Rabu, 27 Oktober 2021

Kisah Karomah Kyai Pengulu Mataram


Kocapo Pengulu Mataram banget ngungun weruh lelampahan Sultan Agung lan Panembahan Purboyo mau,margo anggone ngetingalake kadigdayan.

Mulo soko iku Kyai Pengulu bakal golek dalan anggone ngetingalake kramate Kanggo nyobo mring Sang Noto,nanging Sang Noto wus pirso menowo mesti bakal dicobo mring Kyai Pengulu.

Ing wayah isuk mbeneri Sasi romadhon Sri Noto utusan Kyai loro di kon rerasan ono sak ngarepe Kyai Pengulu menowo piyambake Sri Noto ora siyam.bab iku mau klakon katindaake. Kyai Pengulu ugo wus midanget kanti widjang.mulo ganti isuke Pengulu banjur sowan marang Sri Noto kairid katib loro kang wus buntas marang kitab agomo. Sri Noto anggone manggihi Pengulu jinarak sinambi dahar. Dene Kyai Pengulu wus ngandel Yen menowo Sultan ora siyam temenan. Kyai Pengulu nuli ndengengek sarwi nudingi Matur sirih cucut sembrono parikeno,nanging semu wedi "oh lagi tumon iki ono Panjenengane Ratu Wali Panotogomo Sasi romadhon ora siyam, e ngendi ono Kholifah dadi panutan teko ora keno diturut, kitab opo kang muruk mangkono iku??"

Midanget celatune Kyai Pengulu mau Sri Noto ora ketingal duko, malah sajak mesem kanti ngendiko aris "Kakang Pengulu ingsun kok kurang damang mungguh opo kang dadi aturmu" Kyai Pengulu munjuk atur "sababipun punopo dene ing wanci siyam kok mboten siyam"

Sri Noto ngendiko "panjenenganku wus pirso Yen iki Sasi Poso, nanging kang Poso rak sasine, dadi ingsun rak ora salin sasine" Kyai Pengulu Matur "kados pundi Gusti kerso Dalem??? Abdi dalem Ageng alit ingkang sampun islam manut syaringat Rosul sedoyo sami siyam. Abdi dalem ingkang ngencengaken manut dawuh dalem. Nanging menawi sak mangke sami mireng Yen Paduko Mboten siyam horak sedoyo mboten sami siyam"

Pangendikane Sri Noto "Kakang Pengulu... ojo dadi kleruning panglimumu... ingsun iki rak Kholifatulloh opo ora bedo karo kawulaningsun???" Kyai Pengulu Matur "menawi sanes sanget.. awit sariro dalem puniko Noto wewakiling ALLOH djumeneng Noto ngasto bawat pengadilan. sareng kawulo ingatasipun jisim syahwat sare seni kaget wungu supe maras gumujeng gerah sedo.. puniko sami kemawon kaliyan kawulo alit" Sri Noto kepiye mungguh Poso ne kawulo iku... Kyai Pengulu ngaturake mungguh Poso ne kawulo dalem iku menowo wayah bangun sahur,dene ing wayah bar surub buko. Sri Noto ngendiko "opo Yo Wis Poso tenan Yen Wis mangkono iku... Pengulu Matur menawi inggih sampun.

Sang Noto dahar ature Kyai Pengulu banjur kadawuhan mundur soko pisowanan.. nanging esuke kadawuhan marak sowan maneh.

Isuke Kyai Pengulu sowan ngarso Noto watoro jam 8 isuk... duwure dhampar kang dilenggahi wus sak watoro setengah depo, jam 9 dhampar kang dilenggahi duwure wus rong depo, bareng jam setengah sepuluh duwure wus telung depo..

Sakabehing nyai cethi manggung beboyo ampil ngadep podo kaget kontrang kantringan. Saknaliko banjur ono angin teko semiyut mowo Gondo ngambar Arum ngebaki kedhaton. Sang Noto banjur ngendiko "Kakang Pengulu siro kariyo ngrekso prodjo.. ingsun sarehne bakal amor karo bangsaning kang podo nubuwwah sab ingsun Poso bedo karo pasaniro"

Poro Putri mireng kanti pono menowo ingkang Sinuhun bakal kundur sak sariraniro amargo dipekso Poso mring Kyai Pengulu.. banjur podo duko karo Kyai Pengulu kang akeh2.

Kyai Pengulu banjur gugup lumayu ing pawon golek sego,bareng wus entuk sego wadhang banjur di sawatake mring dhampar dalem kaangkah klebune... ndilalah kersane ALLOH dhampar banjur mudun maneh. Kyai Pengulu banjur sumujud kanti tetembungan kang welas asih, menowo Sang Noto keparengo nora siyam, supados kawulo dalem kang podo tetanen sami medal anggenipun tetanen soho tentrem ing gesangipun. Sang Noto nuli ngendiko menowo kabeh pratikele Kyai Pengulu bakal didahar. Wusono Kyai Pengulu nuli kaganjar banjur kadawuhan kundur.

Sak tekane ing dalem Kyai Pengulu banjur nglumpukake putro wayah lan santri... kawulang mungguh totocorane suwito marang Noto.sarto kasumurupake sejatining Sri Noto.mulo kudu ngayem daharing Noto lan ojo demen ngremehake mring liyan. senajan to iku mau wong cilik.. watak kumaningsun utowo kumalungkung kudu di edohke.

Panutupe wedjangane Kyai Pengulu marang poro kang sami ngadep.. kapurih podo ngestoake dawuhing dalil qur'an lan hadist. Nyumurupono ijmak sarto mangertiyo marang trap-trapaning qiyas.

Kacarito ing sak jeroning kedhaton lagi ono pasamuan mbarengi tingalan gede wiyosan dalem.

Ki Patih putro wayah dalah nayakaning prodjo dene monco negoro amerloake sowan. Ananging amung Kyai Pengulu kang durung sowan. Mulo banjur utusan gadhek timen nimbali.

Kyai Pengulu Matur sendiko... ananging menawi kinen ndungani mboten purun. utusan kunjuk atur opo anane... nanging katungko metune ambengan hajat dalem Sri Noto kang akeh banget.

Mireng ature gandhek utusan mau. Sri Noto duko banget.... banjur utusan maneh di kanti tumenggung martolulut lan tumenggung singonegoro... dawuh dalem Sri Noto menowo mogok kinen mejahi dene darbeke kadawuhan njarah rayah. utusan sigro age2 mangkat. Nanging sak tekaning omahe Kyai Pengulu kaget banget... awit tinemu suwung.omah kinancingan kabeh. barang darbeke rojokoyo iber2an podo ora ono. Lawang butulan di agrek2 nuli ono sworo grak-grek ngengaake lawang... byak lawang2 sakolo podo mengo kabeh. Nanging tinemu suwung. Dene kang ono amung arupo jontro kang tansah Mubeng sarto mingsar mingser.

Utusan banjur bali atur uningo mring Sinuhun... nanging Kyai Pengulu wus marak sowan ngarso Noto.. nuli kinen ndungani... nanging mekso ora gelem... amargo menowo Sing ndungani Kyai Pengulu bakal ora keno di dahar.. nanging Sri Noto mekso kudu Kyai Pengulu kang ndungani.

Kyai Pengulu kapekso ndungani hajat dalem margo ajrih marang ngarso dalem Noto.

Kocapo!!! Lagi oleh sak aminan.. ambengan podo obah... rong aminan obahe sansoyo ruso...soyo suwe obahe ambengan koyo gabah den interi. Sego podo dadi beras nglumpuk podo tunggale.bangsane pring mlumpuk dadi pring glondongan. Ingkung dadi pitik.gereh dadi iwak. Podo pating bleber pating kleper ora karu2an. Andadeake kagawokane kang podo mangesti. Kabeh podo ngungun marang kramate Kyai Pengulu.

Sri Noto banjur dawuh bubaran lan sore kadawuhan marak maneh awit kabeh ambengan bakal dimatengake disik.

Poro wadyobolo tansah podo nyuwur2ake kadigdayane Kyai Pengulu... Kang wus trep menowo piyambake kajibah ngembat hukume prodjo Mataram.. Kang biso turut karo ingkang jumeneng Noto. Noto Wali Binathoro sudibyo suro sekti, senopati ne. Prawiro mondroguno.. Pengulu ne gede kramate... Mulo ora muhal Yen gede pangaribawane sinuyutan mring monco prodjo.

Dene sarehne hajat dalem kawetoake maneh kantor sak perlune tanpo ono rubedo..

