KH. M. Munawwir adalah putra KH. Abdullah Rosyad bin KH. Hasan Bashari.
Dahulu, ada seorang ulama pejuang, KH. Hasan Bashari namanya, atau yang
lebih dikenal dengan nama Kyai Hasan Besari bin BPH Sandiyo (Mbah Nur
Iman) ajudan Pangeran Diponegoro. Beliau sangat ingin menghafalkan Kitab
Suci al-Quran namun terasa berat setelah mencobanya berkali-kali.
Akhirnya beliau melakukan riyadhah dan bermujahadah, hingga suatu saat
Allah Swt. mengilhamkan bahwa apa yang dicita-citakan itu baru akan
dikaruniakan kepada keturunannya.
Begitu pula anak beliau, KH. Abdullah Rosyad, selama 9 tahun riyadhah
menghafalkan al-Quran, ketika berada di Tanah Suci Makkah, beliau
mendapat ilham bahwa yang akan dianugerahi hafal al-Quran adalah
anak-cucunya.
KH. Abdullah Rosyad dikaruniai 11 orang anak dari 4 orang istri, salah
satunya adalah KH. M. Munawwir yang merupakan buah pernikahan beliau
dengan Nyai Khadijah (Bantul).
Masa Belajar KH. M. Munawwir
Guru pertama beliau adalah Ayah beliau sendiri. Sebagai targhib
(penyemangat) nderes al-Quran, Sang Ayah memberikan hadiah sebesar Rp
2,50 jika dalam tempo satu minggu dapat mengkhatamkannya sekali.
Ternyata hal ini terlaksana dengan baik, bahkan terus berlangsung
sekalipun hadiah tak diberikan lagi.
KH. M. Munawwir tidak hanya belajar qira’at (bacaan) dan menghafal
al-Quran, tetapi juga ilmu-ilmu lain yang beliau timba dari para ulama
di masa itu, diantaranya;
• KH. Abdullah (Kanggotan – Bantul)
• KH. Kholil (Bangkalan – Madura)
• KH. Shalih (Darat – Semarang)
• KH. Abdurrahman (Watucongol – Magelang)
• KH. Abdurrahman (Watucongol – Magelang)
Setelah itu, pada tahun 1888 M. beliau melanjutkan pengajian al-Quran
serta pengembaraan menimba ilmu ke Haramain (dua Tanah Suci), baik di
Makkah al-Mukarramah maupun di Madinah al-Munawwarah. Adapun Guru-guru
beliau di sana antara lain;
• Syaikh Abdullah Sanqara
• Syaikh Syarbini
• Syaikh Mukri
• Syaikh Ibrahim Huzaimi
• Syaikh Manshur
• Syaikh Abdus Syakur
• Syaikh Mushthafa
• Syaikh Yusuf Hajar (Guru beliau dalam qira’ah sab’ah)
Pernah dalam suatu perjalanan dari Makkah ke Madinah,tepatnya di
Rabigh,beliau berjumpa dengan seorang tua yang tidak beliau kenal. Pak
Tua mengajak berjabat tangan, lantas beliau minta didoakan agar menjadi
seorang hafidz al-Quran sejati. Lalu Pak Tua menjawab: “Insyaa-Allah.”
Menurut KH. Arwani Amin (Kudus), orang tua itu adalah Nabiyullah Khadhir
As.
