Dalam perjalanan sejarah Islam, kodifikasi hadits merupakan salah satu
bagian terpenting yang berfungsi menjaga kemurnian agama. Selama 1400
tahun lebih, para ulama mempelajari teks hadits, berusaha mengenali
orang-orang yang meriwayatkannya, menetapkan status keabsahan hadits,
dan kemudian menyebarkannya ke tengah umat dengan lisan mereka atau
melalui usaha pembukuan. Sebuah usaha yang tidak sederhana yang
membedakan teks-teks syariat Islam dibanding dengan teks ajaran lainnya.
Salah seorang ulama yang memiliki jasa besar dalam perkembangan dan
pembukuan hadis adalah imam besar umat ini yang berasal dari Kota
Madinah, ia adalah Malik bin Anas rahimahullah. Beliau adalah orang
pertama yang membukukan hadits dalam kitabnya al-Muwatta.
Mari sejenak mengenal seorang imam yang mulia ini…
Beliau adalah Imam malik bernama lengkap Abu Abdullah Malik bin Anas bin
Malik bin Abi Amir bin Amr bin Haris bin Gaiman bin Kutail bin Amr bin
Haris Al Asbahi, lahir di Madinah pada tahun 712-796 M. Berasal dari
keluarga Arab yang terhormat dan berstatus sosial yang tinggi, baik
sebelum datangnya islam maupun sesudahnya, tanah asal leluhurnya adalah
Yaman, namun setelah nenek moyangnya menganut islam mereka pindah ke
Madinah, kakeknya Abu Amir adalah anggota keluarga pertama yang memeluk
agama islam pada tahun ke dua Hijriah.
Tahun kelahirannya bersamaan dengan tahun wafatnya salah seorang sahabat
Nabi yang paling panjang umurnya, Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu.
Malik kecil tumbuh di lingkungan yang religius, kedua orang tuanya
adalah murid dari sahabat-sahabat yang mulia. Pamannya adalah Nafi’,
seorang periwayat hadis yang terpercaya, yang meriwayatkan hadis dari
Aisyah, Abu Hurairah, Abdullah bin Umar, dan sahabat-sahabat besar
lainnya,radhiallahu ‘anhum. Dengan lingkungan keluarga yang utama
seperti ini, Imam Malik dibesarkan.
Kakek dan ayahnya termasuk ulama hadis terpandang di Madinah, oleh sebab
itu, sejak kecil Imam Malik tak berniat meninggalkan Madinah untuk
mencari ilmu, karena beliau merasa Madinah adalah kota sumber ilmu yang
berlimpah dengan ulama ulama besarnya. Imam Malik menekuni pelajaran
hadis kepada ayah dan paman pamannya juga pernah berguru pada ulama
ulama terkenal seperti Nafi’ bin Abi Nuaim, Ibnu Syihab Al Zuhri, Abu
Zinad, Hasyim bin Urwa, Yahya bin Said Al Anshari, Muhammad bin
Munkadir, Abdurrahman bin Hurmuz dan Imam Ja’far AsShadiq.
Awalnya, saudara Imam Malik yang bernama Nadhar lebih dahulu darinya
dalam mempelajari hadits-hadits Nabi. Nadhar mendatangi para ulama
tabi’in untuk mendengar langsung hadits-hadits yang mereka riwayatkan
dari para sahabat. Kemudian Imam Malik pun mengikuti jejak saudaranya
dalam mempelajari hadits. Beberapa waktu berlalu, Imam Malik melangkahi
saudaranya dalam ilmu hadits. Kecemerlangannya semakin tampak karena
Malik juga menguasai ilmu fiqh dan tafsir.
Perjalanan Menuntut Ilmu dan Menjadi Ulama Madinah
Ibu Imam Malik adalah orang yang paling berperan dalam memotivasi dan
membimbingnya untuk memperoleh ilmu. Tidak hanya memilihkan guru-guru
yang terbaik, sang ibu juga mengajarkan anaknya adab dalam belajar.
Ibunya selalu memakaikannya pakaian yang terbaik dan merapikan imamah
anaknya saat hendak pergi belajar. Ibunya mengatakan, “Pergilah kepada
Rabi’ah, contohlah akhlaknya sebelum engkau mengambil ilmu darinya.”