Masjid thukul gegodhongan

Kanjeng Sultan Agung bakal nyobo maneh tekan sepiro kramate Kyai Pengulu, mulo rodo sak watoro ora kerso tedhak Sembahyang Jum'ah, senajan tedhake amung membo kaji.

Suwe2 Kyai Pengulu nggrahito ora tedhake Sinuhun iku amung nyobo. Kyai Pengulu banjur sowan ngarso Noto mundut pirso sabab punopo Sri Noto ora kerso tedhak mring Masjid Agung Dalem, opo Panjenengane lagi nemu reribet, menowo amung iku wae Kyai Pengulu saguh agawe reno lan tentrem. Nanging Sang Noto ngendiko ora bab iku kang maraake ora tedhake Sri Noto mring Masjid Dalem. Ananging margo ing Masjid kono Hawane ora kepenak tansah prampang wae. Sang Noto kagungan penggalih sak upomo gapuro lan serambi Masjid utowo payone biso metu godonge, rak banjur ora prampang papan mau, lan Panjenengane Sri Noto mesti bakal tedhak ing Masjid kono.

Kyai Pengulu gumujeng latah2 sarwi Matur "duh Gusti pepunden kawulo, menawi amung mekaten ingkang dados kerso dalem kemawon... lha mbok inggih... kaleresan benjang wanci dinten jum'at.. rehning amung Paduko ingkang kinarilan dening ALLOH.. Sak estu bade kelampahan.

Sak kundure Kyai Pengulu kang kinanti ing katib podo ngudoroso, dene semono kang dadi penggalihe Sri Noto, nganti koyo penggalihe dek isih timur wae... panyakrabawane poro katib.. iku rak amung Kanggo nyobo Kyai Pengulu.. Mulo iyo di saguhi pamundute Sang Prabu mau.

Kacarito Sang Noto arso tedhak Sembahyang kadereake upocoro koyo adat saben.. dene kang podo mirsani akeh banget..

Tedhak Dalem sak tekane gapuro Masjid Gede ono sworo kang keprungu wong akeh.. mak byok... bareng karo tekaning angin kang nggondo Arum. Sang Noto lan pendereke kaget banget bareng nguningani gapuro ing Masjid sirape podo ngliko ngepang godonge ngremboko.. dene ing Masjid soko2 podo ngliko.. Ing payone mowo gegodhongan ketel banget.. Mandar wus podo metu janglenge sarto ono kang wus dadi lapen (woh jati).

Poro sentono podo gumun ing penggalih, semono ugo Sang Noto banget reno ing penggalih. Sarto ing batos ngalembono marang Kyai Pengulu.

Kacarito... Ono sak wenehing sentono soko prodjo Palembang aran Datuk Bayu.. dadi durjono ing Palembang kang kondang julige. Kanti datuk telu asli soko Makasar kang aran Daeng Mandaliyu, Daeng Sukardin lan Daeng Anggajin. Kang bakal nyidro Kanjeng Sultan Agung ing Mataram..

Wong papat mau sak tekaning Mataram kebenaran ingkang Sinuhun lagi tedhak Sembahyang Jum'ah ing Masjid Gede. Mulo wong papat iku banjur anawur kawulo lumebu ing Masjid amor poro jamangah. Dene poro prajurit lan kawulo ora podo ngerti Yen di emori wong monco prodjo.

Sak bubare Sholat Jum'ah banjur podo salaman. Surbane Kyai Pengulu mumbul soko sirah tansah nglalang sak nduwure wong akeh. Sang Noto pirso bab iku suko ing penggalih. Suwe2 Surbane Kyai Pengulu namberi Surbane poro Modin, dene kang di samber ugo banjur podo melu Mubeng2.

Surban kang disamber ugo wus ono papat. Surbane Kyai Pengulu bali marang mustakane Kyai Pengulu. Dene surbane poro Modin mau namberi surbane piro Datuk terus bali marang poro Modin maneh.. dene surbane poro datuk banjur tumurun nggrebeg mring tuane dewe2 ubet naleni tangan.

Poro datuk podo bingung arep narik pedange sumedyo ngamuk ora biso.. banjur sakolo awake podo ketalenan.

Sakolo kang podo nyumurupi podo geger saknaliko amargo soko dayane Kyai Pengulu.. bandan papat mau podo metu seko Masjid.. sak tekaning pelataran podo pating pekungkung.

Sri Sultan nuli utusan ndangu bandan papat mau sopo soko ngendi lan opo karepe.

Bandan papat mau podo waloko lan podo tobat nyuwun Urip. Sri Noto ugo paring pangapuro lan wong papat iku kadawuhan bali. Dene Sri Noto banjur kundur angedhaton.

Sarehne Kyai Pengulu wus katon banget kramate sarto kadigdayane nganti misuwur ing monco prodjo. Sri Noto sanget asih banget. Lan menowo Sri Noto tedhak mring negoro ngendi wae Kyai Pengulu mesti didawuhi ndereake.

Dene kang tinanggenah njogo prodjo pinongko agul2le negoro sarto jejeg wengkuning prodjo Kanjeng Panembahan Purboyo yoiku senopati gegedhuging prodjo Mataram.

Mungguh nyatane Kanjeng Sultan Agung lan sang senopati mau kajobo pancen kusumo adhi.. topobrotone kawaranan. Sak sugenge prasasat tanpo dahar. Kyai Pengulu ugo gentur tirakate

Mulo drajading prodjo wingit duwur kawibawane adoh kuncarane tulus kang sami tinandur .

Poro kawulo podo ambeg rahayu tur podo nungkul ing agomo. Anggung nggedeake laku amprih pratitising pati.mulo poro panggede poro luhur ora ono kang kalebon watak kang olo lan kumalungkung.

Dene poro kawulo alit ugo sumurup marang cilike, kang gede asih marang sepodo podo.

Wusono kawuryan asmaning prodjo rahardjo.

Dr kisah sejarah tsb saya berfikir.. andai para pejabat negara kita bertanggung jawab seperti halnya Sultan Agung.. andai para pejabat militer dan kepolisian dan hukum bisa seperti Panembahan Purboyo.. andai para Kyai dan tokoh masyarakat seperti Kyai Pengulu.. dalam mengisi kemerdekaan dan berjuang untuk rakyat... niscaya tdk akan ada demo dan kerusuhan.

Semoga suatu saat kelak ada tokoh negri ini yang meneladani para sesepuh dlm mengatur negara dan menjaga kewibawaan bangsa.

اللهم آرنا الحق حقا وارزقنا التباعة وأرنا الباطل. باطلا وارزقنا الجتنابة

KISAH PANEMBAHAN PURBOYO MENUNDUKKAN PALEMBANG


Kanjeng Panembahan Purboyo gentos sumedyo damel kaelokan

Kacarito Kanjeng Panembahan Purboyo senopati gegedug ing Mataram keagungan penggalih gentos bade damel keelokan. Damel kecelike ingkang putro Sri Narendro.

Ndilalah Kanjeng Panembahan tampi ature abdi dalem tamping menowo Sultan Palembang arso nglurug mring Mataram. Ubo rampening perang pepak mawarno warno, sak liyane gegaman kang landep2 ugo yoso bedil lan meriam kang gede2, mimis bedil meriam kagawe soko mawarno warno jenising tosan, awit mireng Yen menowo Sultan Agung sak wadyobolo pancen pilih tanding ing peperangan. Sri Noto lan ingkang Uwo senopati perang sekti mondroguno saget mabur tanpo elar.

Mulo sang Senopati Panembahan Purboyo arso tindak menyang Palembang anawur pekatik, ijen tanpo rowang kanti dedemitan.

Sak tekane ing Palembang sang Panembahan banjur naliti kukubaning Palembang. Nuli anjujug papan panggonaning tukang pande. Kanjeng Panembahan ngungun sak lebeting nggalih mirsani akehing kang podo nyambut gawe, dene kang digarap amung arupo pirantining perang sarto podo rerasan bab negoro Mataram. Sang Panembahan banjur nyelaki empu kang lagi podo gawe meriam lan mimis.. dene wong2 mau ora podo ngerti Yen kelebon telik sandi poyo.

Sak suwene Sang Panembahan memirsani karo ngudoroso nganti keprungu kang podo lagi nyambut gawe "mowo-mowo coro iku pancen nyoto temenan, dene ing kene Yen gawe mimis ndadak di cetak barang, dene nggon panggonan ku ora mangkono iku" wong kang cedhak karo sang Panembahan celatu sarwi gumuyu " iyah kisanak iki teko aneh". Sang Panembahan " lha inggih.... awit panggenan kulo Yen damel mimis inggih timah Sing umeb niku lajeng di caruk2 mawi tangan kemawon lajeng di glintir kados damel wedhak niko,nyatane mung kalah alus, nanging langkung cepet".