KH. M. Munawwir ahli dalam qira’ah sab’ah (7 bacaan al-Quran). Dan salah
satunya adalah qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Imam Hafsh. Berikut inilah
Sanad Qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh KH. M. Munawwir sampai kepada
Nabi Muhammad Saw. yaitu dari:
1) Syaikh Abdulkarim bin Umar al-Badri ad-Dimyathi, dari
2) Syaikh Isma’il, dari
3) Syaikh Ahmad ar-Rasyidi, dari
4) Syaikh Mushthafa bin Abdurrahman al-Azmiri, dari
5) Syaikh Hijaziy, dari
6) Syaikh Ali bin Sulaiman al-Manshuriy, dari
7) Syaikh Sulthan al-Muzahiy, dari
7) Syaikh Sulthan al-Muzahiy, dari
8) Syaikh Saifuddin bin ‘Athaillah al-Fadhaliy, dari
9) Syaikh Tahazah al-Yamani, dari
10) Syaikh Namruddin ath-Thablawiy, dari
11) Syaikh Zakariyya al-Anshari, dari
12) Syaikh Ahmad al-Asyuthi, dari
13) Syaikh Muhammad ibn al-Jazariy, dari
14) Al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Khaliq al-Mishri asy-Syafi’i, dari
15) Al-Imam Abi al-Hasan bin asy-Syuja’ bin Salim bin Ali bin Musa al-‘Abbasi al-Mishri, dari
16) Al-Imam Abi Qasim asy-Syathibi, dari
17) Al-Imam Abi al-Hasan bin Huzail, dari
18) Ibnu Dawud Sulaiman bin Najjah, dari
19) Al-Hafidz Abi ‘Amr ad-Daniy, dari
20) Abi al-Hasan ath-Thahir, dari
21) Syaikh Abi al-‘Abbas al-Asynawiy, dari
22) ‘Ubaid ibnu ash-Shabbagh, dari
22) ‘Ubaid ibnu ash-Shabbagh, dari
23) Al-Imam Hafsh, dari
24) Al-Imam ‘Ashim, dari
25) Abdurrahman as-Salma, dari
26) Sadatina Utsman bin ‘Affan, ‘Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, ‘Ali bin Abi Thalib, dari
27) Rasulullah Muhammad Saw. dari
28) Robbul ‘Alamin Allah Swt. dengan perantaraan Malaikat Jibril As.
Beliau menekuni al-Quran dengan riyadhah, yakni sekali khatam dalam 7
hari 7 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam 3 hari 3 malam
selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam sehari semalam selama 3 tahun,
dan terakhir adalah riyadhah membaca al-Quran selama 40 hari tanpa henti
hingga mulut beliau berdarah karenanya.
Setelah 21 tahun menimba ilmu di Tanah Suci, beliau pun kembali ke kediaman beliau di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1909 M.
Akhlaq KH. M. Munawwir
KH. M. Munawwir selalu memilih awal waktu untuk menunaikan shalat,
lengkap dengan shalat sunnah Rawatibnya. Shalat Witir beliau tunaikan 11
raka’at dengan hafalan al-Quran sebagai bacaannya. Begitu juga dalam
mudawamah beliau terhadap shalat Isyroq (setelah terbit matahari),
shalat Dhuha dan shalat Tahajjud.
Beliau mewiridkan al-Quran tiap ba’da Ashar dan ba’da Shubuh. Walau
sudah hafal, seringkali beliau tetap menggunakan Mushaf. Bahkan
kemanapun beliau bepergian, baik berjalan kaki maupun berkendara, wirid
al-Quran tetap terjaga. Beliau mengkhatamkan al-Quran sekali tiap satu
minggu, yakni pada hari Kamis sore. Demikianlah beliau mewiridkan
al-Quran semenjak berusia 15 tahun. Waktu siang beliau lewatkan dengan
mengajarkan al-Quran, dan di waktu senggang beliau masuk ke dalam kamar
khusus (dahulu terletak di sebelah utara Masjid) untuk bertawajjuh
kepada Allah Swt. Sedangkan di malam hari beliau istirahat secara
bergilir di antara istri-istri dengan demikian adilnya.
Beliau memiliki 5 orang istri, adapun istri kelima, dinikahi setelah wafatnya istri pertama, yakni;
1. Nyai R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
2. Nyai Hj. Sukis (Wates Yogyakarta)
3. Nyai Salimah (Wonokromo Yogyakarta)
4. Nyai Rumiyah (Jombang – Jawa Timur)
5. Nyai Khadijah (Kanggotan – Yogyakarta)
Begitulah KH. M. Munawwir hidup beserta keluarga di tengah ketenangan,
kerukunan, istiqamah dan wibawa, dengan berkah al-Quran al-Karim. Orang
hafal al-Quran (Hafidz) yang beliau akui adalah orang yang bertakwa
kepada Allah, dan shalat Tarawih dengan hafalan al-Quran sebagai
bacaannya.
