah itu dan
untuk memberikan semangat supaya beraktifitas serta mencurahkan segenap
kemampuannya .
Agam islam sangat menghargai orang – orang yang berilmu pengetahuan
(guru/ulama),sehingga hanya mereka sajalah yang pantas mencapai taraf
ketinggian dan keutuhan hidup.
Firman Allah dalam Q.S Al- Mujadillah ayat 11
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي
الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا
فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ
أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:
"Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan
memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu",
maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman
di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa
derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Dalam Islam terdapat 4 martabat guru atau pendidik iaitu:
1- Mudarris : yang bermaksud guru yang hanya mengajar mata pelajaran kemahiran mereka sahaja.
2- Mu’allim : yang bermaksud guru yang tidak hanya mengajar mata pelajaran mereka tetapi turut menyampaikan ilmu-ilmu lain.
3- Mursyid : yang bermaksud guru yang menyampaikan ilmu dan menunjukkan jalan yang benar.
4- Murabbi : yang bermaksud guru yang mendidik, memelihara, mengasuh,
mentarbiyyah anak didiknya menjadi manusia yang berilmu, bertaqwa dan
beramal soleh.
Sebagai seorang guru yang beriman dan bertaqwa keempat-empat ciri di
atas hendaklah fahami dan dihayati di dalam kehidupannya sebagai
pendidik terutama ciri keempat iaitu mendidik, memelihara, mengasuh,
mentarbiyyah anak didiknya menjadi manusia berilmu, bertaqwa dan beramal
soleh. Jika tugas ini dapat direalisasikan dalam pendidikannya maka
kedudukannya sungguh mulia dan akan duduk berdekatan dengan Nabi s.a.w
di hari akhirat nanti.
Peranan guru dalam mendidik masyarakat amatlah besar dan luas. Antaranya ialah:
1- Menyampai aqidah dan keimanan yang tulin untuk menghidupkan hati dan
menghubungkan manusia dengan Allah, meyakinkan pertemuan dengan Allah,
mengharapkan rahmatNya dan takutkan siksaanNya.
2- Menyampaikan ilmu pengetahuan dan kemahiran meliputi fardhu ain dan
fardhu kifayah yang menjadi asas ubudiyah (pengabdian diri kepada
Allah), hubungan harmoni sesama manusia dan alam.
3- Membentuk akhlak atau peribadi mulia supaya menjadi contoh tauladan kepada orang lain.
Sehubungan dengan itu, marilah kita sama-sama menghayati nasihat Luqman Al-Hakim sebagaimana yang digambarkan oleh Al-Quran:
يبنى أقم الصلوة وأمر بالمعروف وانه عن المنكر واصبر على ماأصابك إن ذلك من عزم الأمور
Maksudnya: “Wahai anakku! Dirikanlah Solat (sembahyang), dan suruhlah
berbuat baik serta cegahlah kemungkaran dan bersabarlah atas segala bala
bencana yang menimpa kamu, sesungguhnya yang demikian itu adalah dari
perkara-perkara yang dikehendaki diambil berat melakukannya”. (Surah
Luqman : Ayat 17)
Sabda Rasulullah Sollallahu `alaihi wasallam:
كلكم راع وكلكم مسؤل عن رعيته
Maksudnya: “Setiap kamu adalah penjaga (pemimpin) dan setiap kamu
ditanya berkaitan dengan tanggungjawabnya”. (Hadis Riwayat Al-Bukhari)
Untuk mengelakkan gejala sosial daripada merebak dan terus melanda
masyarakat kita, maka adalah menjadi tugas dan tanggungjawab guru di
sekolah perlulah menanamkan asas aqidah Islam dan keimanan kepada Allah
s.w.t. Bentuklah jiwa para pelajar supaya berakhlak dengan akhlak Islam
dan takut kepada azab Allah s.w.t jika melakukan maksiat dan
kemungkaran.
Semua guru-guru samaada guru agama atau guru akademik perlu memainkan
peranan yang berat ini dan jangan jemu-jemu menasihati, mendidik,
membentuk dan mengasuh jiwa para pelajar dengan nasihat yang baik. Guru
pula perlulah membawa syaksiah Islam dan akan menjadi contoh dan ikutan
para pelajarnya.
Kasihanilah anak-anak didik kita ini dengan tutur kata yang lemah lembut
kerana fitrah manusia suka kepada kelembutan. Anggaplah mereka semua
seperti anak kita sendiri dekatilah mereka yang bermasaalah dengan penuh
kasih sayang seperti seorang ibu yang mengasihi anak-anaknya.