Salah sawijining wong mau banjur ono kang pitakon mungguh deweke iku wong ngendi lan sopo arane, dene biso kodjah koyo mangkono iku. Panembahan mangsuli bilih piyambake Pak Djadug saking tlatah Mataram kang seneng ngulandoro sak paran2.

Wong2 mau ora podo ngandel marang omongane Pak Djadug mau, mulo banjur dicobo dikon ngglintiri timah kang lagi Murub mulak2 tanpo piranti.sang Panembahan Nuli tumandang gawe, dene hasile luwih akeh tinimbang Yen di cetak, mulo wong2 banjur ngrubung piyambake. Panggede ne wong2 mau nesu banget bareng weruh kahanan kang koyo mangkono mau sarwo ngendiko"seran alasan Mataram dene adol gemblung nggiyarake sulao ing kene,opo boyo telik sandi poyo lan sopo jenengmu" midanget pangucape penggede mau.. pak Djadug api-api sajak wedi kanti mundur mepet2 ngunduri meriam kang gede2 mau nganti podo gepeng.

Penggede mau sansoyo duko yayah sinipi, banjur dawuh marang kabeh punggowo... budi kadawuhan ngrampungi, bonggo dikon mruwoso. Poro punggowo berbarengan ambyuk wani. Ananging Kanjeng Panembahan banjur mletik meriame kagawe anjlok di arahke marang poro punggowo mau, kanti aris ngendiko "heh poro prajurit ing Palembang.. sarehne kowe arep gawe cintrakaku, mongko aku ora gawe duso marang siro kabeh... ayah suwargo ginawe ayu... tampanono meriam iki"

Bareng poro prajurit sumurup kadibyane Sang Panembahan kang mowo bowo kaluhurane,satemah podo ndeprok tanpo doyo ilang sedyane.dene kang ora lumpuh podo mlayu nggendring caos uningo mring kepatihan.

Rekyono patih Nuli unjuk atur mring Sultan Palembang ing purwo madyo wasono. Ki Patih lajeng kadawuhan nedaki matitisake mungguh kepiye kahanane.

Sak tekane ki Patih ing ngarso Panembahan Nuli ndangu"duh kisanak djanmo tamping ing Mataram... menopo sebabipun dene ngantos dados dredah puniko???" pak Djadug Nuli ngandarake kahanan mau.. Ki Patih banget ngungun ing penggalih.. Wusono Pak Djadug di sowanake mring Sultan Palembang.

Sultan Palembang banget ngungune marang Pak Djadug... dene ora murwat marang dedeg piadege lan sandang penganggone... kok biso gawe dredah ing Prodjo Palembang.

Sarehne Pak Djadug ora kanti njarak anggone gawe rusaking meriam mau. Mulo saguh mulihake koyo wingi uni. Sak wise meriam kang podo rusak diadepake. Sultan Nuli dawuh mulihake.. sultan banget ngungune dene meriam pulih koyo wingi uni cukup nganggo tangan kanti mayar.

Mulo Sang Sultan tuwuh panyokrobowo ojo2 iki telik sandi soko Mataram. Mulo Sultan banjur paring dawuh supoyo nedahake tanah pernahe prodjo Mataram. Awit Sultan arep utusan pepatihe marang prodjo Mataram sowan Sri Noto mbekto pusoko nagari Palembang awujud selo puruso adji, tiggalane leluhur dalem prabu browijoyo ing mojopahit duk ing uni. Kang katompo soko Prabu Bathoro Katong ing Ponorogo.

Dene ing sak mengko menowo Sang Noto ing Mataram biso mecah pusoko mau, Sultan Palembang bakal nungkul kanti aris.

Sang Panembahan Purboyo midanget ngendikane Sultan Palembang banget trustho ing penggalih soho mangayu bagyo.

Sultan Palembang banjur dawuh marang Patih lumarap mring Mataram ngasto pusoko puruso adji mau kanti ngirit wadyobolo kang tangguh2 ing ngayudo

Ora Kacarito tindake Ki Patih sak wadyobolo tumeko ing tanah jowo kanti rancak amuli banjur totototo podo masanggrah.

pusoko sigar ginarit ing kuku

Pepatih Palembang sak punggowone podo musyawarah kepiye mungguh kepenake kang dadi laku, anuli sang nawur lampah inggih pun Pak Djadug sumelo atur "duh Kyai Patih... amargi kulo bade gadah perlu sekedik, amung cekap semanten kemawon anggen kulo caos pitedah,ampun ngantos nyimpang saking ancer2 wau,lan malih ampun ngantos keseso marak ngarso Noto Mataram awit totocaranipun kedah sowan senopati nipun rumiyin.. lajeng mangke kasowanaken Sri Narendro, dene ingkang dados senopati perang inggih puniko uwakipun Kanjeng Sultan ingkang Asmo Kanjeng Panembahan Purboyo "

Kyai Patih nyaguhi opo kang dadi ature, nuli Pak Djadug ndisiki tindake kundur mring prodjo Mataram.

Let udokoro telungdino Kanjeng Panembahan ngrasuk busono kasenopaten arsip mbebedug dikanti abdu sakwetoro ing demi pethuk. Sang Panembahan masanggrah ing deso kono sak pinggiring dalan murih gampang anggone mapakake Pepatih Ing Palembang sak wadyobolo.

Kacarito tindake Kyai Patih Palembang liwat ing kono ngirid pusoko selo puruso adji Ka gotong ing wong telung puluh loro, senajan gedene mung sak tumpeng kang winadhahan gendogo kencono kang jinempono adi. Sinongsongan pitu sisih, di jajari tombak ing ngarep selawe sisih, andadeake ngungune kang podo mirsani. Kabeh poro iber2an kang mabur ing sak nduwure pusoko mau podo tibo luntak ludiro mati sak naliko.

Dene kang podo ngirid podo rerasan "mohal Yen Sultan Agung biso mecah pusoko iki, selagine ngasto wae mesti ora biso " dene kang liyane podo nyambungi"e mesti kemawon. Ayah djamune mawon nopo saget damel tawaring pusoko niki"

Ora ganti suwe arak2an mau tekan deso pethuk liwat sak ngarepe pesanggrahan Sang Panembahan banjur kaendeg mring prajurit kang podo ngadang. Patih Palembang nuli pitakon mungguh opo darunane ngendeg lakune. Poro prajurit Matur Yen menowo kautus Senopati Mataram.

Patih Palembang nuli enget opo pawelinge Pak Djadug. Banget bungahe dene kebeneran pinanggih Sang Senopati kang lagi masanggrah... banjur mundut supoyo kalarapake

 Ing ngarsane Sang Senopati.

Patih Palembang nuli katimbalan lan banjur asung pangabekti. Sang Senopati nuli ndangu sopo lan soko ngendi sangkane duwe sedyo opo... Kyai Patih Matur waloko mungguh kang dadi sedyane.

Sang Panembahan midanget ature Kyai Patih banjur ngendiko sarwi mesem, menowo ruwet rentenging prodjo Mataram iku wus di pasrahake marang piyambake, mulo bab iku cukup marang sang Senopati. Awit Sang Noto amung Sak dermo djumeneng wae.

Mulo bab iku cukup sang Senopati. Dene Yen mengko sang Panembahan ora biso mecah pusoko mau... ugo arep ngunjukake marang Sang Narendro. Patih Palembang Matur sendiko sarwi tumungkul.

Poro utusan soko ing Palembang podo gumun weruh sang Senopati... teko muncar2 mowo tejo kang mblerengi.

Gumun maneh wewujudane  Senopati wus plek karo Pak Djadug.. mung kacek rodo pupuk Sang Senopati. Upomo dadi sedulure Pak Djadug wus koyo jambe Sinigar. Poro utusan podo ngiro Yen kang ngaku Pak Djadug iku ora liyo iyo Sang Senopati iki.

Kanjeng Panembahan nuli mundut supoyo pusoko mau kaaturake bakal di pirsani.

Gendogo kencono banjur dibukak.. pusoko kapundut sarto ka umbul2ake.

Poro punggowo ing Palembang podo eram dene pusaka ne kang di pundi2 biso tawar.

Kanjeng Panembahan Purboyo nuli ngendiko " sumawi Kyai Patih ing Palembang sak wadyobolo... kulo aturi mirsani ingkang pramono. mbok bilih Gusti ALLOH amarengake.... kulo sigare pusoko kagungan Ratu Djengandiko" watu nuli ginarit ing kuku, kapadalaken mring dengkul sigar byak dadu loro.