Begitu besar pengagungan beliau terhadap al-Quran, sampai-sampai
undangan Haflah Khatmil Quran hanya beliau sampaikan kepada mereka yang
jika memegang Mushaf al-Quran selalu dalam keadaan suci dari hadats.
Pernah terjadi seorang santri asal Kotagede dengan sengaja memegang
Mushaf al-Quran dalam keadaan hadats. Setelah diusut oleh KH. M.
Munawwir, akhirnya santri tersebut mengakuinya. Atas pengakuannya, si
santri dita’zir, kemudian dikeluarkan dari Pesantren dalam keadaan sudah
menghafalkan al-Quran 23,5 juz.
Setiap setengah bulan sekali beliau memotong rambut. Juga tak pernah
diketahui membuka tutup kepala, selalu tertutup, baik itu dengan kopyah
atau sorban maupun keduanya. Menggunting kuku selalu beliau lakukan tiap
hari Jum’at.
Pakaian beliau sederhana namun sempurna untuk melakukan ibadah, rapi dan
bersetrika. Jubah, sarung, sorban, kopyah dan tasbih selalu tersedia.
Pakaian dinas Kraton Yogyakarta selalu beliau kenakan ketika menghadiri
acara-acara resmi Kraton. Untuk bepergian, beliau sering mengenakan baju
jas hitam, sorban, dan sarung.
Beliau tidak suka makan sampai kenyang, terlebih lagi di bulan Ramadhan,
yakni cukup dengan satu cawan nasi ketan untuk sekali makan. Jika ada
pemberian bantuan dari orang, beliau pergunakan sesuai dengan tujuan
pemberinya. Jika ada kelebihan, maka akan dikembalikan lagi kepada
pemberinya.
Walau beliau termasuk dalam Abdi Dalem (anggota dalam) Kraton, namun
beliau tidak suka mendengarkan pementasan Gong Barzanji. Sebagai
hiburan, beliau senang sekali mendengarkan lantunan shalawat-shalawat,
Burdah dan tentunya Tilawatil Quran.
Para santri beliau perintahkan untuk berziarah di Pemakaman Dongkelan
tiap Kamis sore. Tiap berziarah, beliau membaca surat Yasin dan Tahlil.
Apabila terjadi suatu peristiwa yang menyangkut ummat pada umumnya,
beliau mengumpulkan semua santri untuk bersama-sama tawajjuh dan
memanjatkan do’a kehadirat Allah, biasanya dengan membaca shalawat
Nariyyah 4.444 kali atau surat Yasin 41 kali.
Selain mengasuh santri, beliau tak lantas meninggalkan tugas sebagai
kepala rumah tangga. Tiap ba’da Shubuh, beliau mengajar al-Quran kepada
segenap keluarga dan pembantu rumah tangga. Nafkah dari beliau, baik
untuk istri-istri maupun anak-anak, selalu cukup menurut kebutuhan
masing-masing. Suasana keluarga senantiasa tenang, tenteram, rukun, dan
tidak sembarang orang keluar-masuk rumah selain atas ijin dan perkenan
dari beliau.
Hampir-hampir beliau tak pernah marah kepada santrinya, selain dalam hal
yang mengharuskannya. Pernah suatu waktu beliau tiduran di muka kamar
santri, tiba-tiba bantal yang beliau pakai diambil secara tiba-tiba oleh
seorang santri, sampai terdengar suara kepala beliau mengenai lantai.
Lantas beliau memanggil santri yang mengambil bantal tadi seraya
berkata: “Nak… saya pinjam bantalmu, karena bantal yang saya pakai baru
saja diambil oleh seorang santri.”
Seringkali beliau memberikan sangu kepada santri yang mohon ijin pulang
ke kampung halamannya, dan sangat memperhatikan kehidupan
santri-santrinya. Para santri pun dianjurkan untuk bertamasya ke luar
pesantren, biasanya sekali tiap setengah bulan, sebagai pelepas penat.
