Sayidina Abu Bakar Assidiq Ra
Nama Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq R.A. adalah tidak asing lagi bagi
sekelian ummat Islam, baik dahulu mahupun sekarang. Dialah manusia yang
dianggap paling teragung dalam sejarah Islam sesudah Rasulullah S.A.W.
Kemuliaan akhlaknya, kemurahan hatinya dalam mengorbankan harta benda
dan kekayaannya, kebijaksanaannya dalam menyelesaikan masalah ummat,
ketenangannya dalam menghadapi kesukaran, kerendahan hatinya ketika
berkuasa serta tutur bahasanya yang lembut lagi menarik adalah sukar
dicari bandingannya baik dahulu mahupun sekarang. Dialah tokoh sahabat
terbilang yang paling akrab dan paling disayangi oleh Rasulullah S.A.W.
Nama sebenar Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq adalah Abdullah Bin Qachafah.
Sebelum Islam, beliau adalah seorang saudagar yang tersangat kaya serta
datangnya dan keluarga bangsawan yang sangat dihormati oleh masyarakat
Quraisy. Bahkan sebelum memeluk Islam lagi, Abu Bakar telah terkenal
sebagai seorang pembesar Quraisy yang tinggi akhlaknya dan tidak pernah
minum arak sebagaimana yang lazimnya dilakukan oleh pembesar-pembesar
Quraisy yang lain.
Dan segi umur, Saiyidina Abu Bakar R.A. adalah dua tahun lebih muda dan
Rasulullah S.A.W. dan telah menjalin persahabatan yang akrab dengan
baginda Rasul lama sebelum Rasulullah S.A.W. menjadi Rasul. Beliaulah
tokoh sahabat besar yang dianggap paling banyak sekali berkorban harta
benda untuk menegakkan agama Islam di samping Nabi Muhammad S.A.W.
Kerana besarnya pengorbanan beliau itulah Rasulullah S.A.W. pernah
mengatakan bahawa Islam telah tegak di atas harta Siti Khadijah dan
pengorbanan Saiyidina Abu Bakar R.A. Adapun gelaran Al-Siddiq yang
diberikan kepadanya itu adalah kerana sikapnya yang selalu membenarkan
apa sahaja kata-kata mahupun perbuatan Nabi Muhammad S.A.W. Dalam hal
ini elok kita petik suatu kisah seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu
Mas'ud yang dicenitakan sendiri kepadanya oleh Saiyidina Abu Bakar,
tentang bagaimana Saiyidina Abu Bakar R.A. memeluk agama Islam.
Kata Saiyidina Abu Bakar R.A. ketika menceritakan suatu kisah mengenai
dirinya kepada Ibnu Mas'ud, "Aku pernah mengunjungi seorang tua di
negeri Yaman. Dia rajin membaca kitab-kitab dan mengajar banyak murid.
Dia berkata kepadaku:
"Aku kira tuan datang dari Tanah Haram.
"Benar, “jawabku.
"Aku kira tuan berbangsa Quraisy?”
"Benar,” ujarku lagi.
"Dan apa yang aku lihat, tuan dan keluarga Bani Taiyim?”
"Benarlah begitu,” tambahku selanjutnya.
Orang tua itu terus menyambung, katanya, "Ada satu lagi hal yang hendak
aku tanyakan dari tuan, iaitu tentang diri tuan sendiri. Apakah tak
keberatan jika aku lihat perutmu?
Maka pada ketika itu aku pun berkata, "Aku keberatan hendak
memperlihatkan selagi tuan tidak nyatakan kepadaku perkara yang
sebenarnya.
Maka ujar orang tua itu, "Aku sebenarnya melihat dalam ilmuku yang benar
bahawa seorang Nabi Allah akan diutus di Tanah Haram. Nabi itu akan
dibantu oleh dua onang sahabatnya, yang seorang masih muda dan seorang
lagi sudah separoh umur. Sahabatnya yang muda itu berani berjuang dalam
segenap lapangan dan menjadi pelindungnya dalam sebarang kesusahan.
Sementara yang separoh umur itu putih kulitnya dan berbadan kurus, ada
tahi lalat di perutnya dan ada suatu tanda di paha kirinya. Apalah
salahnya kalau tuan perlihatkan kepadaku.
Maka sesudah dia berkata itu aku pun membuka pakaianku lalu orang tua
itu pun melihatlah tahi lalat hitam di atas bahagian pusatku seraya
berkata, "Demi Tuhan yang menguasai Kaabah, tuanlah orangnya itu!
Kemudian orang tua itu pun memberi sedikit nasihat kepadaku. Aku tinggal
di Yaman untuk beberapa waktu kenana mengurusi perniagaanku dan sebelum
meninggalkan negeri itu aku sekali lagi pergi menemui orang tua
tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal kepadanya. Kemudian dia lalu
bertanya, "Bolehkah tuan menyampaikan beberapa rangkap syairku?
"Boleh sahaja, “jawabku.
Setelah itu aku pun membawa pulang syair-syair itu ke Mekah. Setibanya
aku di Mekah, para pemuda bergegas datang menemuiku seraya berkata,
"Adakah engkau tahu yang sudah terjadi? Maka ujarku pula, "Apakah yang
terjadi itu?
Jawab mereka, "Si yatim Abu Talib kini mengaku menjadi Nabi! Kalaulah
tidak mengingat engkau hai Abu Bakar, sudah lama kami selesaikan dia.
Engkaulah satu-satunya yang kami harapkan untuk menyelesaikannya.
Kemudian aku pun meminta mereka pulang dahulu sementara aku sendiri
pergi menemui Muhammad. Setelah menemuinya aku pun mengatakan, "Wahai
Muhammad, tuan telah mencemarkan kedudukan keluarga tüan dan aku
mendapat tahu tuan terang-terang telah menyeleweng dari kepercayaan
nenek moyang kita.
Maka ujar baginda, "Bahawa aku adalah Pesuruh Allah yang diutuskan untukmu dan untuk sekelian ummat!
Aku pun bertanya kepada baginda, "Apa buktinya?
Jawabnya, "Orang tua yang engkau temui di Yaman tempoh hari.
Aku menambah lagi, "Orang tua yang mana satukah yang tuan maksudkan kerana ramai orang tua yang aku temui di Yaman itu?
Baginda menyambung, "Orang tua yang mengirimkan untaian syair kepada engkau!
Aku terkejut mendengarkannya lalu bertanya, "Siapakah yang telah memberitahu tuan, wahai sahabatku?
Maka ujar baginda, "Malaikat yang pernah menemui Nabi-nabi sebelumku.
Akhirnya aku berkata, "Hulurkan tangan tuan, bahawa dengan sesungguhnya
aku naik saksi tiada Tuhan yang kusembah melainkan Allah, dan tuan
(Muhammad) sebenarnya Pesuruh Allah.
Demikianlah kisah indah yang meriwayatkan bagaimana Islamnya Saiyidina
Abu Bakan Al-Siddiq. Dan memanglah menurut riwayat beliau merupakan
lelaki yang pertama yang beriman kepada Rasulullah S.A.W.
Keislaman Saiyidina Abu Bakan Al-Siddiq R.A. telah membawa penganuh
besar di kalangan kaum bangsawan Quraisy kerana dari pengaruh
keislamannya itulah maka beberapa orang pemudabangsawan Quraisy seperti
Saiyidina Uthman Bin Affan, Abdul Rahman Bin Auf, dan Saad Bin Waqqas
menuruti jejak langkahnya. Semenjak beliau memeluk Islam, Saiyidina Abu
Bakan R.A. telah menjadi pembela Islam yang paling utama serta seorang
sahabat yang paling akrab serta paling dicintai oleh Rasulullah S.A.W.
Sebagai memperlihatkan kecintaan baginda terhadap Saiyidina Abu Bakar
R.A., dapat kita ketahui dan satu dialog yang terjadi antara baginda
Rasul dengan Amru Bin Al As. Amru seorang sahabat Rasulullah S.A.W.
pernah suatu hari menanyakan Rasul, "Siapakah di antara manusia yang
paling tuan sayangi? Baginda menjawab, "Siti Aisyah, dan kalau laki-laki
adalah bapanya.
Selain daripada itu Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq R.A. adalah seonang
sahabat yang terkenal kerana keteguhan imannya, cendas akal, tinggi
akhlak, lemah lembut dan penyantun. Rasulullah S.A.W. pernah menyanjungi
sahabatnya itu dengan sabdanya, "Jika ditimbang iman Abu Bakar
Al-Siddiq dengan iman sekelian ummat maka berat lagi iman Abu Bakar.
Demikian teguhnya iman Saiyidina Abu Bakar R.A. demi apakala kita
memperhatikan pengertian yang terkandung pada sabda Rasulullah S.A.W.
mengenai dirinya itu. Gelaran AlSiddiq yang dibenikan orang terhadap
diri Saiyidina Abu Bakar R.A. adalah lantaran memandang sikap serta
pendiriannya yang teguh dalam membenarkan serta membela diri Rasulullah
S.A.W. Andainya sekelian ummat manusia akan mendustakan Muhammad S.A.W.
Abu Bakar R.A. akan pasti pula tampil dengan penuh keyakinan untuk
membelanya.
Tidak beberapa lama setelah memeluk agama Islam, Saiyidina Abu Bakar
yang terkenal sebagai saudagar yang kaya itu telah meninggalkan
perdagangannya dan meninggalkan semua usaha peribadi lain-lainnya lalu
menyerahkan segenap kekayaan dan jiwa raganya untuk melakukan penjuangan
menegakkan Islam bersama Nabi Muhammad S.A.W. sehingga oleh kerana
kegiatannya maka Agama Islam mendapat kemegahan dengan Islamnya beberapa
pemuda Quraisy yang lain seperti yang telah disebutkan itu. Beliau
telah mengorbankan seluruh hanta bendanya untuk menebus orang-orang yang
ditawan, orang-orang yang ditangkap atau disiksa. Selain danpada itu
beliau juga telah membeli hamba-hamba yang kemudian dimerdekakannya.