Ing kono wadyobolo soko Palembang podo gumun, ing ati podo kroso miris tumungkul konjem ing bantolo.

Kanjeng Panembahan nuli ngendiko kanti arus "duh kisanak kulo saking Palembang,ajwo samyo maras mawi kuwatos bilih Nagari Panjenengan sampun dados bagianipun Nagari Mataram, awit Urip niku kudu Sugih mitro utomo kang soyo memahi roso lan Rahardjaning Prodjo ".

Sak rampung ipun patembayan Sang Panembahan nganaake androwinan sesuguhan sak wernaning dedhaharan di dawuhi ngladosake kabeh.

Kabeh pori prajurit ing Mataram lan Palembang seneng anggone ngrahapi dedhaharan mau. Opo maneh punggowo soko Palembang, kanti ngungune ati, dene semono kaluhurane penggalihe Sang senopati.

Sak rampung ipun androwinan Sang Senopati karso maringake bebungah marang pori punggowo ing Mataram lan Palembang awujud sandang lan arto kanti waroto ora ono bedane. Poro utusan Palembang podo ngungun mring Sang Senopati gegedhug ing Mataram kang prawiro sekti mondroguno ambeg poromarto berbudi bowo leksono.

Sak rampunge androwinan Sang Panembahan nuli nemtoake kapan anggone Sultan Palembang sowan mring prodjo Mataram. Dene selo puruso adji kang separo kaleboake ing Gendogo supoyo kaampil kundur Kyai Patih marang Palembang. Kang separo maneh ka ampil Sang Panembahan kundur mring Mataram. Wusono banjur podo budhal sesowangan bali marang pradjane dewe-dewe.

Sak kundure Ki Patih Palembang marak ngarso dalem Sultan ngaturake mungguh kahanane anggone lumarap mring prodjo Mataram. Lekas buntas ora ono kang kecer. Sultan Palembang mupus mring pepesthen mbok menowo pancen wus tinakdir Palembang nungkul mring Mataram. Banjur mirsani pusoko kang mung gari separo mau.

Kanjeng Sultan banget ngungune dene ing kono tinemu cirine Sastro dadi pratandaning prodjo.. Mulo nambahi sumelehing atine Kanjeng Sultan.

Bareng wus tekan titiwancining kang katemtoake Sultan Ing Palembang banjur sowan mring prodjo Mataram caos bulu bekti sarto milih dwiponggo kang pantes Kanggo klangenaning Noto kanti kairid wadyobolo.

Sak tekaning tlatah Mataram kang kaliwatan podo geger sak naliko lan podo ngungsi mring prodjo.

Wartane nganti tumeko prodjo. Wusono kang tinanggenah anjagi katentremaning prodjo unjuk atur mring ngarso Noto.

Naliko iku ing bangsal agung Sang Noto lagi lenggah siniwoko ing dhampar kaadep kabeh poro punggawaning prodjo ander ngebaki pasewakan nganaake pirembagan bab kapradjan.

Midanget ature abdi dalem prajurit kang pinatah wau. Sri Noto kaget ing penggalih nuli dawuh siap siaganing perang.

Sareng caos uningo lan kepiye prayogane marang ingkang Uwo senopati ananging Sang Senopati sajak ayem wae. Mulo Sri Noto sajak oneng penggalihe nuli mundut pirso kepiye mungguh kang dadi sak nyatane bab iku mau. Mulo Sang Senopati banjur atur uningo bilih estunipun puniko Sanes  kraman. Mbok menawi amung sowanipun Sultan Palembang kang bakal konjem nungkul kanti aris mring ngarso Noto.

Sri Narendro sakkalangkung suko sarto gawok ing penggalih sarto gadah panyokrobowo bilih ingkang nelukake Sultan Palembang Sang Senopati piyambak. Kangge nimbangi naliko piyambak ipun nglurug dateng Banten njajak wewenanging senopati duk ing uni.

Sak rawuhe Sultan Palembang ing ngarso Noto sak wadyobolo katampi Kanjeng Sultan Agung kanti reno ing penggalih.

Bulu bekti nuli di aturake pisunsung kang diaturake pepak sarwo edi, gajah emas,menjangan emas banyak emas kate emas lan liya2ne kagewe soko kencono. Klangenan titihan dwiponggo kang gede tur prayogo ugo diaturake.

Sultan Palembang banjur angaturake prasetyane. Sultan Agung nampi prasetyane mau kanti reno ing penggalih.

Teng batos sanget mengalembono marang ingkang Uwo dene saget nelukake kanti piyambakan tanpo rowang.

Pasewakan nuli di bubarake Sang Noto kundur angedhaton. Dene Sultan Palembang kundur mring pradjane dewe.

Anggone podo nelukake prodjo tanpo rowang mau ndadeake eraming poro kawulo lan monco negoro. Mulo banjur soyo mundak kuncaraning prodjo. Kinajrihan ing parang muko. Satemah ndadeake tentreming prodjo.

POSISI TIDUR YANG MEMBATALKAN WUDHU


Di antara hal-hal yang membatalkan wudhu adalah tidur. Sebagaimana disebutkan dalam berikut ini :

الْعَيْنَانِ وِكَاءُ السَّهِ فَإِذَا نَامَتِ الْعَيْنَانِ انْفَتَحَ الْوِكَاءُ

Dua mata itu adalah pintu lubang angin. Maka apabila dua mata terpejam, lubang angin terbuka.

Tidur dan mengantuk, setiap orang pasti merasakannya, karena itu tanda bahwa tubuh kita masih beroperasi secara normal. Bayangkan betapa tersiksanya orang yang mengalami insomnia, harus menelan bahan-bahan kimia agar bisa terlelap. Kita sepantasnya bersyukur, Alhamdulillah ‘ala kulli chaal. Terkadang rasa kantuk itu datang begitu saja tanpa undangan, sehingga tak jarang mushala-mushala dan masjid-masjid menjadi tempat singgah sejenak, untuk melepas lelah sebelum tiba di rumah. Bukan hal yang aneh jika kita mendapati orang tidur di masjid-masjid maupun di mushala-mushala. Hukum tidur di masjid  sendiri itu pun diperbolehkan.

Di sisi lain, apakah wudhu orang tidur tersebut batal? Jika dia sudah berwudhu kemudian tertidur, dan ingin menunaikan shalat, apakah wajib baginya mengulangi wudhu? Ataukah langsung berdiri untuk menunaikan shalat tanpa berwudhu kembali?

Dalil bahwa tidur adalah pembatal wudu, telah ada ketetapannya dalam hadits Sofwan bin Assal radhiallahu anhu dalam dalam kitab Sunan, dia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفَرًا أَنْ لا نَنْزِعَ خِفَافَنَا ثَلاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيهِنَّ إِلا مِنْ جَنَابَةٍ ، وَلَكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَبَوْلٍ وَنَوْمٍ  (رواه الترمذي، رقم 89، وحسنه الألباني)

“Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kami agar tidak melepaskan khuf (kaos kaki kulit) kami selama tiga hari tiga malam jika kami dalam bepergian kecuali dari janabat. Akan tetapi (kami tidak perlu mencopot khuf) dari buang air besar, air kecil (kencing) dan tidur.” (HR. Tirmizi, no. 89).

Banyak ikhtilaf dari para ulama tentang kasus ini, apakah tidur membatalkan wudhu atau tidak. Imam Nawawi berkata: ini menurut madzhab Syafi’i, dan bagi syafi’i bahwa tidur itu sendiri itu bukanlah sebuah hadas. Dari Anas:

كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه و سلمينتظر العشاء الآخرة حتى تخفق رؤوسهم ثميصلون و لا يتوضؤون (رواه الشافعى و مسلم و أبوداود و الترميذى )

Para sahabat Rasulullah SAW menunggu-nunggu waktu Isya’ hingga larut malam, hingga kepala mereka berkulaian, kemudian mereka melakukan shalat tanpa wudhu lebih dahulu

Jika memperhatikan hadist di atas, bisa dikatakan bahwa ketika kita sudah berwudhu dan kemudian tertidur, kita tidak perlu berwudhu lagi bila nantinya terbangun dan ingin sholat. Namun apakah semua bentuk tidur tidak membatalkan wudhu? Tidur seperti apa yang tidak membatalkan wudhu?