Sebagai layaknya seorang ulama, KH. M. Munawwir juga akrab dan sering mendapat kunjungan dari para ulama lain, diantaranya;
1) Murid-murid Syaikh Yusuf Hajar dari Madinah
2) KH. Sa’id (Gedongan – Cirebon)
3) KH. Hasyim Asy’ari (Jombang)
4) KH. R. Asnawi (Kudus)
5) KH. Manshur (Popongan)
6) KH. Siroj (Payaman – Magelang)
7) KH. Dalhar (Watucongol – Magelang)
8) KH. Ma’shum (Lasem)
9) KH. R. Adnan (Solo)
10) KH. Dimyati (Tremas – Pacitan)
11) KH. Idris (Jamsaren – Solo)
12) KH. Abbas (Buntet – Cirebon)
13) KH. Siroj (Gedongan – Cirebon)
14) KH. Harun (Kempek – Cirebon)
15) KH. Muhammad (Tegalgubuk – Cirebon)
16) Para Kyai dari Jombang dan Pare
17) Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX
18) B.R.T. Suronegoro
19) KH. Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan teman semasa belajar di Tanah Suci.
Selain dikunjungi, beliau juga kerapkali mengadakan kunjungan balasan
terhadap para ulama yang lain, seperti kepada KH. Hasyim Asy’ari
(Jombang), KH. Ahmad Dahlan (Yogyakarta), maupun yang lainnya.
Beliau juga mendapat kepercayaan dari pihak Kraton untuk menjadi anggota
JEMANGAH, yakni jama’ah shalat tetap yang terdiri dari 41 orang ulama,
dimaksudkan sebagai penolak bencana Negara.
Dakwah KH. M. Munawwir
Sepulang dari Makkah pada tahun 1909 M, beliau lantas mendakwahkan
al-Quran di sekitar kediaman beliau di Kauman. Tepatnya di sebuah
langgar kecil milik beliau, tempat tersebut sekarang sudah menjadi
Gedung Nasyiatul ‘Aisyiyyah Yogyakarta.
Lantas pindah ke Gading, tinggal bersama kakak beliau, KH. Mudzakkir.
Namun karena berbagai sebab, juga atas saran dari KH. Sa’id (Pengasuh
Pesantren Gedongan, Cirebon), pada tahun 1910 M beliau pun hijrah ke
Krapyak setelah selesainya pembangunan tempat tinggal dan komplek
pesantren di sana, di tanah milik Bapak Jopanggung yang kemudian dibeli
dengan uang amal dari Haji Ali.
Pada 15 November 1910, Pesantren Krapyak mulai ditempati untuk mengajar
al-Quran. Dilanjutkan dengan pembangunan Masjid atas prakarsa KH. Abdul
Jalil.
Konon, KH. Abdul Jalil dalam memilih tempat untuk pembangunan masjid,
adalah dengan menggariskan tongkatnya di atas tanah sehingga membentuk
batas-batas wilayah yang akan dibangun masjid. Dengan kehendak Allah,
wilayah yang dilingkupi garis itu tidak ditumbuhi rumput.
KH. M. Munawwir selalu mengerahkan segenap santri untuk melakukan
amaliyah membaca surat Yasin tiap selesai pembangunan berlangsung.
Pembangunan terus berlanjut secara bertahap, mulai dari masjid, akses
jalan, dan gedung komplek santri hingga tahun 1930 M.
Di Pesantren Krapyak inilah beliau memulai berkonsentrasi dalam
pengajaran al-Quran. Para santri sangat menghormati beliau, bukan karena
takut, melainkan karena haibah, wibawa beliau.
Pengajian pokok yang diasuh langsung oleh KH. M. Munawwir adalah Kitab
Suci al-Quran, yakni terbagi atas 2 bagian; BIN-NADZOR (membaca) dan
BIL-GHOIB (menghafal). Santri bermula dari surat al-Fatihah, lantas
Lafadz Tahiyyat sampai dengan shalawat Aali Sayyidina Muhammad, kemudian
surat an-Nas sampai surat an-Naba’, baru kemudian surat al-Fatihah
diteruskan ke surat al-Baqarah sampai khatam surat an-Nas.
Selain itu, pengajian kitab-kitab juga digelar sebagai penyempurna.