Hadits Rasulullah SAW juga membahas tentang pendidik, yakni hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ad- Darami;
أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بْنُ زِيَادِ بْنِ أَنْعُمَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
مَرَّ بِمَجْلِسَيْنِ فِى مَسْجِدِهِ فَقَالَ :« كِلاَهُمَا عَلَى خَيْرٍ
وَأَحَدُهُمَا أَفْضَلُ مِنْ صَاحِبِهِ ، أَمَّا هَؤُلاَءِ فَيَدْعُونَ
اللَّهَ وَيُرَغِّبُونَ إِلَيْهِ فَإِنْ شَاءَ أَعْطَاهُمْ وَإِنْ شَاءَ
مَنَعَهُمْ ، وَأَمَّا هَؤُلاَءِ فَيَتَعَلَّمُونَ الْفِقْهَ وَالْعِلْمَ
وَيُعَلِّمُونَ الْجَاهِلَ فَهُمْ أَفْضَلُ ، وَإِنَّمَا بُعِثْتُ
مُعَلِّماً » قَالَ : ثُمَّ جَلَسَ فِيهِمْ.- الدارمي
Menceritakan kepada kami ‘abdullah bin yazid, menceritakan kepada kami
‘abdur Rahman bi ziyad bin an’um bin abdur Rahman bin Rafi’ dari
Abdullah bin ‘amr: Sesungguhnya rasulullah SAW melewati dua majlis di
masjidnya, lalu Rasulullah berkata; keduanya itu baik dan sala ssatu
keduanya itu lebih utama dari sahabatnya. Adapun mereka berdo’a kepada
allah dan menyenangkan kepadaNya. Maka jika Allah berkehendak mereka
akan diberi. Dan jika Allah berkendak mereka akan dicegah. Adapun mereka
ada yang belajar ilmu fiqh dan mereka mengajarkan kepada orang yang
bodoh. Maka mereka itulah yang lebih utama. Dan sesungguhnya aku di utus
sebagai pengajar (pendidik). Abdullah bin ‘amr berkata: kemudian
rasulullah duduk bersama mereka. HR Ad-Daromi
Hadits diatas menjadi penjelas bagi seluruh umat manusia, bahwa
setelahRasulullah diajarkan kepadanya Al-Qur’an lalu Rasulullah
mengatakan dalam haditsnya yang mengisyaratkan bahwa beliau diutus
adalah sebagai pendidik.
Seorang pendidik akan senantiasa menyampaikan ilmu pengetahuan yang
dimilikinya untuk bisa diserap oleh muridnya sehingga nantinya ilmu
pengetahuan tersebut akan semakin dikembangkan oleh peserta didik.
Hadits Rasulullah SAW menyatakan;
بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً – الترمذي
Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat.
Tugas guru adalah sebagai pembimbing atau penyuluh. Hal ini digambarkan dalam firman Allah surat An-nahl ayat 43;
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ (43)
Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang
Kami beri wahyu kepada mereka; Maka bertanyalah kepada orang yang
mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.
Ayat ini kembali menguraikan kesesatan pandangan mereka menyangkut
kerasulan Nabi Muhammad SAW. Dalam penolakan itu, mereka selalu berkata
bahwa manusia tidak wajar menjadi utusan Allah, atau paling tidak dia
harus disertai oleh malaikat. Ayat ini menegaskan bahwa: Dan Kami tidak
mengutus sebelum kamu, kepada umat manusia kapan dan dimanapun, kecuali
orang-orang lelaki,yakni jenis manusia pilihan, bukan malaikatyang Kami
beri wahyu kepada mereka; antara lain melalui Jibril; Maka wahai
orang-orang yang ragu atau tidak tahu bertanyalah kepada Ahli Dzikr,
yakni orang-orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.
Thabathaba’i salah seorang ulama’ dari aliran syi’ah berpendapat bahwa
ayat ini menginformasikan bahwa dakwah keagamaan dan risalah kenabian
adalah dakwah yang disampaikan oleh manusia biasa yang mendapat wahyu
dan bertugas mengajak manusia menuju kebahagiaan duniawi dan ukhrawi.
Simpulan dari ayat ini mengenai tugas seorang guru adalah guru sebagai
penyuluh yang selalu memberikan peringatan dan pembimbing bagi semuanya
demi mendakwahkan amar ma’ruf nahi munkar.
Selanjutnya dilanjutkan dengan ayat 44 yang berbunyi;
بِالْبَيِّنَاتِ وَالزُّبُرِ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ
لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (44)
Keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. dan Kami turunkan
kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang
telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.
Para Rasul yang kami utus sebelummu itu semua membawa
keterangan-keterangan, yakni mukjizat-mukjizat nyata yang membuktikan
kebenaran mereka sebagai Rasul, dan sebagian membawa pula zubur,yakni
kitab-kitab yang mengandung ketetapan-ketetapan hokum dan
nasihat-nasihat yang seharusnya menyentuh hati, dan kami turunkan
kepadamu ad-Dzikr, yakni Al-Qur’an, agar engkau menerangkan kepada
seluruh umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka, yakni
Al-Qur’an itu, mudah-mudahan dengan penjelasanmu mereka mengetahui dan
sadar dan supaya mereka senantiasa berpikirlalu menarik pelajaran untuk
kemaslahatan hidup duniawi dan ukhrawi mereka.
Ayat ini mengisyaratkan dan menegaskan lagi akan tugas seorang guru
(pendidik) agar senantiasa tidak henti-hentinya untuk mengamalkan segala
ilmu yang telah didapatkannya serta mentransfer segala pengetahuan yang
ada kepada semua peserta didik khususnya, dan umumnya kepada seluruh
umat elemen masyarakat.
Guru yang ideal menurut surat al-Kahfi [18]: ayat 60-82 adalah:
Pertama, Seorang guru hendaklah orang yang tidak hanya mamapu memahami
fenomena, tetapi juga mamapu memahami nomena. Seorang guru bukan hanya
bisa memahami yang tanpak nyata, namun juga mampu memahami sebab di
balik yang tampak itu. Dengan bahasa lain, seorang yang ideal adalah
orang yang memiliki kebijaksanaan, di mana dia mampu mencari akar sebuah
permasalahan.
Itulah sebabnya, Nabi Musa di suruh berguru kepada nabi Khidr, karena
Khidr memiliki kebijaksanaan. Dia mampu melihat fenomena dan juga mampu
memahami nomena serta penyebab munculnya fenomena tersebut. Itulahg
kesan yang di didapatkan dari ciri guru yang ditemukan nabi Musa as.
seperti yang terdapat pada ayat 65.
فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا ءَاتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا
Artinya: “Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba
Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang
telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami”.
Kedua, Seorang guru harus memahami kondisi muridnya, sehingga dia tidak
bersikap arogan atau memaksakan kehendak kepada muridnya. Guru juga
harus mengetahui kemampuan intelektual murid. Itulah kesan yang
diperoleh dari ungkapan Khidr pada ayat 67-68,
قَالَ إِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا(67)وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَى مَا لَمْ تُحِطْ بِهِ خُبْرًا(68)
Artinya: “Dia menjawab: “Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan
sanggup sabar bersama aku (67). Dan bagaimana kamu dapat sabar atas
sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal
itu?”(68).
Begitulah sikap seorang guru dalam mengajar, hendaklah mereka mengetahui
sikap, karakter serta kepribadian peserta didiknya dengan baik. Agar
para guru dapat memberikan materi dan metode yang benar dalam
menjalankan proses belajar dan mengajar. Serta bersabar apabila mendapat
ketidaknyamanan.
Ketiga, Seorang guru memang dituntut untuk selalu menegur setiap kali
muridnya berbuat salah. Akan tetapi, teguran haruslah sebijaksana
mungkin dan dengan kata-kata yang mendidik serta menyentuh. Pemberian
sanksi oleh guru haruslah dengan pertimbangan yang matang dan jika
memang hal itu dianggap perlu untuk dilakukan, demi kebaikan seorang
murid. Begitulah kesan yang diperoleh dari ayat 72, 75 dan 78.
قَالَ أَلَمْ أَقُلْ إِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا(72) قَالَ
أَلَمْ أَقُلْ لَكَ إِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا(75) قَالَ
هَذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ
تَسْتَطِعْ عَلَيْهِ صَبْرًا(78)
Artinya: “Dia (Khidhr) berkata: “Bukankah aku telah berkata:
“Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sabar bersama dengan aku (72).
Khidhr berkata: “Bukankah sudah kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya
kamu tidak akan dapat sabar bersamaku?”(75). “Khidhr berkata: “Inilah
perpisahan antara aku dengan kamu; kelak akan kuberitahukan kepadamu
tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar
terhadapnya.”(78).
Kempat, Seorang guru tidak hanya bisa menegur dan memarahi bahkan
memberi sanksi terhadap kesalahan murid. Akan tetapi, juga ditunut mampu
memberikan penjelasan terhadap kesalahan dan kekeliruan muridnya. Hal
ini bertujuan agar seorang murid mengetahui dan menyadari serta tidak
mengulanginya pada masa berikutnya. Begitulah kesan yang didapatkan dari
ayat 79-82.
أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ
فَأَرَدْتُ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُمْ مَلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ
سَفِينَةٍ غَصْبًا(79)وَأَمَّا الْغُلَامُ فَكَانَ أَبَوَاهُ مُؤْمِنَيْنِ
فَخَشِينَا أَنْ يُرْهِقَهُمَا طُغْيَانًا وَكُفْرًا(80)فَأَرَدْنَا أَنْ
يُبْدِلَهُمَا رَبُّهُمَا خَيْرًا مِنْهُ زَكَاةً وَأَقْرَبَ رُحْمًا(81)
وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ
وَكَانَ تَحْتَهُ كَنْزٌ لَهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ
رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً
مِنْ رَبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ
تَسْطِعْ عَلَيْهِ صَبْرًا(82)
Artinya: Khidhr berkata: “Inilah perpisahan antara aku dengan kamu;
kelak akan kuberitahukan kepadamu tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu
tidak dapat sabar terhadapnya.” (78). Adapun bahtera itu adalah
kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan aku bertujuan
merusakkan bahtera itu, karena di hadapan mereka ada seorang raja yang
merampas tiap-tiap bahtera (79). Dan adapun anak muda itu, maka keduanya
adalah orang-orang mukmin, dan kami khawatir bahwa dia akan mendorong
kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran (80). Dan kami
menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain
yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam kasih
sayangnya (kepada ibu bapaknya) (81). Adapun dinding rumah adalah
kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta
benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang
saleh, maka Tuhanmu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada
kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai rahmat dari
Tuhanmu; dan bukanlah aku melakukannya itu menurut kemauanku sendiri.
Demikian itu adalah tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat
sabar terhadapnya (82).”
SIFAT GURU
Sifat guru yang tergambar dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan
oleh Imam Ad-Daramiy adalah menerangkan untuk takut kepada Allah, tidak
sombong, dzikir, serta memohon ampun kepada Allah.
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنِ
الأَعْمَشِ عَنْ مُسْلِمٍ عَنْ مَسْرُوقٍ قَالَ : كَفَى بِالْمَرْءِ
عِلْماً أَنْ يَخْشَى اللَّهَ ، وَكَفَى بِالْمَرْءِ جَهْلاً أَنْ يُعْجَبَ
بِعِلْمِهِ. قَالَ وَقَالَ مَسْرُوقٌ : الْمَرْءُ حَقِيقٌ أَنْ تَكُونَ
لَهُ مَجَالِسُ يَخْلُو فِيهَا فَيَذْكُرُ ذُنُوبَهُ فَيَسْتَغْفِرُ
اللَّهَ- الدارمي
“Menceritakan kepada kami ahmad bin ‘abdullah, menceritakan kepada kami
zaidah dari al- a’masy dari muslim dari masruq berkata: Cukup bagi
seseorang yang berilmu untuk takut kepada Allah. Dan cukup bagi seorang
yang bodoh untuk membanggakan ilmunya. Muslim Berkata, dan masruq
berkata: seseorang yang benar adalah apabila dia dalam majlis yang
kosong didalamnya, maka ia akan mengingat dosanya dan memohon ampun
kepada Allah”. HR Ad-Daromi
Hadits diatas memberikan gambaran, bahwa seorang guru harus mempunyai
sifattakut, yang bisa diperluas denganmenggunakan kata taqwa. Taqwa
disini dimaksudkan agar guru senantiasa merasa takut untuk berbuat yang
dilarang, agar anak didiknya tidak meniru apa yang dilakukan oleh
gurunya. Hal semacam ini yang penting untuk diterapkan oleh guru. Karena
tugas seorang guru bukan hanya mengajar atau mentransfer ilmu. Akan
tetapi sangat jauh dari pada itu, seorang guru adalah pendidik dari
semua aspek yang ada pada manusia baik dari sisi kognitif, afektif, dan
psikomotorik.
Selain takut kepada Allah, hadits diatas juga melarang untuk
menyombongkan diri dengan ilmu, dan senantiasa mengingat dosa atau
kesalahannya lalu meminta ampun kepada Allah SWT. Matan hadits diatas
hendaknya dilaksanakan dengan baik dalam menjalankan tugasnya sebagai
pendidik.
Selanjutnya sifat yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai
pendidik, banyak dibahas dalam Alqur’an, diantaranya dalam Surat
Ar-rahman ayat 1.
الرَّحْمَنُ (1)
(tuhan) yang Maha pemurah.[19]
Ayat diatas menggambarkan akan sifat guru yang harus memiliki rasa kasih
sayang. Hal ini dimaksudkan agar guru senantiasa memberikan limpahan
perasaan yang mendalam kepada seluruh anak didiknya dengan kasih sayang
agar kegiatan belajar berjalan dengan khidmat dan tentunya dapat membuat
anak didik merasa nyaman ketika belajar serta KBM (kegiatan belajar
mengajar) akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan keinginan.
Kepribadian yang baik seorang guru akan baik, akan senantiasa
memperlancar kegiatan belajar, dan dengan pribadi baik pula akan
menghasilkan pendidikan yang di inginkan. Dalam Al-qur’an juga banyak
membahas tentang berbagai sifat yang baik, yang secara eksplisit harus
dimiliki oleh seorang guru.
Dalam surat An-najm ayat 5 menjelaskan tentang sifat kuat.
عَلَّمَهُ شَدِيدُ الْقُوَى (5)
Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat.
Dalam ayat ini Allah SWT menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW di ajari
oleh jibril. Jibril itu sangat kuat, baik ilmunya maupun amalnya.
Dalam firman Allah SWT dijelaskan dalam surat At-Takwir: 19-21:
إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ (19) ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ (20) مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِينٍ (21)
Sesungguhnya Al Qur'aan itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh)
utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai
kedudukan Tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy, yang ditaati di
sana (di alam malaikat) lagi dipercaya.
Kemudian Nabi Muhammad SAW mempelajarinya dan mengamalkannya. Ayat ini
merupakan jawaban dari perkataan mereka yang mengatakan bahwa Rasulullah
SAW itu hanyalah tukang dongeng yang mendongengkan dongeng-dongeng
(legenda-legenda) orang-orang dahulu. Dari sini jelas bahwa Rasulullah
SAW itu bukan di ajari seorang manusia akan tetapi di ajari oleh
malaikat jibril yang sangat kuat.
Yang dimaksud syadidul quwa pada surat An najm ayat 5 adalah malaikat
jibril, yang selanjutnya disifati dengan Dzu mirrah yang dalam banyak
kitab tafsir diberi pengertian dzu quwwah (yang mempunyai kekuatan).
Jibril itu memang sangat kuat, kekuatannya ada pada dirinya. Jibril
mempunyai kekuatan yang sangan luar biasa.
Ayat diatas juga memberikan pelajaran bagi guru tentang sifat kuat.
Sifat Kuat disini bukan berarti kuat secara fisik. Namun kuat dalam ayat
ini dimaksudkan dalam kekuatan mental yang ada pada seorang guru.
Kekuatan mental yang tinggi akan mengurangi rasa negatif yang menimpa
diri seperti, cemas, malas, bosan, dan sebagainya. Oleh karena itu,
seorang guru harus kuat dalam menghadapi segalam macam hal yang ada
dalam tugasnya. Dan apabila ada masalah yang menyelimuti, seorang guru
hendaknya kuat, sabar dan tabah menghadapinya serta berusaha untuk
memecahkan masalah yang ada.
Dalam hadits yang diriwayatkan at-Turmudzi, Rasulullah SAW memerintahkan
untuk menyampaikan segala apa yang dimiliki walaupun sedikit. Dan
secara tersurat, hadits itu juga menyatakan ancaman bagi seseorang yang
berbuat dusta.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ عَنِ
ابْنِ ثَوْبَانَ هُوَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ ثَابِتِ بْنِ ثَوْبَانَ
عَنْ حَسَّانَ بْنِ عَطِيَّةَ عَنْ أَبِى كَبْشَةَ السَّلُولِىِّ عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- « بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً وَحَدِّثُوا عَنْ بَنِى
إِسْرَائِيلَ وَلاَ حَرَجَ وَمَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا
فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا
حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ- الترمذي
Menceritakan kepada kami Muhammad bin yahya, menceritakan kepada kami
Muhammad bin yusuf dari ibnu tsauban. Dia Abdurrahman bin tasbit bin
tsauban dari Hassan bin ‘athiyyah dari abi kabsyata as- saluliy dari
‘Abdillah bin ‘amr berkata: Rasulullah SAW bersabda: Sampaikanlah dariku
walaupun satu ayat, dan ceritakanlah kepada bani isra’il dan janganlah
berbuat kesalahan. Dan barang siapa yang berdusta atas namaku (muhammad)
dengan sengaja, maka Disediakan tempat baginya di neraka. HR
At-Tirmidzi
Dari matan hadits diatas, dapat dipahami beberapa pokok bahasan yang
harus diimplementasikan oleh seorang guru (pendidik), diantarnya:
a. Seseorang guru adalah seorang yang menyampaikan ilmu (pengetahuan) kepada orang lain, walaupun hanya sedikit.
