Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Hadad, lahir hari Rabu,
Malam Kamis tanggal 5 Bulan Syafar 1044 H di Desa Sabir di Kota Tarim,
wilayah Hadhromaut, Negeri Yaman.
Nasab Beliau
Beliau adalah seorang Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwy
Al-Hadad bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah bin Muhammad bin Alwy bin
Ahmad bin Abu Bakar Al–Thowil bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin
Ahmad Al-Faqih bin Abdurrohman bin Alwy bin Muhammad Shôhib Mirbath bin
Ali Khôli’ Qosam bin Alwi bin Muhammad Shôhib Shouma’ah bin Alwi bin
Ubaidillah bin Al-Muhâjir Ilallôh Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Naqîb
bin Ali Al-Uraidhi bin Imam Jakfar Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin
Ali Zainal Abidin bin Imam As-Sibth Al-Husein bin Al-Imam Amirul
Mukminin Ali bin Abi Tholib suami Az-Zahro Fathimah Al-Batul binti
Rosulullah Muhammad SAW.
Orang-tuanya Beliau
Sayyid Alwy bin Muhammad Al-Haddad, Ayah Syaikh Abdullah Al-Haddad
dikenal sebagai seorang yang saleh. Lahir dan tumbuh di kota Tarim,
Sayyid Alwy, sejak kecil berada di bawah asuhan ibunya Syarifah Salwa,
yang dikenal sebagai wanita ahli ma’rifah dan wilayah. Bahkan Al-Habib
Abdullah bin Alwy Al-Haddad sendiri banyak meriwayatkan kekeramatannya.
Kakek Al-Haddad dari sisi ibunya ialah Syaikh Umar bin Ahmad Al-Manfar
Ba Alawy yang termasuk ulama yang mencapai derajat ma’rifah sempurna.
Suatu hari Sayyid Alwy bin Muhammad Al-Haddad mendatangi rumah Al-Arif
Billah Syaikh Ahmad bin Muhammad Al-Habsy, pada waktu itu ia belum
berkeluarga, lalu ia meminta Syaikh Ahmad Al-Habsy mendoakannya, lalu
Syaikh Ahmad berkata kepadanya, ”Anakmu adalah anakku, di antara mereka
ada keberkahan”. Kemudian ia menikah dengan cucu Syaikh Ahmad Al-Habsy,
Salma binti Idrus bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Al-Habib Idrus adalah
saudara dari Al-Habib Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Yang mana
Al-Habib Husein ini adalah kakek dari Al-Arifbillah Al-Habib Ali bin
Muhammad bin Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy (Mu’alif Simtud
Durror). Maka lahirlah dari pernikahan itu Al-Habib Abdullah bin Alwy
Al-Haddad.
Ketika Syaikh Al-Hadad lahir ayahnya berujar, “Aku sebelumnya tidak
mengerti makna tersirat yang ducapkan Syaikh Ahmad Al-Habsy terdahulu,
setelah lahirnya Abdullah, aku baru mengerti, aku melihat pada dirinya
tanda-tanda sinar Al-wilayah (kewalian)”.
Masa Kecil Beliau
Dari semenjak kecil begitu banyak perhatian yang beliau dapatkan dari
Allah. Allah menjaga pandangan beliau dari segala apa yang diharomkan.
Penglihatan lahiriah Beliau diambil oleh Allah dan diganti oleh
penglihatan batin yang jauh yang lebih kuat dan berharga. Yang mana hal
itu merupakan salah satu pendorong beliau lebih giat dan tekun dalam
mencari cahaya Allah menuntut ilmu agama.
Pada umur 4 tahun beliau terkena penyakit cacar sehingga menyebabkannya
buta. Cacat yang beliau derita telah membawa hikmah, beliau tidak
bermain sebagaimana anak kecil sebayanya, beliau habiskan waktunya
dengan menghapal Al-Quran, mujahaddah al-nafs (beribadah dengan tekun
melawan hawa nafsu) dan mencari ilmu. Sungguh sangat mengherankan
seakan-akan anak kecil ini tahu bahwa ia tidak dilahirkan untuk yang
lain, tetapi untuk mengabdi kepada Allah SWT.