Suatu hari pada tahun 1910, seorang santri dari Purworejo, yang dianggap
mampu oleh beliau diperintahkan: “Ajarkanlah ilmu fiqh kepada
santri-santri di hari Jum’at, biarlah mereka mengenal air.”
Begitu seterusnya berkembang, baik kitab fiqh maupun tafsir, makin
menonjol disamping pengajian al-Quran yang utama. Beliau mengajar secara
sistem MUSYAFAHAH, yakni sorogan, tiap santri langsung membaca di
hadapan beliau. jika ada kesalahan beliau langsung membetulkannya.
Adab (Tata Krama) dalam pengajian al-Quran sangat beliau tekankan kepada
para santri. Berbagai aturan dan ta’ziran beliau berlakukan terhadap
para santri. Untuk santri yang telah khatam, maka dipanjatkanlah doa
untuknya langsung oleh KH. M. Munawwir, lantas diberikanlah baginya
sebuah Ijazah, yang intinya berisi pengakuan ilmu dari guru kepada
muridnya serta Tarattubur-Ruwat (Urutan Riwayat) atau Sanad dari Sang
Guru sampai kepada Rasulullah Saw. secara lengkap.
Banyak diantara murid-murid beliau yang juga meneruskan perjuangan di
kampung masing-masing, berupa mendakwahkan Islam pada umumnya, dan
pengajaran al-Quran pada khususnya. Misal;
1. KH. Arwani Amin (Kudus)
2. KH. Badawi (Kaliwungu – Semarang)
3. Kyai Zuhdi (Nganjuk – Kertosono)
4. KH. Umar (Pesantren Al-Muayyad, Mangkuyudan – Solo)
5. Kyai Umar (Kempek – Cirebon)
6. KH. Noor (Tegalarum – Kertosono)
7. KH. Muntaha (Pesantren Al-Asy’ariyyah, Kalibeber – Wonosobo)
8. KH. Murtadha (Buntet – Cirebon)
9. Kyai Ma’shum (Gedongan – Cirebon)
10. KH. Abu Amar (Kroya)
11. KH. Suhaimi (Pesantren Tamrinus Shibyan, Benda – Bumiayu)
12. Kyai Syathibi (Kiyangkongrejo – Kutoarjo)
13. KH. Anshor (Pepedan – Bumiayu)
14. KH. Hasbullah (Wonokromo – Yogyakarta)
15. Kyai Muhyiddin (Jejeran – Yogyakarta)
16. Haji Mahfudz (Purworejo)
17. KH M Aminuddin (Benda Sirampog)
Untuk para Mutakharrijiin (Alumni), beliau senantiasa menjalin hubungan
dan bimbingan, bahkan berupa kunjungan ke tempat masing-masing.
Karomah KH. M. Munawwir
KH. Abdullah Anshar (Gerjen – Sleman) mengetahui beliau wafat, maka
menangislah ia serta mengatakan tak kerasan lagi hidup di dunia tanpa
beliau. Setelah pulang ke rumah, KH. Abdullah langsung menyusul pulang
ke Rahmatullah.
KH Aqil Sirodj (Kempek – Cirebon. Ketua Umum PBNU) dikala masih berusia
sekitar 8 tahun belum bisa mengucap dengan jelas bunyi “R”. Namun
setelah minum air bekas cucian tangan beliau, langsung dapat membaca “R”
dengan jelas.
Kala mengajar, biasanya beliau sambil tiduran, bahkan kadang benar-benar
tertidur. Namun bila ada santri yang keliru membaca, beliau langsung
bangun dan mengingatkannya.
Saat baru berusia 10 tahun, beliau berangkat mondok kepada KH. Cholil di
Bangkalan, Madura. Sampai di sana, saat akan dikumandangkan iqamat, KH.
Cholil tidak berkenan menjadi imam shalat seraya berkata: “Mestinya
yang berhak menjadi imam shalat adalah anak ini (yakni KH. M. Munawwir).
Walaupun ia masih kecil tetapi ahli qira’at.”
Sewaktu awal di Tanah Suci, beliau mengirimkan surat kepada ayahnya,
menyatakan niat untuk menghapalkan al-Quran. Namun ayah beliau belum
memperkenankannya, sehingga berniat mengirimkan surat balasan. Namun,
belum sempat mengirimkan surat balasan, sang Ayah sudah mendapat surat
kedua dari putranya yang menyatakan bahwa ia sudah terlanjur hafal.
Dihafalkannya dalam waktu 70 hari (keterangan lain menyatakan 40 hari).
Dan masih banyak lagi karomah KH. M. Munawwir yang lainnya.
Maqalah KH. M. Munawwir
1) Sebuah hadits riwayat Abi Hurairah Ra. bahwa Nabi Muhammad Saw.
Bersabda: “Wahai Abu Hurairah, pelajarilah al-Quran dan ajarkanlah
kepada orang lain. Tetaplah engkau seperti itu hingga mati. Sesungguhnya
jikalau kamu mati dalam keadaan seperti itu, malaikat berhaji ke
kuburmu sebagaimana kaum mukminin berhaji ke Baitullah al-Haram.”
2) Sebuah sya’ir: “Semua ilmu termuat di dalam al-Quran – Hanya saja orang-orang tak mampu memahami seluruh kandungannya.”
3) “Jikalau engkau bermaksud akan sesuatu, maka bacalah surat Yasin.”
4) “Kalau mengaji al-Quran, maka kajilah sampai khatam, supaya menjadi orang mulia.”
5) “Waktu luang yang tidak digunakan untuk nderes al-Quran adalah kerugian yang besar.
6) “Setelah seseorang hafal al-Quran, maka haruslah ia Tidak suka omong
kosong dan tidak menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja mencari
dunia.”
7) “Wahai putera dan menantuku yang mempunyai tanggungan al-Quran,
apabila kalian belum lancar benar maka jangan sampai merangkap apapun
baik berdagang ataupun lainnya.”
8) “Orang hafal al-Quran berkewajiban memeliharanya, maka dari itu
jangan melakukan hal-hal -termasuk menuntut ilmu- yang tidak fardhu,
sekiranya dapat menyebabkan hafalannya hilang.”
9) “Kalau kamu tidak mengaji qira’at sab’ah kepadaku, maka mengajilah kepada Arwani Amin Kudus.”
10) “Buah al-Quran adalah kebahagiaan dunia dan akhirat.”
11) Beliau berkata kepada KH. Basyir: “Marilah uzlah seperti saya, guna
mengajarkan al-Quran. Kalau kita memikirkan harta dunia, maka akan
binasalah al-Quran nanti.”
12) Beliau berkata kepada putri beliau, Nyai Hindun: “Orang hafal
al-Quran, mengamalkan isi kitab Majmu’ dan Mudzakarat, insya-Allah
menjadi orang shalihah.”
13) Beliau tidak mengijinkan santri-santrinya menjadi Pegawai Negeri Pemerintah Penjajah pada waktu itu.
14) Beliau menyampaikan apa yang pernah diterima dari guru beliau, KH.
Cholil Bangkalan: “Apabila hidayah tiba, permusuhan pun musnah. Jadilah
engkau bagaikan Air, dibutuhkan oleh siapa dan apa saja. Jika tidak
begitu, maka jadilah seperti Batu, tidak ada bahaya maupun manfaat
(secara aktif –red). Janganlah engkau laksana Kalajengking, siapa
melihat maka ia pun takut.”
15) “Seyogyanya engkau hadiahkan berkah surat al-Fatihah kepada segenap
kaum muslimin yang masih hidup, lebih-lebih diwaktu tertimpa marabahaya
atau berperangai buruk, barangkali dapat menjadi obatnya. Sebagaimana
guru saya KH. Cholil pernah mengajarkan (di nomor 16).”
16) Beliau menyampaikan apa yang disampaikan guru beliau, KH. Cholil:
“Teman-teman sekalian, jikalau engkau menghadiahkan berkah surat
al-Fatihah jangan hanya kepada muslimin yang sudah meninggal saja,
tetapi juga yang masih hidup, syukurlah jika kepadaku juga. Sebab Nabi
Muhammad Saw. pernah bersabda: ‘UDDA NAFSAKA MIN AHLIL QUBUUR (anggaplah
dirimu termasuk ahli Qubur).”
