Sabtu, 21 November 2020

Manaqiq Sayid Abdul Qodir bin Achmad Assegaff


Baqiyatus Salaf wa Sayyidul Khalaf: al-Iman al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin ‘Abdurrahman as-Saqqaf (1331/1911 – 1431/2010)

Beliau adalah al-Habib ‘Abdul Qadir bin Ahmad bin ‘Abdurrahman bin ‘Ali bin ‘Umar bin Saqqaf bin Muhammad bin ‘Umar bin Thoha as-Saqqaf.

Beliau dilahirkan di kota Seiyun, Hadramaut pada bulan Jumadil akhir 1331H/1911M. Beliau lahir dari keluarga yang sholeh. Ayahanda beliau al-Habib Ahmad bin ‘Abdurrahman bin ‘Ali bin ‘Umar bin Saqqaf bin Muhammad bin ‘Umar bin Thoha as-Saqqaf, adalah seorang ulama al-‘Arif billah. Dan begitu juga dengan ibunda beliau, asy-Syarifah ‘Alawiyyah binti al-Habib Ahmad bin Muhammad al-Jufri, seorang wanita sholehah yang suka pada kebajikan. Beliau dibesarkan oleh kedua ayahanda dan ibunda yang sholeh sehingga sejak kecil beliau telah dihiasi dengan hidayah dan ketakwaan.

Ayahanda beliau al-Habib Ahmad bin ‘Abdurrahman bin ‘Ali bin ‘Umar bin Saqqaf bin Muhammad bin ‘Umar bin Thoha as-Saqqaf adalah merupakan seorang ulama terkemuka di Hadhramaut yang merupakan murid dari al-‘Arif billah al-Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi, penyusun Simthud Durar. Dan guru beliau, al-Habib ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi pernah berkata: Al-Habib Ahmad bin ‘Abdurrahman adalah Imam Wadi al-Ahqaf (Hadhramaut). Ayahanda beliau wafat setelah menunaikan sholat ‘asar, petang hari Sabtu, 4 Muharram 1357. Manakala ibunda beliau wafat pada 23 Rajab 1378 yaitu bersamaan dengan hari wafatnnya al-Habib Salim bin Hafidz bin ‘Abdullah, kakek al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.

Isyarat Dari al-Habib ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi : Ketika ibunda beliau sedang mengandung dan melahirkan bayi laki-laki, bayi tersebut telah diberi nama ‘Abdul Qadir atas isyarat dari al-Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi, namun tidak lama kemudiannya bayi tersebut meninggal dunia. Tatkala Syarifah ‘Alawiyyah mengandung lagi dan melahirkan seorang bayi laki-laki, al-Habib ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi juga mengisyaratkan agar bayi tersebut diberi nama Abdul Qadir. Dan al-Habib ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi mengatakan bahwa bayi ini kelak akan menjadi orang yang mulia yang mengabdikan hidupnya untuk taat kepada Allah dan menjadi seorang yang dihiasi dengan ilmu, amal dan ihsan.
 
Pendidikan Beliau 

Al-Habib ‘Abdul Qadir bin Ahmad as-Saqqaf mendapat pendidikan dari ayahanda beliau sendiri. Menurut cerita bahwa al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad as-Saqqaf, telah mengkhatam ratusan buah kitab ketika usianya masih belasan tahun. Di didik oleh ayahanda beliau sendiri. Selain belajar dengan ayahandanya beliau juga belajar di Madrasah An-Nahdhoh Al'ilmiyah di Kota Seiyun.

Di madrasah An-Nahdhoh Al-’Ilmiyah ini, Al-Habib Abdul Qodir memperdalam berbagai macam ilmu, seperti ilmu Fiqih, Bahasa Arab, Nahwu, Shorof, Sastra Arab, Tarikh dan Tahfid Al-Quran. Manhaj madrasah ini adalah at-tazkiah (pensucian), at-tarbiyah (pendidikan) dan at-tarqiyah (keluhuran budi pekerti). Mudir (Kepala Sekolah) An-Nahdhoh waktu itu adalah As-Syaikh Al-Adib Ali Ahmad Baktsir. As-Syaikh Ali selalu memperhatikan kemajuan murid-muridnya, sampai-sampai murid-murid yang memiliki kecerdasan dan keunggulan di madrasah, beliau berikan kepada mereka pelajaran tambahan (privat) di rumahnya. Al-Habib Abdul Qodir juga mempelajari ilmu Qiroatus Sab’ah dengan As-Syaikh Hasan Abdullah Baraja’ setelah As-Syaikh Hasan pulang dari Makkah untuk memperdalam ilmu Qiroatul Qur’an.

Selain mendapatkan pengajaran berbagai ilmu di madrasah tersebut, peran ayah beliau, Al-Habib Ahmad, dalam menggembleng beliau cukup besar. Bahkan yang didapatkan Al-Habib Abdul Qodir dari ayahnya lebih banyak daripada yang beliau dapatkan di madrasah. Hari-hari Al-Habib Abdul Qodir penuh dengan kegiatan belajar. Beliau pernah mengatakan bahwa sehari semalam, dalam satu atau dua jalsah dengan ayahnya, beliau bisa mengkhatamkan satu kitab. Dengan demikian waktu beliau menjadi berkah. Dalam waktu yang relatif singkat beliau telah menjadi seorang yang luas pengetahuannya dan luhur budi pekertinya.

Mengajar di Madrasah An-Nahdhoh

Di antara keistimewaan madrasah An-Nahdhoh ini adalah meluluskan lebih awal murid-muridnya yang unggul untuk diperbantukan mengajar di situ. Di antara sekian banyak siswanya, terpilihlah Al-Habib Abdul Qodir untuk diluluskan dan diizinkan mengajar. Tentunya pilihan ini jatuh kepada Al-Habib Abdul Qodir bukanlah sesuatu yang mudah, tapi setelah mengalami proses yang cukup ketat. Ini semua adalah berkat kesungguhan niat beliau dalam belajar dan kegigihan ayah beliau dalam mengembleng, sehingga Al-Habib Abdul Qodir unggul dalam banyak hal di antara teman sebayanya.

Pada suatu saat Al-Habib Abdul Qodir mulai diperintahkan oleh ayahnya untuk mengisi pengajian umum yang biasa diadakan di masjid Thoha bin Umar Ash-Shofi. Dalam penyampaiannya, Al-Habib Abdul Qodir banyak menerangkan hal-hal yang sebelumnya tidak banyak diketahui orang. Dari situlah orang-orang yang hadir tahu bahwa beliau adalah penerus ayahnya dan pewaris sirr para datuknya. Dengan mengajar dan mengisi pengajian itulah, Al-Habib Abdul Qodir telah mencetak santri-santri yang berkualitas yang banyak bersyukur dan menyaksikan keunggulan beliau.

Diantara Guru beliau antara lain :

* Syeikh Taha bin Abdullah BaHamid.
* Syeikh Hasan bin ‘Abdullah BaRaja, ketika di Madrasah an-Nahdhatul ‘Ilmiyyah. Dari guru beliau ini, beliau menghafal al-Quran serta menguasai Qira’ah as-Sab’ah.
* Al-Habib Umar bin Hamid bin Umar As-Saqqaf
* Al-Habib ‘Umar bin ‘Abdul Qadir bin Ahmad as-Saqqaf
* Al-Habib ‘Abdullah bin Aidarus al-Aidarus
* Al-Habib ‘Abdullah bin ‘Alwi al-Habsyi 
* Al-Habib Hussin bin ‘Abdullah bin ‘Alwi al-Habsyi
* Al-Habib ‘Abdul Baari bin Syeikh al-Aidarus
* Al-Habib Muhammad bin Hadi as-Saqqaf (foto atas)
* Al-Habib ‘Abdullah bin Umar bin Hamid as-Saqqaf
* Al-Habib Hasan bin Ismail bin as-Syeikh Abi Bakar bin Salim
* Al-Habib Hamid bin ‘Alwi al-Bar dan lainnya

Beliau dikaruniai Allah dengan umur yang panjang, maka banyak ulama yang dapat mengambil faedah dari beliau. diantara murid-murid beliau adalah :

    * as-Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliki 
    * Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Sumaith 
    * Al-Habib Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar asy-Syathiri 
    * Al-Habib Abu Bakar al-Adni bin ‘Ali al-Masyhur 
    * Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz ibn Syeikh Abu Bakar bin Salim 
    * Al-Habib ‘Ali bin ‘Abdurrahman al-Jufri 
    * Al-Habib Muhammad bin ‘Abdurrahman as-Saqqaf 

Teman-teman beliau yang telah pergi mendahuluinya antara lain :

    * Al-Habib Ahmad Masyhur bin Thoha al-Haddad 
    * Al-Habib ‘Abdurrahman bin Ahmad al-Kaf 
    * Al-Habib Abu Bakar Atthas bin Abdullah al-Habsyi 
    * Syeikh Umar Khatib 

Hijrah dari Hadramaut

Suatu saat terjadi perubahan negatif pada pemerintahan Yaman Selatan dimana mereka membuat kebijakan-kebijakan dan upaya untuk menghapus tradisi leluhur dan juga melakukan penekanan terhadap ulama. Para tokoh masyarakat diwajibkan melaporkan diri ke kepolisian 2 kali setiap hari saat pagi dan sore. Tidak sedikit dari mereka yang dibunuh. Kenyataan pahit ini mendorong banyak para tokoh ulama disana, di antaranya Al-Habib Abdul Qodir, untuk meninggalkan Yaman demi menyelamatkan agama dan budaya leluhurnya, 
Dengan dibantu oleh seseorang yang dekat dengan pemerintahan, beliau mendapat izin untuk berhijrah ke kota Aden pada tahun 1393 H. Disana beliau mendapatkan sambutan yang luar biasa. Tampak kegembiraan masyarakat Aden dengan kedatangan beliau. Di tengah-tengah kesibukannya berdakwah dan menghadiri majlis-majlis di kota Aden, beliau berupaya untuk berhijrah dari Yaman. Dengan ridho dan pertolongan Allah SWT, sebulan setelah kedatangannya di kota Aden, beliau berangkat menuju Singapura.