b. Seorang guru harusnya mencegah dirinya dari berbuat kesalahan,
karena guru dipahami sebagai uswatun hasanah (teladan) bagi semua elemen
masyarakat khususnya peserta didiknya.
c. Seorang guru tidak boleh berbuat dusta atas nama Nabi Muhammad.
Dalam kaitannya ini berdusta atas nama Nabi Muhammad bisa diperluas
maknanya (dilalatuan nash) dengan berdusta atas nama Allah. Oleh karena
itu konsekuensi logisnya (dilalatu al-isyarat) seseorang harus berbuat
jujur dalam setiap kondisi apapun.
Menurut Athiyah Al-Abrasyi seorang pendidik Islam itu harus memiliki
sifat-sifat tertentu agar ia dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
Adapu sifat-sifat itu ialah;
1. Memiliki sifat zuhud, tidak mengutamakan materi dan mengajar karena mencari keridlaan Allah semata.
2. Seorang guru harus bersih tubuhnya, jauh dari dosa besar, sifat
riya’, dengki, permusuhan, perselisihan dan sifat tercela lainnya.
3. Ikhlas dalam kepercayaan, keikhlasan dan kejujuran seorang guru
di dalam pekerjaannya merupakan jalan terbaik ke arah suksesnya di dalam
tugas dan sukses murid-muridnya.
4. Seorang guru harus bersifat pemaaf terhadap murid, ia sanggup menahan diri, menahan kemarahan, lapang hati, sabar.
5. Seorang guru harus mencintai murid-muridnya seperti cintanya
kepada anak-anaknya sendiri, dan memikirkan keadaan mereka seperto
memikirkan anak-anaknya sendiri.
6. Seorang guru harus mempunyai tabiat, pembawaan, adat, kebiasaan,
rasa dan pemikiran murid-muridnya agar ia tidak keliru dalam mendidik
muridnya.
7. Seorang guru harus menguasai mata pelajaran yang akan
diberikannya, serta memperdalam pengetahuannya, tentang itu sehingga
mata pelajaran itu tidak akan bersifat dangkal.
KOMPETENSI GURU
Dalam mengahadapi sengitnya kehidupan di bumi ini. Kemampuan seseorang
dalam menghadapi situasi yang ada akan menjadi tolak ukur akan
keberhasilan dalam menjalankan kehidupannya. Begitu juga dengan seorang
guru yang harus mempunyai kompetensi yang tinggi agar mampu menghasilkan
daya saing yang solid yang mampu mengatasi problem yang ada dan
tentunya juga sukses menjalankan tugas sebagai pendidik dalam hidupnya.
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah cerdas. Firman Allah menjelaskan dalam surat An Najm ayat 6;
ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَى (6)
Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) Menampakkan diri dengan rupa yang asli.
Ayat ini menerangkan, bahwa Jibril itu mempunyai kekuatan yang luar
biasa. Buntinya, jibril mampu menghancurkan kaum samud yang ingkar pada
Nabi luth. Dan kekuatan lainnya, adalah jibril mampu turun kebumi dalam
waktu sekejap mata serta Jibril juga mampu berubah bentuk menjadi
seperti manusia.
Secara eksplisit ayat diatas juga memberikan penjelasan bahwa guru
seharusnya mempunyai kecerdasan yang tinggi. Kecerdasan ini bersifat
sangat luas bagi seorang guru, diantaranya; guru cerdas dalam memahamkan
atau mentrasfer materi yang diajarkan kepada murid, guru cerdas dalam
memilih model dan strategi yang dipakai dalam system pembelajarannya,
serta juga harus cerdas memecahkan masalah yang menghadapi dalam belajar
mengajar.
Kedua, kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah berakhlak mulia. Dalam hadits Rasulullah disebutkan;
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ
الْقَاسِمِ قَالَ حَدَّثَنَا مُبَارَكٌ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ سَعْدِ بْنِ
هِشَامِ بْنِ عَامِرٍ قَالَ أَتَيْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ يَا أُمَّ
الْمُؤْمِنِينَ أَخْبِرِينِى بِخُلُقِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم-. قَالَتْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَا تَقْرَأُ الْقُرْآنَ
قَوْلَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ (وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ) قُلْتُ
فَإِنِّى أُرِيدُ أَنْ أَتَبَتَّلَ. قَالَتْ لاَ تَفْعَلْ أَمَا تَقْرَأُ
(لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ) فَقَدْ
تَزَوَّجَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَقَدْ وُلِدَ لَهُ.-أحمد
Menceritakan kepada kami ‘abdullah, menceritakan kepadaku abi,
menceritakan kepada kami hasyim bin al qasim berkata, menceritakan
kepada kami mubarak dari hasan dari sa’id bin hisyam bin ‘amir berkata,
aku datang kepada ‘aisyah, lalu aku berkata wahai ummul mu’minin,
ceritakanlah kepadaku tentang akhlak rasulullah SAW. Aisyah berkata;
akhlak rasululullah adalah al Qur’an, ketika kamu membaca al Qur’an
firman Allah ‘azza wajalla. (وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ) dan
sesungguhnya atasnya (Rasulullah) budi pekerti yang agung. Aku berkata,
sesungguhnya aku menginginkan tidak kawin selamanya. Aisyah berkata;
Janganlah kamu melakukannya, apakah kamu tidak membaca (لَقَدْ كَانَ
لَكُمْ فِى رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ) sungguh telah ada pada
diri Rasululullah SAW suri tauladan yang baik. Maka sungguh Rasulullah
telah menikah. Dan sungguh telah dilahirkan darinya. (HR Ahmad).
Hadits diatas menjelaskan secara tersurat bahwa Rasulullah memiliki budi
pekerti yang agung, dan juga Rasulullah SAW juga telah diciptakan oleh
Allah pada dirinya sebagai Uswatun hasanah (suri tauladan yang baik).
Dalam hubungannya hadits diatas dengan konsep seorang guru yang secara
tersirat dari hadits diatas dapat di ambil suatu pemahaman tentang
kompetensi seorang guru yang harus memiliki akhlak mulia. Guru yang
berakhlakul karimah akan senantiasa menjadi pendidik yang professional
dengan karakter kepribadiannya yang baik, sehingga bisa mempengaruhi
anak didiknya untuk mengikuti apa yang telah disampaikan dalam proses
belajar mengajar.
Seorang guru harus menyadari bahwa dia adalah seorang yang memiliki
ilmu, sehingga memiliki tanggung tanggung jawab moral terhadap ilmu yang
dimilikinya untuk menyebarluaskan dan mengajarkannya kepada manusia.
Hendalak setiap guru berkeingianan untuk menjadikan anak didiknya
seperti dirinya atau melebihi dirinya. Itulah yang ditunjukan oleh nabi
Sulaiman as. dalam surat an-naml ayat 16.
وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ وَقَالَ يَاأَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا
مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ إِنَّ هَذَا لَهُوَ
الْفَضْلُ الْمُبِينُ
Artinya: “Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai
Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami
diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia
yang nyata.”
Nabi Sulaiman menyadari sepenuhnya akan ilmu yang dimilikinya dan bahwa
itu adalah karunia Tuhan kepadanya. Oleh Karena itu, dia memberitahukan
kepada manusia pengetahuannya dengan maksud sekiranya manusia juga
berkeinginan untuk belajar dan menimba ilmu darinya. Minimal dia
mengatakan hal yang demikian agar tidak terkesan kalau dia menutupi ilmu
yang diberikan kepadanya.
Begitulah tanggung jawab seorang alim terhadap ilmunya. Dia harus sadar
akan pengetahuan yang dimilikinya dan tidak boleh menutupi ilmu tersebut
dari orang lain yang ingin mengetahuinya. Serta memiliki tanggung jawab
moral terhadap ilmu tersebut dalam bentuk mengajarkannya kepada orang
lain.
Dalam pandangan ilmu filsafat manusia terbagi kepada empat macam.
Pertama, orang yang tidak tahu bahwa dia tidak tahu. Kedua, orang yang
tidak tahu bahwa dia tahu. Ketiga, orang yang tahu bahwa dia tidak tahu.
Dan keempat, orang yang tahu bahwa dia tahu. Dua kelompok pertama
adalah manusia yang sangat buruk, sedangkan dua terakhir adalah manusia
yang baik dan yang terbaik adalah kelompok terakhir.
Seorang guru meskipun dipahami orang banyak sebagai orang alim yang
memiliki ilmu yang berbeda dengan orang awam. Namun, hendaklah setiap
guru menyadari bahwa betapa banyak dan luas pengetahuannya, masih banyak
yang belum diketahui dan mungkin saja pengetahuan itu ada pada orang
lain yang kedudukannya lebih rendah daripadanya.
Sehingga, sikap yang demikian akan mengantarkan seseorang memiliki sikap
tawadhu’ dan menghargai orang lain, serta mau belajar kepada yang lain
sekalipun kedudukannya lebih rendah darinya, termasuk muridnya
sekalipun. Sikap itulah yang ditunjukan nabi Sulaiman as. dalam surat
an-naml ayat 22-23.
فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيدٍ فَقَالَ أَحَطتُ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِ
وَجِئْتُكَ مِنْ سَبَإٍ بِنَبَإٍ يَقِينٍ(22)إِنِّي وَجَدْتُ امْرَأَةً
تَمْلِكُهُمْ وَأُوتِيَتْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَهَا عَرْشٌ عَظِيمٌ(23)
Artinya: “Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata:
"Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa
kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini (22).
Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan
dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar
(23).”
Pada ayat sebelumnya, nabi Sulaiaman as. telah mengatakan bahwa dia
telah diajarkan ilmu yang banyak, diberikan kekuasaan yang sempurna
bahkan mampu memahami bahasa makhluk lain selain mamnusia. Akan tetapi,
salah seorang tentaranya; burung hud-hud dengan lantang mengatakan “…Aku
mengetahui apa yang belum engkau ketahui…”. Hal itu membuktikan bahwa
tidak semuanya yang dapat diketahui manusia, bahkan oleh seorang nabi
yang diberi wahyu sekalipun karena ada hal-hal tertentu yang dia tidak
mengetahuinya. Itulah yang ditegasklam Allah dalam surat al-Isra’ [17]:
85
….وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا
Artinya: “…dan tidaklah kamu diberi ilmu kecuali sangat sedikit sekali.”
Ketiga, Seorang guru secara pasti memiliki pengetahuan melebihi
muridnya, akan tetapi dia semestinya tetap memberikan kesempatan dan
penghargaan kepada para muridnya untuk ikut aktif dalam mengaktualkan
diri dan kemampuan mereka.
Itulah hal yang ditunjukan oleh nabi Sulaiman as. sebagai guru yang
memiliki ilmu yang luas, di dimana dia memberikan kesempatan kepada
bawahannya untuk mengangkat istana ratu Balqis dari Yaman ke Palestina,
sekalipun dia sendiri mampu dan sangat mampu untuk melakukan itu.
Begitulah isyarat yang terdapat dalam ayat 38-40
قَالَ يَاأَيُّهَا الْمَلَأُ أَيُّكُمْ يَأْتِينِي بِعَرْشِهَا قَبْلَ أَنْ
يَأْتُونِي مُسْلِمِينَ(38)قَالَ عِفْريتٌ مِنَ الْجِنِّ أَنَا ءَاتِيكَ
بِهِ قَبْلَ أَنْ تَقُومَ مِنْ مَقَامِكَ وَإِنِّي عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ
أَمِينٌ(39)قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا ءَاتِيكَ
بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا
عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي ءَأَشْكُرُ أَمْ
أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ
فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ(40)
Artinya: “Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara
kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka
datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri(38).
Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang
kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari
tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi
dapat dipercaya(39).
Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab: "Aku akan membawa
singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip." Maka tatkala Sulaiman
melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini
termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau
mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka
sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan
barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha
Mulia (40)”.
Begitulah cara guru dalam mengahdapi muridnya, yaitu memberikan
kesemapatan dan penghargaan kepada siapa saja yang memiliki kemampun
untuk malakukan sesuatu dan menunjukan kemampuannya. Sehingga,
pembelajaran tidak menjadi dominasi guru, sementara murid hanya duduk
dan diam mendengarkan uraiangurunya (“mancawan” bahasa kitanya). Dengan
cara begitu, para murid merasa dihargai dan akan termotivasi untuk
besaing dan lebih maju.
Wallohu A'lam Bishshowab