Tidur yang tidak membatalkan wudhu adalah tidur yang pantatnya melekat di bumi baik sebentar maupun lama, baik di dalam shalat maupun di luar shalat. Sebaliknya, tidur yang membatalkan wudhu adalah tidur yang terlentang dan nyenyak sehingga tidak ada kesadaran. Seperti perkataan Rasulullah:

و عن يزيد بن الرحمن عن قتادة عن أبى العالية عنابن عباس أن النبي صلى الله عليه و سلم قالــ :ليس على من نام ساجدا وضوؤ حتى يضطجع فإنهإذا إضطجع استرحت مفاصله ( رواه أحمد )

Dari Yazid bin Abdurrahman dari Qotadah dari Abil Aliyah dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi SAW bersabda : “Tidak ada wudhu bagi  orang yang tidur dengan sujud, sampai ia tidur miring, Karena apabila ia tidur miring lemaslah sendi sendinya.”

Maka sudah jelas bahwa tidur dengan keadaan tersebut di atas tidak membatalkan wudhu. Namun sebaiknya kita berwudhu kembali, karena bekas-bekas dan sisa-sisa mengantuk tersebut masih melekat. Disebutkan dalam beberapa hadist tentang barang siapa yang mengantuk ketika shalat, maka lebih baik tidur terlebih dahulu. Karena ditakutkan salah dalam shalat maupun bacaan.

Tapi apakah tidur itu memang dapat membatalkan wudhu secara mutlak ataukah ada pengecualian posisi tidur yang tidak membatalkan wudhu?

Para ulama dalam hal ini menuliskan pendapat mereka yang berbeda-beda. Rinciannya sebagai berikut :

1. Mazhab Al-Hanafiyyah
Al-Kasaani (w. 587 H) menuliskan di dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai'bahwa tidur dalam posisi berdiri, ruku, duduk tegak dan tidak bersandar tidak membatalkan wudhu.

إِنْ كَانَ خَارِجَ الصَّلَاةِ فَإِنْ كَانَ قَاعِدًا مُسْتَقِرًّا عَلَى الْأَرْضِ غَيْرَ مُسْتَنِدٍ إلَى شَيْءٍ لَا يَكُونُ حَدَثًا، لِأَنَّهُ لَيْسَ بِسَبَبٍ لِوُجُودِ الْحَدَثِ غَالِبًا، وَإِنْ كَانَ قَائِمًا، أَوْ عَلَى هَيْئَةِ الرُّكُوعِ

(tidur) di luar shalat jika posisinya duduk tegak tidak bersandar kepada apapun bukan termasuk hadats. Karena kebanyakan dari hal tersebut bukanlah yang menyebabkan hadats. Walaupun dalam kondisi berdiri atau ruku’.

Ibnul Humam (w. 861 H) yang juga representasi dari ulama mazhab Al-Hanafiyah menuliskan di dalam kitabnya Fathul Qadir bahwa tidur yang tidak termasuk membatalkan wudhu diantaranya adalah tidur dalam posisi duduk.

لَا يَكُونُ النَّوْمُ حَدَثًا فِي حَالٍ مِنْ أَحْوَالِ الصَّلَاةِ.وَكَذَا قَاعِدًا خَارِجَ الصَّلَاةِ

 Dalam beberapa keadaan shalat, tidur bukanlah termasuk hadats. Begitupun tidur dengan posisi duduk diluar shalat.

2. Mazhab Al-Malikiyyah

Ibnu ‘Abdil Barr (w. 463 H) menuliskan di dalam kitabnya, Al-Kafi fi Fiqhi Ahlil Madinah bahwa tidur dalam posisi duduk dan memeluk lutut tidak membatalkan wudhu. Dalam pandangannya tidur yang membatalkan wudhu menurut beliau hanyalah tidur yang nyenyak.

فإن استثقل نوما فقد وجب عليه الوضوء ولا يكاد الجالس ولا المحتبي " يستثقلان

Maka jika tidurnya nyenyak wajib baginya untuk wudhu (jika hendak shalat). Adapun tidur dalam posisi duduk dan memeluk lutut tidak dikategorikan tidur yang nyenyak.

Al-Qarafi (w. 684 H) menuliskan dalam kitabnya Adz-Dzakhirah sebagai berikut :

وَقَصِيرٌ خَفِيفٌ غَيْرُ نَاقِضٍ عَلَى الْمَعْرُوفِ مِنْهُ وَخَفِيفٌ طَوِيلٌ يُسْتَحَبُّ مِنْهُ الْوُضُوءُ

Dan tidur sebentar lagi tidak nyenyak tidaklah membatalkan wudhu, adapun tidur yang tidak nyenyak tapi lama maka disukai (lebih baik) untuk berwudhu (lagi).

3. Mazhab Asy-Syafi’iyyah

Adapun madzhab As-Syafi’iyah, para ulamanya bersepakat bahwa tidur merupakan salah satu penyebab batalnya wudhu. Dengan pengecualian tidur dalam posisi duduk tegak, maka tidur itu tidak membatalkan wudhu'.

An-Nawawi (w. 676 H) di dalam kitabRaudhatu Ath-Thalibin menyebutkan bahwa termasuk hal-hal yang tidak membatalkan wudhu adalah ngantuk, karena mengantuk tidak bisa dikategorikan tidur. Selain itu, duduk tegak atau pun berdiri juga tidak membatalkan wudhu. Sebentar ataupun lamanya masa tidur menurut beliau sama saja.

لا ينقض النوم على هيئة من هيئات الصلاة وإن لم يكن في صلاة

Tidur dalam posisi-posisi (gerakan) shalat tidak membatalkan wudhu. Walaupun dilakukan diluar shalat.

Ibnu Hajar Al-Haitami (w. 974 H) menuliskan dalam kitabnya Minhajul Qawim bahwa tidur dengan posisi duduk walau sambil bersandar ke benda yang kokoh seperti tembok tidaklah membatalkan wudhu.

فمن نام فليتوضأ إلا النوم الصادر من المتوضئ حال كونه "قاعدًا ممكنًا مقعده" وإن كان مستندًا إلى شيء

Orang yang tidur harus berwudhu', kecuali tidurnya orang wudhu dengan posisi duduk tegak walau sambil bersandar ke benda tertentu.

4. Mazhab Al-Hanabilah

Ibnu Qudamah (w.620 H) menuliskan di dalam kitab beliau, Al-Mughni, sebagai berikut :

وزوال العقل إلا أن يكون بنوم يسير جالسا أو قائما

(diantara yang membatalkan wudhu) : hilang akal, kecuali tidur sebentar dalam posisi duduk ataupun berdiri. Al-Mardawi (w. 885 H) menuliskan di dalam kitabnya, Al-Inshat dalam bab yang membatalkan wudhu bahwa tidur sebentar, baik dalam posisi duduk atau berdiri tidaklah membatalkan wudhu.

الثَّالِثُ: زَوَالُ الْعَقْلِ إلَّا النَّوْمَ الْيَسِيرَ جَالِسًا أَوْ قَائِمًا

(diantara yang membatalkan wudhu) 3 : hilang akal, kecuali tidur sebentar dalam posisi duduk ataupun berdiri.

5. Mazhab Adz-DzahiriyyahIbnu Hazm (w. 456 H) yang mewakili mazhab Adz-Dzahiriyah di dalam kitabnya Al-Muhalla menuliskan bahwa tidur membatalkan wudhu secara mutlak.

وَالنَّوْمُ فِي ذَاتِهِ حَدَثٌ يَنْقُضُ الْوُضُوءَ سَوَاءٌ قَلَّ أَوْ كَثُرَ، قَاعِدًا أَوْ قَائِمًا، فِي صَلَاةٍ أَوْ غَيْرِهَا، أَوْ رَاكِعًا كَذَلِكَ أَوْ سَاجِدًا كَذَلِكَ أَوْ مُتَّكِئًا أَوْ مُضْطَجِعًا

Dan tidur merupakan hadats yang membatalkan wudhu, baik sebentar atau lama, baik sambil duduk atau berdiri, baik dalam shalat atau bukan, baik pada posisi sujud ataupun ruku’, bersandar dengan tangan (sebagai penopang badan) ataupun berbaring.

Beliau mengambil hadits berikut ini secara umum:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ يَأْمُرُنَا إذَا كُنَّا مُسَافِرِينَ أَلَا نَنْزِعَهُ ثَلَاثًا إلَّا مِنْ جَنَابَةٍ، لَكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَبَوْلٍ وَنَوْمٍ

Rasulullah SAW memerintahkan kita jika kita dalam perjalanan (safar) untuk tidak melepas khuff selama tiga hari tiga malam kecuali bagi orang yang junub,buang air besar, buang air kecil, dan tidur.