17) “Apabila engkau memohon kepada Allah, maka mohonlah Kesejahteraan (‘Aafiyah).”
18) “Kelak di akhir jaman, Shin akan menguasai seluruh daerah.”
19) Sebuah sya’ir: “Aku tak bisa mendapatkan kembali apa yang telah
meninggalkan diriku, baik dengan LAHFA (kalau), dengan LAITA
(seandainya), ataupun dengan LAU-INNI (andaikan saya).”
20) “Selama saya masih hidup, puteraku yang lelaki selalu saya suruh
memakai kopyah. Sedangkan yang perempuan segera saya carikan jodoh, tak
usah menunggu orang lain yang datang melamarnya.”
Wafat dan Penerus KH. M. Munawwir
Sebagaimana manusia pada umumnya, KH. M. Munawwir menderita sakit selama
16 hari. Pada mulanya terasa ringan, namun lama-kelamaan semakin parah.
Tiga hari terakhir saat beliau sakit, beliau tidak tidur.
Selama sakit, selalu berkumandanglah bacaan surat Yasin 41 kali yang
dilantunkan oleh rombongan-rombongan secara bergantian. Satu rombongan
selesai membaca, maka rombongan lain menyusulnya, demikian tak ada
putusnya.
Akhirnya, beliau KH. M. Munawwir wafat ba’da Jum’at tanggal 11 Jumadil
Akhir tahun 1942 M di kediaman beliau di komplek Pondok Pesantren
Krapyak Yogyakarta. Dikala beliau menghembuskan nafas terakhir,
ditunggui oleh seorang putri beliau, Nyai Jamalah, yakni ketika
rombongan pembaca surat Yasin belum hadir.
Shalat Jenazah dilaksanakan bergiliran lantaran banyaknya orang yang
bertakziyyah. Imam shalat Jenazah kala itu adalah KH. Manshur (Popongan –
Solo), KH. R. Asnawi (Bendan – Kudus), dan besan beliau KH. Ma’shum
(Suditan – Lasem).
Beliau tidak dimakamkan di kompleks Pesantren Krapyak, melainkan di
Pemakaman Dongkelan, yakni sekitar 2 km dari kompleks Pesantren. Dan
sepanjang jalan itulah, terlihat kaum muslimin dari berbagai golongan
penuh sesak mengiring dan bermaksud mengangkat jenazah beliau,
sampai-sampai keranda jenazah beliau cukup ‘dioperkan’ dari tangan ke
tangan yang lain, sampai di Pemakaman Dongkelan.
Jenazah KH. M. Munawwir dikebumikan di sana, dan selama lebih dari
seminggu pusara beliau selalu penuh dengan penziarah dari berbagai
daerah untuk membaca al-Quran.
Beliau wafat meninggalkan Pesantren yang merupakan tonggak pemisah
suasana. Suasana sebelum dibangun pesantren, Krapyak dikenal sebagai
tempat rawan, penuh kegelapan, abangan dan sedikit yang menjalankan
ajaran Islam. Bersamaan dengan didirikannya Pesantren, banyak pula usaha
busuk dari golongan-golongan Klenik yang dengki dan selalu merintangi
perintisan Pesantren.
Namun upaya-upaya itu musnah, dan suasana gelap beralih menjadi ramai
dan meriah dengan alunan Ayat-ayat Suci al-Quran dengan segala
konsekuensinya.
Almarhum KH. M. Munawwir berwasiyat, agar keluarga melanjutkan
perjuangan Pesantren, tepatnya kepada 2 orang putra dan 4 orang menantu.
Akan tetapi karena beberapa udzur, perjuangan Pesantren dikawal secara
langsung oleh 3 tokoh yang dikenal sebagai Tiga Serangkai yakni;
1) KH. R. Abdullah Affandi (putra beliau dari Nyai R.A. Mursyidah asal
Kraton Yogyakarta). Disamping menangani pengajian al-Quran, beliau juga
mengurusi hubungan Pesantren dengan dunia luar. Beliau wafat pada 1
Januari 1968.
2) KH. R. Abdul Qadir (putra beliau dari Nyai R.A. Mursyidah asal Kraton
Yogyakarta). Pada tahun 1953, para santri penghafal al-Quran
dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah wadah, yakni Madrasatul Huffadz
yang disponsori oleh KH. R. Abdul Qadir, dibantu KH. Mufid Mas’ud
(menantu KH. M. Munawwir), Kyai Nawawi (menantu KH. M. Munawwir) dan
Hasyim Yusuf dari Nganjuk.
Ada 2 sistem yang ditempuh di Madrasatul Huffadz.
Pertama, adalah Sistem Perseorangan, yakni Kyai menurut kepada santri untuk menghafalkan suatu ayat, surat maupun juz.
Kedua, adalah Sistem Jama’ah Mudarasah, yakni seorang santri disuruh
menghafal suatu ayat, surat atau juz, kemudian membacanya lantas
berhenti dan dilanjutkan oleh santri yang lain, demikian sampai khatam
30 juz.
Untuk mentashhih kembali hafalan santri-santri yang sudah khatam, maka
diharuskan melakukan ‘Ardhah secara Musyafahah sampai tiga kali khatam.
Untuk menguji kelancaran hafalan, adalah dengan dibacanya suatu ayat
oleh Kyai dan santri disuruh melanjutkannya. Begitu pula ditanyakan
kepada santri tentang letak ayat tersebut dalam surat apa, halaman
berapa, bagian mana, lembar kiri atau kanan, ayat nomor berapa, sampai
surat baru masih berapa ayat lagi. Seperti itulah seluk beluk
menghafalkan al-Quran di Madrasatul Huffadz saat itu. Setelah hafal
seluruh al-Quran, maka selama 41 hari dilanjutkan Mudarasah (nderes)
dengan mengkhatamkan 41 kali juga. KH. R. Abdul Qadir wafat pada 2
Februari 1961.
3) KH. ‘Ali Ma’shum (menantu beliau asal Lasem, suami dari Nyai Hj.
Hasyimah). Beliau sudah turut mengasuh Pesantren sejak 1943. Beliau
adalah perintis dan pengasuh pengajian kitab-kitab selepas KH. M.
Munawwir wafat, yakni sejak kepulangan beliau dari Tanah Suci dalam
rangka menimba ilmu. Dalam penyelenggarannya, beliau menerapkan beberapa
sistem, yakni Sistem Madrasi (Klasik) dan Sistem Kuliyah, yang
masing-masing dilengkapi dengan Pengajian Sorogan (individual). Adapun
Pengajian Sorogan ini, beliau berlakukan dengan model Semi-Otodidak,
yakni dengan ditentukannya suatu kitab oleh KH. ‘Ali Ma’shum untuk
dikaji seorang santri. Tiap sore hari, santri tersebut harus menghadap
beliau untuk membaca kitab.
Dalam hal ini, santri harus berusaha mempelajarinya sendiri, baik dalam
cara membaca maupun menela’ah maknanya, baik dengan bertanya maupun
berdiskusi dengan rekan dan kitab yang sudah ada maknanya. Sedangkan KH.
‘Ali Ma’shum cukup menyimak bacaan santri sambil mengajukan beberapa
pertanyaan, dan membenarkan jika ada kesalahan membaca maupun memahami
isinya. Dengan sistem ini, beliau maupun santri telah banyak menghemat
waktu serta membuahkan hasil yang memuaskan lagi cermat. KH. ‘Ali
Ma’shum wafat pada 1989.
Demikianlah estafet kepemimpinan Pesantren terus bergulir, semakin
berkembang seiring bertambahnya usia, baik dalam metode maupun corak
Pesantren, namun tak lepas dari sentuhan khas salafiyahnya. Dan
tentunya, tetap berkonsentrasi pada misi awal yang dirintis Sang Muassis
(Pendiri), yakni membumikan al-Quran, memasyarakatkan al-Quran dan
meng-al-Qur'an kan masyarakat.