Di masa kecilnya, al-Habib Abdullah mengerjakan shalat sunnah seratus
rakaat setiap harinya setelah pulang dari rumah gurunya di waktu Dhuha.
Karena itulah tidaklah mengherankan jika Allah SWT memberinya kedudukan
sebagai ‘Wali Al-Quthub’ sejak usianya masih remaja.
Guru-guru Habib Abdullah bin alwi Al Haddad
1. Al-Quthb Anfas Al-Habib Umar bin Abdurrohman Al-Aththos bin Aqil bin
Salim bin Abdullah bin Abdurrohman bin Abdullah bin Abdurrohman
Asseqaff,
2. Al-Allamah Al-Habib Aqil bin Abdurrohman bin Muhammad bin Ali bin
Aqil bin Syaikh Ahmad bin Abu Bakar bin Syaikh bin Abdurrohman Asseqaff,
3. Al-Allamah Al-Habib Abdurrohman bin Syekh Maula Aidid Ba’Alawy,
4. Al-Allamah Al-Habib Sahl bin Ahmad Bahasan Al-Hudaily Ba’Alawy
5. Al-Mukarromah Al-Habib Muhammad bin Alwy bin Abu Bakar bin Ahmad bin Abu Bakar bin Abdurrohman Asseqaff
6. Syaikh Al-Habib Abu Bakar bin Imam Abdurrohman bin Ali bin Abu Bakar bin Syaikh Abdurrahman Asseqaff
7. Sayyid Syaikhon bin Imam Husein bin Syaikh Abu Bakar bin Salim
8. Al-Habib Syihabuddin Ahmad bin Syaikh Nashir bin Ahmad bin Syaikh Abu Bakar bin Salim
9. Sayyidi Syaikh Al-Habib Jamaluddin Muhammad bin Abdurrohman bin
Muhammad bin Syaikh Al-Arif Billah Ahmad bin Quthbil Aqthob Husein bin
Syaikh Al-Quthb Al-Robbani Abu Bakar bin Abdullah Al-Idrus
10. Syaikh Al-Faqih Al-Sufi Abdullah bin Ahmad Ba Alawy Al-Asqo
11. Sayyidi Syaikh Al-Imam Ahmad bin Muhammad Al-Qusyasyi
Murid-murid Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad
1. Habib Hasan bin Abdullah Al Haddad ( putra beliau )
2. Habin Ahmad bin Zein Al Habsyi
3. Habib Abdurrahman bin Abdullah BilFaqih
4. Habib Muhammad bin Zein bin Smith
5. Habib Umar bin Zein bin Smith
6. Habib Umar bin Abdullah Al Bar
7. Habib Ali bin Abdullah bin Abdurrahnan As Segaf
8. Habib Muhammad bin Umar bin Toha Ash Ahafi As Segaf
9. dll.
Dakwahnya Beliau
Berkat ketekunan dan akhlakul karimah yang beliau miliki pada saat usia
yang sangat dini, beliau dinobatkan oleh Allah dan guru-guru beliau
sebagai da’i, yang menjadikan nama beliau harum di seluruh penjuru
wilayah Hadhromaut dan mengundang datangnya para murid yang berminat
besar dalam mencari ilmu. Mereka ini tidak datang hanya dari Hadhromaut
tetapi juga datang dari luar Hadhromaut.
Mereka datang dengan tujuan menimba ilmu, mendengar nasihat dan wejangan
serta tabarukan (mencari berkah), memohon doa dari Al-Habib Abdullah
Al-Haddad. Di antara murid-murid senior Al-Habib Abdullah Al-Haddad
adalah putranya, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Alwy Al-Haddad,
Al-Habib Ahmad bin Zein bin Alwy bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy,
Al-Habib Ahmad bin Abdullah Ba-Faqih, Al-Habib Abdurrohman bin Abdullah
Bilfaqih, dll.
Selain mengkader pakar-pakar ilmu agama, mencetak generasi unggulan yang
diharapkan mampu melanjutkan perjuangan kakek beliau, Rosullullah SAW,
beliau juga aktif merangkum dan menyusun buku-buku nasihat dan wejangan
baik dalam bentuk kitab, koresponden (surat-menyurat) atau dalam bentuk
syair sehingga banyak buku-buku beliau yang terbit dan dicetak,
dipelajari dan diajarkan, dibaca dan dialihbahasakan, sehingga ilmu
beliau benar-benar ilmu yang bermanfaat. Tidak lupa beliau juga menyusun
wirid-wirid yang dipergunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan
bermanfaat untuk agama, dunia dan akhirat, salah satunya yang agung dan
terkenal adalah Rotib ini. Rotib ini disusun oleh beliau dimalam
Lailatul Qodar tahun 1071 H.
Akhlaq dan Budi Pekerti Beliau
Al-Imam Al-Haddad (rahimahullah) memiliki perwatakan badan yang tinggi,
berdada bidang, tidak terlalu gempal, berkulit putih, sangat berhaibah
dan tidak pula di wajahnya kesan mahupun parut cacar.
Wajahnya sentiasa manis dan menggembirakan orang lain di dalam
majlisnya. Ketawanya sekadar senyuman manis; apabila beliau gembira dan
girang, wajahnya bercahaya bagaikan bulan. Majlis kendalian beliau
sentiasa tenang dan penuh kehormatan sehinggakan tidak terdapat hadhirin
berbicara mahupun bergerak keterlaluan bagaikan terletak seekor burung
di atas kepala mereka.
Mereka yang menghadhiri ke majlis Al-Habib bagaikan terlupa kehidupan
dunia bahkan terkadang Si-lapar lupa hal kelaparannya; Si-sakit hilang
sakitnya; Si-demam sembuh dari demamnya. Ini dibuktikan apabila tiada
seorang pun yang yang sanggup meninggalkan majlisnya.
Al-Imam sentiasa berbicara dengan orang lain menurut kadar akal mereka
dan sentiasa memberi hak yang sesuai dengan taraf kedudukan
masing-masing. Sehinggakan apabila dikunjungi pembesar, beliau memberi
haknya sebagai pembesar; kiranya didatangi orang lemah, dilayani dengan
penuh mulia dan dijaga hatinya. Apatah lagi kepada Si-miskin.
Beliau amat mencintai para penuntut ilmu dan mereka yang gemar kepada
alam akhirat. Al-Habib tidak pernah jemu terhadap ahli-ahli majlisnya
bahkan sentiasa diutamakan mereka dengan kaseh sayang serta penuh
rahmah; tanpa melalaikan beliau dari mengingati Allah walau sedetik.
Beliau pernah menegaskan “Tiada seorang pun yang berada dimajlisku
mengganguku dari mengingati Allah”.
Majlis Al-Imam sentiasa dipenuhi dengan pembacaan kitab-kitab yang
bermanfaat, perbincangan dalam soal keagamaan sehingga para hadhirin
sama ada yang alim ataupun jahil tidak akan berbicara perkara yang
mengakibatkan dosa seperti mengumpat ataupun mencaci. Bahkan tidak
terdapat juga perbicaraan kosong yang tidak menghasilkan faedah. Apa
yang ditutur hanyalah zikir, diskusi keagamaan, nasihat untuk muslimin,
serta rayuan kepada mereka dan selainnya supaya beramal soleh. Inilah
yang ditegaskan oleh beliau “Tiada seorang pun yang patut menyoal hal
keduniaan atau menyebut tentangnya kerana yang demikian adalah tidak
wajar; sewajibnya masa diperuntuk sepenuhnya untuk akhirat sahaja.
Silalah bincang perihal keduniaan dengan selain dariku.”
Al-Habib (rahimahullah) adalah contoh bagi insan dalam soal perbicaraan
mahupun amalan; mencerminkan akhlak junjungan mulia dan tabiat
Al-Muhammadiah yang mengalir dalam hidup beliau. Beliau memiliki
semangat yang tinggi dan azam yang kuat dalam hal keagamaan. Al-Imam
juga sentiasa menangani sebarang urusan dengan penuh keadilan dengan
menghindari pujian atau keutamaan dari oramg lain; bahkan beliau
sentiasa mempercepatkan segala tugasnya tanpa membuang masa.
Beliau bersifat mulia dan pemurah lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan.
Ciri inilah menyebabkan ramai orang dari pelusuk kampung sering berbuka
puasa bersama beliau di rumahnya dengan hidangan yang tidak pernah putus
semata mata mencari barakah Al-Imam.
Al-Imam menyatakan “Sesuap makanan yang dihadiahkan atau disedekahkan
mampu menolak kesengsaraan”. Katanya lagi “Kiranya ditangan kita ada
kemampuan, nescaya segala keperluan fakir miskin dipenuhi, sesungguhnya
permulaan agama ini tidak akan terdiri melainkan dengan kelemahan
Muslimin”.
Beliau adalah seorang yang memiliki hati yang amat suci, sentiasa sabar
terhadap sikap buruk dari yang selainnya serta tidak pernah merasa
marah. Kalaupun ia memarahi, bukan kerana peribadi seseorang tetapi
sebab amalan mungkarnya yang telah membuat Al-Imam benar-benar marah.
Inilah yang ditegaskan oleh Al-Habib“Adapun segala kesalahan berkait
dengan hak aku, aku telah maafkan; tetapi hak Allah sesungguhnya tidak
akan dimaafkan”.
Al-Imam amatlah menegah dari mendoa’ agar keburukan dilanda orang yang
menzalimi mereka. Sehingga bersama beliau terdapat seorang pembantu yang
terkadangkala melakukan kesilapan yang boleh menyebabkan kemarahan
Al-Imam. Namun beliau menahan marahnya; bahkan kepada si-Pembantu itu
diberi hadiah oleh Al-Habib untuk meredakan rasa marah beliau
sehinggakan pembantunya berkata:“alangkah baiknya jika Al-Imam sentiasa
memarahiku”.
Segala pengurusan hidupnya berlandaskan sunnah; kehidupannya penuh
dengan keilmuan ditambah pula dengan sifat wara’. Apabila beliau memberi
upah dan sewa sentiasa dengan jumlah yang lebih dari asal tanpa
diminta. Kesenangannya adalah membina dan mengimarahkan masjid. Di
Nuwaidarah dibinanya masjid bernama Al-Awwabin begitu juga, Masjid
Ba-Alawi di Seiyoun, Masjid Al-Abrar di As-Sabir, Masjid Al-Fatah di
Al-Hawi, Masjid Al-Abdal di Shibam, Masjid Al-Asrar di Madudah dan
banyak lagi.
Diantara sifat Al-Imam termasuk tawaadu’ (merendah diri). Ini terselah
pada kata-katanya, syair-syairnya dan tulisannya. Al-Imam pernah
mengutusi Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Aidarus. “Doailah untuk saudaramu
ini yang lemah semoga diampuni Allah”
Wafatnya Beliau
Beliau wafat hari Senin, malam Selasa, tanggal 7 Dhul-Qo’dah 1132 H,
dalam usia 98 tahun. Beliau disemayamkan di pemakaman Zambal, di Kota
Tarim, Hadhromaut, Yaman. Semoga Allah melimpahkan rohmat-Nya kepada
beliau juga kita yang ditinggalkannya.
Habib Abdullah Al Haddad dimata Para Ulama
Al-Arifbillah Quthbil Anfas Al-Imam Habib Umar bin Abdurrohman Al-Athos
ra. mengatakan, “Al-Habib Abdullah Al-Haddad ibarat pakaian yang dilipat
dan baru dibuka di zaman ini, sebab beliau termasuk orang terdahulu,
hanya saja ditunda kehidupan beliau demi kebahagiaan umat di zaman ini
(abad 12 H)”.
Al-Imam Arifbillah Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Idrus ra. mengatakan,
“Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad adalah Sultan seluruh golongan Ba
Alawy”.
Al-Imam Arifbillah Muhammad bin Abdurrohman Madehej ra. mengatakan,
“Mutiara ucapan Al-Habib Abdullah Al-Haddad merupakan obat bagi mereka
yang mempunyai hati cemerlang sebab mutiara beliau segar dan baru,
langsung dari Allah SWT. Di zaman sekarang ini kamu jangan tertipu
dengan siapapun, walaupun kamu sudah melihat dia sudah memperlihatkan
banyak melakukan amal ibadah dan menampakkan karomah, sesungguhnya orang
zaman sekarang tidak mampu berbuat apa-apa jika mereka tidak
berhubungan (kontak hati) dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebab Allah
SWT telah menghibahkan kepada beliau banyak hal yang tidak mungkin
dapat diukur.”
Al-Imam Abdullah bin Ahmad Bafaqih ra. mengatakan, “Sejak kecil Al-Habib
Abdullah Al-Haddad bila matahari mulai menyising, mencari beberapa
masjid yang ada di kota Tarim untuk sholat sunnah 100 hingga 200 raka’at
kemudian berdoa dan sering membaca Yasin sambil menangis. Al-Habib
Abdullah Al-Haddad telah mendapat anugrah (fath) dari Allah sejak masa
kecilnya”.
Sayyid Syaikh Al-Imam Khoir Al-Diin Al-Dzarkali ra. menyebut Al-Habib
Abdullah Al-Haddad sebagai fadhillun min ahli Tarim (orang utama dari
Kota Tarim).
Al-Habib Muhammad bin Zein bin Smith ra. berkata, “Masa kecil Al-Habib
Abdullah Al-Haddad adalah masa kecil yang unik. Uniknya semasa kecil
beliau sudah mampu mendiskusikan masalah-masalah sufistik yang sulit
seperti mengaji dan mengkaji pemikiran Syaikh Ibnu Al-Faridh, Ibnu
Aroby, Ibnu Athoilah dan kitab-kitab Al-Ghodzali. Beliau tumbuh dari
fitroh yang asli dan sempurna dalam kemanusiaannya, wataknya dan
kepribadiannya”.
Al-Habib Hasan bin Alwy bin Awudh Bahsin ra. mengatakan, “Bahwa Allah
telah mengumpulkan pada diri Al-Habib Al-Haddad syarat-syarat
Al-Quthbaniyyah.”
Al-Habib Abu Bakar bin Said Al-Jufri ra. berkata tentang majelis
Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai majelis ilmu tanpa belajar (ilmun
billa ta’alum) dan merupakan kebaikan secara menyeluruh. Dalam
kesempatan yang lain beliau mengatakan, “Aku telah berkumpul dengan
lebih dari 40 Waliyullah, tetapi aku tidak pernah menyaksikan yang
seperti Al-Habib Abdullah Al-Haddad dan tidak ada pula yang
mengunggulinya, beliau adalah Nafs Rohmani, bahwa Al-Habib Abdullah
Al-Haddad adalah asal dan tiada segala sesuatu kecuali dari dirinya.”
Seorang guru Masjidil Harom dan Nabawi, Syaikh Syihab Ahmad al-Tanbakati
ra. berkata, “Aku dulu sangat ber-ta’alluq (bergantung) kepada Sayyidi
Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani. Kadang-kadang dia tampak di hadapan
mataku. Akan tetapi setelah aku ber-intima’ (condong) kepada Al-Habib
Abdullah Al-Haddad, maka aku tidak lagi melihatnya. Kejadian ini aku
sampaikan kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Beliau berkata,’Syaikh
Abdul Qodir Al-Jailani di sisi kami bagaikan ayah. Bila yang satu ghoib
(tidak terlihat), maka akan diganti dengan yang lainnya. Allah lebih
mengetahui.’ Maka semenjak itu aku ber-ta’alluq kepadanya.”
Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi ra. seorang murid Al-Habib Abdullah
Al-Haddad yang mendapat mandat besar dari beliau, menyatakan
kekagumannya terhadap gurunya dengan mengatakan, ”Seandainya aku dan
tuanku Al-Habib Abdullah Al-Haddad ziaroh ke makam, kemudian beliau
mengatakan kepada orang-orang yang mati untuk bangkit dari kuburnya,
pasti mereka akan bangkit sebagai orang-orang hidup dengan izin Allah.
Karena aku menyaksikan sendiri bagaimana dia setiap hari telah mampu
menghidupkan orang-orang yang bodoh dan lupa dengan cahaya ilmu dan
nasihat. Beliau adalah lauatan ilmu pengetahuan yang tiada bertepi, yang
sampai pada tingkatan Mujtahid dalam ilmu-ilmu Islam, Iman dan Ihsan.
Beliau adalah mujaddid pada ilmu-ilmu tersebut bagi penghuni zaman ini. ”
Syaikh Abdurrohman Al-Baiti ra. pernah berziaroh bersama Al-Habib
Abdullah Al-Haddad ke makam Sayidina Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin
Ali Ba’Alawy, dalam hatinya terbetik sebuah pertanyaan ketika sedang
berziaroh, “Bila dalam sebuah majelis zikir para sufi hadir Al-Faqih
Al-Muqaddam, Syaikh Abdurrohman Asseqaff, Syaikh Umar al-Mukhdor, Syaikh
Abdullah Al-Idrus, Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani, dan yang semisal
setara dengan mereka, mana diantara mereka yang akan berada di baris
depan? Pada waktu itu guruku, Al-Habib Abdullah Al-Haddad, menyingkap
apa yang ada dibenakku, kemudian dia mengatakan, ‘Saya adalah jalan
keluar bagi mereka, dan tiada seseorang yang bisa masuk kepada mereka
kecuali melaluiku.’ Setelah itu aku memahami bahwa beliau Al-Habib
Abdullah Al-Haddad, adalah dari abad 2 H, yang diakhirkan kemunculannya
oleh Allah SWT pada abad ini sebagai rohmat bagi penghuninya.”
Al-Habib Ahmad bin Umar bin Semith ra. mengatakan, “Bahwa Allah
memudahkan bagi pembaca karya-karya Al-Habib Abdullah Al-Haddad untuk
mendapat pemahaman (futuh), dan berkah membaca karyanya Allah memudahkan
segala urusannya agama, dunia dan akhirat, serta akan diberi ‘Afiat
(kesejahteraan) yang sempurna dan besar kepadanya.”
Al-Habib Thohir bin Umar Al-Hadad ra. mengatakan, “Semoga Allah
mencurahkan kebahagiaan dan kelapangan, serta rezeki yang halal, banyak
dan memudahkannya, bagi mereka yang hendak membaca karya-karya Al-Quthb
Aqthob wal Ghouts Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad ra.”
Al-Habib Umar bin Zain bin Semith ra. mengatakan bahwa seseorang yang
hidup sezaman dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad ra., bermukim di
Mekkah, sehari setelah Al-Habib Abdullah Al-Haddad wafat, ia
memberitahukan kepada sejumlah orang bahwa semalam beliau ra. sudah
wafat. Ketika ditanya darimana ia mengetahuinya, ia menjawab, “Tiap
hari, siang dan malam, saya melihat beliau selalu datang berthowaf
mengitari Ka’bah (padahal beliau berada di Tarim, Hadhromaut). Hari ini
saya tidak melihatnya lagi, karena itulah saya mengetahui bahwa beliau
sudah wafat.”
Karya-karyanya Beliau
Beliau meninggalkan kepada umat Islam khazanah ilmu yang banyak, yang
tidak ternilai, melalui kitab-kitab dan syair-syair karangan beliau.
Antaranya ialah:
1. An-Nashaa’ih Ad-Dinniyah Wal-Washaya Al-Imaniyah.
2. Ad-Dakwah At Tammah.
3. Risalah Al-Mudzakarah Ma’al-Ikhwan Wal-Muhibbin.
4. Al Fushuul Al-Ilmiyah.
5. Al-Hikam.
6. Risalah Adab Sulukil-Murid.
7. Sabilul Iddikar.
8. Risalah Al-Mu’awanah.
9. Ittihafus-Sa’il Bi-Ajwibatil-Masa’il.
10. Ad-Durrul Manzhum Al-Jami’i Lil-Hikam Wal-Ulum.*
Karya-karya beliau sarat dengan inti sari ilmu syari’at, adab islami dan
tarekat, penjabaran ilmu hakikat, menggunakan ibarat yang jelas dan
tata bahasa yang memikat. Semuanya ditulis dengan bahasa yang mudah
dipahami. Berisi ajaran tasawuf murni. Beliau berkata :
“Aku mencoba menyusunnya dengan ungkapan yang mudah, supaya dekat dengan
pemahaman masyarakat, lalu kugunakan kata-kata yang ringan, supaya
segera dapat dipahami dan mudah dimengerti oleh kaum khusus maupun
awam.”
Seluruh tulisannya sarat dengan ajaran islam ( tauhid, syari’at, akhlaq,
tarekat ) semuanya tersaji bercirikan tasawuf. Dalam Ad-Durrul Mandzum,
misalnya beliau menulis :
“Dalam bait-bait yang aku tulis ini, terdapat berbagai ilmu yang tidak
yang tidak ada dalam kitab lainnya. Maka barang siapa membacanya secara
rutin, lalu berpegang teguh kepadanya, cukup sudah baginya.”
Ada keyakinan di kalangan sebagian kaum muslimin, membaca karya Habib
Abdullah bisa mendapatkan manfaat besar, yaitu keselamatan, bukan hanya
bagi pembacanya, melainkan juga masyarakat sekitarnya.
Sebagai Mujaddid Abad ke 11 H.
Penganut Mazhab Syafi’i, khususnya di Yaman, berkeyakinan bahwa Habib
Abdullah bin Alwi Al Haddad adalah Mujaddid ( pembaharu )abad 11 H.
pendapat ini diutarakan oleh Ibnu Ziyad, seorang Ahli Fiqih terkemuka di
Yaman yang fatwa-fatwanya disejajarkan dengan tokoh-tokoh Fiqih seperti
Imam Ibnu Hajar dan Imam Ramli.
Seseorang pernah menggambarkan kedudukan beliau dengan ungkapan yang indah,yaitu:
”Dalam Dunia Tasawuf Imam Ghazali ibarat pemintal kain, Imam Sya’rani
ibarat tukang potong dan Sayyid Abdullah bin Alwi Al Haddad adalah
penjahitnya.”
Beberapa Ulama memberinya beberapa gelar, seperti :
• Syaikhul Islam ( Rujukan utama keislaman )
• Fardul A’lam ( Orang teralim )
• Al-Quthbul Ghauts ( Wali tertinggi yang bisa menjadi wasilah pertolongan )
• Al-Quthbud Da’wah wal-Irsyad ( Wali Tertinggi yang memimpin Dakwah )