Salah seorang hamba yang dibelinya lalu kemudian dibebaskan yang paling
terkenal dalam sejarah ialah Bilal Bin Rabah.
Tatkala Nabi Muhammad selesai melakukan Isra' dan Mikraj segolongan
orang yang kurang mempercayai apa yang telah dikhabarkan Rasulullah
S.A.W. telah pergi menemui Saiyidina Abu Bakan R.A. untuk mendengarkan
apa pendapatnya tentang dakwaan Muhammad S.A.W. itu. Tujuan kedatangan
mereka mendapatkan Abu Bakar R.A. tidak lain dengan prasangka tentunya
Abu Bakar R.A. kali ini akan mendustakan kisah yang tidak masuk akal
pada fikiran mereka itu. Setelah pertanyaan itu disampaikan kepada Abu
Bakar R.A. lalu beliau pun berkata, "Adakah Muhammad berkata begitu?
Sahut mereka, "Benar! Maka ujar Saiyidina Abu Bakar R.A. "Jika Muhammad
berkata begitu maka sungguh benarlah apa yang diceritakan itu. Lalu
mereka pun terus menyambung, "Engkau percaya hai Abu Bakar bahawa
Muhammad sampai ke tanah Syam lebih sebulan perjalanan pulang, di malam
semalam tadi? Maka sahut Abu Bakar sungguh-sungguh, "Benar! Aku percaya!
Malah lebih dari itu aku percaya kepadanya. Aku percaya akan berita
dari langit yg diberitakannya baik pada waktu siang mahupun di waktu
malam! Demikian hebatnya sambutan sahabat yang paling utama itu. Kerana
tegas dan teguhnya iman beliau terhadap agama yang dibawa oleh Muhammad
dan terhadap apa yang dikhabarkan oleh baginda maka beliau telah diberi
oleh Rasulullah S.A.W. dengan gelaran Al-Siddiq, entinya yang benar.
Dan memanglah tidak menghairankan sekali sikap Abu Bakar itu. Beliau
telah kenal akan Muhammad S.A.W. bukan sehari dua, melainkan sudah boleh
dikatakan seumur manusia. Beliau tahu bahawa sahabatnya itu berkata
benar, tak pernah bohong; orang amin. Mustahil baginda akan khianat
kepada pengikutnya yang pencaya kepadanya. Beliau mengimani sahabatnya
itu Pesuruh Allah Yang Maha Kuasa, menerima wahyu danipada Tuhannya.
Beliau sudah bertahun-tahun mengikutkan petunjuk yang diwahyukan oleh
Allah kepada sahabatnya itu maka telah teguhlah iman dalam hatinya.
Tatkala keadaan kekejaman orang-orang musynikin Quraisy terhadap kaum
Muslimin yang sedikit jumlahnya di Mekah semakin hebat dan membahayakan,
Nabi Muhammad S.A.W. telah mengadakan permusyuaratan di rumah Saiyidina
Abu Bakar R.A. untuk mencari jalan keluar daripada kesulitan yang
sedang dihadapi oleh pihak kaum Muslimin. Ketika itulah Rasulullah
S.A.W. menjelaskan kepada Saiyidina Abu Bakar R.A. bahawa Allah S.W.T.
telah memerintahkan baginda supaya melakukan hijrah ke Madinah serta
meminta Saiyidina Abu Bakar R.A. supaya menemaninya dalam peristiwa
hijrah tersebut. Dengan perasaan gembira tanpa sedikit kebimbanganpun
Saiyidina Abu Bakar R.A. menyambut permintaan Rasulullah S.A.W.
Dari pintu belakang rumah Saiyidina Abu Bakar R.A. Rasulullah S.A.W.
bersama-sama Saiyidina Abu Bakar menuju ke Gunung Tsaur dan bersembunyi
di gua yang diberi nama Gua Tsaur. Pada saat suasana amat kritis,
Saiyidina Abu Bakar R.A. diserang rasa kegelisahan dan cemas kerana
khuatir kalau-kalau musuh dapat mengetahui di mana Rasulullah sedang
bensembunyi, maka pada saat itu turun ayat suci Al Quran dari Surah
Taubah yang isinya memuji Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq, sebagai orang
kedua sesudah Nabi s,a.w. dalam Gua Tsaur. Dalam pada itu Rasulullah
S.A.W. pun mengerti akan situasi dan kegelisahan sahabatnya itu yang
oleh kerananya Rasul berkata, "Apakah yang menggelisahkanmu, bukankah
Allah menemani kita?
Kemudian Rasulullah S.A.W., diriwayatkan berkata selanjutnya untuk
menghilangkan kebimbangan Saiyidina Abu Bakar, "Kiranya mereka masuk
juga ke dalam gua ini kita masih dapat melepaskan diri dari pintu
belakang itu, ujar Rasul sambil menunjukkan ke belakang mereka.
Saiyidina Abu Bakar R.A. pun menoleh ke belakang. Betapa terkejutnya
beliau bila dilihatnya pintu belakang yang ditunjuk oleh Rasul itu,
padahal pintu tersebut tadinya tidak ada sama sekali. Sebenarnya
kebimbangan Abu Bakar R.A. tatkala di dalam gua itu bukanlah kerana
takutkan nyawanya akan diragut oleh pihak musuh tetapi yang lebih
dibimbangkannya ialah keselamatan jiwa baginda Rasul. Beliau pernah
berkata, "Yang saya bimbangkan bukanlah mengenai diri saya sendiri,
kalau saya terbunuh, yang tewas hanyalah seorang manusia biasa. Tapi
andaikata tuan sendiri dapat dibunuhnya maka yang akan hancur ialah satu
cita-cita yang suci murni. Yang akan runtuh ialah keadilan dan yang
akan tegak pula ialah kezaliman.
Ucapan antara dua orang sahabat tatkala dalam gua itu ada tersebut dalam
Al Quran dalam Surah At-Taubah ayat 40: "Kalau kamu tidak menolongnya
(Muhammad) ketika dia diusir oleh orang-orang kafir (dan kampung
halamannya), dalam keadaan berdua orang sahaja di dalam suatu gua, Di
kala itu dia (Muhammad) berkata kepada sahabat karibnya (Abu Bakar):
Jangan engkau berdukacita; sesungguhnya Tuhan bersama kita. Tuhan
menurunkan ketenanganNya kepadanya, dan dikuatkannya dengan tentera yang
tidak kamu lihat. Dan Tuhan menjadikan perkataan orang yang kafir itu
paling rendah dan perkataan Tuhan itu yang amat tinggi. Dan Tuhan Maha
Kuasa dan Bijaksana.
Demikian satu lagi keistimewaan Saiyidina Abu Bakar AL Siddiq sebagai
seorang sahabat yang sama-sama mengalami kesukaran dan kepahitan
bersama-sama Rasulullah dalam menyampaikan seruan Islam. Saiyidina Abu
Bakar R.A. tidak bercerai jauh dengan baginda Rasul sepanjang hidupnya
dan menyertai semua peperangan yang dihadapi oleh baginda. Beliau bukan
sahaja berjuang menegakkan Agama Islam dengan segenap jiwa raganya
bahkan juga dengan harta kekayaannya. Sungguh beliaulah yang paling
banyak sekali berkorban harta untuk menegakkan Agama Islam. Bahkan
seluruh kekayaannya telah habis dipergunakannya untuk kepentingan
penjuangan menegakkan kalimah Allah. Di kalangan para sahabat beliaulah
tergolong orang yang paling murah hati dan dermawan sekali.
Dalam Perang Tabuk misalnya, Rasulullah S.A.W. telah meminta kepada
sekelian kaum Muslimin agar mengorbankan hartanya pada jalan Allah.
Tiba-tiba datanglah Saiyidina Abu Bakar R.A. membawa seluruh harta
bendanya lalu meletakkannya di antara dua tangan baginda Rasul. Melihat
banyaknya harta yang dibawa oleh Saiyidina Abu Bakar R.A., bagi tujuan
jihad itu maka Rasulullah S.A.W. menjadi terkejut lalu berkata
kepadanya:
"Hal sahabatku yang budiman, kalau sudah semua harta bendamu kau
korbankan apa lagi yang akan engkau tinggalkan buat anak-anak dan
isterimu?
Pertanyaan Rasulullah S.A.W. itu dijawab oleh Saiyidina Abu Bakar
Al-Siddiq dengan tenang sambil tersenyum, ujarnya. "Saya tinggalkan buat
mereka Allah dan RasulNya.
Demikianlah kehebatan jiwa Saiyidina Abu Bakar AlSiddiq, suatu contoh
kemurahan hati yang memang tidak dijumpai bandingannya di dunia.
Memandangkan besarnya pengorbanan beliau terhadap Islam maka wajarlah
kalau Rasulullah bersabda bahawa tegaknya Agama Islam itu adalah
lantaran hanta benda Siti Khadijah dan juga Saiyidina Abu Bakar
Al-Siddiq. Tepatlah juga tatkala baginda bersabda bahawa kiranya iman
seluruh ummat ditimbang bersama iman Saiyidina Abu Bakar R.A. maka berat
lagi iman Saiyidina Abu Bakar R.A. Beliau memang manusia luar biasa
kebesarannya yang telah ditakdirkan oleh Allah S.W.T. untuk menjadi
teman akrab Rasulullah s.a.w
Pada suatu ketika di saat Rasulullah membaca khutbah yang antara lain
menyatakan bahawa kepada seseorang hamba Allah ditawarkan untuk memilih
dunia dan memilih ganjaran yang tersedia di sisi Allah, dan hamba Allah
tersebut tidak akan memilih dunia, melainkan memilih apa yang tersedia
di sisi Tuhan... Maka ketika meñdengar khutbah Nabi demikian itu
Saiyidina Abu Bakar R.A. lalu menangis tersedu-sedu, kenana sedih dan
terharu sebab beliau mendengar dan mengerti bahawa yang dimaksud dalam
isi khutbah tersebut ialah bahawa umur kehidupan Rasul di dunia ini
sudah hampir berakhir. Demikian kelebihan Saiyidina Abu Bakar R.A. di-
banding dengan para sahabat yang lain kerana beliaulah yang mengetahui
bahawa umur Rasul hampir dekat.
Keunggulan beliau dapat dilihat dengan jelas selepas wafatnya Rasulullah
S.A.W. di kala mana ummat Islam hampir-hampir menjadi panik serta tidak
percaya kepada kewafatannya. Bahkan sahabat besar Saiyidina Umar Al
Khattab sendiri telah diselubungi kekacauan fikiran dan tampil ke muka
umum sambil mencabar dan mengugut sesiapa sahaja yang berani mengatakan
baginda telah wafat. Ujar Umar r.a., "Rasulullah tidak wafat, dia hanya
pergi menghadap Allah sahaja seperti perginya Nabi Musa yang telah
menghilangkan diri dan kaumnya selama empat puluh hari, kemudian pulang
semula kepada kaumnya setelah diheboh-hebohkan wafatnya.
Ketika kegawatan itu berlaku Saiyidina Abu Bakar sedang berada di suatu
kampung Al-Sunnah. Tatkala berita kewafatan Rasulullah itu sampai
kepadanya, beliau dengan segera menuju ke Madinah. Di sana beliau dapati
ramai orang sedang benkumpul mendengarkan pidato Saiyidina Umar Al
Khattab tadi. Tanpa lengah-lengah lagi Saiyidina Abu Bakar terus ke
rumah puterinya Siti Aisyah dan di sanalah beliau dapati tubuh
Rasulullah S.A.W. terbujur di satu sudut rumah. Beliau lantas membuka
wajah Rasulullah dan mengucupkannya, sambil benkata, "Wahai, betapa
cantiknya engkau ketika hidup dan betapa cantiknya engkau ketika mati!
Kemudian beliau pun keluar mendapatkan orang ramai yang sedang dalam
panik itu lalu berkata dengan nada yang keras:
"Wahai kaum Muslimin! Barang siapa yang menyembah Muhammad, maka
Muhammad telah mati. Tetapi barang siapa yang menyembah Allah maka Allah
selama-lamanya hidup tidak mati. Seraya menyambung membacakan sepotong
ayat dari Al Qur'an:
"Muhammad itu tidak lebih dari seorang rasul seperti rasul-rasul yang
terdahulu darinya. Jika ia mati atau terbunuh patutkah kamu berundur ke
belakang. Sesiapa yang surut ke belakang, dia tidak akan membahayai
Allah sedikit pun dan sesungguhnya Allah akan memberi ganjaran kepada
orang-orang yang bersyukur.
Sejurus sahaja mendengar ayat itu, Saiyidina Umar Al Khattab pun terus
rebah hingga barulah beliau dan orang ramai Islam yang telah mendengar
pidatonya tadi mendapat kepastian bahawa Rasulullah sudah wafat. Kaum
Muslimin tentunya telah pernah dengar ayat ini sebelumnya, kerana ayat
itu telah turun semasa peperangan Uhud, ketika Rasulullah S.A.W. telah
diberitakan mati terkorban dan menyebabkan banyak pejuang-pejuang Islam
berundur ke Madinah. Tetapi mereka tidaklah memahami maksud ayat ini
seperti yang difahami oleh Saiyidina Abu Bakar R.A. Ini jelas
membuktikan kecerdasan Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq dalam memahami
Islam.
Ketika Rasulullah S.A.W. wafat, baginda memang tidak meninggalkan pesan
tentang siapa yang patut menggantikan baginda sebagai Khalifah ummat
Islam. Tetapi setelah lama berbincang kaum Muslimin dengan suara ramai
memilih Saiydina Abu Bakar Al-Siddiq sebagai Khalifah setelah namanya
itu dicalunkan oleh Saiyidina Umar Ibnul Khattab R.A. Pemilihan ini
tentulah tepat sekali kerana pada pandangan kaum Muslimin memang
beliaulah yang paling layak sekali memegang kedudukan itu memandangkan
kelebihan-kelebihannya dari para sahabat yang lain. Apatah lagi
beliaulah yang pernah ditunjuk oleh baginda Rasul semasa hayatnya untuk
menggantikan baginda sebagai imam sembahyang tatkala baginda sedang
uzur.
Setelah dipilih oleh sebahagian besar ummat ketika itu Saiyidina Abu
Bakar Al-Siddiq pun memberikan ucapannya yang terkenal yang antara
lainnya baginda berkata:
"Wahai sekelian ummat! Aku telah dipilih menjadi pemimpin kamu padahal
aku ini bukanlah orang yang terbaik di antara kamu. Sebab itu jika
pemerintahanku baik, maka sokonglah, tetapi jika tiada baik, maka
perbaikilah. Orang yang lemah di antara kamu adalah kuat pada sisiku
hingga aku harus menolongnya mendapatkan haknya, sedang orang yang kuat
di antara kamu adalah lemah pada sisiku, hingga aku harus mengambil hak
orang lain yang berada di sisi nya, untuk dikembalikan kepada yang
berhak semula. Patuhilah kepadaku selama aku patuh kepada Allah dan
RasulNya. Akan tetapi jika aku mendurhakai Allah, maka kamu sekelian tak
harus lagi patuh kepadaku.
Aku dipilih untuk memimpin urusan ini padahal aku enggan menerimanya.
Demi Allah aku ingin benar kalau ada di antaramu orang yang cekap untuk
urusan ini. Ketahuilah jika kamu meminta kepadaku agar aku berbuat
sebagai yang telah dilakukan oleh Rasulullah S.A.W. sungguh aku tidak
dapat memperkenankannya, Rasulullah adalah seorang hamba Allah yang
dapat kurnia wahyu dari Tuhan, kerana itu baginda terpelihara dari
kesalahan-kesalahan, sedang aku ini hanyalah manusia biasa yang tidak
ada kelebihannya dari seorangpun juga di antara kamu.
Ini adalah satu pembaharuan dalam pemerintahan yang belum pernah
dikenali oleh rakyat jelata kerajaan Rome dan Parsi yang memerintah
dunia barat dan timur ketika itu. Baginda telah mematuhi manifesto
politiknya. Baginda hidup seperti rakyat biasa dan sangat tidak suka
didewa-dewakan. Adalah diriwayatkan bahawa pada satu masa ada orang
memanggilnya, "Ya Khalifah Allah! Baginda dengan segera memintas cakap
orang itu dengan katanya:
"Saya bukan Khalifah Allah, saya hanya Khalifah RasulNya!
Adalah diriwayatkan bahawa pada keesokan harinya iaitu sehari setelah
baginda terpilih sebagai Khalifah, Saiyidina Abu Bakar R.A. kelihatan
membawa barang perniagaannya ke pasar. Beberapa orang yang melihat itu
lalu mendekati baginda, di antaranya Abu Ubaidah Bin Janrah. Sahabat
besar itu mendekati baginda seraya berkata, "Urusan Khalifah itu tidak
boleh dicampuri dengan berniaga! Lalu Abu Bakar R.A. bertanya, "Jadi
dengan apakah aku hidup, dan bagaimana aku membelanjai rumah tanggaku?
Demikian sedihnya nasib yang menimpa Saiyidina Abu Bakar R.A. sebab
walaupun kedudukannya sebagai Kepala Negara namun belum ada lagi
ketetapan untuk bagi seseorang kepala pemenintah Islam memperolehi gaji
dari harta kerajaan.
Keadaan ini mendapat perhatian dari para sahabat lalu mereka menentukan
tunjangan secukupnya buat baginda dan buat keluarga baginda yang diambil
dari Baitul Mal. Kemudian itu baharulah Khalifah Abu Bakar meninggalkan
usaha perniagaannya kerana hendak memusatkan seluruh tenaganya untuk
mengembangkan agama Islam dan menjalankan tanggungjawabnya sebagai
seorang Khalifah. Semasa hertugas sebagai Khalifah ummat Islam baginda
hanya menerima peruntukan sebanyak enam ribu dirham sahaja setahun iaitu
kira-kira lebih kurang 1,200 dolar sahaja setahun. Peruntukan itu tidak
dibelanjakannya untuk keperluan dirinya malahan sebelum wafatnya
baginda telah memerntahkan supaya pendapatannya itu diserahkan kembali
kepada Baitul Mal.
Kebijaksanaan Abu Bakar R.A. juga ternyata dalam polisinya menyamakan
pemberian elaun kepada orang-orang yang berhak agar mereka tidak
dipisahkan oleh jurang-jurang perbezaan yang jauh agar tidak lahir satu
golongan yang mendapat kedudukan yang lebih istimewa dan
golongan-golongan yang lain. Sedangkan baginda sendiri hanya mengambil
sekadar keperluan-keperluan asasi buat diri dan keluarganya.
Sebelum baginda wafat, kepada Saiyidina Umar Al Khattab baginda telah
mewasiatkan agar jangan menghiraukan jenazahnya nanti bila baginda
pulang ke rahmatullah, melainkan haruslah dia segera mengirim bala
tentera ke Iraq untuk membantu Al Muthanna yang sedang bertempur di Iraq
itu. Saiyidina Abu Bakar R.A. tidak lupa mengingatkan Saiyidina Umar
R.A. apa yang dikerjakannya di waktu Rasulullah wafat dan bagaimana
cintanya kepada Rasul dan perhatiannya kepada jenazah baginda yang suci
itu tidak mengabaikannya dan melaksanakan kewajipan biarpun yang
demikian itu amat berat bagi jiwanya. Dengarlah antara lain kata-katanya
kepada Umar Ibnul Khattab R.A.:
"Dengarlah hai Umar! Apa yang akan kukatakan ini dan laksanakanlah. Aku
mengharap akan kembali ke hadrat Allah hari ini sebab itu sebelum
matahari terbit pada esok hari engkau hendaknya telah mengirim bala
hantuan kepada Al Muthanna. Janganlah hendaknya sesuatu bencana
bagaimana pun besarnya dapat melupakan kamu dan urusan agama dan wasiat
Tuhan. Engkau telah melihat apa yang telah ku lakukan tatkala Rasulullah
wafat sedang wafatnya Rasulullah itu adalah satu bencana yang belum
pernah manusia ditimpa bencana yang sebesar itu. Demi Allah, andaikata
di waktu itu aku melalaikan perintah Allah dan RasulNya, tentu kita
telah jatuh dan mendapat siksaan Allah, dan pasti pula kota Madinah ini
telah jadi lautan api.
Dalam masa pemerintahannya yang singkat Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq
yang memerintah hanya dalam masa dua tahun sahaja itu telah meletakkan
asas pembangunan sebuah pemenintahan Islam yang teguh dan kuat setelah
berjaya mengatasi berbagai macam masalah dalam negeri dengan segala
kebijaksanaan dan kewibawaannya. Baginda telah memenuhi segenap
janji-janjinya dan dalam masa dua tahun pemerintahannya itu telah
terbentuk rantai sejarah Islam yang merupakan lembaran-lembaran yang
abadi.
Sungguh kehidupan Saiyidina Abu Bakar Al-Siddiq adalah penuh dengan
nasihat, penuh dengan ajaran serta kenang-kenangan yang indah mulia.
Selama dua tahun pemerintahannya itu baginda telah berjaya menyusun
tiang-tiang pokok dan kekuatan Islam. Baginda telah membangunkan
kekuatan-kekuatan yang penting bagi memelihara kepercayaan kaum Muslimin
dan bagi memelihara keagungan Agama Islam. Bahkan baginda telah
mengakhiri riwayat pemerintahan yang dipimpinnya dengan menundukkan
sebahagian daripada negeri Syam dan sebahagian daripada negeri Iraq,
lalu pulang ke rahmatullah dengan dada yang lapang, ketika umur baginda
menginjak 63 tahun. Baginda dikebumikan di samping makam Rasulullah
S.A.W. di Masjid Madinah. Semoga riwayat serta penjuangan baginda
menjadi contoh ibadat yang murni bagi sekelian kaum Muslimin.
Sayidina Umar Bin Khotthob Ra
Nama lengkapnya adalah Sayidina Umar bin Khattab bin Nufal bin Abd Uzza
bin Raba’ah bin Abdillah bin Qurth bin Huzail bin Ady bin Ka’ab bin
Luway bin Fihr bin Malik. Dari sini kita ketahui keluarga Umar mempunyai
pengaruh dan kekuasaan besar yang keturunannya berasal dari suku
Quraisy. Oleh karena itu kebesaran Umar bin Khattab pada hakekatnya
mewarisi keturunannya.
Beliau lahir pada tahun 513 M, diriwayatkan bahwa Umar dilahirkan 40
tahun sebelum hijrah Nabi ke kota Mekah, kelahiran Umar merupakan suatu
kejadian besar di kalangan suku Quraisy dikarenakan ayah Umar bin
Khattab, Al-Khattab merupakan salah satu anggota termuka di tengah suku
Quraisy yang mengawini Khantamak yang kemudian melahirkan Umar. Ibu Umar
merupakan merupakan keturunan suku Quraisy pula, dengan demikian jelas
bahwa Umar bin Khattab memiliki garis keturunan yang terhormat di
kalangan Quraisy. Oleh karena itu, wajar jika kemudian kelak beliau
menjadi orang yang berpengaruh di samping karena kepribadiannya sendiri.
Garis keturunan Umar bin Khattab bertemu dengan Nabi dalam leluhur
generasi ke delapan yang bertemu pada moyang mereka yang bernama Ka’ab.
Umar bin Khattab, sebelum memeluk Islam merupakan orang yang sangat
benci dengan ajaran baru yang dibawa oleh Nabi Muhammmad. Ketika Umar
berusia 27 tahun , Nabi dengan misi risalahnya mampu mempengaruhi
keluarga Umar bin Khattab untuk memeluk Islam.
Di antara keluarga Umar bin Khattab yang telah mendapat hidayah dan
memeluk Islam adalah Sa’ad bin Zaid, yang merupakan saudara ipar Umar
yang telah menikah dengan adik Umar yang bernama Fatimah, yang juga
memeluk Islam. Nu’ami bin Abdullah, juga merupakan salah seorang anggota
keluarga Umar yang cukup kharismatik telah menyatakan keIslamannya.
Kondisi demikian memberikan pengaruh tersendiri terhadap Umar bin
Khattab, sehingga tidak aneh jika Umar merasa geram dengan anggota
keluarganya yang telah meninggalkan ajaran nenek moyangnya. Kemarahan
Umar bin Khattab tampaknya tidak saja tertuju kepada kelurganya, tetapi
juga kepada penyebab utama sehigga keluarganya meninggalkan ajaran lama.
Menurut umar, penyebab itu tidak lain adalah Muhammad saw yang telah
mengembangkan misinya di daerah Arab. Oleh karena itu, tidak heran jika
Umar adalah seorang yang paling keras memusuhi kaum muslim.
Setelah ia menyaksikan keluarga dan sebagian orang Arab menyatakan masuk
Islam maka terjadi dialog pemikiran dalam dirinya, dialog itu seperti
perenungan yang kadang kala menjadi peperangan untuk menentukan dan
mencari hakekat kebenaran.
Diriwayatkan ketika Umar mendapatkan saudaranya sedang melantunkan ayat
quran dengan suara yang indah, redamlah emosi Umar. Setelah itu ia
menemui Nabi Muhammad dan menyatakan masuk Islam pada tahun keenam dari
masa kenabian. Islamnya Umar membawa pengaruh yang besar bagi perjuangan
Nabi Muhammad.
Pengangkatan Umar bin Khattab sebagai Khalifah
Sewaktu Abu Bakar jatuh sakit dan terbaring selama 15 hari di tempat
tidur, beliau merasakan bahwa kemampuannya dalam memimpin tidak bertahan
lama lagi sehingga ia ingin mencalonkan seseorang sebagai penggantinya,
pemikiran seperti itu didasarkan atas kepentingan terhadap umat yang
memerlukan kepemimpinan dan mencegah terjadinya perpecahan.
Untuk itulah beliau membentuk satu tim untuk memberikan penilaian
terhadap orang yang akan dipilih oleh Abu Bakar sebagai penggantinya.
Meskipun dari pengalamannya, Abu Bakar benar-benar yakin bahwa tidak ada
seorang pun kecuali Umar bin Khattab yang dapat bertanggung jawab
terhadap kekhalifahan yang berat itu, namun karena beliau ingin
menerapkan sistem musyawarah dan demokrasi, maka beliau meminta pendapat
umum melalui tokoh-tokoh masyarakat yang dapat mewakili aspirasi
masyarakat umum.
Untuk mewujudkan hal tersebut, beliau menunjuk tim yang terdiri dari
Usman bin Affan, Abd al-Rahman bin Auf, Ali bin Abi Thalib dan lain-lain
untuk menyepakati pilihan Abu Bakar tentang Khalifah yang akan
menggantinya. Pada saat itu semua sepakat untuk memilih Umar sebagai
khalifah. Kemudian Abu Bakar memanggil Utsman bin Affan untuk menulis
wasiat kepada Umar bin khattab. Adapun isi wasiat tersebut adalah
sebagai berikut:
”Bismillahir-rahmanir-rahim. Ini adalah surat wasiat Abu Bakar pada
akhir hayatnya di dunia dan bersiap-siap menuju akhirat, saat-saat di
mana orang-orang musyrik beriman dan yang berdosa merasa takut. Saya
bertindak menetapkan Umar bin Khattab sebagai khalifahmu. Jika dia
bertindak adil dan penuh kasih sayang, itulah yang saya ketahui dirinya
dan jika dia dzalim dan tidak adil pada waktu itu, aku tidak dapat
meramalkan apa yang tidak dapat dilihat. Saya menginginkan hal yang
terbaik untukmu sekalian dengan hal ini dan kepada setiap orang tentang
perubahan nasib mereka yang akan terjadi”.
Ketika wasiat itu dibaca di hadapan masyarakat, mereka mendengarkan
dengan seksama dan mentaati seluruh isi dari wasiat yang dibacakan
tersebut. Abu Bakar ketika itu juga sempat menanyakan kerelaan
masyarakat tentang penunjukan Umar bin Khattab sebagai khalifah,
masyarakat menyatakan bahwa apa yang dilakukan Umar adalah tepat dan
mereka restui.
Prestasi Umar bin Khattab dalam Kepemimpinannya.
Keberhasilan yang dicapai di masa pemerintahan Umar bin Khattab, banyak
ditentukan oleh berbagai kebijakan dalam mengatur dan menerapkan sistem
pemerintahannya. Kualitas pribadi dan seperangkat pendukung lainnya,
tentu juga memiliki andil yang besar dalam pemerintahan Umar bin
Khattab. Adapun prestasi yang dicapai pada masa kekhalifahannya antara
lain adalah:
1. Perluasan Wilayah Islam.
Ketika para pembangkang di dalam negeri telah dikikis habis oleh
khalifah Abu Bakar, maka khalifah Umar menganggap bahwa tugas yang
pertama ialah mensukseskan ekspedisi yang telah dirintis oleh
pendahulunya, maka dari itu pada masa Umar gelombang ekspansi (perluasan
wilayah kekuasaan) banyak terjadi antaranya, ibu kota Syria, Damaskus
jatuh pada tahun 635 M dan setahun kemudian setelah tentara Bizantium
kalah dalam perang Yarmuk, seluruh daerah Syiria jatuh di bawah
kekuasaan Islam dengan memakai Syiria sebagai basis, ekspansi diteruskan
ke Mesir di bawah pimpinan ’Amr bin Ash dan ke Irak di bawah pimpinan
Sa’ad bin abi Waqash. Iskandaria, ibu kota Mesir, ditaklukkan pada tahun
641 M. Dengan demikian, Mesir jatuh di bawah kekuasaan Islam.
Al-Qadasiah, sebuah kota dekat Hirah di Iraq, jatuh pada 637 M. Dari
sana serangan dilanjutkan ke ibu kota Persia, al-Madain yang jatuh pada
tahun itu juga. Pada tahun 641 M, Mosul dapat dikuasai. Dengan demikian,
pada masa kepemimpinan Umar, wilayah kekuasaan Islam telah meliputi
jazirah Arab, Palestina, Syiria, sebagian besar kota Persia dan Mesir.
Bersamaan dengan ekspansi tersebut, pusat kekuasaan Madinah mengalami
perkembangan yang amat pesat. Khalifah telah berhasil membuat
dasar-dasar bagi suatu pemerintahan yang handal untuk melayani tuntunan
masyarakat baru yang berkembang. Umar mendirikan dewan-dewan, membangun
Baitul Māl, mencetak uang, mengatur gaji, menciptakan tahun hijriah dan
sebagainya.
Di samping itu karena wilayah kekuasaan semakin luas, maka wilayah Islam
dibagi menjadi unit-unit administratif yang diatur menjadi delapan
wilayah propinsi yaitu: Mekah, Madinah, Jasirah, Basrah, kufah,
Palestina, dan Mesir.
2. Penataan Struktur Pemerintahan.
Sejalan dengan semakin luasnya wilayah Islam, maka Umar melakukan berbagai macam penataan struktur pemerintahan, anatara lain:
a. Administrasi Pemerintahan.
Penataan administrasi pemerintahan dilakukan Umar dengan melakukan
desentralisasi pemerintahan. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjangkau
wilayah Islam yang semakin luas. Wilayah Islam dibagi dalam beberapa
propinsi yaitu ; Mekah, Madinah, Palestina, Suria, Iraq, Persia dan
Mesir. Umar yang dikenal sebagai negarawan, administrator, terampil dan
cerdas, segera membuat kebijakan mengenai administrasi pemerintahan.
Pembagian Negeri menjadi unit-unit administratif sebagai propinsi,
distrik dan sub bagian dari distrik merupakan langkah pertama dalam
pemerintahan. Unit-unit ini merupakan tempat ketergantungan efesiensi
administratif yang besar. Umar merupakan penguasa muslim pertama yang
mengambil kebijakan dengan melakukan disentralisasi semacam itu. Setiap
daerah diberi kewenangan mengatur pemerintahan daerahnya tetapi tetap
segala kebijakan harus sesuai dengan pemerintahan pusat.
b.Lembaga Peradilan.
Pada lembaga pengadilan Umar tidak lagi memonopoli struktur pengadilan,
sudah ada orang-orang yang ditunjuk dan diberi wewenang melaksanakan
peradilan pada kasus-kasus tertentu. Urusan pengadilan diserahkan kepada
pejabat-pejabat yang diangkat dan diberi nama Qadi. Pemisahan kekuasaan
antara kekuasaan yudikatif dan eksekutif oleh Umar belum total sama
sekali, sebab khalifah dan juga gubernur-gubernurnya tetap memegang
peradilan pada kasus-kasus hukum jinayah yang menyangkut tentang hudud
dan qisas. Namun wilayah yang jauh dari pusat khalifah, wewenang itu
diberikan.
c. Korps Militer.
Pada masa pemerintahan Umar negara Islam menjadi negara adikuasa yang
banyak memiliki wilayah kekuasaan ketika itu Persia dan Bizantium juga
ditaklukkan Umar. Kemampuan Umar melakukan ekspansi besar-besaran
tersebut tentu tidak bisa lepas dari sistem militer yang tangguh sebagai
basis pertahanan dan keamanan negara. Umar membentuk organisasi militer
yang bertujuan menjaga kecakapan militer bangsa Arab, untuk itu Umar
melarang pasukan Arab menguasai tanah pertanian negri-negri taklukan,
sebab penguasaan atas tanah pertanian tersebut dihawatirkan akan
melemahkan semangat militer mereka, beliau juga melarang pasukan muslim
hidup diperkampungan sipil, melainkan mereka hidup diperkampungan
militer, dan Umar tidak ingin tentara memiliki propesi lain seperti
dagang, bertani yang mengakibatkan perhatian mereka berkurang terhadap
kepentingan militer.
d. Bait al-Mal.
Pendirian bait al-Mal dijadikan Umar sebagai lembaga perekonomian Islam
dimaksudkan untuk menggaji tentara militer yang tidak lagi mencampuri
urusan pertanian, para pejabat dan staf-stafnya, para qadi dan tentunya
kepada yang berhak menerima zakat, adapun sumber keuangan berasal dari
zakat, bea cukai, dan bentuk pajak lainnya. Pajak diterima dalam bentuk
uang kontan dan barang atau hasil bumi. Setelah terbaginya wilayah
kepada beberapa propinsi, bait al mal memiliki cabang-cabang yang
berdiri sendiri, cabang-cabang tersebut mengeluarkan dana sesuai dengan
keperluan tahun itu dan selebihnya dikirim kepusat.
Demikian beberapa kebijakan politik yang dilakukan oleh Umar bin Khattab
dalam pemerintahanya, yang membawa Islam berkembang pesat, baik dari
aspek ajaran maupun aspek wilayah teritorial.
Sepanjang karirnya menjadi khalifah selama 10 tahun (13-23 H/ 634-644
M), masa jabatan Umar diakhiri dengan kematian, dimana ia dibunuh oleh
seorang budak dari Persia bernama Abu Lu’lu’ah, untuk menentukan
penggantinya Umar tidak menempuh jalan yang dilakukan Abu Bakar, dia
menunjuk enam orang sahabat dan meminta kepada mereka untuk memilih
salah seorang diantaranya menjadi khalifah. Setelah Umar wafat, tim ini
bermusyawarah dan berhasil menunjuk Usman bin Affan sebagai khalifah.
Sayidina Ustman bin Affan Ra
Sayidina Utsman bin Affan (sekitar 574 – 656) adalah sahabat Nabi
Muhammad SAW yang merupakan Khulafaur Rasyidin yang ke-3. Nama lengkap
beliau adalah Utsman bin affan Al-Amawi Al-Quarisyi, berasal dari Bani
Umayyah.
Lahir pada tahun keenam tahun Gajah. Kira-kira lima tahun lebih muda dari Rasullulah SAW.
Nama panggilannya Abu Abdullah dan gelarnya Dzunnurrain (yang punya dua
cahaya). Sebab digelari Dzunnuraian karena Rasulullah menikahkan dua
putrinya untuk Utsman; Roqqoyah dan Ummu Kultsum. Ketika Ummu Kultsum
wafat, Rasulullah berkata; “Sekiranya kami punya anak perempuan yang
ketiga, niscaya aku nikahkan denganmu.” Dari pernikahannya dengan
Roqoyyah lahirlah anak laki-laki. Tapi tidak sampai besar anaknya
meninggal ketika berumur 6 tahun pada tahun 4 Hijriah.
Beliau Menikahi 8 wanita, empat diantaranya meninggal yaitu Fakhosyah,
Ummul Banin, Ramlah dan Nailah. Dari perkawinannya lahirlah 9 anak
laki-laki; Abdullah al-Akbar, Abdullah al-Ashgar, Amru, Umar, Kholid,
al-Walid, Sa’id dan Abdul Muluk. Dan 8 anak perempuan.
Nama ibu beliau adalah Arwa binti Kuriz bin Rabiah. Beliau masuk Islam
atas ajakan Abu Bakar, yaitu sesudah Islamnya Ali bin Abi Thalib dan
Zaid bin Haristah. Beliau adalah salah satu sahabat besar dan utama Nabi
Muhammad SAW, serta termasuk pula golongan as-Sabiqun al-Awwalin, yaitu
orang-orang yang terdahulu Islam dan beriman.
Utsman adalah seorang yang saudagar yang kaya tetapi dermawan. Beliau
adalah seorang pedagang kain yang kaya raya, kekayaan ini beliau
belanjakan guna mendapatkan keridhaan Allah, yaitu untuk pembangunan
umat dan ketinggian Islam. Beliau memiliki kekayaan ternak lebih banyak
dari pada orang arab lainya.
Ketika kaum kafir Quarisy melakukan penyiksaan terhadap umat islam, maka
Utsman bin Affan diperintahkan untuk berhijrah ke Habsyah (Abyssinia,
Ethiopia). Ikut juga bersama beliau sahabat Abu Khudzaifah, Zubir bin
Awwam, Abdurahman bin Auf dan lain-lain. Setelah itu datang pula
perintah Nabi SAW supaya beliau hijrah ke Madinah. Maka dengan tidak
berfikir panjang lagi beliau tinggalkan harta kekayaan, usaha dagang dan
rumah tangga guna memenuhi panggilan Allah dan Rasul-Nya. Beliau Hijrah
bersama-sama dengan kaum Muhajirin lainya.
Pada peristiwa Hudaibiyah, Utsman dikirim oleh Rasullah untuk menemui
Abu Sofyan di Mekkah. Utsman diperintahkan Nabi untuk menegaskan bahwa
rombongan dari Madinah hanya akan beribadah di Ka’bah, lalu segera
kembali ke Madinah, bukan untuk memerangi penduduk Mekkah.
Suasana sempat tegang ketika Utsman tak kenjung kembali. Kaum muslimin
sampai membuat ikrar Rizwan – bersiap untuk mati bersama untuk
menyelamatkan Utsman. Namun pertumpahan darah akhirnya tidak terjadi.
Abu Sofyan lalu mengutus Suhail bin Amir untuk berunding denganNabi
Muhammad SAW. Hasil perundingan dikenal dengan nama Perjanjian
Hudaibiyah.
Semasa Nabi SAW masih hidup, Utsman pernah dipercaya oleh Nabi untuk
menjadi walikota Madinah, semasa dua kali masa jabatan. Pertama pada
perang Dzatir Riqa dan yang kedua kalinya, saat Nabi SAW sedang
melancarkan perang Ghatfahan.
Utsman bin Affan adalah seorang ahli ekonomi yang terkenal, tetapi jiwa
sosial beliau tinggi. Beliau tidak segan-segan mengeluarkan kekayaanya
untuk kepentingan Agama dan Masyarakat umum.
Sebagai Contoh :
Utsman bin Affan membeli sumur yang jernih airnya dari seorang Yahudi
seharga 200.000 dirham yang kira-kira sama dengan dua setengah kg emas
pada waktu itu. Sumur itu beliau wakafkan untuk kepentingan rakyat umum.
Memperluas Masjid Madinah dan membeli tanah disekitarnya.
Beliau mendermakan 1000 ekor unta dan 70 ekor kuda, ditambah 1000 dirham
sumbangan pribadi untuk perang Tabuk, nilainya sama dengan sepertiga
biaya ekspedisi tersebut.
Pada masa pemerintahan Abu Bakar,Utsman juga pernah memberikan gandum
yang diangkut dengan 1000 unta untuk membantu kaum miskin yang menderita
di musim kering.
Masa Kekhalifahan
Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah atas dasar musyawarah dan
keputusan sidang Panitia enam, yang anggotanya dipilih oleh khalifah
Umar bin khatab sebelum beliau wafat. Keenam anggota panitia itu ialah
Ali bin Abi Thalib, Utsman bin Affan, Abdurahman bin Auf, Sa’ad bin Abi
Waqas, Zubair bin Awwam dan Thalhah bin Ubaidillah.
Tiga hari setelah Umar bin khatab wafat, bersidanglah panitia enam ini.
Abdurrahman bin Auff memulai pembicaraan dengan mengatakan siapa
diantara mereka yang bersedia mengundurkan diri. Ia lalu menyatakan
dirinya mundur dari pencalonan. Tiga orang lainnya menyusul. Tinggallah
Utsman dan Ali. Abdurrahman ditunjuk menjadi penentu. Ia lalu menemui
banyak orang meminta pendapat mereka. Namun pendapat masyarakat pun
terbelah.
Konon, sebagian besar warga memang cenderung memilih Utsman. Sidangpun
memutuskan Ustman sebagai khalifah. Ali sempat protes. Abdurrahman
adalah ipar Ustman. Mereka sama-sama keluarga Umayah. Sedangkan Ali,
sebagaimana Muhammad, adalah keluarga Hasyim. Sejak lama kedua keluarga
itu bersaing. Namun Abdurrahman meyakinkan Ali bahwa keputusannya adalah
murni dari nurani. Ali kemudian menerima keputusan itu.
Maka Utsman bin Affan menjadi khalifah ketiga dan yang tertua. Pada saat
diangkat, ia telah berusia 70 tahun. Peristiwa ini terjadi pada bulan
Muharram tahun 24 H. Pengumuman dilakukan setelah selesai Shalat
dimasjid Madinah.
Masa kekhalifannya merupakan masa yang paling makmur dan sejahtera.
Konon ceritanya sampai rakyatnya haji berkali-kali. Bahkan seorang budak
dijual sesuai berdasarkan berat timbangannya.
Beliau adalah khalifah kali pertama yang melakukan perluasan masjid
al-Haram (Mekkah) dan masjid Nabawi (Madinah) karena semakin ramai umat
Islam yang menjalankan rukun Islam kelima (haji). Beliau mencetuskan ide
polisi keamanan bagi rakyatnya, membuat bangunan khusus untuk mahkamah
dan mengadili perkara. Hal ini belum pernah dilakukan oleh khalifah
sebelumnya. Abu Bakar dan Umar bin Khotob biasanya mengadili suatu
perkara di masjid.
Pada masanya, khutbah Idul fitri dan adha didahulukan sebelum sholat.
Begitu juga adzhan pertama pada sholat Jum’at. Beliau memerintahkan umat
Islam pada waktu itu untuk menghidupkan kembali tanah-tanah yang kosong
untuk kepentingan pertanian.
Di masanya, kekuatan Islam melebarkan ekspansi. Untuk pertama kalinya,
Islam mempunnyai armada laut yang tangguh. Muawiyah bin Abu Sofyan yang
menguasai wilayah Syria, Palestina dan Libanon membangun armada itu.
Sekitar 1.700 kapal dipakai untuk mengembangkan wilayah ke pulau-pulau
di Laut Tengah. Siprus, Pulau Rodhes digempur. Konstantinopel pun sempat
dikepung.
Prestasi yang diperoleh selama beliau menjadi Khalifah antara lain :
Menaklukan Syiria, kemudian mengakat Mu’awiyah sebagai Gubernurnya.
Menaklukan Afrika Utara, dan mengakat Amr bin Ash sebagai Gubernur disana.
Menaklukan daerah Arjan dan Persia.
Menaklukan Khurasan dan Nashabur di Iran.
Memperluas Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Mekkah.
Membakukan dan meresmikan mushaf yang disebut Mushaf Utsamani, yaitu
kitab suci Al-qur’an yang dipakai oleh seluruh umat islam seluruh dunia
sekarang ini. Khalifah Ustman membuat lima salinan dari Alquran ini dan
menyebarkannya ke berbagai wilayah Islam.
Setiap hari jum’at beliau memerdekakan seorang budak (bila ada)
Sebab-sebab Terjadinya Kekacauan dalam Pemerintahan Utsman
Pada mulanya pemerintahan Khalifah Utsman berjalan lancar. Hanya saja
seorang Gubernur Kufah, yang bernama Mughirah bin Syu’bah dipecat oleh
Khalifah Utsman dan diganti oleh Sa’ad bin Abi Waqqas, atas dasar wasiat
khalifah Umar bin Khatab.
Kemudian beliau memecat pula sebagian pejabat tinggi dan pembesar yang
kurang baik, untuk mempermudah pengaturan, lowongan kursi para pejabat
dan pembesar itu diisi dan diganti dengan famili-famili beliau yang
kredibel (mempunyai kemampuan) dalam bidang tersebut.
Tindakan beliau yang terkesan nepotisme ini, mengundang protes dari
orang-orang yang dipecat, maka datanglah gerombolan yang dipimpim oleh
Abdulah bin Saba’ yang menuntut agar pejabat-pejabat dan para pembesar
yang diangkat oleh Khalifah Utsman ini dipecat pula. Usulan-usulan
Abdullah bin Saba’ ini ditolak oleh khalifah Utsman. Pada masa
kekhalifan Utsman bin Affan-lah aliran Syiah lahir dan Abdullah Bin
Saba’ disebut sebagai pencetus aliran Syi’ah tersebut.
Karena merasa sakit hati, Abdullah bin Saba’ kemudian membuat propoganda
yang hebat dalam bentuk semboyan anti Bani Umayah, termasuk Utsman bin
Affan. Seterusnya penduduk setempat banyak yang termakan hasutan
Abdullah bin Saba’. Sebagai akibatnya, datanglah sejumlah besar (ribuan)
penduduk daerah ke madinah yang menuntut kepada Khalifah, tuntutan dari
banyak daerah ini tidak dikabulkan oleh khalifah, kecuali tuntutan dari
Mesir, yaitu agar Utsman memecat Gubernur Mesir, Abdullah bin Abi
Sarah, dan menggantinya dengan Muhammad bin Abi Bakar.
Karena tuntutan orang mesir itu telah dikabulkan oleh khalifah, maka
mereka kembali ke mesir, tetapi sebelum mereka kembali ke mesir, mereka
bertemu dengan seseorang yang ternyata diketahui membawa surat yang
mengatasnamakan Utsman bin Affan. Isinya adalah perintah agar Gubernur
Mesir yang lama yaitu Abdulah bin Abi sarah membunuh Gubernur Muhammad
Abi Bakar (Gubernur baru) Karena itu, mereka kembali lagi ke madinah
untuk meminta tekad akan membunuh Khalifah karena merasa dipermainkan.
Setelah surat diperiksa, terungkap bahwa yang membuat surat itu adalah
Marwan bin Hakam. Tetapi mereka melakukan pengepungan terhadap khalifah
dan menuntut dua hal :
Supaya Marwan bin Hakam di qishas (hukuman bunuh karena membunuh orang).
Supaya Khalifah Utsman meletakan jabatan sebagai Khalifah.
Kedua tuntutan yang pertama, karena Marwan baru berencana membunuh dan
belum benar-benar membunuh. Sedangkan tuntutan kedua, beliau berpegang
pada pesan Rasullulah SAW; “Bahwasanya engkau Utsman akan mengenakan
baju kebesaran. Apabila engkau telah mengenakan baju itu, janganlah
engkau lepaskan”
Setelah mengetahui bahwa khalifah Utsman tidak mau mengabulkan tuntutan
mereka, maka mereka lanjutkan pengepungan atas beliau sampai empat puluh
hari. Situasi dari hari kehari semakin memburuk. Rumah beliau dijaga
ketat oleh sahabat-sahabat beliau, Ali bin Thalib, Zubair bin Awwam,
Muhammad bin Thalhah, Hasan dan Husein bin Ali bin Abu Thalib. Karena
kelembutan dan kasih sayangnya, beliau menanggapi pengepung-pengepung
itu dengan sabar dan tutur kata yang santun.
Hingga suatu hari, tanpa diketahui oleh pengawal-pengawal rumah beliau,
masuklah kepala gerombolan yaitu Muhammad bin Abu Bakar (Gubernur Mesir
yang Baru) dan membunuh Utsman bin Affan yang sedang membaca Al-Qur’an.
Dalam riwayat lain, disebutkan yang membunuh adalah Aswadan bin Hamrab
dari Tujib, Mesir. Riwayat lain menyebutkan pembunuhnya adalah Al
Ghafiki dan Sudan bin Hamran.
Beliau wafat pada bulan haji tahun 35 H. dalam usia 82 tahun setelah
menjabat sebagai Khalifah selama 12 tahun. Beliau dimakamkan di kuburan
Baqi di Madinah.
Sayidina Ali Bin Abi Tholib K wj
Tidak ada pedang, setajam pedang Zulfikar dan tidak ada pemuda yang setangguh Ali bin Abu Thalib"
Demikianlah slogan yang selalu didengung-dengungkan oleh kaum muslimin
ketika perang Uhud yang amat dahsyat itu tengah berlangsung. Dalam
perang tersebut, Ali bin Abu Thalib memperlihatkan ketangguhannya
sebagai seorang pahlawan islam yang gagah perkasa. Ia di kenal sebagai
jagoan bangsa Arab yang mempunyai kemahiran memainkan pedang dengan
tangguh. Sementara itu, baju besi yang dimilikinya berbentuk tubuh
bagian depan di kedua sisi, dan tidak ada bagian belakangnya. Ketika di
tanya,"Mengapa baju besimu itu tidak dibuatkan bagian belakangnya, Hai
Abu Husein?" Maka Ali bin Abu Thalib akan menjawabnya dengan mudah,
"Kalau seandainya aku menghadapi musuhku dari belakang, niscaya aku akan
binasa".
Ketika terjadi perang Badar antara kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy,
di mana kaum muslimin memperoleh kemenangan yang telak, maka korban
yang berjatuhan di pihak kaum Quraisy berjumlah tujuh puluh orang. Konon
sepertiga korban yang tewas dari pihak kaum Quraisy pada perang badar
itu merupakan persembahan khusus dari Ali bin Abu Thalib dan Hamzah bin
Abdul Muthalib.
Sementara itu Amru bin Wud Al 'Amiri, seorang jawara yang tangguh dari
kaum kafir Quraisy ikut serta dalam perang Khandak. Dengan angkuhnya ia
menari-nari di atas kudanya sambil memainkan pedangnya dan mengejek kaum
muslimin seraya berkata,"Hai kaum muslimin, manakah surga yang telah
dijanjikan kepadamu bahwa orang yang gugur diantaramu akan masuk
kedalamnya? inilah dia surga yang kini berada di hadapan-mu, maka
sambutlah."
Namun nyatanya tak ada seorangpun dari kaum muslimin yang berani maju
untuk menjawab tantangan yang dilontarkan Amru bin Wud , yang terkenal
bengis dan kejam itu. Tak lama kemudian Ali bin Abu Thalib pun berdiri
dan berkata kepada Rasulullah," Ya Rasulullah, kalau Anda mengijinkan,
maka saya akan maju untuk bertarung melawannya" Rasulullah menjawab,"Hai
Ali, Bukankah dia itu Amru bin Wud, jagoan kaum Quraisy yang ganas
itu?" Ali bin Abu Thalib pun menjawab,"Ya, Saya tahu dia itu adalah Amru
bin wud, akan tetapi bukankah ia juga manusia seperti kita?" Akhirnya
Rasulullah mengijinkan untuk bertarung melawannya.
Dengan pedang Zulfikar Ali bin Abu Thalib menebas musuh-musuhnya
Dengan pedang Zulfikar Ali bin Abu Thalib membela islam
Selang beberapa saat kemudian, Ali bin Abu Thalib telah maju ke
gelanggang pertarungan untuk bertarung melawan Amru bin Wud. Lalu Amru
bertanya seraya memandang remeh kepadanya,"Siapakah kamu hai anak
muda?", "Aku adalah Ali." Amru bin Wud bertanya lagi,"Kamu anak Abdul
Manaf?", "Bukan, Aku anak Abu Thalib." Lalu Amru bin Wud berkata,"Kamu
jangan maju ke sini hai anak saudaraku! Kamu masih kecil. Aku hanya
menginginkan orang yang lebih tua darimu, karena aku pantang menumpahkan
darahmu." Ali bin Abu Thalib menjawab,"Jangan sombong dulu hai Amru!
Aku akan buktikan bahwa aku dapat merobohkan-mu hanya dalam beberapa
detik saja dan aku tidak segan-segan untuk menghantarkan-mu ke liang
kubur."
Betapa marahnya Amru bin Wud mendengar jawaban Ali bin Abu Thalib itu.
Lalu ia turun dari kuda dan dihunus-nya pedang miliknya itu ke arah Ali
bin Abu Thalib. Sementara itu Ali bin Abu Thalib menghadapinya dengan
tameng di tangan kirinya.
Tiba-tiba Amru bin Wud melancarkan serangannya dengan pedang. Dan Ali
pun menangkis serangan itu dengan menggunakan tamengnya yang terbuat
dari kulit binatang sehingga pedang Amru tertancap di tameng itu. Maka
secepat kilat Ali menghantamkan dengan keras pedang Zulfikar pada
tengkuknya hingga ia tersungkur ke tanah dan bersimbah darah, dan kaum
kafir Quraisy lainnya yang melihat itu lari tunggang langgang.
Pada suatu ketika Rasulullah mengutus pasukan kaum muslim ke Wilayah
Khaibar di bawah pimpinan Abu Bakar As Siddiq. Lalu pasukan tersebut
berangkat untuk menembus benteng pertahanan Khaibar. Dengan mengerahkan
segala daya kekuatan mereka berusaha membobol benteng tersebut, namun
pintu benteng tersebut sangat kokoh sehingga sukar untuk ditembus-nya.
Keesokkan harinya, Rasulullah mengutus Umar bin Khattab untuk memimpin
pasukan untuk menaklukkan benteng tersebut. Dengan semangat yang
berkobar-kobar akhirnya terjadilah peperangan yang dahsyat antara dua
pasukan bersenjata itu. Umar terus membangkitkan semangat anak buahnya
agar dapat menguasai benteng khaibar, namun upaya mereka belum
membuahkan hasil meskipun telah berusaha sekuat tenaga dan mereka pun
pulang dengan tangan hampa.
Setelah itu Rasulullah SAW bersabda, "Esok hari aku akan berikan bendera
ini kepada seorang laki-laki yang dicintai Allah dan Rasul-Nya. Dan
mudah-mudahan Allah akan membukakan pintu kemenangan bagi kaum muslimin
melalui kedua tangannya, sedangkan ia sendiri bukan termasuk seorang
pengecut."
Maka para sahabat bertanya-tanya "Siapakah laki-laki yang beruntung
itu?" Akhirnya setiap orang dari para sahabat itu berdoa dan memohon
kepada Allah agar dialah yang dimaksud oleh Rasulullah.
Dan keesokkan harinya Rasulullah ternyata menyerahkan bendera
kepemimpinan itu kepada Ali bin Abu Thalib yang sedang menderita
penyakit mata. Kemudian Rasulullah meludahi kedua belah matanya yang
sedang sakit hingga sembuh seraya berkata, "Hai Ali, terimalah bendera
perang ini dan bawalah pasukan kaum muslimin bersamamu menuju benteng
Khaibar hingga Allah membukakan pintu kemenangan bagi kaum muslimin."
Lalu Ali bin Abu Thalib memimpin pasukan dan memusatkan pasukannya pada
sebuah batu karang besar dekat benteng guna menghimpun kekuatan kembali.
Tak lama kemudian ia memberikan komando untuk bersiap-siap menyerbu ke
benteng dan akhirnya terjadilah perang yang sengit antara kaum muslimin
dengan orang-orang yahudi di sana.
Ali bin Abu Thalib memainkan pedang Zulfikar-nya dengan gesit dan
menghunuskan kepada musuhnya yang berani menghadang. Tidak ada musuh pun
yang selamat dari kelebatan pedang yang di genggam Ali. Akan tetapi
seorang yahudi tiba-tiba menghantamkan pedang kearahnya dengan keras.
Secepat kilat di tangkis serangan itu dengan tamengnya, hingga terjatuh
tamengnya itu. Akhirnya ia raih sebuah pintu besar yang terbuat dari
besi yang berada di sekitar benteng dan dijadikan-nya sebagai tameng
dari serangan pedang orang-orang yahudi lainnya. Dan ia tetap
menggunakan pintu besar itu hingga perang usai dan kaum muslimin
memperoleh kemenangan.
Abu Rofi' seorang sahabat yang ikut perang itu menyatakan,"Aku telah
menyaksikan dengan mata kepalaku sendiri bagaimana Ali bin Abu Thalib
mencabut pintu besi yang besar itu untuk dijadikan tameng-nya, Setelah
tameng-nya terjatuh dari tangannya." Kemudian setelah perang usai, ada
delapan orang laki-laki, salah seorang diantaranya adalah aku sendiri,
yang berusaha untuk menggotong dan menempatkan kembali pintu besi itu ke
tempat semula, tetapi mereka tidak mampu untuk melakukannya karena
terlalu berat."
Tentang Ali Bin Abu Thalib
Ali bin Abu Thalib, bin Abdul Muththalib, bin Hasyim, bin Abdi Manaf,
bin Qushayy. Ibunya adalah, Fathimah binti Asad, bin Hasyim, bin Abdi
Manaf. Saudara-saudara kandungnya adalah: Thalib, 'Uqail, Ja'far dan
Ummu Hani.
Dengan demikian, jelaslah, Ali bin Abu Thalib adalah berdarah Hasyimi
dari kedua ibu-bapaknya. Keluarga Hasyim memiliki sejarah yang cemerlang
dalam masyarakat Mekkah. Sebelum datangnya Islam, keluarga Hasyim
terkenal sebagai keluarga yang mulia, penuh kasih sayang, dan pemegang
kepemimpinan masyarakat. Ibunya adalah Fathimah binti Asad, yang
kemudian menamakannya Haidarah. Haidarah adalah salah satu nama singa,
sesuai dengan nama ayahnya: Asad (singa). Fathimah adalah salah seorang
wanita yang terdahulu beriman dengan Risalah Nabi Muhammad Saw. Dia
pula-lah yang telah mendidik Nabi Saw, dan menanggung hidupnya, setelah
meninggalnya bapak-ibu beliau, Abdullah dan Aminah. Beliau kemudian
membalas jasanya, dengan menanggung kehidupan Ali bin Abu Thalib, untuk
meringankan beban pamannya, Abu Thalib, pada saat mengalami kesulitan
ekonomi. Saat Fathimah (Ibu Ali bin Abu Thalib) meninggal dunia,
Rasulullah Saw yang mulai mengkafaninya dengan baju gamisnya,
meletakkannya dalam kuburnya, dan menangisinya, sebagai tangisan seorang
anak atas ibunya. Dan bersabda,
"Semoga Allah SWT memberikan balasan yang baik bagi ibu asuhku ini.
Engkau adalah orang yang paling baik kepadaku, setelah pamanku dan
almarhumah ibuku. Dan semoga Allah SWT meridhai-mu."
Dan karena penghormatan beliau kepadanya, maka beliau menamakan anaknya
yang tersayang dengan namanya: Fathimah. Darinyalah kemudian mengalir
nasab beliau yang mulia, yaitu anak-anaknya: Hasan, Husein, Zainab al
Kubra dan Ummu Kultsum.
Haidarah adalah nama lain Imam Ali bin Abu Thalib yang dipilihkan oleh
ibunya. Namun ayahnya menamakannya dengan Ali, sehingga dia terkenal
dengan dua nama tersebut, meskipun nama Ali kemudian lebih terkenal.
Sifat Ali Bin Abu Thalib
Ali Bin Abu Thalib tumbuh menjadi anak yang cepat matang. Di wajahnya
tampak jelas kematangannya, yang juga menunjukkan kekuatan, dan
ketegasan. Saat ia menginjak usia pemuda, ia segera berperan penuh dalam
dakwah Islam, tidak seperti yang dilakukan oleh pemuda seusianya.
Contoh yang paling jelas adalah keikhlasannya untuk menjadi tameng
Rasulullah Saw saat beliau hijrah, dengan menempati tempat tidur beliau.
Ia juga terlibat dalam peperangan yang hebat, seperti dalam perang Al
Ahzab, dia pula yang telah menembus benteng Khaibar. Sehingga dia
dijuluki sebagai pahlawan Islam yang pertama.
Ali bin Abu Thalib adalah seorang dengan perawakan sedang, antara tinggi
dan pendek. Perutnya agak menonjol. Pundaknya lebar. Kedua lengannya
berotot, seakan sedang mengendarai singa. Lehernya berisi. Bulu
jenggotnya lebat. Kepalanya botak, dan berambut di pinggir kepala.
Matanya besar, wajahnya tampan. Kulitnya amat gelap. Postur tubuhnya
tegap dan proporsional. Bangun tubuhnya kokoh, seakan-akan dari baja.
Berisi. Jika berjalan seakan-akan sedang turun dari ketinggian, seperti
berjalannya Rasulullah Saw. Seperti dideskripsikan dalam kitab Usudul
Ghaabah fi Ma'rifat ash Shahabah: adalah Ali bin Abi Thalib bermata
besar, berkulit hitam, berotot kokoh, berbadan besar, berjenggot lebat,
bertubuh pendek, amat fasih dalam berbicara, berani, pantang mundur,
dermawan, pemaaf, lembut dalam berbicara, dan halus perasaannya.
Jika ia dipanggil untuk berduel dengan musuh di medan perang, ia segera
maju tanpa gentar, mengambil perlengkapan perangnya, dan menghunuskan
pedangnya. Untuk kemudian menjatuhkan musuhnya dalam beberapa langkah.
Karena sesekor singa, ketika ia maju untuk menerkam mangsanya, ia
bergerak dengan cepat bagai kilat, dan menyergap dengan tangkas, untuk
kemudian membuat mangsa tak berkutik.
Tadi adalah sifat-sifat fisiknya. Sedangkan sifat-sifat kejiwaannya,
maka ia adalah sosok yang penuh dengan kemuliaan. Keberaniannya menjadi
perlambang para kesatria pada masanya. Setiap kali ia menghadapi musuh
di medan perang, maka dapat dipastikan ia akan mengalahkannya. Seorang
yang sangat takwa, tidak mau masuk dalam perkara yang syubhat, dan tidak
pernah melalaikan syari'at.
Seorang yang zuhud, dan memilih hidup dalam kesederhanaan. Ia makan
cukup dengan berlauk-kan cuka, minyak dan roti kering yang ia patahkan
dengan lututnya. Dan memakai pakaian yang kasar, sekadar untuk menutupi
tubuh disaat panas, dan menahan dingin dikala hawa dingin.
Penuh hikmah, adalah sifatnya yang jelas. Dia akan berhati-hati meskipun
dalam sesuatu yang ia lihat benar, dan memilih untuk tidak mengatakan
dengan terus terang, jika hal itu akan membawa mudharat bagi umat. Ia
meletakkan perkara pada tempatnya yang tepat. Berusaha berjalan seirama
dengan rekan-rekan pembawa panji dakwah, seperti keserasian
butiran-butiran air di lautan.
Ia bersikap lembut, sehingga banyak orang yang sezaman dengannya melihat
ia sedang bergurau, padahal hal itu adalah suatu bagian dari sifat
kesempurnaan yang melihat apa yang ada di balik sesuatu, dan memandang
kepada kesempurnaan. Ia menginginkan agar realitas yang tidak sempurna
berubah menjadi lurus dan meningkat ke arah kesempurnaan. Gurauan adalah
'anak' dari kritik. Dan ia adalah 'anak' dari filsafat. Menurutku,
gurauan yang tepat adalah suatu tanda ketinggian intelektualitas para
tokoh pemikir dalam sejarah.
Ia terkenal kefasihannya. Sehingga ucapan-ucapannya mengandung
nilai-nilai sastra Arab yang jernih dan tinggi. Baik dalam menciptakan
peribahasa maupun hikmah. Ia juga mengutip dari redaksi Al Quran, dan
hadits Rasulullah Saw, sehingga menambah benderang dan semerbak
kata-katanya. Yang membuat dirinya berada di puncak kefasihan bahasa dan
sastra Arab.
Ia amat loyal terhadap pendidiknya, Nabi-nya, juga Rabb-nya. Serta
berbuat baik kepada kerabatnya. Amat mementingkan isterinya yang
pertama, Fathimah az Zahra. Dan ia selalu berusaha memberikan apa yang
baik dan indah kepada orang yang ia senangi, kerabatnya atau kenalannya.
Ali Bin Abu Thalib berpendirian teguh, sehingga menjadi tokoh yang
namanya terpatri dalam sejarah. Tidak mundur dalam membela prinsip dan
sikap. Sehingga banyak orang yang menuduhnya bodoh dalam politik, tipu
daya bangsa Arab, dan dalam hal melembutkan sikap musuh, sehingga
kesulitan menjadi berkurang. Namun, sebenarnya kemampuannya jauh di atas
praduga yang tidak benar, karena ia tahu apa yang ia inginkan, dan
menginginkan apa yang ia tahu. Sehingga, disamping kemanusiaannya, ia
seakan-akan adalah sebuah gunung yang kokoh, yang mencengkeram bumi.
Istri-istri Ali bin Abu Thalib
Setelah Fathimah az Zahra wafat, Imam Ali menikahi Umamah bin Abi Al Ash
bin Rabi' bin Abdul Uzza al Qurasyiyyah. Selanjutnya menikahi Umum
Banin bini Haram bin Khalid bin Darim al Kulabiyah. Kemudian Laila binti
Mas'ud an Nahsyaliyyah, ad Daarimiyyah dari Tamim. Berikutnya Asmaa
binti 'Umais, yang sebelumnya merupakan isteri Ja'far bin Abi Thalib,
dan selanjutnya menjadi isteri Abu Bakar (hingga ia meninggal), dan
berikutnya menjadi isteri imam Ali. Selanjutnya ia menikahi Ummu Habib
ash Shahbaa at Taghalbiyah. Kemudian, Khaulah binti Iyas bin Ja1far al
Hanafiyyah. Selanjutnya Ummu Sa'd ats Tsaqafiyyah. Dan Mukhabba'ah
bintih Imri'il Qais al Kulabiyyah.
Menjadi Khalifah
Ketika Ali bin Abu Thalib di angkat menjadi khalifah ke empat
menggantikan Khalifah Ustman bin Affan, maka ia tidak pernah melakukan
kecurangan ataupun penyelewengan dalam pemerintahannya. Ia tidak pernah
melakukan korupsi ataupun memakan uang rakyat yang terdapat di "baitul
maal". Namun Ia lebih memilih untuk bekerja sendiri ataupun menjual
harta benda miliknya sendiri untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari.
Bahkan diceritakan bahwa Ia pernah pergi ke pasar untuk menawarkan
pedangnya kepada orang-orang yang berada di sana sambil berkata, "Adakah
di antara kalian yang akan membeli pedangku ini, karena hari ini aku
sedang tidak mempunyai uang?" Kemudian orang-orang balik bertanya
kepadanya, "Bukankah anda seorang Khalifah yang mempunyai uang banyak ya
Amirul Mukminin?" Lalu Ali pun menjawab, "Kalau seandainya aku
mempunyai uang empat dirham saja, tentu aku tidak akan menjual pedang
kesayanganku ini."
Pernah suatu ketika Ali bin Abu Thalib tengah menangis di mihrab Masjid
Nabawi seraya berkata, "Wahai dunia, janganlah engkau berupaya
memperdayaiku Tetapi perdayalah orang-orang selainku. Sungguh aku telah
menceraikanmu dari diriku dan jangan engkau kembali kepadaku!".
Akhirnya lelaki yang dicintai Allah dan Rasul-Nya ini gugur sebagai
syahid di dekat pintu masjid Kufah pada 17 Ramadhan 40 H, akibat ditikam
dengan pedang beracun di bagian kening oleh Abdurrahman bin Muljam,
ketika ia akan melaksanakan salat subuh berjamaah dengan kaum muslimin.
Bagaimanapun sejarah telah mencatat bahwa Sayyidina Ali Bin Abu Thalib
Kw adalah seorang laki-laki yang gagah berani, tangkas cerdas, dan
dicintai Allah dan Rasul-Nya.
Semoga kita semua bisa meneladani kepemimpinan Beliau