Imam Malik belajar dari banyak guru, dan ia memilih guru-guru terbaik di
zamannya agar banyak memperoleh manfaat dari mereka. Di antara pesan
dari gurunya yang selalu beliau ingat adalah untuk tidak segan
mengatakan “Saya tidak tahu” apabila benar-benar tidak mengetahu suatu
permasalahan. Salah seorang guru beliau yang bernama Ibnu Harmaz
berpesan, “Seorang yang berilmu harus mewarisi kepada murid-muridnya
perkataan ‘aku tidak tahu’.
Setelah mempelajari ilmu-ilmu syariat secara komperhensif, Malik bin
Anas mulai dikenal sebagai seorang yang paling berilmu di Kota Madinah.
Beliau menyampaikan pelajaran di Masjid Nabawi, di tengah-tengah
penuntut ilmu yang datang dari penjuru negeri.
Salah satu hal yang menarik dari kajian fiqih yang beliau sampaikan
adalah penafsiran-penafsiran hadits dan pendapat-pendapat beliau banyak
dipengaruhi oleh aktifitas yang dilakukan penduduk Madinah. Menurut Imam
Malik, praktik-praktik yang dilakukan penduduk Madinah di masanya tidak
jauh dari praktik masyarakat Madinah di zaman Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam. Penduduk Madinah juga mempelajari Islam dari para
leluhur mereka dari kalangan para sahabat Nabi. Jadi kesimpulan beliau,
apabila penduduk Madinah melakukan suatu amalan yang tidak bertentangan
dengan Alquran dan sunnah, maka perbuatan tersebut dapat dijadikan
sumber rujukan atau sumber hukum. Inilah yang membedakan Madzhab Imam
Malik disbanding 3 madzhab lainnya.
Sifat dan Karakter Imam Malik
Dari segi fisik, Imam Malik dikarunia fisik yang istimewa; berwajah
tampan dengan perawakan tinggi besar. Mush’ab bin Zubair mengatakan,
“Malik termasuk seorang laki-laki yang berparas rupawan, matanya bagus
(salah seorang muridnya mengisahkan bahwa bola mata beliau berwarna
biru), kulitnya putih, dan badannya tinggi.” Abu Ashim mengatakan, “Aku
tidak pernah melihat ahli hadits setampan Malik.”
Selain Allah karuniai fisik yang rupawan, Imam Malik juga memiliki
kepribadian yang kokoh dan berwibawa. Orang-orang yang menghadiri majlis
ilmu Imam Malik sangat merasakan wibawa imam besar ini. Tak ada seorang
pun yang berani berbicara saat ia menyampaikan ilmu, bahkan ketika ada
seorang yang baru datang lalu mengucapkan salam kepada majlis, jamaah
hanya menjawab salam tersebut dengan suara lirih saja. Hal ini bukan
karena Imam Malik seorang yang kaku, akan tetapi aura wibawanya begitu
terasa bagi murid-muridnya. Demikian juga saat murid-muridnya berbicara
dengannya, mereka merasa segan menatap wajahnya tatkala berbicara.
Wibawa itu tidak hanya dirasakan oleh para penuntut ilmu, bahkan para
khalifah pun menghormati dan mendengarkan nasihatnya.
Imam Syafii yang merupakan salah seorang murid Imam Malik menuturkan,
“Ketika melihat Malik bin Anas, aku tidak pernah melihat seoarang lebih
berwibawa dibanding dirinya.” Demikian juga penuturan Sa’ad bin Abi
Maryam, “Aku tidak pernah melihat orang yang begitu berwibawa melebihi
Malik bin Anas, bahkan wibawanya mengalahkan wibawa para penguasa.”
Imam Malik juga dikenal dengan semangatnya dalam mempelajari ilmu,
kekuatan hafalan, dan dalam pemahamannya. Pernah beliau mendengar 30
hadits dari Ibnu Hisyam az-Zuhri, lalu ia ulangi hadits tersebut di
hadapan gurunya, hanya satu hadits yang terlewat sedangkan 29 lainnya
berhasil ia ulangi dengan sempurna. Imam Syafii mengatakan,
إذا جاء الحديث، فمالك النجم الثاقب
“Apabila disebutkan sebuah hadits, Malik adalah seorang bintang yang cerdas (menghafalnya).
Imam Malik sangat tidak suka dengan orang-orang yang meremehkan ilmu.
Apabila ada suatu permasalahan ditanyakan kepadanya, lalu ada yang
mengatakan, ‘Itu permasalahan yang ringan.” Maka Imam Malik pun marah
kepada orang tersebut, lalu mengatakan, “Tidak ada dalam pembahasan ilmu
itu sesuatu yang ringan, Allah berfirman,
إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا
“Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat.” (QS. Al-Muzammil: 5)
Semua permasalahan agama itu adalah permasalahan yang berat, khususnya permasalahan yang akan ditanyakan di hari kiamat.”
Imam Malik juga seorang yang sangat perhatian dengan penampilannya dan
ini adalah karakter yang ditanamkan ibunya sedari ia kecil. Pakaian yang
ia kenakan selalu rapi, bersih, dan harum dengan parfumnya. Isa bin Amr
mengatakan, “Aku tidak pernah melihat seorang yang berkulit putih
ataupun merah yang lebih tampan dari Malik. Dan juga ian seseorang yang
lebih putih dari pakaiannya.” Banyak riwayat-riwayat dari para muridnya
yang mengisahkan tentang bagusnya penampilan Imam Malik, terutama saat
hendak mengajarkan hadits, namun satu riwayat di atas kiranya cukup
untuk menggambarkan kebiasaan beliau.
Hendaknya demikianlah seorang muslim, terlebih seseorang yang memiliki
pengetahuan agama. Seorang muslim harus berpenampilan rapi, bersih, dan
jauh dari bau yang tidak sedap. Sering kita lihat saudara-saudara muslim
yang dikenal sebagai orang yang taat, mereka berpenampilan lusuh,
pakaian tidak rapi karena jarang distrika atau karena lama tidak
diganti, dan keluar bau tidak sedap dari tubuh atau pakaiannya,
ironisnya ini terkadang terjadi saat shalat berjamaah. Agama kita sangat
menganjurkan kebersihan dan Allah mencintai keindahan.
Kecintaannya kepada ilmu menjadikan hampir seluruh hidupnya diabdikan
dalam dunia pendidikan, tidak kurang empat Khalifah, mulai dari Al
Mansur, Al Mahdi, Harun Arrasyid dan Al Makmun pernah jadi muridnya,
bahkan ulama ulama besar Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi’i pun pernah
menimba ilmu darinya, menurut sebuah riwayat disebutkan bahwa murid Imam
Malik yang terkenal mencapai 1.300 orang. Ciri pengajaran Imam malik
adalah disiplin, ketentraman dan rasa hormat murid terhadap gurunya.
Karya Imam Malik
Karya Imam malik terbesar adalah bukunya Al Muwatha’ yaitu kitab fiqh
yang berdasarkan himpunan hadis hadis pilihan, menurut beberapa riwayat
mengatakan bahwa buku Al Muwatha’ tersebut tidak akan ada bila Imam
Malik tidak dipaksa oleh Khalifah Al Mansur sebagai sangsi atas
penolakannya untuk datang ke Baghdad, dan sangsinya yaitu mengumpulkan
hadis hadis dan membukukannya, Awalnya imam Malik enggan untuk
melakukannya, namun setelah dipikir pikir tak ada salahnya melakukan hal
tersebut Akhirnya lahirlah Al Muwatha’ yang ditulis pada masa khalifah
Al Mansur (754-775 M) dan selesai di masa khalifah Al Mahdi (775-785 M),
semula kitab ini memuat 10 ribu hadis namun setelah diteliti ulang,
Imam malik hanya memasukkan 1.720 hadis. Selain kitab tersebut, beliau
juga mengarang buku Al Mudawwanah Al Kubra.
Ia menyusun kitab Al Muwaththa', dan dalam penyusunannya ia menghabiskan
waktu 40 tahun, selama waktu itu, ia menunjukan kepada 70 ahli fiqh
Madinah.
Kitab tersebut menghimpun 100.000 hadits, dan yang meriwayatkan Al
Muwaththa’lebih dari seribu orang, karena itu naskahnya berbeda beda dan
seluruhnya berjumlah 30 naskah, tetapi yang terkenal hanya 20 buah. Dan
yang paling masyur adalah riwayat dari Yahya bin Yahyah al Laitsi al
Andalusi al Mashmudi.
Sejumlah ‘Ulama berpendapat bahwa sumber sumber hadits itu ada tujuh,
yaitu Al Kutub as Sittah ditambah Al Muwaththa’. Ada pula ulama yang
menetapkan Sunan ad Darimi sebagai ganti Al Muwaththa’. Ketika
melukiskan kitab besar ini, Ibn Hazmberkata,” Al Muwaththa’ adalah kitab
tentang fiqh dan hadits, aku belum mnegetahui bandingannya.
Hadits-hadits yang terdapat dalam Al Muwaththa’ tidak semuanya Musnad,
ada yang Mursal, mu’dlal dan munqathi. Sebagian ‘Ulama menghitungnya
berjumlah 600 hadits musnad, 222 hadits mursal, 613 hadits mauquf, 285
perkataan tabi’in, disamping itu ada 61 hadits tanpa penyandara, hanya
dikatakan telah sampai kepadaku” dan “ dari orang kepercayaan”, tetapi
hadits hadits tersebut bersanad dari jalur jalur lain yang bukan jalur
dari Imam Malik sendiri, karena itu Ibn Abdil Bar an Namiri menentang
penyusunan kitab yang berusaha memuttashilkan hadits hadits mursal ,
munqathi’ dan mu’dhal yang terdapat dalam Al Muwaththa’ Malik.
Imam Malik menerima hadits dari 900 orang (guru), 300 dari golongan
Tabi’in dan 600 dari tabi’in tabi’in, ia meriwayatkan hadits bersumber
dari Nu’main al Mujmir, Zaib bin Aslam, Nafi’, Syarik bin Abdullah, az
Zuhry, Abi az Ziyad, Sa’id al Maqburi dan Humaid ath Thawil, muridnya
yang paling akhir adalah Hudzafah as Sahmi al Anshari.
Adapun yang meriwayatkan darinya adalah banyak sekali di antaranya ada
yang lebih tua darinya seperti az Zuhry dan Yahya bin Sa’id. Ada yang
sebaya seperti al Auza’i., Ats Tsauri, Sufyan bin Uyainah, Al Laits bin
Sa’ad, Ibnu Juraij dan Syu’bah bin Hajjaj. Adapula yang belajar darinya
seperti Asy Safi’i, Ibnu Wahb, Ibnu Mahdi, al Qaththan dan Abi Ishaq.
Malik bin Anas menyusun kompilasi hadits dan ucapan para sahabat dalam buku yang terkenal hingga kini, Al Muwatta.
Di antara guru dia adalah Nafi’ bin Abi Nu’aim, Nafi’ al Muqbiri,
Na’imul Majmar,Az Zuhri, Amir bin Abdullah bin Az Zubair,Ibnul Munkadir,
Abdullah bin Dinar, dan lain-lain.
Di antara murid dia adalah Ibnul Mubarak,Al Qoththon, Ibnu Mahdi, Ibnu
Wahb, Ibnu Qosim, Al Qo’nabi, Abdullah bin Yusuf,Sa’id bin Manshur,
Yahya bin Yahya al Andalusi, Yahya bin Bakir, Qutaibah Abu Mush’ab, Al
Auza’i, Sufyan Ats Tsaury,Sufyan bin Uyainah, Imam Syafi’i, Abu Hudzafah
as Sahmi, Az Zubairi, dan lain-lain.
Imam malik tidak hanya meninggalkan warisan buku, tapi juga mewariskan
Mazhab fiqhinya di kalangan sunni yang disebut sebagai mazhab Maliki,
Mazhab ini sangat mengutamakan aspek kemaslahatan di dalam menetapkan
hukum, sumber hukum yang menjadi pedoman dalam mazhab Maliki ini adalah
Al Quran, Sunnah Rasulullah, Amalan para sahabat, Tradisi masyarakat
Madinah, Qiyas dan Al Maslaha Al Mursal ( kemaslahatan yang tidak
didukung atau dilarang oleh dalil tertentu.
Pujian Ulama untuk Imam Malik
An Nasa’i berkata,” Tidak ada yang saya lihat orang yang pintar, mulia
dan jujur, tepercaya periwayatan haditsnya melebihi Malik, kami tidak
tahu dia ada meriwayatkan hadits dari rawi matruk, kecuali Abdul Karim”.
(Ket: Abdul Karim bin Abi al Mukharif al Basri yang menetap di Makkah,
karena tidak senegeri dengan Malik, keadaanya tidak banyak diketahui,
Malik hanya sedikit mentahrijkan haditsnya tentang keutamaan amal atau
menambah pada matan).
Sedangkan Ibnu Hayyan berkata,” Malik adalah orang yang pertama
menyeleksi para tokoh ahli fiqh di Madinah, dengan fiqh, agama dan
keutamaan ibadah”.
Imam as-Syafi'i berkata, "Imam Malik adalah Hujjatullah atas makhluk-Nya setelah para Tabi'in[3] ".
Yahya bin Ma'in berkata, "Imam Malik adalah Amirul mukminin dalam (ilmu)Hadits"
Ayyub bin Suwaid berkata, "Imam Malik adalah Imam Darul Hijrah (Imam
madinah) dan as-Sunnah ,seorang yang Tsiqah, seorang yang dapat
dipercaya".
Ahmad bin Hanbal berkata, " Jika engkau melihat seseorang yang membenci
imam malik, maka ketahuilah bahwa orang tersebut adalah ahli bid'ah"
Seseorang bertanya kepada as-Syafi'i, " apakah anda menemukan seseorang
yang (alim) seperti imam malik?" as-Syafi'i menjawab :"aku mendengar
dari orang yang lebih tua dan lebih berilmu dari pada aku, mereka
mengatakan kami tidak menemukan orang yang (alim) seperti Malik, maka
bagaimana kami(orang sekarang) menemui yang seperti Malik?
Imam Abu Hanifah berkata, "Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih pandai tentang sunnah Rasulullah dari Imam Malik."
Abdurrahman bin Mahdi berkata, " Aku tidak pernah tahu seorang ulama
Hijaz kecuali mereka menghormati Imam Malik, sesungguhnya Allah tidak
mengumpulkan umat Muhammad, kecuali dalam petunjuk."
Ibnu Atsir berkata, "Cukuplah kemuliaan bagi asy-Syafi'i bahwa syaikhnya
adalah Imam Malik, dan cukuplah kemuliaan bagi Malik bahwa di antara
muridnya adalah asy-Syafi'i."
Abdullah bin Mubarak berkata, "Tidak pernah aku melihat seorang penulis
ilmu Rasulullah lebih berwibawa dari Malik, dan lebih besar
penghormatannya terhadap hadits Rasulullah dari Malik, serta kikir
terhadap agamanya dari Malik, jika dikatakan kepadaku pilihlah Imam bagi
umat ini, maka aku akan pilih Malik."
Laits bin Saad berkata, "Tidak ada orang yang lebih aku cintai di muka bumi ini dari Malik."
Akhir Hayat Sang Imam Agung
Menjelang waFat, Imam Malik ditanya masalah kemana ia tak pergi lagi ke
Masjid Nabawi selama tujuh tahun, ia menjawab, "Seandainya bukan karena
akhir dari kehidupan saya di dunia, dan awal kehidupan di akhirat, aku
tidak akan memberitahukan hal ini kepada kalian. Yang menghalangiku
untuk melakukan semua itu adalah penyakit sering buang air kecil, karena
sebab ini aku tak sanggup untuk mendatangi Masjid Rasulullah. Dan, aku
tak suka menyebutkan penyakitku, karena khawatir aku akan selalu mengadu
kepada Allah." Imam Malik mulai jatuh sakit pada hari Minggu sampai 22
hari lalu wafat pada hari Minggu, tanggal 10 Rabi'ul Awwal 179 Hijriyyah
atau 800 Miladiyyah. dengan usia 85 tahun. Beliau dikuburkan di Baqi’.
Semoga Allah merahmati Imam Malik dan menempatkannya di surganya yang
penuh dengan kenikmatan.
Masyarakat Medinah menjalankan wasiat yang ia sampaikan, yakni dikafani
dengan kain putih, dan disalati diatas keranda. Imam shalat jenazahnya
adalah Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim al-Hasyimi yang merupakan
gubernur Madinah. Gubernur Madinah datang melayat dengan jalan kaki,
bahkan termasuk salah satu yang ikut serta dalam mengangkat jenazah
hingga ke makamnya. Dia dimakamkan di Pemakaman Baqi', seluruh
murid-murid dia turut mengebumikan dia.
Informasi tentang kematitan dia tersebar di seantero negeri Islam,
mereka sungguh sangat bersedih dan merasa sangat kehilangan, seraya
mendoakan dia agar selalu dilimpahi rahmat dan pahala yang belipat ganda
berkat ilmu dan amal yang dia persembahkan untuk kejayaan Islam.