Tidur Sehabis Sholat Subuh Dan Ashr


Mungkin sebagian dari kita pernah dan bahkan sering tidur setelah melakukan sholat subuh, terlebih jika hari-hari libur. Saya pribadi sering melakukannya. Namun setiap kali melakukan hal tersebut, orang tua zaman dulu sering kali tidak mengizinkan kita untuk tidur setelah sholat subuh, yang mana dulu mereka sering memberi alasan kalo setelah sholat subuh tidur lagi, maka akan jadi orang bodoh atau menjadi pelupa.

Entah dasar apa orang tua terdahulu mengatakan alasan tersebut, namun yang pasti niat mereka baik dan positif. Lantas bagaimana pandangan para ulama mengenai tidur setelah sholat subuh? Apakah hal itu haram atau dilarang dan atau di perbolehkan?.

حكم النوم بعد الفجر وبعد العصر

Hukum Tidur Setelah Subuh dan Setelah Ashar

السؤال : هل هناك حكم يتعلق بالنوم بعد الفجر؟

Pertanyaan, “Apa hukum tidur lagi setelah shalat hubuh?”

الجواب :
الحمد لله
بالنسبة للنوم بعد صلاة الإنسان للفجر ، فلم يرد نص يمنع منه ، فهو باق على الأصل وهو الإباحة .

Jawaban, “Untuk tidur lagi setelah seorang itu mengerjakan shalat shubuh maka tidak terdapat dalil yang melarangnya sehingga hukum tidur setelah shalat subuh adalah sebagaimana hukum asal semua perkara non ibadah yaitu mubah.

ولكن كان من هدي النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه أنهم إذا صلوا الفجر جلسوا في مصلاهم حتى تطلع الشمس ،

Akan tetapi yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat adalah setelah mereka melaksanakan shalat subuh mereka duduk di masjid hingga matahari terbit.

كما ثبت في ” صحيح مسلم 1/463 رقم 670 ” من حديث سماك بن حرب قال : ( قلت لجابر بن سمرة أكنت تجالس رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟

Dari Sammak bin Harb, aku bertanya kepada Jabir bin Samurah, “Apakah anda sering menemani duduk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ?”

قال : نعم ، كثيراً ، كان لا يقوم من مصلاه الذي يصلي فيه الصبح – أو الغداة – حتى تطلع الشمس ، فإذا طلعت الشمس قام ؛ وكانوا يتحدثون ، فيأخذون في أمر الجاهلية ، فيضحكون ويتبسم .

Jawaban Jabir bin Samurah, “Ya, sering. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah meninggalkan tempat beliau menunaikan shalat shubuh hingga matahari terbit. Jika matahari telah terbit maka beliau pun bangkit meninggalkan tempat tersebut. Terkadang para sahabat berbincang-bincang tentang masa jahiliah yang telah mereka lalui lalu mereka tertawa-tawa sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya tersenyum-senyum saja mendengarkan hal tersebut” [HR Muslim].

وأيضا فقد سأل النبي صلى الله عليه وسلم ربه أن يبارك لأمته في بكورها ،

Di samping itu Nabi berdoa kepada Allah agar Allah melimpahkan keberkahan untuk umatnya di waktu pagi.

كما في حديث صخر الغامدي قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( اللهم بارك لأمتي في بكورها )

Dari Shakhr al Ghamidi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa, “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi”.

قال : وكان إذا بعث سرية أو جيشاً بعثهم في أول النهار ، وكان صخراً رجلاً تاجراً ، وكان يبعث تجارته أول النهار ، فأثرى وأصاب مالاً .

Skakhr al Ghamidi, “Kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mengirim pasukan perang adalah mengirim mereka di waktu pagi”.
Shakhr al Ghamidi adalah seorang pedagang. Kebiasaan beliau jika mengirim ekspedisi dagang adalah memberangkatkannya di waktu pagi. Akhirnya beliau pun menjadi kaya dan mendapatkan harta yang banyak.

خرجه أبو داود والترمذي وابن ماجه بإسناد فيه جهالة ، وجاء ما يشهد له من حديث علي وابن عمر وابن عباس وابن مسعود وغيرهم – رضي الله عنهم جميعاً –

Hadits di atas diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah namun ada salah satu perawi yang tidak diketahui. Akan tetapi hadits ini memiliki penguat dari Ali, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud dll.

ومن هنا كره بعض السلف النوم بعد الفجر ،

Bertitik tolak dari hal di atas, sebagian ulama salaf membenci tidur setelah shalat subuh.

فقد أخرج ابن أبي شيبة في مصنفه ( 5/222 رقم 25442 ) بإسناد صحيح عن عروة بن الزبير أنه قال : كان الزبير ينهى بنيه عن التصبح ( وهو النّوم  في الصّباح ) ،

Dari ‘Urwahin bin Zubair, beliau mengatakan, “Dulu Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di waktu pagi”

قال عروة : إني لأسمع أن الرجل يتصبح فأزهد فيه.

Urwah mengatakan, “Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya”. [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no 25442 dengan sanad yang sahih].

والخلاصة أن الأولى بالإنسان أن يقضي هذا الوقت فيما يعود عليه بالنفع في الدنيا والآخرة ، وإن نام فيه ليتقوى على عمله فلا بأس ، لا سيما إذا كان لا يتيسر له النوم في غير هذا الوقت من النهار ،

Kesimpulannya, yang paling afdhol adalah menggunakan waktu pagi untuk aktivitas yang bermanfaat di dunia ataupun di akherat. Namun jika ada seorang yang memilih untuk tidur di setelah shalat subuh agar bisa bekerja dengan penuh vitalitas maka hukumnya adalah tidak mengapa, terutama jika tidak memungkinkan bagi orang tersebut untuk tidur siang dan hanya mungkin tidur di waktu pagi.

وخرج ابن أبي شيبة في مصنفه ( 5/223 رقم 25454 ) من حديث أبي يزيد المديني قال : غدا عمر على صهيب فوجده متصبّحاً ، فقعد حتى استيقظ ، فقال صهيب : أمير المؤمنين قاعد على مقعدته ، وصهيب نائم متصبّح !! فقال له عمر : ما كنت أحب أن تدع نومة ترفق بك .

Dari Abu Yazid al Madini, “Pada suatu pagi Umar pergi ke rumah Shuhaib namun Shuhaib sedang tidur pagi. Umar pun duduk menunggu sehingga Shuhaib bangun”. Ketika bangun Shuhaib berkomentar, “Amir mukminin duduk menunggu sedangkan Shuhaib tidur pagi”. Umar mengatakan, “Aku tidak suka jika kau tinggalkan tidur yang bermanfaat bagimu”. [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no 25454].

وأما النوم بعد العصر فهو جائز ومباح أيضاً ، ولم يصحّ عن النبي صلى الله عليه وسلم نهي عن النوم في هذا الوقت .

Sedangkan tidur setelah shalat Ashar hukumnya adalah juga mubah. Tidak terdapat hadits shahih dari Nabi yang berisi larangan tidur setelah Ashar.

وأما ما ينسب إلى النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : ” من نام بعد العصر فاختلس عقله فلا يلومن إلا نفسه ” فهو حديث باطل لا يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم انظر : ” السلسة الضعيفة ، رقم : 39 “ والله أعلم .

Sedangkan hadits dengan redaksi, “Barang siapa yang tidur setelah shalat Ashar lalu akalnya rusak maka janganlah dia menyalahkan kecuali dirinya sendiri” adalah hadits dengan kualitas bathil, tidak shahih dari Nabi. Silahkan simak penjelasan tentang kelemahan hadits tersebut di Silsilah Dho'ifah no 39

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.

Pagi adalah waktu dibaginya rizki Imam Ibnul Qayyim mengatakan dalam kitabnya Zaadul Ma’aad, bahwasannya orang yang tidur di pagi hari akan menghalanginya dari mendapatkan rizki. Karena waktu subuh adalah waktu di mana makhluk mencari rizkinya, dan pada waktu tersebut Allah membagi rizki para makhluk. Sebagaimana sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

وقد ورد أن الرزق يقسم بعد صلاة الصبح ، وأن الأعمال ترفع آخر النهار ، فمن كان حينئذٍ في طاعة بورك له في رزقه وفي عمله ، ويترتب عليه حكمة الأمر بالحافظة عليهما والاهتمام بهما. (متفق عليه) أخرجه البخاري في الصلاة

 Dari hadits diatas dapat kita ketahui bahwa ba’da sholat shubuh adalah waktu pembagian rizki, dan diangkatnya amal adalah pada akhir siang(ba’da ashar). Maka seyogyanya waktu yang istimewa tersebut kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi akhirat maupun dunia kita.

Dan beliau(Imam Ibnul Qayyim) menukil dari Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu bahwasannya dia melihat anaknya tidur di waktu pagi maka ia berkata kepada anaknya ‘bangunlah engkau! Apakah kamu akan tidur sementara waktu pagi adalah waktu pembagian rezki? Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang shalih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barakah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah).

TIDUR BA’DA ASHAR. Perlu diketahui, tidak terdapat hadits shahihdari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam ataupun perkataan para sahabat yang menerangkan tentang tidur sesudah 'Ashar, baik yang berisi pujian ataupun celaan. Adapun beberapa hadits yang berbicara tentangnya sebagiannya dhaif dan sebagian lagi maudhu' (palsu). Seperti ungkapan yang disandarkan kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, عَجَبْتُ ِلمَنْ عَامَ وَنَامَ بَعْدَ الْعَصْرِ "Aku heran dengan orang yang terbaring dan tidur sesudah 'Ashar," tidak terdapat dalam kitab-kitab hadits. Tak seorangpun ulama yang menyebutkannya. Ungkapan tersebut adalah hadits palsu dan tidak memiliki sumber. Tidak boleh meyakini keabsahannya. Tidak boleh pula menisbatkannya kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, karena berdusta atas nama beliau termasuk dosa besar. Terdapat hadits lain tentang celaan tidur sesudah 'Ashar yang juga tidak bisa dijadikan sandaran, padahal sudah sangat terkenal, yaitu:

 مَنْ ناَمَ بَعْدَ اْلعَصْرِ فَاخْتُلِسَ عَقْلُهُ فَلاَ يَلُوْمَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ

Barangsiapa yang tidur setelah ‘Ashar, lalu akalnya dicuri (hilang ingatan), maka janganlah sekali-sekali ia mencela selain dirinya sendiri." Syaikh al-Albani mengomentarinya dalam Silsilah al-Ahadits al-Dhaifah (1/112): Dhaif. Dikeluarkan Ibnu Hibban dalam "Al-Dhu'afa' wa al-Majruhin" (1/283) dari jalur Khalid bin al-Qasim, dari al-Laits bin Sa'ad, dari Uqail, dari al-zuhri, dari 'Urwah, dari 'Aisyah secara marfu'. Hadits ini juga disebutkan oleh Ibnul Jauzi dalam "al-Maudhu'at" (3/69), beliau berkata: "Tidak shahih, Khalid adalah kadzab (pendusta). Hadits ini milik Ibnu Lahii'ah lalu diambil Khalid dan disandarkan kepada al-Laits. Imam al-Suyuthi di dalam al-La’aali (2/150) berkata, “Al-Hakim dan perawi lainnya mengatakan: Khalid hanya menyisipkan nama al-Laits dari hadits Ibnu Lahii’ah.” Kemudian al-Suyuthi menyebutkannya dari jalur Ibnu Lahii’ah. Sesekali ia berkata: Dari ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya secara marfu’. Terkadang ia berkata: Dari Ibn Syihab, dari Anas secara marfu’. Ibn Lahii’ah dinilai Dha’if karena hafalannya. Beliau juga diriwayatkan dari jalur lain: Dikeluarkan oleh Ibnu ‘Adi dalam al-Kaamil (1/211); dan al-Sahmi di dalam Taarikh Jurjaan (53), darinya (Ibn Lahii’ah), dari ‘Uqail, dari Makhul secaa marfu’ dan mursal. Keduanya (Ibn ‘Adi dan as-Sahmi) mengeluarkannya dari jalur Marwan, ia berkata: "Aku bertanya kepada al-Laits bin Sa’ad – aku pernah melihatnya tidur setelah ‘Ashar di bulan Ramadhan-, "Wahai Abu al-Harits! Kenapa kamu tidur setelah ‘Ashar padahal Ibnu Lahii’ah telah meriwayatkan hadits seperti itu kepada kita..?" lalu ia (Marwan) membacakannya (hadits di atas). Maka al-Laits menjawab, “Aku tidak akan meninggalkan sesuatu yang berguna bagiku hanya karena hadits Ibn Lahii’ah dari ‘Uqail.!” Kemudian Ibn ‘Adi meriwayatkan dari jalur Manshur bin ‘Ammar: "Ibnu Lahii’ah menceritakan kepada kami’, dari ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya." Hadits tersebut juga diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan Abu Nu’aim di dalam "ath-Thibb an-Nabawi" (2/12), dari ‘Amru bin al-Hushain, dari Ibnu ‘Ilaatsah, dari al-Auza’i, dari az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah secara marfu’. ‘Amr bin al-Hushain ini adalah seorang pembohong sebagaimana yang dikatakan al-Khathib dan ulama hadits lainnya. Ia perawi hadits lain tentang keutamaan ‘Adas (sejenis makanan), dan itu merupakan hadits palsu.

Hukum Tidur Habis 'Ashar
Terdapat dua pendapat yang masyhur di kalangan ulama tentang tidur sesudah 'Ashar.
Pertama, hukumnya makruh sebagaimana yang disebutkan oleh banyak fuqaha' dalam kitab-kitab fikih mereka. Sebagian yang lain berdalil dengan hadits dhaif di atas. Ada juga yang berdalil dengan sebagian ucapan para salaf dan kajian kesehatan. Khawat bin Jubair –dari kalangan sahabat- berkata tentang tidur di sore hari, ia tindakan bodoh. Sedangkan Makhul dari kalangan Tabi'in membenci tidur sesudah 'Ashar dan khawatir orangnya akan terkena gangguan was-was. (Lihat: Mushannaf Ibnu Abi Syaibah: 5/339) Ibnu Muflih dalam al-Adab al-Syar'iyyah (3/159) dan Ibnu Abi Ya'la dalam Thabaqat al-Hanbilah (1/22) menukil keterangan, Imam Ahmad bin Hambal memakruhkan bagi seseorang tidur sesudah 'Ashar, beliau khawatir akan (kesehatan) akalnya. Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Zaad al-Ma'ad (4/219) tidur siang hari adalah buruk yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dan bencana, menyebabkan malas, melemahkan syahwat kecuali pada siang hari di musim panas. Dan yang paling buruk, tidur di pagi hari dan di ujung hari sesudah 'Ashar. Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhuma pernah melihat anaknya tidur pagi, lalu beliau berkata kepadanya: "Bangunlah, apakah kamu (senang) tidur pada saat dibagi rizki?". . . dan sebagian ulama salaf berkata: "Barangsiapa yang tidur setelah ‘Ashar, lalu akalnya dicuri (hilang ingatan), maka janganlah sekali-sekali ia mencela selain dirinya sendiri." (Lihat: Mathalib Ulin Nuha (1/62), Ghada' al-Albab (2/357), Kasysyaf al-Qana' (1/79), Al-Adaab al-Syar'iyyah milik Ibnu al-Muflih (3/159), Adab al-Dunya wa al-Dien: 355-356, Syarh Ma'ani al-Atsar (1/99).

Pendapat kedua: Membolehkan tidur sesudah 'Ashar. Karena hukum asal dari tidur adalah mubah, dan tidak ada hadits shahih yang melarangnya. Padahal hukum syar'i itu diambil dari hadits-hadits shahih, bukan dari hadits-hadits lemah apalagi hadits palsu yang didustakan atas nama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, dan tidak pula ditetapkan dari pendapat-pendapat manusia.

Disebutkan keterangan dari al-Laits bin Sa'ad, seorang faqih dari Mesir yang sangat terkenal yang mengingkari larangan tidur habis 'Ashar yang sudah disebutkan di atas, berkata: "Saya sangat terpukau dengan jawaban al-Laits tersebut yang menunjukkan kefaqihan dan keilmuannya. Tentunya itu tidak aneh, sebab ia termasuk salah satu dari ulama tokoh kaum Muslimin dan seorang ahli fiqih yang terkenal. Dan saya tahu persis, banyak syaikh-syaikh (ulama-ulama) saat ini yang enggan untuk tidur setelah ‘Ashar sekali pun mereka membutuhkan hal itu. Jika dikatakan kepadanya bahwa hadits mengenai hal itu adalah Dha’if (lemah), pasti ia langsung menjawab, “Hadits Dha’if boleh diamalkan dalam Fadha’il al-A’maal (amalan-amalan yang memiliki keutamaan)!” Karena itu, renungkanlah perbedaan antara kefaqihan Salaf (generasi terdahulu) dan keilmuan Khalaf (generasi belakang). Selesai keterangan dari beliau." Juga terdapat dalam kitab mu’tashar minal mukhtashar musykilil atsar juz1 hal 7 bahwasanya ba’da ashar adalah waktu menyebarnya jin,

ولأن بعد العصر يكون انتشار الجن

 “dan bahwasanya setelah ashar adalah waktu menyebarnya jin”.

Mafaat Tidur Tanpa Lampu


Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَتْرُكُوا النَّارَ فِى بُيُوتِكُمْ حِينَ تَنَامُونَ

“Janganlah biarkan api di rumah kalian (menyala) ketika kalian sedang tidur.” (HR. Bukhari no. 6293 dan Muslim no. 2015)

Dari Abu Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

احْتَرَقَ بَيْتٌ بِالْمَدِينَةِ عَلَى أَهْلِهِ مِنَ اللَّيْلِ ، فَحُدِّثَ بِشَأْنِهِمُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « إِنَّ هَذِهِ النَّارَ إِنَّمَا هِىَ عَدُوٌّ لَكُمْ ، فَإِذَا نِمْتُمْ فَأَطْفِئُوهَا عَنْكُمْ »

“Ada sebuah rumah di Madinah terbakar mengenai penghuninya pada waktu malam. Kejadian tersebut lantas diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Api ini adalah musuh kalian. Apabila kalian tidur, padamkanlah api.” (HR. Bukhari no. 6293 dan Muslim no. 2016).

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

« غَطُّوا الإِنَاءَ وَأَوْكُوا السِّقَاءَ وَأَغْلِقُوا الْبَابَ وَأَطْفِئُوا السِّرَاجَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَحُلُّ سِقَاءً وَلاَ يَفْتَحُ بَابًا وَلاَ يَكْشِفُ إِنَاءً فَإِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلاَّ أَنْ يَعْرُضَ عَلَى إِنَائِهِ عُودًا وَيَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ فَلْيَفْعَلْ فَإِنَّ الْفُوَيْسِقَةَ تُضْرِمُ عَلَى أَهْلِ الْبَيْتِ بَيْتَهُمْ »

“Tutuplah wadah-wadah, ikatlah kantung air, kuncilah pintu, padamkanlah pelita karena setan tidak bisa membuka ikatan kantung air, tidak bisa membuka pintu, tidak bisa membuka wadah yang tertutup. Jika salah seorang di antara kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk menutup wadahnya kecuali dengan sebilah kayu lalu menyebut nama Allah ketika itu, lakukanlah karena tikus bisa membakar rumah yang dapat membahayakan penghuninya.” (HR. Muslim no. 2012).

Tidur adalah aktivitas rutin yang tentu setiap orang pasti melakukannya. Berbagai manfaa dapat kita peroleh dari tidur, terutama tidur di malam hari. Beberapa manfaat dari tidur adalah mengistirahatkan fisik dan pikiran manusia setelah melakukan aktivitas yang menuntut tubuh dan pikiran untuk bekerja. Tapi pertanyaannya adalah; Tidur mana kah yang lebih baik? Tidur dalam keadaan ruangan gelap, atau terang?.

Tidur dalam keadaan (ruangan) gelap atau tidur tanpa lampu ternyata lebih baik atau lebih bermanfaat bagi kita. Mengapa?. Karena saat kita tidur hormon dalam tubuh kita yang bernama hormon melatonin akan berproduksi. Hormon ini berfungsi sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh kita. Namun, hormon tersebut tidak akan berproduksi jika kita tidur dengan menggunakan lampu. Inilah alasan mendasar yang menjadikan tidur tanpa lampu (tanpa cahaya) sangat bermanfaat – lebih bermanfaat jika dibanding tidur menggunakan lampu (dengan cahaya).

Apa Saja Manfaat Tidur Tanpa Lampu?

Di atas telah disinggung mengenai alasan mendasar mengapa tidur tanpa lampu bermanfaat. Selanjutnya di bawah ini akan disebutkan dan dijelaskan mengenai manfaat-manfaat apa saja yang dapat kita peroleh jika tidur tanpa menggunakan lampu. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

Lebih Cepat Tidur

Saat kita tidur tanpa menggunakan lampu, maka proses kita menuju terlelap pun akan lebih cepat – karena cahaya lampu tidak akan “menusuk” mata yang akan menggangu kita.

Menstabilkan Emosi

Menurut berbagai sumber menjelaskan bahwa tidur tanpa menggunakan cahaya lampu akan membantu kita dalam mengontrol dan juga menstabilkan emosi jika dibandingkan dengan tidur dalam kondisi lingkungan yang terang.

Meningkatkan Produksi Hormon Melatonin

Tidur tanpa lampu akan membantu tubuh dalam proses produksi hormon melatonin. Dan hormon tersebut berfungsi meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terjaga dari berbagai macam penyakit.

Meringankan Stres

Stres yang terjadi pada kita akibat pikiran yang terlalu diporsir dapat diringankan dengan tidur tanpa lampu. Hal ini berkaitan dengan manfaat tidur tanpa lampu yang dapat menstabilkan emosi.

Meningkatkan Kerja Otak

Meningkatkan kerja otak atau menghindari sifat lupa dapat dilakukan dengan tidur tanpa lampu.

Mengurangi Obesitas

Menurut berbagai sumber yang relevan, tidur tanpa lampu dapat membantu kita dalam mengurangi obesitas. Oleh sebab itu tidur tanpa lampu sangat baik bagi pelaku diet.

Meringankan Depresi

Jika kita kaitkan dengan manfaat tidur tanpa lampu yang mampu menstabilkan emosi, maka manfaat tidur tanpa lampu yaitu meringankan depresi juga benar adanya. Hal ini sesuai dengan perasaan rileks dan nyaman saat tidur sehingga tubuh dan pikiran kita benar-benar dalam keadaan tidur (istirahat) yang berkualitas.

Tidur Tanpa Lampu Mencegah Kanker

Selain ketujuh manfaat tidur tanpa lampu yang telah disebutkan di atas. Ternyata manfaat lainnya adalah mampu mencegah terjadinya kanker. Mengapa?. Karena (seperti alasan di atas) bahwa hormon melatonin tidak akan berproduksi jika kita tidur dengan menggunakan lampu (cahaya), sedangkan melatonin itu sendiri berfungsi menjaga kekebalan tubuh termasuk mencegah dan juga menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, terpaan cahaya lampu di malam hari dapat memperbesar resiko terkena kanker payudara dan juga kanker usus pada kaum hawa (wanita). Oleh sebab itu, berdasarkan dua alasan di atas – maka tidur tanpa lampu atau cahaya sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan kita.

Tidur Tanpa Lampu Mencegah Leukimia Pada Anak

Tubuh menghasilkan zat kimia yang mampu melawan kanker, namun hal ini tidak akan terjadi – zat tidak berproduksi – jika dalam keadaan terang, dengan kata lain untuk memproduksinya membutuhkan kondisi lingkungan yang gelap. Tidur tanpa lampu yang diterapkan pada anak dapat mencegah terjadinya leukimia pada mereka. Maka, sangat disarankan untuk orang tua menerapkan tidur tanpa lampu pada anak-anak.

Manfaat Tidur Tanpa Lampu Dari Sisi Ekonomi

Di atas telah banyak ditinjau dijelaskan manfaat-manfaat tidur tanpa lampu dalam bidang kesehatan. Selanjutnya jika kita lihat dari segi ekonomi, maka mematikan lampu saat tidur juga bermanfaat. Ya, untuk mengurangi penggunaan listrik yang tidak penting. Saat kita tertidur maka lampu yang menyala tidak akan berfungi – justru akan menyebabkan bahaya seperti memicu kanker payudara pada wanita. Jadi, akan lebih bijak jika kita mematikan lampu saat tidur.

Tips-tips!!!

Ada beberapa tips jika kita hendak menerapkan tidur tanpa menghidupkan lampu. Tips-tips tersebut antara lain:

Jika kita tidur tanpa lampu atau cahaya, maka pastikan kita berhati-hati saat bangun. Hidupkan lampu terlebih dahulu sebelum kita bangun dan menuju ke tempat yang lain (misal: kamar mandi). Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.Jika diterapkan pada anak-anak, sedangkan kebanyakan anak-anak takut akan kegelapan, maka kita dapat menggunakan lampu yang redup, biasanya berwarna kuning atau merah.

Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

  Nabiyullah Sulaiman  'alaihissalam  (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta'ala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimilik...