Namanya Abul Abbas Ahmad bin Ahmad bin Muhammad bin Isa. Ia bernasab
dengan kabilah Baranis dari Fes, Marokko, yang kemudian dinasabkan
dengan Al-Burnusy. Panggilannya adalah Zarruq, dipanggil demikian karena
kakeknya bermata biru.
Syeikh Zarruq dilahirkan hari Kamis ketika matahari terbit, 28 Muharram
tahun 846 H, atau 1442 Masehi. Demikian disebutkan oleh Ummul Banin,
seorang perempuan ahli fiqih yang shalihah, nenek dari Syeikh Zarruq.
Setelah dua hari lahir, ia ditinggal wafat oleh ibundanya, di hari
sabtu, dimana usia ibundanya waktu itu 23 tahun. Setelah itu ganti
ayahandanya wafat, ketika usia jabang bayinya masih 5 hari. Usia
ayahandanya 35 tahun.
Kata Syeikh Zarruq, ayahandanya memberi nama Muhammad, lalu sepeninggal
ayahandanya oleh neneknya digannti dengan Ahmad. Hingga Allah memadukan
dua nama mulia pada dirinya. "Aku memilih nama Ahmad karena tiga
alasan," Syeikh Zarruq:
Pertama, saya senang dengan nama itu, disamping aku dibesarkan di
pangkuan nenekku. Nenek seorang yang penuh kasih sayang, seorang yang
sangat alim dan shalihah.
Kedua, nama itu begitu kuat, tidak berubah, bahkan tetap dengan nama itu sepanjang tahun.
Ketiga, nama ahmad adalah nama yang dikabargembirakan oleh Allah kepada
Nabi Isa as, dan tidak pernah disebutkan sebelum Nabi dan Rasul sebelum
Nabi kita Muhammad saw.
Masa Kecil
Masa kecil Syeikh Zarruq sebagai yatim piyatu, berada di pangkuan
neneknya, seorang faqih yang shalihah, tumbuh dengan pendidikan yang
sangat bagus, penuh kecerdasan dan perilaku budi luhur. Sejak kecil
ditanamkan iman, dan kesalehan, terutama dalam disiplin sholat. "Nenek
mengajariku sholat, dan memerintahkannya ketika usiaku masih 5 tahun.
Sejak usia lima tahun aku disiplinkan sholatku, dan aku belajar menulis
di usia itu. Nenek juga mengajariku tauhid dan tawakkal, keimanan dan
keagamaan dengan cara yang luar biasa."
Salah satu yang menakjubkan, yang diceritakan beliau, "Ketika aku masuk
di sebuah perpustakaan, seorang faqih menulis surat Alamnasyroh di
telapak tangan kananku, dengan tinta dari madu, lalu aku menjilatinya.
Pada saat itulah aku menjadi anak yang paling bagus hafalannya…. Bahkan
aku tidak tahu, kalau aku tak pernah sekalipun menghafal wahyu sama
sekali, kecuali hanya sehari atau dua hari saja…"
Masa kecilku tidak pernah bermain-main di masjid, dan tidak pernah aku
berlari-lari di dalamnya, kecuali satu hari seumur hidupku. Lantas saat
itu jempolku bengkak, keluar ulat kecil dan bernanah. Aku baru tahu
kemudian, Sunnatullah berjalan, bahwa setiap aku berbuat salah, langsung
diganjar dengan akibatnya seketika. Aku sakit empat kali di Mesir ini.
Setiap kali sakitku sampai empat bulan baru sembuh, dan setiap aku sakit
tidak sembuh kecuali setelah makan buah Zaitun Hitam.."
Ketika usia beliau genap 9 tahun, ia dikirim untuk belajar konveksi,
tiga hari selama seminggu, Kamis, Jum'at dan Senin. Ini dibelajarkan
agar terpadu antara pengetahuan industri dan agama.
Mendalami Agama
Syeikh Zarruq bercerita, "Berada dalam didikan nenekku yang faqih, Ummul
Banin, hingga usiaku 10 tahun. Pada saat yang sama aku sudah hafal
Al-Qur'an, dan aku belajar jahit menjahit. Maka ketika usiaku 16 tahun,
aku dikirim untuk mendalami ilmu agama. Aku mengkaji kitab Ar-Risalah
pada dua Syeikh, As-Sitththy dan Abdullah al-Fakhkhar., dengan kajian
yang dalam. Kemudian mendalami soal macam-macam Qira’at pada Al-Qawry,
az-Zarhuny, orang yang sangat saleh. Juga pada Al-Majashy, dan Al-Ustadz
Asy-Saghir mengenai bacaan huruf ala Nafi'.
Kamudian aku dalami pengetahuan Tasawuf dan Tauhid, antara lain
Ar-Risalatul Qudsiyah dan Aqaid ath-Thousy, pada Syeikh Abdurrahman
Al-Majdulisy salah satu murid al-Ubay. Juga sebagian kajian At-Tanwir
(karya Ibnu Athaillah) pen.) pada Al-Qowry, dari beliau pula saya
belajar Al-Bukhary. Kemudian belajar fiqih pada Abdul Haq ash-Shughra,
dan Jami at-Tirmidzy. Tak terhingga guru-guru fiqih maupun tasawufku."
Kelak Syeikh Zarruq dikenal sebagai Mursyid Thariqah Syadziliyah, dan
mensyarahi karya Ibnu Athaillah as-Sakandary, Al-Hikam. Diantara
keunikan Syarah Syeikh Zarruq, ketika beliau mensyarahi Al-Hikam sampai
terulang 17 kali. Setiap kali khatam membuat syarah kitab Al-Hikam
selalu hilang, atau dicuri orang. Dan syarah yang masih utuh hingga
sekarang adalah syarah Al-Hikam yang ke 17.
Setiap satu syarah yang lalu maupun yang kali berikutnya selalu berbeda. Itulah misteri Kitab Al-Hikam.
Murid-muridnya
Diantara para Ulama besar yang menjadi murid Syeikh Zarruq antara lain:
Syeikh Ahmad al-Manjur, w. 955 h.
Syeikh Sams al-Luqqany, w. 935 h.
Syeikh Muhammad bin Abdurrahman al-Hatthab, w. 945 h.
Syeikh Zein Thohir Al-Qisthiny, w. 899.
Syeikh Abdul Wahab az-Zaqqaq, w.961 h.
Syeikh Abu Abdullah Muhammad bin Abu Jum'ah al-Hibthy, w. 930 h.
Syeikh Abdurrahman Al-Qinthary as-Sifyany al-Hibthy, 956 h.
Syeikh Abu Abdullah Muhammad bin Ali Al-Khorruby ath-Tharablusy, w. 963 h.
Syeikh Muhammad Abul Fadhal Kharuf al-Anshary at-Tunisy w. 966 h,
Syeikh Abul Hasan Al-Bakry, seorang pendiri Thariqat Al-bakriyah.
Dan masih banyak lagi yang tak bisa disebut disini.
Karya-karyanya
Begitu banyak karya Syeikh Zarruq, terutama dalam bidang Tasawwuf, antara lain:
Syarah Hizib Bahrnya Asy-Syadzily
Syarah Aqaidul Ghazaly
Risalah (sebuah surat panjang yang ditujukan kepada para pengikut Thariqah Zarruqiyah Syadziliyah)
Kumpulan ucapan-ucapannya
Syarah Qasidah Nuniyah
Syarah Hizbul Kabir
Kitabus Shina'ah
Risalah Fis Tasawuf
Ushuluth Thariqoh
Nadzmu Fushulis Saamy
Nadzmu 'Uyubin Nafs
Qawaidut Tasawwuf wa Ushulihi
I'anatul Mutawajih al-Miskin ala Thariqah al-Fath wat-Tamkin
Qashidah Tsaniyah fil Hats alal 'Uzlah
Adzdzarruy Syariah fi Ushulit Thariqah
Tambih Dzawil Himam 'ala Ma'aanil Alfaadzil Hikam
As-Silsilah az-Zarruqiyah
Kitabul Jami' Lijumalil Fawaid wal-Manafi'
Al-Mawahibus Saniyah fi Khowashi Nadhzri Asmail Husna (Ad-Dimyathiyah), Syarah ringkasan Ad-Dimyathy.
Al-Maqshadul Asmaa bidzikri Himmaty maa Yataallaqu bijumlatil Asma
Mukhtashar Alal Muqaddimah Alwaghlisiyah
Khanah Ibnu Yusuf
Syarh Mukaddimah al-Quthubiyah
At-Thariqah az-Zaruqiyah
Syarhun Nashihah Al-Kafiyah liman Khashshau bil 'afiyah
Risalah fil Wa'dzi
Khawashu Asmail Husna
Ad-Durratul Bahiyah
Syarah ala Matnir Risalah
Ta'sis Qawaidul wal Ushul
Risalah fi Ahwaliz Zaman
Fathu Maqamil Asma fi Ba'dh Maa Yataallaqu bil Asma
Syahul Hikamil Athaiyah
Al-Burdah asy-Syarifah fil Kalam 'ala Ushulit Thoriqoh
Syarhi Mabahitsil Ashliyah fi Thoriqoh as-Shufiyah
Ahkamul Hajj
Rusalah Shufiyah
Beliau wafat hari ke 18 bulan Safar tahun 899 h/1493 M, pada usia 54
tahun, meninggal di Misrathah wilayah Tharablus ibukota Libia, dan
makamnya sangat terkenal disana.