Di bandara Singapura, beliau disambut oleh banyak orang dan para tokoh Alawiyin saat itu, di antaranya adalah Al-Habib Muhammad bin Salim Al-Atthas dan As-Sayyid Ali Ridho bin Abubakar bin Thoha Assaggaf. Berbagai majlis diselenggarakan untuk menyambut kedatangan Al-Habib Abdul Qodir. Bahkan rumah tempat beliau tinggal penuh sesak oleh tamu yang ingin mengambil berkah dan menimbah ilmu dari beliau.

Pada bulan Juli 1974 M/1393 H, Al-Habib Abdul Qodir meninggalkan Singapura menuju Jakarta. Di Indonesia beliau juga mendapat sambutan yang hangat dari para ulama dan masyarakat di Jakarta. Tokoh Alawiyin yang mendampingi kunjungan beliau di Jakarta antara lain As-Sayyid Salim bin Muhammad Al-Aidrus, Al-Habib Muhammad bin Umar Maulakheilah, Al-Habib Muhammad bin Ali Alhabsyi (Kwitang), As-Syaikh Muhammad bin Abdurrahman Jawwas, As-Sayyid Abdurrahman bin Ahmad Assaggaf, Al-Ustadz Hadi bin Sa’id Jawwas, dan lain-lain. Al-Habib Abdul Qodir menghadiri majlis taklim Al-Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi yang diadakan setiap hari Minggu pagi di Kwitang dan berbagai majlis lainnya di Jakarta.

Pada tanggal 13 Jumadil Tsani 1393 H/Agustus 1974 M, Al-Habib Abdul Qodir berkunjung ke Surabaya. Di Surabaya beliau tinggal di rumah Al-Ustadz Ahmad bin Hasan Assaggaf di Jalan Sambas no. 3. Al-Ustadz Ahmad mengurus segala keperluan dan perjalanan Al-Habib Abdul Qodir ke berbagai kota di Jawa Timur. Selama Al-Habib Abdul Qodir di Surabaya, rumah Al-Ustadz Ahmad penuh dengan tamu yang datang dari berbagai kota. Al-Ustadz Ahmad melayani mereka dengan penuh sabar dan tulus, bahkan menyediakan kendaraan bagi para tetamu yang ingin ikut mengiringi perjalanan Al-Habib Abdul Qodir.

Di setiap tempat yang dikunjungi, Al-Habib Abdul Qodir tidak hanya berdakwah, namun menaruh perhatian besar pada keadaan kaum Alawiyin. Setiap kota yang dimasuki, yang pertama ditanyakan oleh beliau adalah bagaimana keadaan Alawiyyin. Jika ada yang sakit, beliau mengunjunginya. Yang faqir, beliau santuni. Yang berselisih, beliau damaikan. Demikianlah aktivitas beliau sepanjang hidupnya, dimana saja beliau berada hingga akhir hayatnya.

Pada tahun yang sama, Al-Habib Abdul Qodir berhijrah dari Indonesia menuju Hijaz. Berbondong-bondong khalayak melepas kepergian beliau dengan penuh kesedihan dan air mata. Mereka menginginkan Al-Habib Abdul Qodir tetap tinggal di Indonesia. Demikian dalam kesedihan mereka hingga Al-Habib Abdul Qodir menenangkan mereka dengan mengatakan bahwa beliau akan datang berkunjung kembali ke Indonesia setelah beliau berziarah dan mengungkapkan masalah yang dihadapinya kepada Nabi SAW di kota Madinah.

Mengenai kedalaman ilmunya, bahwa al-Habib ‘Abdul Qadir bin Ahmad as-Saqqaf pernah menjadi rujukan ulama al-Azhar disekitar tahun 70an dahulu.

Beliau telah lama uzur. Dan sebelum Fajar hari Ahad, 19 Rabi’al-Akhir 1431H bersamaan 4 April 2010, beliau kembali ke rahmatuLlah di Jeddah. Beliau menutup umur pada usia 100 tahun ‎

 

Manaqib Sayid Muhammad Almaliki Alhasany


As-Sayyid Muhammad Alhasany bin Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz Almaliki Alhasany

As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki adalah salah seorang ulama Islam yang utama pada dasawarsa ini tanpa diragukan lagi, ulama yang paling dihormati dan dicintai di kota suci Makkah.

Beliau merupakan keturunan Rosululloh Sallallahu Alaihi Wasallam, penghulu Ahlil Bait, Imam Hadis di zaman kita, pemimpin keempat-empat mazhab, ketua rohani yang paling berkaliber, pendakwah ke jalan Allah, seorang yang tidak goyah dengan pegangannya di dunia ilmiah Islam turath.

Menzirahi beliau merupakan suatu keharusan kepada para ulama yang menziarahi Makkah.

Keluarga Keturunan Sayyid merupakan keturunan mulia yang bersambung secara langsung dengan Junjungan kita Muhammad Sallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri. Beliau merupakan waris keluarga Al-Maliki Al-Hasani di Makkah yang masyhur yang merupakan keturunan Rasulullah Sallahu ‘Alaihi Wasallam, melalui cucu Baginda, Imam Al-Hasan bin Ali, Radhiyallahu ‘Anhum.

Keluarga Maliki merupakan salah satu keluarga yang paling dihormati di Makkah dan telah melahirkan alim ulama besar di Makkah, yang telah mengajar di Makkah sejak lama.

Lima orang dari keturunan Sayyid Muhammad, telah menjadi Imam Mazhab Maliki di Haram Makkah. Datuk beliau, Al-Sayyid Abbas Al-Maliki, merupakan Mufti dan Qadhi Makkah dan khatib di Masjidil Haram. Beliau memegang jawatan ini ketika pemerintahan Uthmaniah serta Hashimiah, dan seterusnya terus memegang jawatan tersebut setelah Kerajaan Saudi diasaskan. Raja Abdul Aziz bin Sa’ud sangat menghormati beliau. Riwayat Hidup beliau boleh dirujuk pada kitab Nur An-Nibras fi Asanid Al-Jadd As-Sayyid Abbas oleh cucunya As-Sayyid Muhammad Al-Maliki Alhasany

Ayahanda beliau pula, As-Sayyid Alawi Al-Maliki Alhasany merupakan salah seorang ulama Makkah Termasyhur di abad yang lalu. Beliau telah mengajar perbagai ilmu Islam turath di Masjidil Haram selama hampir 40 tahun. Ratusan murid dari seluruh pelusok dunia telah mengambil faedah daripada beliau dari kuliah beliau di Masjidil Haram, dan banyak di kalangan mereka telah memegang jawatan penting agama di negara masing-masing.

Malah, Raja Faisal tidak akan membuat apa-apa keputusan berkaitan Makkah melainkan setelah meminta nasihat daripada As-Sayyid Alawi. Beliau telah meninggal dunia pada tahun 1971 dan upacara pengebumiannya merupakan yang terbesar di Makkah sejak seratus tahun. Dalam tempoh 3 hari dari kematian beliau, Stesyen Radio Saudi tempatan hanya menyiarkan bacaan Al-Quran, sesuatu yang tidak pernah dilakukan kecuali hanya untuk beliau.

Maklumat lanjut tentang As-Sayyid Alawi boleh dirujuk kepada biografinya berjudul Safahat Musyriqah min Hayat Al-Imam As-Sayyid As-Syarif Alawi bin Abbas Al-Maliki oleh anaknya, yang juga merupakan adik kepada As-Sayyid Muhammad, As-Sayyid Abbas Al-Maliki, juga seorang ulama, tetapi lebih dikenali dengan suara merdunya dan pembaca Qasidah yang paling utama di Arab Saudi. Biografi ini mengandungi tulisan berkenaan As-Sayyid Alawi dari ulama dari seluruh dunia Islam.

Keluarga Maliki juga telah melahirkan banyak lagi ulama lain, tetapi penulis hanya menyebut bapa dan datuk kepada As-Sayyid Muhammad. Untuk maklumat lanjut, rujuk tulisan-tulisan berkaitan sejarah Makkah dan ulamanya di abad-abad mutakhir.

Kelahiran dan Pendidikan Awal

As-Sayyid Muhammad bin Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz Alhasany, dilahirkan pada tahun 1946, di kota suci Makkah, dalam keluarga Al-Maliki Alhasany yang terkenal, keluarga Sayyid yang melahirkan ulama tradisi. Beliau amat beruntung kerana memiliki bapa seperti As-Sayyid Alawi, seorang ulama paling berilmu di Makkah. Ayahandanya  beliau merupakan guru pertama dan utama beliau, mengajar beliau secara peribadi di rumah dan juga di Masjidil Haram, di mana beliau menghafal Al-Quran sejak kecil. Beliau belajar dengan bapa beliau dan diizinkan untuk mengajar setiap kitab yang diajarkan oleh bapa beliau kepada beliau.

Pendidikan Lanjut

Dengan arahan bapanya, beliau juga turut mempelajari dan mendalami pelbagai ilmu turath Islam: Aqidah, Tafsir, Hadith, Feqh, Usul, Mustalah, Nahw dan lain-lain, di tangan ulamak-ulamak besar lain di Makkah serta Madinah. Kesemua mereka telah memberikan ijazah penuh kepada beliau untuk mengajar ilmu-ilmu ini kepada orang lain.

Ketika berumur 15 tahun lagi, As-Sayyid Muhammad telah mengajar kitab-kitab Hadith dan Feqh di Masjidil Haram, kepada pelajar-pelajar lain, dengan arahan guru-gurunya. Setelah mempelajari ilmu turath di tanah kelahirannya Makkah, beliau dihantar oleh bapanya untuk menuntut di Universiti Al-Azhar As-Syarif. Beliau menerima ijazah PhD daripada Al-Azhar ketika berusia 25 tahun, menjadikan beliau warga Arab Saudi yang pertama dan termuda menerima ijazah PhD dari Al-Azhar. Tesis beliau berkenaan Hadith telah dianggap cemerlang dan menerima pujian yang tinggi dari alim ulamak unggul di Al-Azhar ketika itu, seperti Imam Abu Zahrah.

Perjalanan Mencari Ilmu

Perjalanan menuntut ilmu merupakan jalan kebanyakan ulamak. As-Sayid Muhammad turut tidak ketinggalan. Beliau bermusafir sejak usia muda untuk menuntut ilmu dari mereka yang memiliki ilmu. Beliau telah bermusafir dengan banyak ke Afrika Utara, Mesir, Syria, Turki, dan rantau Indo-Pak untuk belajar dari alim-ulama yang hebat, bertemu para Wali Allah, menziarahi masjid-masjid dan maqam-maqam, serta mengumpul manuskrip-manuskrip dan kitab.

Di setiap tempat ini, beliau menemui para ulamak dan auliyak yang agung, dan mengambil faedah daripada mereka. Mereka juga turut tertarik dengan pelajar muda dari Makkah ini dan memberi perhatian istimewa untuk beliau. Kebanyakan mereka telah pun sangat menghormati bapa beliau yang alim, dan merupakan satu kebanggaan memiliki anak beliau sebagai murid.

Ijazah-ijazah

Sistem pengajian tradisi atau turath berasaskan kepada ijazah atau ‘keizinan untuk menyampaikan ilmu’. Bukan semua orang boleh mengajar. Hanya mereka yang memiliki ijazah yang diktiraf dari alim-ulamak yang terkenal sahaja yang boleh mengajar. Setiap cabang pengetahuan dan setiap kitab Hadith, Feqh, Tafsir dan lain-lain, mempunyai Sanad-sanad, atau rantaian riwayat yang bersambung sehingga kepada penyusun kitab tersebut sendiri melalui anak-anak muridnya dan seterusnya anak-anak murid mereka. Banyak sanad-sanad yang penting, seperti sanad Al-Qur’an, Hadith dan Tasawwuf, bersambung sehingga kepada Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam.

Sayyid Muhammad mendapat penghormatan dengan menjadi Shaykh dengan bilangan ijazah terbanyak dalam waktunya. Beliau juga memiliki rantaian sanad terpendek atau terdekat dengan datuknya, Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam.

Di Tanah Arab, tanah kelahirannya, dan dalam permusafiran ilmunya, As Sayyid Muhammad mendapat lebih dari 200 ijazah dari alim ulama teragung di zamannya, di setiap cabang ilmu Islam. Ijazah beliau sendiri, yang beliau berikan kepada murid-muridnya adalah antara yang paling berharga dan jarang di dunia, menghubungkan anak-anak muridnya dengan sejumlah besar para ulamak agung.

Para Masyaikh yang memberikan As-Sayyid Muhammad ijazah-ijazah mereka merupakan ulamak besar dari seluruh dunia Islam. Kita menyebutkan sebahagian mereka:

Dari Makkah:

1) Bapa beliau yang alim dan guru beliau yang pertama, As-Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki
2) Shaykh Muhammad Yahya Aman al-Makki
3) Shaykh al-Sayyid Muhammad al-Arabi al-Tabbani
4) Shaykh Hasan Sa‘id al-Yamani
5) Shaykh Hasan bin Muhammad al-Mashshat
6) Shaykh Muhammad Nur Sayf
7) Shaykh Muhammad Yasin al-Fadani
8) Al-Sayyid Muhammad Amin Kutbi
9) Al-Sayyid Ishaq bin Hashim ‘Azuz
10) Habib Hasan bin Muhammad Fad‘aq
11) Habib Abd-al-Qadir bin ‘Aydarus al-Bar
12) Shaykh Khalil Abd-al-Qadir Taybah
13) Shaykh Abd-Allah al-Lahji

Dari Madinah:

1) Shaykh Hasan al-Sha‘ir, Shaykh al-Qurra of Madinah
2) Shaykh Diya-al-Din Ahmad al-Qadiri
3) As-Sayyid Ahmad Yasin al-Khiyari
4) Shaykh Muhammad al-Mustafa al-Alawi al-Shinqiti
5) Shaykh Ibrahim al-Khatani al-Bukhari
6) Shaykh Abd-al-Ghafur al-Abbasi al-Naqshbandi

Dari Hadramawt dan Yaman:

1) Al-Habib Umar bin Ahmad bin Sumayt, Imam Besar Hadramawt
2) Shaykh As-Sayyid Muhammad Zabarah, Mufti Yaman
3) Shaykh As-Sayyid Ibrahim bin Aqeel al-Ba-Alawi, Mufti Ta‘iz
4) Al-Imam al-Sayyid Ali bin Abd-al-Rahman al-Habshi
5) Al-Habib Alawi ibn Abd-Allah bin Shihab
6) As-Sayyid Hasan bin Abd-al-Bari al-Ahdal
7) Shaykh Fadhl bin Muhammad Ba-Fadhal
8) Al-Habib Abd-Allah bin Alawi al-Attas
9) Al-Habib Muhammad bin Salim bin Hafeez
10) Al-Habib Ahmad Mashhur al-Haddad
11) Al-Habib Abd-al-Qadir al-Saqqaf

Dari Syria:

1) Shaykh Abu-al-Yasar ibn Abidin, Mufti Syria
2) Shaykh As-Sayyid al-Sharif Muhammad al-Makki al-Kattani, Mufti Maliki
3) Shaykh Muhammad As‘ad al-Abaji, Mufti Shafi‘i
4) Shaykh As-Sayyid Muhammad Salih al-Farfur
5) Shaykh Hasan Habannakah al-Maydani
6) Shaykh Abd-al-Aziz ‘Uyun al-Sud al-Himsi
7) Shaykh Muhammad Sa‘id al-Idlabi al-Rifa‘i

Dari Mesir:

1) Shaykh As-Sayyid Muhammad al-Hafiz al-Tijani, Imam Hadith di Mesir
2) Shaykh Hasanayn Muhammad Makhluf, Mufti Mesir
3) Shaykh Salih al-Ja‘fari, Imam Masjid Al-Azhar
4) Shaykh Amin Mahmud Khattab al-Subki
5) Shaykh Muhammad al-‘Aquri
6) Shaykh Hasan al-‘Adawi
7) Shaykh As-Sayyid Muhammad Abu-al-‘Uyun al-Khalwati
8) Shaykh Dr. Abd-al-Halim Mahmud, Syeihkul Azhar

Dari Afrika Utara (Maghribi, Algeria, Libya dan
Tunisia):

1) Shaykh As-Sayyid As-Sharif Abd-al-Kabir al-Saqali al-Mahi
2) Shaykh As-Sayyid Abd-Allah bin Al-Siddiq Al-Ghimari, Imam Hadith
3) Shaykh As-Sayyid Abd-al-Aziz bin Al-Siddiq al-Ghimari
4) As-Sharif Idris al-Sanusi, Raja Libya
5) Shaykh Muhammad At-Tahir ibn ‘Ashur, Imam Zaytunah, Tunis
6) Shaykh al-Tayyib Al-Muhaji al-Jaza’iri
7) Shaykh Al-Faruqi Al-Rahhali Al-Marrakashi
8) Shaykh As-Sayyid As-Sharif Muhammad al-Muntasir al-Kattani

Dari Sudan:

1) Shaykh Yusuf Hamad An-Nil
2) Shaykh Muddassir Ibrahim
3) Shaykh Ibrahim Abu-an-Nur
4) Shaykh At-Tayyib Abu-Qinayah

Dari Rantau Indo-Pak:

1) Shaykh Abu-al-Wafa al-Afghani Al-Hanafi
2) Shaykh Abd-al-Mu‘id Khan Hyderabadi
3) Al-Imam Al’Arif Billah Mustafa Rida Khan al-Barelawi, Mufti India
4) Mufti Muhammad Shafi’ Al-Deobandi, Mufti Pakistan
5) Mawlana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi, Imam Hadith
6) Mawlana Zafar Ahmad Thanawi
7) Shaykh Al-Muhaddith Habib-al-Rahman Al-‘Azami
8) Sayyid Abu-al-Hasan Ali An-Nadawi

Silsilah ini hanya merupakan ulama masyhur yang Syaikh kita telah mendapat ijazah darinya, dan di sana terdapat ramai lagi yang tidak disebutkan. Pada As-sayyid Muhammad Alawi, seseorang akan mendapati nilai terbaik dari para Masyaikh ini dalam pelabagai latarbelakang dan pengkhususan.

Karier Mengajar

Kalimah karier sebenarnya mungkin tidak sesuai untuk digunakan untuk menggambarkan aktiviti mengajar As-Sayyid Muhammad, kerana kalimah ini amat hampir kaitannya dengan keuntungan material. Sementara beliau, seperti mana Masyaikh tradisi yang lain, juga seperti keturunannya sebelum beliau, mengajar hanya kerana Allah dan tidak mengharapkan keuntungan material langsung.

Malahan, beliau menempatkan sejumlah besar pelajar di rumahnya sendiri, menyediakan untuk mereka makan minum, penginapan, pakaian, kitab-kitab serta segala keperluan mereka. Sebagai balasan, mereka hanya diminta mengikuti peraturan dan etika penuntut ilmu agama yang suci. Pelajar-pelajar ini biasanya menetap bersama beliau bertahun-tahun lamanya, mempelajari pelbagai cabang ilmu Islam, dan seterusnya kembali ke negeri masing-masing. Ratusan dari para pelajar telah menuntut di kaki beliau dan telah menjadi pelopor pengetahuan Islam dan kerohanian di negara mereka, terutamanya di Indonesia, Malaysia, Mesir, Yaman dan Dubai.

Bagaimanapun apabila pulang dari Al-Azhar, beliau dilantik sebagai Profesor Pengajian Islam di Universiti Ummul Qura di Makkah, yang mana beliau telah mengajar sejak tahun 1970.

Pada tahun 1971, sebaik bapanya meninggal dunia, para ulama Makkah meminta beliau untuk menggantikan tempat Ayahandanya sebagai guru di Masjidil Haram. Beliau menerimanya, lantas menduduki kedudukan yang telah diduduki oleh keluarganya lebih dari seabad. Beliau juga kadang kala mengajar di Masjid Nabi di Madinah. Kuliah pengajian beliau merupakan kuliah yang paling ramai dihadiri di kedua-dua Tanah Haram.

Bagaimanapun pada awal tahun 80-an, beliau telah mengosongkan kedudukan mengajarnya di Universiti Ummul Qura juga kerusi warisannya di Masjidil Haram, memandangkan fatwa dari sebahgian ulamak fanatik fahaman Wahhabi, yang menganggap kewujudannya sebagai ancaman kepada ideologi dan kekuasaan mereka.

Sejak itu, beliau mengajar kitab-kitab agung Hadith, Fiqh, Tafsir dan tasawwuf di rumah dan masjidnya di Jalan Al-Maliki di Daerah Rusayfah, Makkah. Kuliah-kuliah umumnya antara waktu Maghrib dan Isyak dihadiri tidak kurang daripada 500 orang setiap hari. Ramai pelajarnya daripada Universiti menghadiri pengajiannya di waktu malam. Sehingga malam sebelum beliau meninggal dunia, majlisnya dipenuhi penuntut.

Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki amat dihormati oleh Kerajaan Arab Saudi dan selalu diminta nasihat dari Raja sendiri dalam urusan-urusan yang penting. Beliau juga dilantik sebagai ketua juri dalam Musabaqah Qur’an antarabangsa di Makkah selama tiga tahun berturut-turut.

Tulisan Beliau

Sayyid Muhammad merupakan seorang penulis prolifik dan telah menghasilkan hampir seratus buah kitab. Beliau
telah menulis dalam pelbagai topik agama, undang-undang, social serta sejarah, dan kebanyakan bukunya dianggap sebagai rujukan utama dan perintis kepada topik yang dibicarakan dan dicadangkan sebagai buku teks di Institusi-institusi Islam di seluruh dunia.

Kita sebutkan sebahagian hasilnya dalam pelbagai bidang:

Aqidah:

1) Mafahim Yajib an Tusahhah
2) Manhaj As-salaf fi Fahm An-Nusus
3) At-Tahzir min at-Takfir
4) Huwa Allah
5) Qul Hazihi Sabeeli
6) Sharh ‘Aqidat al-‘Awam

Tafsir:

1) Zubdat al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an
2) Wa Huwa bi al-Ufuq al-‘A’la
3) Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum al-Quran
4) Hawl Khasa’is al-Quran

Hadisth:

1) Al-Manhal al-Latif fi Usul al-Hadith al-Sharif
2) Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
3) Fadl al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
4) Anwar al-Masalik fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta lil-Imam Malik

Sirah:

1) Muhammad (Sallallahu Alaihi Wasallam) al-Insan al-Kamil
2) Tarikh al-Hawadith wa al-Ahwal al-Nabawiyyah
3) ‘Urf al-Ta’rif bi al-Mawlid al-Sharif
4) Al-Anwar al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
5) Al-Zakha’ir al-Muhammadiyyah
6) Zikriyat wa Munasabat
7) Al-Bushra fi Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra

Usul:

1) Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi Usul al-Fiqh
2) Sharh Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
3) Mafhum al-Tatawwur wa al-Tajdid fi al-Shari‘ah al-Islamiyyah

Fiqh:

1) Al-Risalah al-Islamiyyah Kamaluha wa Khuluduha wa ‘Alamiyyatuha
2) Labbayk Allahumma Labbayk
3) Al-Ziyarah al-Nabawiyyah bayn al-Shar‘iyyah wa al-Bid‘iyyah
4) Shifa’ al-Fu’ad bi Ziyarat Khayr al-‘Ibad
5) Hawl al-Ihtifal bi Zikra al-Mawlid al-Nabawi al-Sharif
6) Al-Madh al-Nabawi bayn al-Ghuluww wa al-Ijhaf

Tasawwuf:

1) Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah al-Akhyar
2) Abwab al-Faraj
3) Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
4) Al-Husun al-Mani‘ah
5) Mukhtasar Shawariq al-Anwar

Lain-lain:

1) Fi Rihab al-Bayt al-Haram (Sejarah Makkah)
2) Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian Berkaitan Orientalis)
3) Nazrat al-Islam ila al-Riyadah (Sukan dalam Islam)
4) Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik Dawah)
5) Ma La ‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
6) Nizam al-Usrah fi al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
7) Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa al-Tajribah (Muslimun, Antara Realiti dan Pengalaman)
8) Kashf al-Ghumma (Ganjaran Membantu Muslimin)
9) Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah Pembaharuan)
10) Fi Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
11) Sharaf al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
12) Usul al-Tarbiyah al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan Nabawi)
13) Nur al-Nibras fi Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan Ijazah Datuk beliau, As-Sayyid Abbas)
14) Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan Ijazah Bapa beliau, As-Sayyid Alawi)
15) Al-Tali‘ al-Sa‘id al-Muntakhab min al-Musalsalat wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
16) Al-‘Iqd al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)

Senarai di atas merupakan antara kitab As-Sayyid Muhammad yang telah dihasilkan dan diterbitkan. Terdapat banyak lagi kitab yang tidak disebutkan dan juga yang belum dicetak.

Kita juga tidak menyebutkan banyak penghasilan turath yang telah dikaji, dan diterbitkan buat pertama kali, dengan nota kaki dan komentar dari As-Sayyid Muhammad. Secara keseluruhannya, sumbangan As-Sayyid Muhammad amat agung.

Banyak hasil kerja As-Sayyid Muhammad telah diterjemahkan ke perbagai bahasa.

Kegiatan lain

As-Sayyid Muhammad merupakan seorang pembimbing kepada ajaran dan kerohanian Islam yang sebenar dan telah bermusafir ke serata Asia, Afrika, Eropah dan Amerika, menyeru manusia ke arah kalimah Allah dan Rasul terakhir-Nya Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam.

Di Asia Tenggara Khususnya, As-Sayyid Muhammad secara peribadi telah mengasaskan dan membiayai lebih 70 buah Sekolah Islam untuk melawan aktiviti dakyah Kristian. Sejumlah besar penganut Kristian dan Budha telah memeluk Islam di tangannya hanya setelah melihat Nur Muhammad yang bersinar di wajahnya.

Ke mana sahaja beliau pergi, para pemimpin, ulamak dan masyarakat di tempat tersebut akan menyambutnya dengan penuh meriah. Beliau seringkali memberi ceramah kepada ratusan ribu manusia.

Beliau amat disayangi dan dicintai oleh Muslimin di seluruh dunia, bukan sahaja kerana beliau keturunan Rasulullah, tetapi juga kerana ilmunya yang luas, hikmahnya, akhlak serta watak rohaninya. Beliau juga amat terkenal amat pemurah dengan ilmu, kekayaan dan masanya.

Pendekatan

As-Sayyid Muhammad mengikuti dan menyelusuri tradisi arus utama dan majoriti Islam, jalan Ahlu Sunnah Waljamaah, jalan toleransi dan sederhana, pengetahuan dan kerohanian, serta kesatuan dalam kepelbagaian.

Beliau percaya kepada prinsip berpegang dengan empat mazhab yang masyhur, tetapi tanpa fanatik. Beliau mengajar rasa hormat kepada ulamak dan Awliyak agung yang lepas.

Beliau menentang sikap sewenang-wenangnya mengatakan Muslim lain sebagai Kafir dan Musyrik, yang telah menjadi tanda dan sifat utama sebahagian fahaman hari ini.

Beliau amat menentang dan kritis terhadap mereka yang digelar reformis (Islah) abad ke-20 yang dengan mudah ingin menghapuskan Islam generasi terdahulu menggunakan nama Islam yang suci.

Beliau juga memahami bahawa mencela kesemua Ash’ari, atau kesemua Hanafi, Syafi’e dan Maliki, kesemua sufi, seperti mana yang dilakukan oleh sebahagian fahaman hari ini adalah sama dengan mencela keseluruhan Ummah Islam ribuan tahun yang lampau. Ia hanya merupakan sifat dan pendekatan musuh Islam, dan bukannya rakan.

Sayyid Muhammad juga amat mempercayai bahawa ulamak –ulamak Mazhab yang agung – mengikuti Sunni-Sufi – sejak beratus tahun yang lalu, adalah penghubung kita kepada Al-Quran dan Assunnah, dan bukanlah penghalang antara keduanya dengan kita, seperti yang dipercayai sesetengah pihak.

Kefahaman yang benar berkenaan Al-Quran dan Sunnah ialah kefahaman yang berasaskan tafsiran para ulamak agung Islam, dan bukan dengan sangkaan para ekstrimis zaman moden ini yang tidak berfikir dua kali sebelum mencela majoriti Muslim di seluruh dunia. Sayyid Muhammad juga berpendapat majoriti ummah ini adalah baik. Kumpulan-kumpulan minoriti yang fanatiklah yang perlu mengkaji semula fahaman ekstrim mereka.

Sayyid Muhammad merupakan pendukung sebenar Sufi yang berasaskan Syariah, Sufi para Awliya’ agung dan solehin ummah ini. Beliau sendiri merupakan mahaguru kerohanian di tingkat yang tertinggi, berhubungan dengan kebanyakan peraturan kerohanian Islam, melalui para Masyaikh Tariqah yang agung.

Beliau turut mempercayai bahawa membaca Zikir, samaada secara bersendirian atau berkumpulan, adalah bahagian penting dalam kerohanian seseorang. Semua pelajarnya dimestikan bertahajjud dan membaca wirid pagi dan petang.

Sayyid Muhammad juga beranggapan, ummat Islam perlu menggunakan segala hasil yang ada untuk meningkatkan taraf ummah mereka dari sudut kerohanian, masyarakat dan juga material, dan tidak membuang masa yang berharga dengan berbalah pada perkara-perkara kecil. Beliau percaya Muslim tidak seharusnya mencela satu sama lain dalam perkara yang telah diselisihkan oleh para ulamak. Mereka sebaliknya perlu berganding bahu bersama untuk memerangi apa yang telah disepekati sebagai kejahatan dan dosa.

Pandangan dan pendirian Sayyid Muhammad ini digambarkan dalam tulisannya yang terkenal, Mafahim Yajib An Tusahhah (Kefahaman Yang Perlu Diperbetulkan), sebuah buku yang mendapat penghargaan meluas di seluruh dunia Islam dan diiktiraf tinggi di lingkaran para ulamak.

Penutup

Tidak diragui lagi, kehadiran Sayyid Muhammad Alawi merupakan rahmat buat ummah ini. Beliau merupakan waris kepada kekasih kita Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam dari sudut darah daging serta kerohanian. Masyarakat Makkah dan Madinah teramat mencintai beliau seperti mana dilihat pada solat jenazah beliau.

Siapa sahaja yang pernah menemui beliau jatuh cinta dengan beliau. Rumahnya di kota suci Makkah sentiasa terbuka sepanjang tahun untuk ulamak dan para penuntut yang menziarahi, ribuan orang yang menuju kepadanya. Beliau juga tidak kenal erti takut dalam berkata yang benar dan telah mengalami detik-detik kepayahan kerana kebenaran. Walaubagaimanapun pertolongan Allah kelihatan sentiasa bersama dengannya. RadhiyAllahu Anhu WaArdhaah. Ameen.

Maklumat lanjut kehidupan dan pencapaiannya boleh dirujuk biografinya yang hebat bertajuk, Al-Maliki ‘Alim Hijjaz, karangan penulis dan sejarahwan terkenal Makkah, Dr Zuhayr Kutbi.

Wafat nya Sayid Muhammad

Beliau telah meninggalkan kita pada hari Jumaat, 15 Ramadhan (bersesuaian dengan doanya untuk meninggal dunia pada bulan Ramadhan), dalam keadaan berpuasa di rumahnya di Makkah. Kematiannya amat mengejutkan.

Benar.. Ia adalah satu kehilangan yang besar.. Ucapan takziah diucapkan dari seluruh dunia Islam. Solat janazah beliau dilakukan di seluruh pelusuk dunia.

Beliau telah pergi pada bulan Ramadhan dan pada hari Jumaat.

Saya adalah antara yang menunaikan solat jenazah (pertama di rumah beliau diimamkan oleh adiknya As-Sayyid Abbas, dan seterusnya di Masjidil Haram dengan Imam Subayl)… Ratusan ribu manusia membanjiri upacara pengebumiannya. Semua orang menangis dan sangat bersedih… Ia merupakan satu situasi yang tidak dapat dilupakan… Allahu Akbar…

Betapa hebatnya beliau… betapa besarnya kehilangan ini… Betapa ramainya yang menyembahyangkannya… Saya tahu mata saya tidak pernah menyaksikan seorang spertinya… Seorang yang amat dicintai oleh masyarakat seperti beliau… seorang ulamak yang berkaliber dan berpengetahuan serta berhikmah…

Terdapat sekurang-kurangnya 500 orang tentera diperintah oleh kerajaan Arab Saudi di perkuburan Ma’ala untuk mengawal ribuan orang yang menangisinya. Kerabat diraja juga turut hadir. Para manusia menempikkan Kalimah dengan kuat sepanjang upacara pengebumian beliau, memenuhi Makkah dari Masjidil Haram sehingga ke tanah perkuburan.

Beliau disemadikan di sebelah bapanya, berhampiran maqam nendanya Sayyidah Khadijah. Sebelum beliau meninggal dunia, beliau ada menghubungi seorang pelajar lamanya di Indonesia melalui telefon dan bertanyanya adakah dia akan datang ke Makkah pada bulan Ramadhan. Apabila dia menjawab tidak, Sayyid Muhammad bertanya pula, “tidakkah engkau mahu menghadiri penegebumianku?”

Tepat sekali, beliau pergi pada bulan Ramadhan di pagi Jumaat… apakah lagi bukti yang diperlukan menunjukkan penerimaan Allah?! Makkah menangisi pemergiannya… Seluruh dunia Islam menangisi kehilangannya. Moga Allah menganugerahkan beliau tempat yang tertinggi di Jannah, bersama-sama kekasihnya dan datuknya Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam. Ameen.

Wallahu A’lam. Wassollahu Ala Saiyidina Rasulillah WaAla Alihi Wasohbihi Waman Walah, Walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin

 

Sekilas Babad Sokaraja


Raden Kaligenteng adalah nama seorang tokoh kontroversial yang lahir di tlatah Purbalingga. Raden Kaligenteng dan Kali Pelus di Sokaraja adalah dua nama yang sangat berhubungan dalam cerita Babad Purbalingga - Sokaraja. 
 
Kaligenteng bukan nama sungai tapi nama seorang pemuda sakti dari tlatah Purbalingga. Dalam cerita ini minimal ada tiga wilayah yang berada di tiga kabupaten yang perlu disebut dalam hubungannya dengan Raden Kaligenteng yaitu Purbalingga, Sokaraja, dan Watukumpul.

Kisah antara keturunan dua orang bersaudara yang sama-sama memimpin sebuah wilayah tanah perdikan, dalam cerita tutur wilayah kekuasaan walaupun tidak teramat luas lazim disebut sebagai kadipaten. Saudara yang tua bernama Ki Jebugkusuma menjadi adipati di Sokaraja, dan yang muda bernama Ki Kertabangsa menjadi adipati di Bangsakerta, masuk wilayah Purbalingga sekarang

Ki Jebugkusuma mempunyai anak laki-laki bernama Raden Kuncung dan Ki Kertabangsa mempunyai anak laki-laki bernama Raden Kaligenteng. Kedua pemuda ini oleh orang tua masing-masing dicita-citakan untuk menjadi penguasa yang mumpuni di wilayahnya masing-masing.

Raden Kuncung menimba ilmu baca, tulis, kesustraan dan kanuragan di perguruan Krapyak, Gunungjati, Cirebon. Di perguruan ini ia mendapat bimbingan dari keturunan Sunan Gunungjati yaitu Pangeran Kusuma Waningyun. Raden Kuncung mendapat pelajaran dengan metode pengajaran para wali yaitu pelajaran Agama Islam yang dibungkus dengan budaya tradisional seperti gending dan wayang, juga mempelajari tentang ilmu kanuragan semacam kesaktian baik secara individu maupun kemampuan taktik dalam pertempuran besar.

Sedang Raden Kaligenteng berguru di Perguruan Karang Permisan, di sekitar Pulau Nusakambangan gurunya bernama Ki Sura Sarunggi. Namun pada akhirnya ia berguru ke sebuah padepokan yang bernama Kandangbolong, di wilayah Kadipaten Karanglewas. Mendapat bimbingan dari Ki Ageng Reksanata. Ki Ageng Reksanata adalah seorang pengelana dari Kadipaten Pasirluhur. Ia sesungguhnya pernah menjadi pejabat kadipaten yang disegani, ia memiliki ilmu pemerintahan yang mumpuni. Waskita dalam menilai bakat seseorang. Ki Ageng Reksanata suka mengurai rambutnya yang panjang maka ia terkenal juga sebagai Ki Ageng Ngorean. Raden Kaligenteng yang sebenarnya memiliki watak keras kepala, suka marah dan bandel pun dengan kemampuan mata batinnya dapat dibimbing untuk menjadi siswa perguruan yang baik dan memiliki kesaktian yang mapan. Raden Kaligenteng di saat berguru suka berada di sekitar Kandangbolong sehingga ia lebih dikenal sebagai warga Kandangbolong dibandingkan sebagai anak adipati di Kadipaten Bangsakerta.

Dikisahkan bahwa pada suatu hari saat Ki Kertabangsa di sanggar pamujan Kadipaten Bangsakerta, bersemedi dengan sungguh-sungguh, datanglah sebuah petunjuk gaib atau wangsit dari sebuah sosok berwibawa, dengan sorot mata tajam, dahi datar, bentuk rahang yang kokoh yang seakan memancarkan sikap tegas, mengatakan bahwa siapapun dapat menjadi seorang adipati di suatu wilayah yang sangat luas dan akan sangat disegani oleh penguasa wilayah sekitarnya. Syaratnya orang tersebut harus memiliki pegangan keris Kyai Brongot Setan Kober. 

Usai semedi Ki Gede Kertabangsa tercenung lama sekali. Dalam ketercenungannya ia sempat berpikir bahwa yang memberi wangsit itu tentu pemilik Keris Kyai Brongot Setan Kober yaitu Adipati Jipang Panolan yang bernama Aryo Penangsang. Aryo Penangsang gugur dalam pertempuran melawan Sutawijaya pada sekitar tahun 1549. Raden Sutawijaya berhasil menusukkan tombak Kyai Plered tepat ketika Aryo Penangsang mendaki tebing setelah berhasil dengan mengendarai Kuda Jantan Gagak Rimang menyeberangi Bengawan Sore. Sedangkan wilayah yang sangat luas dalam pikiran Ki Gede Kertabangsa adalah wilayah yang meliputi Kadipaten Bangsakerta, Karanglewas, Merden, Onje, Cipaku, Sokaraja, Purbadana dan sampai wilayah utara yaitu Tanah Perdikan Cahyana.

Dalam hal Keris Kyai Brongot Setan Kober, Ki Kertabangsa pernah ditunjukkan oleh Ki Ageng Reksanata. Keris dengan dapur luk tigabelas, dengan bilah keris pudak setegal yang indah, gonjonya berwarna emas dan wrangkanya pun sederhana namun indah. Pada saat menunjukkan keris itu Ki Ageng Reksanata pun bercerita bahwa keris tersebut ditempa oleh Empu Bayuaji di tepi sebuah hutan angker di wilayah Cirebon. Saat keris hampir jadi datanglah sesosok jin yang datang dan ingin ikut menjadi inti isi keris tersebut. Maka setelah benar-benar sempurna keris ini diberi nama Kyai Setan Kober. 

Ki Ageng Reksanata menyebutnya sebagai Keris Brongos Setan Kober. Masalah keris yang saat itu ada di tangannya, Ki Ageng Reksanata sedikit tidak yakin akan keaslian keris tersebut. Sesungguhnya keris yang dipegangnya itu asli atau keris turunan, Ki Ageng Reksanata tidak paham benar. Namun Ki Ageng Reksanata yakin bahwa Keris Brongos Setan Kober yang ada ditangannya, apabila keris diberikan dan disimpan sebagai senjata andalan oleh orang yang tidak tepat maka keris ini dapat mempengaruhi pemiliknya untuk menjadi jahat dan sangat ambisius.

 Akhirnya pada satu hari yang dianggap baik oleh Ki Kertabangsa, diceriterakanlah wangsit dari sosok Aryo Penangsang kepada putranya bahwa jika Raden Kaligenteng ingin menjadi adipati yang memiliki wilayah yang luas dan disegani para adipati di sekitarnya hendaklah Raden Kaligenteng memiliki Keris Brongos Setan Kober.
 “Dan yang memiliki Keris Brongos Setan Kober kebetulan adalah Ki Reksanata, gurumu di Padepokan Kandangbolong” kata Ki Kertabangsa kepada Raden Kaligenteng. Sinar mata Raden Kaligenteng seketika bercahaya-cahaya, ada emosi yang meluap di dadanya. Ia ingin menjadi penguasa yang kajen keringan, terhormat dan disegani. Ia yakin Ki Ageng Reksanata pasti akan mendukungnya. Ia akan meminta Keris Brongos Setan Kober untuk menjadi piyandel, senjata andalan baginya.

Ki Gede Reksabangsa dan Raden Kaligenteng tidak tahu bahwa sesungguhnya keris Brongos Setan Kober sudah diberikan kepada Raden Kuncung. Kenapa diberikan kepada Raden Kuncung? Karena Ki Ageng Reksanata, di samping menjadi guru Raden Kaligenteng, setiap kali juga memberikan wejangan hal pemerintahan kepada Raden Kuncung. 

Memang Raden Kuncung setiap kali berkunjung ke Kandangbolong. Dari hasil olah kawaskitannya, Ki Ageng Reksanata yakin bahwa di tangan Raden Kuncung Keris Brongos Setan Kober tidak akan berpengaruh negatif. Hal tersebut dimungkinkan karena Raden Kuncung pernah berguru di Cirebon, tempat ditempanya keris tersebut. Raden Kuncung juga sudah dibekali dengan pengetahuan dan penghayatan agama yang sangat baik, sehingga mampu mengendalikan segala emosi negatifnya.

 Raden Kaligenteng yang ingin menjadi adipati nan berwibawa, segera ia menemui Ki Ageng Reksanata di Desa Kandangbolong. Ternyata jawaban Ki Ageng Reksanata sangat mengecewakannya. Keris sudah diberikannya kepada Raden Kuncung, calon Adipati Sokaraja. Raden Kaligenteng sangat kecewa dan tidak percaya dengan keterangan Ki Reksanata. Seketika watak asli Raden Kaligenteng muncul. Ia marah dan mengancam akan membunuh Ki Ageng Reksanata jika keris andalan itu tidak diberikan kepada nya 

Untuk menghindari hal yang lebih buruk Ki Ageng Reksanata 
Pura-pura menyetujui permintaan Raden Kaligenteng. Namun sebenarnya Ki Ageng Reksanata yang sudah tua itu segera bergegas menghindar dan menaiki kudanya. Dengan cepat memacu kudanya ke arah selatan. Ia ingin minta perlindungan kepada Adipati Sokaraja, Jebugkusuma.

Di Sokaraja pada saat itu Ki Jebugkusuma ada di pendapa bersama istrinya dan beberapa prajurit jaga. Ki Ageng Reksanata segera saja turun dari kuda dan masuk ke pendapa.  “Seperti tergesa-gesa, ada apa Ki Ageng Reksanata?” pertanyaan Adipati Jebugkusuma kepada Ki Ageng Reksanata setelah suasana sedikit tenang.

 “Maaf, tolong lindungi saya. Saya sedang dikejar oleh ponakanpanjenengan Raden Kaligenteng. Sepertinya ia ingin membunuh saya!” jawaban Ki Ageng Reksanata sambil mengadu. Betapa kagetnya Adipati Jebugkusuma mendengar penjelasan tersebut sebab Ki Ageng Reksanata adalah guru Raden Kaligenteng.

 “Apa sebabnya Raden Kaligenteng berlaku di luar tata krama ini?” tanya Adipati Jebugkusuma. Semua yang ada di pendapapun ikut mendengarkan pembicaraan keduanya. 

Dengan sedikit sabar dijelaskannya masalah tuntutan Raden Kaligenteng yang ingin memiliki Keris Brongos Setan Kober yang kebetulan sudah menjadi milik Raden Kuncung. Adipati Jebugkusuma sendiri juga sudah lama diberi tahu bahwa Keris Brongos Setan Kober sudah diwariskan kepada Raden Kuncung. Tanggap kepada masalah yang sangat serius tersebut segera Adipati Jebugkusuma memerintahkan seorang prajurit untuk mencari dan memanggil Raden Kuncung.

Benar!  Tidak lama kemudian Raden Kaligenteng sudah sampai di halaman pendapa Kadipaten Sokaraja. Segera pula ia naik ke pendapa dan berterus-terang minta agar Keris Brongos Setan Kober diberikan kepadanya untuk menjadi miliknya. Ki Ageng Reksanata tetap menolaknya karena ia tahu betapa berbahayanya pengaruh inti isi keris terhadap watak Raden Kaligenteng yang keras kepala dan paenuh ambisi kekuasaan. Pendirian Ki Ageng Reksanata pun dibenarkan dan didukung oleh Adipati Jebugkusuma.

Semakin marah Raden Kaligenteng di Pendapa Sokaraja. Ditantangnya Adipati Jebugkusuma oleh Raden Kaligenteng untuk bertempur. Belum lagi tantangan itu ditanggapi oleh Adipati Jebugkusuma, hadir di tengah mereka Raden Kuncung.

Setelah tahu permasalah dengan jelas atas tuntutan Raden Kaligenteng yang ingin memiliki Keris Brongos Setan Kober maka Raden Kuncung berkata:
 “Dimas Kaligenteng, Keris Brongos Setan Kober sudah sah menjadi milikku, sah pula Ki Ageng Reksanata memberikannya padaku, maka jika Dimas menginginkannya mintalah kepadaku. Dan aku tidak akan pernah memberikannya kepadamu!” sangat halus tantangan Raden Mas Kuncung.

Seketika itu juga seperti ada halilintar di sorot mata Raden Kaligenteng, ia marah bukan kepalang. Diserangnya Raden Kuncung dengan serangan yang mematikan. Dengan sedikit kaget Raden Kuncung dapat menghindari serangan mendadak tersebut.

Pertempuran dua anak muda dari perguruan yang berbeda itupun segera berlansung sengit. Halaman pendapa Sokaraja menjadi saksi kehebatan Raden Kaligenteng yang menggunakan ilmu kanuragan dari Karang Permisan, Nusa Kambangan melawan ilmu dari Perguruan Krapyak, Gunungjati, Cirebon. 

Arena pertempuran lama-lama bergeser, Raden Kaligenteng yang merasa sedikit terdesak harus mencari cara untuk tidak kalah apalagi terbunuh sia-sia. Ia harus mencari sungai. Untuk mengalahkan Raden Mas Kuncung, ia ingin bertempur di dalam air. Pertempuran di dalam air adalah pelajaran wajib di Perguruan Karang Permisan. Ia ahli menyelam dan ahli bertempur di dalam air.

Di sebelah utara Rumah Kadipaten Sokaraja memang terdapat sebuah sungai yang cukup besar, maka terjunlah Raden Kaligenteng ke dalam sungai yang airnya cukup dalam. Raden Kuncung berhenti di pinggir sungai. Ia ragu untuk terjun ke sungai. Sangat berbahaya jika saat terjun dan melayang justru ia diserang mendadak. Raden Kuncung juga tahu bahwa Raden Kaligenteng punya kemampuan yang melebihi kemampuannya jika bertempur di dalam air. 

Sejenak kemudian ia memerintahkan para prajuritnya dan penduduk sekitar sungai untuk melempari Raden Kaligenteng yang dikiranya ada di sungai tersebut dengan batu, panah dan benda-benda lain yang dapat melukai orang. 

Puas melempari sungai dan memperkirakan bahwa Raden Kaligenteng tentu sudah tewas di dalam air. Raden Kuncung memerintahkan prajuritnya untuk mencari jasad Raden Kaligenteng. Ia juga terjun ke sungai. Dicarinya dengan cermat jasad musuhnya dengan merata. Ia meraba-raba dalam air. Raden Kuncung bergejolak hatinya ketika terpegang benda lembut, licin, bulat memanjang berbau amis. Mungkinkah paha Raden Kaligenteng yang telah terpisah dari badannya? Bukan! Ternyata yang dipegangnya adalah ikan belut yang sangat besar, moa. Masyarakat setempat menamakannnya ikan pelus.
   “Ternyata, pelus!” katanya dalam hati dengan sedikit rasa geli.

Untuk memperingati peristiwa tersebut maka sungai itu diberi nama Kali Pelus. Seluruh prajurit dan rakyat sekitar tentu saja menyetujui pesan Raden Kuncung tersebut. Sejak saat itu sungai di sebelah utara Kadipaten Sokaraja itu, resmi disebut sebagai Kali Pelus atau Sungai Pelus. 

Pencarian jasad Raden Kaligenteng belum selesai. Raden kuncung heran; “Kemana perginya Raden Kaligenteng?” Ia yakin bahwa musuhnya masih di dalam sungai. Prajurit dan masyarakat sekitar sungai tidak melihat Raden Kaligenteng keluar dari dalam sungai. Maka disusurinya Sungai pelus kearah hilir. Sampailah Raden Kuncung di sebuah lubuk,kedhung, yaitu bagian sungai yang dalam dan airnya tampak tenang.

Raden Kuncung memerintahkan para prajuritnya untuk memeriksa isi sungai sambil berharap jasad Raden Kaligenteng segera mengapung. Saat ia memperhatikan para prajurit di sungai dan menunggu munculnya jasad Raden Kaligenteng ia keheranan, bukan bau amis atau anyir yang sampai ke hidungnya, tapi bau harum. Ia tertegun sejenak. Bau harum yang dikenalnya. 

 “Harumnya Bunga Kenanga!” katanya dalam hati. Lalu diumumkannya kepada orang-orang yang ada di sekitar sungai bahwa kedhung yang berbau harum itu diberi nama: Kedhung Kenanga! 

Belum puas mencari jasad Raden Kaligenteng, Raden Kuncung mengajak prajuritnya untuk mencari lebih ke hilir lagi. Dalam hatinya ia yakin bahwa Raden Kaligenteng pasti telah meninggal dunia, jasadnya telah remuk redam tertembus panah batu dan benda-benda lain yang telah dilemparkan ke sungai untuk mengeroyoknya. 

Pada sebuah tempat yang sepi jauh dari desa, saat ia memperhatikan sungai banyak ikan kecil-kecil hilir-mudik, bagian perutnya yang besar berwarna putih, ekornya panjang. Menurut Raden Kuncung ikan-ikan kecil itu seperti mencit, tikus kecil. 

Lalu ia memanggil beberapa prajuritnya dan berkata: “Besok rejaning jaman, jika tempat ini menjadi ramai, banyak penghuninya, maka gerumbul ini kuberi nama Kaliencit! Dan gerumbul di bagian akhir Kali Pelus ini, yang kulihat ada pohon jeruknya kuberi nama: Pajerukan!

 Akhirnya Raden Kuncung memutuskan bahwa Raden Kaligenteng telah tewas di Kali Pelus. Seluruh prajuritnya diperintahkan untuk kembali ke kadipaten. Kejadian yang berhubungan dengan Raden Kaligenteng segera ia beritahukan kepada Ki Ageng Reksanata dan Adipati Jebugkusuma.

 Alkisah sesungguhnya Raden Kaligenteng telah menyelamatkan diri dengan ajian uling putih yang dipelajarinya di Karang Permisan. Begitu sampai di air segera ia menyelam ke hilir sejauh-jauhnya dengan bantuan kesaktiannya. Sehingga ketika para prajurit mengeroyoknya dengan melemparkan segala benda, batu dan anak panah ke dalam sungai, Raden Kaligenteng sudah berada di hilir, keluar dari sungai di tempat yang sepi dan berlari ke utara menuju Bangsakerta. 

Diceriterakanlah segala polahnya kepada ayahnya, bahwa ia telah mengejar Ki Reksanata, menantang uwaknya, Adipati Sokaraja dan bertempur dengan Raden Kuncung. Ia telah meloloskan diri dengan melalui sungai di belakang Kadipaten Sokaraja. Ki Kertabangsa sangat marah atas perilaku Raden Kaligenteng ini. Ia dinilai telah berperilaku di luar tata krama sebagai anak dan siswa.

 “Kaligenteng!” kata Ki Kertabangsa, “Saya tidak tahu apakah kamu dianggap masih hidup atau sudah tewas. Tapi hukuman untukmu adalah selama 40 hari kamu tidak boleh keluar dari kamar!” perintah Ki Kertabangsa dengan tegas dan tajam penuh ancaman. Ia malu dengan perilaku putranya tersebut.

Sejak peristiwa kali Pelus itu hubungan antara Kadipaten Bangsakerta dengan Sokaraja seakan terputus. Ki Ageng Reksanata kembali ke Kandangbolong. Hubungan tlatah Purbalingga dengan tlatah Sokaraja tidak harmonis lagi. Bahkan orang Purbalingga dengan orang Sokaraja menjadi saling menghindar saat berpapasan.

Hukuman empat puluh hari terus di dalam kamar tidak membuat Raden Kaligenteng kapok. Ia ingin keluar kamar. Ia ingin melihat keramaian pasar. Ingin makan di kedai pasar. Ingin nonton lengger. Ingin mandi di sungai.

Wilayah kekuasaan Kadipaten Bangsakerta cukup luas sampai meliputi wilayah Watukumpul. Ketika Ki Kertabangsa berkunjung ke Watukumpul untuk mengarahkan pembuatan pasar desa, Raden Kaligenteng keluar kamar dan mandi-mandi di sungai. Dua puluh tujuh hari ia bertahan terus di dalam kamar. 

Hari berikutnya dia makan di kedai pasar. Saat itulah ada orang Sokaraja yang sempat melihatnya dan melaporkan kepada Raden Kuncung bahwa Raden Kaligenteng masih hidup, tidak tewas di Kali Pelus seperti disangkakan. Segeralah Raden Kuncung menyebar mata-mata untuk menyelidiki kegiatan Raden Kaligenteng.

Di mana saat itu Raden Kuncung putra Adipati Jebug Kusumo  diperintahkan  menuntut ilmu kepada Kyai Datuk Barul di Bumiayu tidak lama dari itu Raden Kuncung pun kembali ke Kadipaten. Kepada ibunya, R. Kuncung menanyakan kenapa ayahnya tidak berada di kadipaten? Oleh ibunya lalu diberi penjelasan bahwa saat ini ayahnya sedang berada di pinggir sungai menunggu munculnya Kaligenteng yang menjadi buronnya. Mendengar penuturan ibunya itu, Raden  Kuncung lalu mohon izin untuk menyusulnya dan sekaligus memberi bantuan kepada ayahnya.

Saat itu adipati Jebug Kusumo masih berada di tepi sungai menanti munculnya Kaligenteng. Konon selama menunggu di pinggir sungai, Adipati Jebung Kusumo sampai lupa makan dan minum, tidurpun tidak bisa lelap karena kuatir Kaligenteng dapat lolos dari intaiannya. Kedatangan Raden  Kuncung tentu saja sangat menggembirakan hatinya disamping memang sudah rindu sekali kepada putranya itu 

Raden Kuncung sangat terharu melihat kondisi ayahnya. Untuk itu ia bermaksud membantu ayahnya dan mohon izin agar ia sendiri yang akan menangkap Kaligenteng. Kemudian Raden Kuncung terjun ke dalam sungai, menyelam dan berenang dengan gesitnya. Adipati Jebung Kusumo sangat terheran-heran melihat kegesitan putranya dalam berenang dan menyelam itu. Gesit seperti layaknya seekor pelus. Karena saking bangganya kepada putranya itu, maka sebagai peringatan sungai itu diberi nama Kali Pelus.

Setelah lama menyelam, Raden Kuncung muncul kepermukaan kembali dan mengatakan bahwa Kaligenteng tidak ditemukan di dasar sungai, namun ia melihat sebuah goa di lampeng sungai. Ada kemungkinan Kaligenteng sebelumnya bersembunyi di goa itu dan berhasil lolos setelah ayahnya agak lengah. Pendapat itu dapat dimaklumi Adipati Jebug Kusumo, namun ia tetap bersikukuh untuk menangkap Kaligenteng.

Atas dasar itulah maka adipati Jebug Kusumo lalu menugaskan Raden Kuncung untuk meringkus Kaligenteng hidup atau mati. Dengan dibekali pusaka Brongsot Setan Kober sebagai piandel Kadipaten Sokaraja Raden Kuncung berangkat melaksanakan perintah ayahnya. Adipati Jebung Kusumo sendiri pulang ke Kadipaten.

Dalam usahanya menangkap Kaligenteng, Raden Kuncung selalu memohon petunjuk kepada Yang Maha Kuasa dan pada suatu ketika ia mendapatkan petunjuk bahwa untuk mengangkap Kaligenteng harus menyamar menjadi dhalang jemblung atau disebut dhalang macakandha, dengan nama Ki Wicorosandi. Tempat dimana Raden Patemon, artinya disitu ia memperoleh wangsitnya. Selanjutnya Raden Kuncung diharuskan menuju ke desa Watukumpul.

Raden Kaligenteng mendapat kabar dari ayahnya bahwa di Watukumpul akan diadakan keramaian, ada tontonan lengger untuk merayakan keberadaan pasar desa yang baru. Raden Kaligenteng ingin menonton wayang maka ia mohon kepada ayahnya agar dalam keramaian itu ada juga tontonan wayang. Wayang dengan lakon Babad Purbalingga – Sokaraja.

Ki Kertabangsa agak heran dengan lakon yang diminta Raden Kaligenteng. Setahu ayahnya lakon wayang adalah dari cerita Mahabarata dan Ramayana namun demikian untuk menyenangkan hati Raden Kaligenteng disuruhnya beberapa pembantunya untuk mencari dalang wayang yang bisa mementaskan lakon Babad Purbalingga – Sokaraja.

Setelah tiga hari ternyata ada seorang dalang yang sanggup mementaskan Babad Purbalingga – Sokaraja. Namun dalang tersebut bukan dalang wayang kulit seperti umumnya tapi dalang jemblung. Dalang jemblung adalah dalang yang saat mendalang iringannya bukan dari gamelan tapi seluruh bunyi-bunyi gamelan keluar dari mulut Ki Dalang dan para pembantunya. Dalang jemblung harus mampu menampilkan bahasa pengantar, tembang, suluk, percakapan antar wayang, bunyi kecrek, bunyi cempala dan bunyi gending pengiring. Dan dalang jemblung yang akan manggung di Watukumpul bernama Ki Mertakandha.

Malam keramaian di Desa Watukumpul pun datang. Ada tratag dengan penerangan seadanya saat itu. Raden Kaligenteng tidak sempat berkenalan dengan Ki Dalang Mertakandha. Setelah pertunjukkan lengger dianggap selesai maka dalang Mertakandha menempatkan diri di bawah blencong yang tidak begitu terang, sebab yang penting adalah wayangnya dapat dilihat dan suaranya dapat didengarkan oleh para penonton. Penonton tidak butuh melihat dalangnya tapi yang dicermati adalah alur ceritanya. Raden Kaligenteng pun sangat antusias ingin mendengarkan kisah yang diidamkannya yaitu Babad Purbalingga – Sokaraja.

Menurut hematnya babad Purbalingga – Sokaraja adalah sebuah cerita yang mengisahkan berdirinya Kadipaten Bangsakerta dan Kadipaten Sokaraja. Yang berkuasa di kedua kadipaten itu adalah ayahnya dan uwaknya. Kadipaten Bangsakerta lebih luas dan lebih sejahtera, gemah ripah loh jinawi, murah sandang, murah pangan karena tumbuhan mudah tumbuh.

Cerita dibuka dengan menceritakan tentang kedua wilayah sebagai anugrah Yang Maha Kuasa. Berikutnya menceritakan tentang hasil bumi, danraja kaya, hewan peliharaan yang ada di sana. Ada adegan pembagian wilayah oleh kakeknya kepada Ki Jebugkusuma dan Ki Kertabangsa. Suara Ki Dalang demikian memikat dalam bertutur. Ada di dalam hati Raden Kaligenteng terselip kesan sepertinya warna suara ki dalang telah dikenalnya. Namun ditepisnya karena ia lebih terpukau saat Ki Dalang memuji kebijakan dan kemampuan ayahnya Ki Kertabangsa dalam memimpin kadipaten Bangsakerta yang sangat luas dibandingkan dengan Ki Jebugkusuma yang wilayahnya tak seluas Bangsakerta.

Kemudian sampailah Ki Dalang menceriterakan tentang keturunan kedua adipati itu. Pertama keturunan Ki Jebugkusuma yang bernama Raden Mas Kuncung. Raden Mas Kuncung seorang pemuda yang taat beragama dan suka menolong bercita-cita meneruskan kedudukan ayahnya untuk membangun Sokaraja dengan segala hasil bumi yang diolah dan dipasarkan ke luar daerah. Ingin membangun pesantren untuk belajar agama bagi anak-anak dan remaja. 

 Telinga Raden Kaligenteng agak risi ketika penyebutan Raden Kuncung menjadi Raden Mas Kuncung. Ada kata “mas” setelah kata “raden”. Padahal biasanya hanya disebut Raden Kuncung!

 Lalu diceriterakan bahwa Ki Kertabangsa yang sangat bijaksana mempunyai seorang putra bernama Raden Kaligenteng. Begitu ki dalang menyebut namanya segera seluruh perhatian Raden Kaligenteng dicurahkan untuk menyimak tutur kata sang dalang. Betapa senangnya ketika ki dalang memuji ketampanannya. Namun ternyata kemudian menceritakan pula keburukan watak dirinya. Bahkan kini ki dalang menceriterakan perlakuannya saat mengejar Ki Ageng Reksanata dan akan membunuhnya. Perlakuan murang tata itu karena ingin memiliki Keris Brongos Setan Kober. 
Panas telinga Raden Kaligenteng, bola matanya berputar, dadanya seakan-akan meledak. Segera ia masuk ke tratag, naik ke panggung dan ditendangnya Ki Dalang Mertakandha yang sedang mendalang, bercerita tentang Raden Kaligenteng yang kalah bertempur dan terjun ke Sungai Pelus! 

 Dhes! Pinggang Ki Dalang Mertakandha terkena tendangan.  Ki Dalang pun segera meloncat, menyiapkan diri untuk melawan. Keduanya beradu muka di bawah penerangan blencong. Raden Kaligenteng kini sadar bahwa ternyata yang menjadi dalang Mertakandha adalah Raden Kuncung.
   “Oh, pantas saya seperti sudah kenal suaranya!” batin Raden Kaligenteng. Memang saat mendalang tadi Raden Kuncung berusaha mengubah warna suaranya, ternyata masih dapat sedikit dikenali oleh Raden Kaligenteng. 

Kemarahan Kaligenteng sudah tak dapat dikendalikan lagi. Saat ini Raden Kuncung harus dimusnahkan karena telah membeberkan kebusukkannya di depan banyak penonton. Membuat malu bagi diri dan ayahnya.  

Kembali dua ilmu dari kutub yang berbeda diuji kehandalannya. Untuk kali ini Raden Kaligenteng lebih mapan dibanding Raden Kuncung. Tenaga Raden Kuncung sudah sangat berkurang karena ia kurang beristirahat. Dua hari ia menyamar menjadi pedagang dan kini barusan mendalang. Raden Kuncung terdesak, pinggangnya yang pertama kena tendang masih terasa sakit dan kini dadanya sempat terkena tendangan kaki pula. 

 Apa boleh buat dalam remangnya sinar lampu yang tidak terang, secara diam-diam dia hunus keris Brongos Setan Kober yang ada di pinggang sebelah kanannya. Terlambat Raden Kaligenteng untuk melihat kilatan warna merah yang dipancarkan oleh perbawa keris sakti. Begitu melihat ternyata bilah keris secara cepat telah meluncur ke perutnya. Raden Kaligenteng tidak sempat mengelak. 

 Jebp!  Raden Kaligenteng mengaduh sejenak, badannya kemudian meliuk dan jatuh ke tanah. Ilmu Raden Kaligenteng yang dipadu dengan pengaruh kesaktian Brongos Setan Kober menjadikan Raden Kaligenteng berubah wujud menjadi seekor ular besar. Raden Kaligenteng belum sadar ia telah berubah menjadi seekor naga, yang ia tahu adalah ia segera berlari kembali ke Bangsakerta. 

Ketika itu di Kadipaten Bangsakerta, Adipati Kertabangsa sedang mempersiapkan diri untuk memenuhi undangan Lurah Watukumpul yang akan meresmikan pasar anyar. Mendadak semua yang hadir dikejutkan dengan munculnya seekor naga besar dan sangat menakutkan memasuki pendapa kadipaten. Namun yang mengherankan, naga tersebut lalu merebahkan diri di hadapan Adipati Kertabangsa dan menangis minta dikasihani. Naga itu tidak lain adalah jelmaan dari Raden Kaligenteng yang dalam perang tanding melawan Raden Kuncung terkena pusaka Setan Kober.

Adipati Kertabangsa sangat keheranan melihat tingkah laku naga tersebut dan menanyakan siapa dirinya sebenarnya serta kenapa minta dikasihani. Naga menjawab bahwa sebenarnya ia adalah Kaligenteng yang kena pusaka Setan Kober sewaktu terjadi perang tanding di Desa Watukumpul dengan Raden  Kuncung, putra Adipati Sokaraja. Ia merasa bersalah telah melanggar larangan adipati Kertabangsa untuk tidak meningalkan kadipaten selama 40 hari.

Mendengar penuturan itu semua yang ikut mendengarkan merasa bersedih dan terharu, namun bagaimanapun semua ini sudah terjadi. Lama Adipati Kertabangsa merenung memikirkan langkah apa yang harus dilakukan terhadap putranya itu. Dengan perasaan sedih akhirnya adipati Kertabangsa bersabda kepada putranya yang berujud naga itu.

“Ngger Kaligenteng……semua ini sudah terjadi sebagai akibat dari kelakuanmu sendiri, namun bagaimanapun juga engkau tetap putraku, namun dengan wujudmu yang sekarang ini, tidak mungkin engkau masih tetap di kadipaten”. Dengan panjang lebar Adipati Kertabangsa memberikan nasihat kepada putranya dan memberikan petunjuk bahwa apabila ia ingin wujudnya kembali sebagai manusia, maka ia harus ruwat dan semedi di Gunung Sikasur selama 40 tahun sampai Yang Maha Kuasa memberikan pengampunan dan mengabulkan permohonannya. 
Adipati Kertabangsa juga berpesan bahwa selama putranya bertapa di Gunung Sikasur, ia harus menjaga dan mengawat-awati kawula atau rakyat di Purbalingga. Kepada Demang Sirongge yang juga dianggap bersalah karena tidak bisa mengasuh dan menasehati Raden Kaligenteng, kepadanya diberi hukuman untuk meninggalkan kademangan dan bermukim di Gunung Jimat sambil menjaga Raden Kaligenteng yang sedang bertapa.
  (pertapaan tersebut yang sekarang terkenal dengan Goa Genteng di desa Karang jengkol Kec Kutasari)

Kemudian ular naga dan Demang Sirongge meninggalkan Kadipaten Purbalingga dengan perasaan duka yang mendalam dan sedih karena harus berpisah dari orang-orang yang dicintainya. Mereka pergi dengan tujuannya masing-masing. Sebagai orangtua Adipati Kertabangsa merasa sedih sekali atas kehilangan putra lelaki satu-satunya, namun takdir telah menentukan nasibnya. Sekarang apa yang harus ia lakukan? Dan bagaimana kelanjutan waris Kadipaten Purbalingga. Setelah lama merenung, adipati Kertabangsa memutuskan untuk pergi ke Kadipaten Sokaraja. Dia akan meminta pertanggungjawaban dari Adipati Jebug Kusumo.

‎Ki Kertabangsa segera pergi ke Kandangbolong, untuk mengadu kepada Ki Ageng Reksanata serta memintakan maaf atas segala kesalahan Raden Kaligenteng yang kini telah salah kedaden, salah kejadian, ia telah menjadi seekor ular naga.

Ki Ageng Reksanata memaafkan segala kesalahan Raden Kaligenteng dan menyarankan kepada Ki Kertabangsa untuk tidak mendendam apalagi membuat perhitungan dengan Ki Jebugkusuma maupun Raden Kuncung. Kesalahan awal adalah pada Raden Kaligenteng yang terlalu bernafsu ingin mempunyai kekuasaan yang lebih besar dibandingkan dengan kekuasaan ayahnya. 

Ki Kertabangsa sangat menyadari kesalahan Raden Kaligenteng maka Ki Kertabangsa pun membuang dendamnya dan harus berdamai dengan Ki Jebugkusuma. 

Untuk menghindari persoalan-persoalan yang mungkin muncul dalam hubungannya orang Purbalingga dengan orang Sokaraja maka dalam perdamaian tersebut Ki Jebugkusuma mengeluarkan sebuah pamali yaitu"Orang Purbalingga tabu menikah dengan orang Sokaraja dan sebaliknya". 

Lalu Ki Kertabangsa pun membuat sebuah pamali yaitu "sebaiknya orang Purbalingga tidak mandi di Sungai Pelus karena dikhawatirkan akan menimbulkan perkara yang tidak baik".

Konon pada akhirnya Ki Kertabangsa menyerahkan Kadipaten Bangsakerta kepada Raden Kuncung. Raden Kuncung menjadi Adipati di Bangsakerta dengan julukan Adipati Kertabangsa II. Keris Brongos Setan Kober dan Tombak Umbul Wulung milik Kadipaten Sokaraja dibawanya ke Kadipaten Bangsakerta yang berada di tlatah Purbalingga.

Barangkali karena pengaruh kedua benda keramat itu maka kemudian tlatah Purbalingga tetap menjadi kadipaten yaitu Kabupaten Purbalingga, sedangkan Kadipaten Sokaraja surut dan kini hanya menjadi sebuah kecamatan. 

                                ============================= 

Pusat Kadipaten Bangsakerta yang sekarang desa Banjarkerta
Padepokan Kandangbolong yang sekarang desa Kandanggampang
Adipati Jebugkusuma yang Makamnya berada di Sokaraja tengah dikenal dengan Dewa Kusuma 
Kyai Ageng Reksanata Mantan Patih Pasirluhur 
Adipati Kertabangsa yang Makamnya berada di desa Banjarkerta
           
                                       =============

Cerita di atas adalah sebuah legenda atau cerita rakyat yang diyakini benar-benar terjadi. 
Legenda yang menyangkut Raden Kaligenteng ini cenderung diceritakan sebagai Babad Sokaraja.
Bagi orang Purbalingga nama Adipati Kertabangsa dan Raden Kaligenteng belum banyak yang mengenal, ia tidak seterkenal nama Adipati Onje, atau Ki Arsantaka yang marak ditulis di berbagai kesempatan. 
Dengan tulisan ini semoga sedikit mengenalkannya!
Semoga bermanfaat .‎

 

Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

  Nabiyullah Sulaiman  'alaihissalam  (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta'ala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimilik...