Senin, 25 Oktober 2021

Mengenal Imam Badruddin Az-Zarkasyi


Beliau adalah Abu Abdillah  Muhammad bin Abd Allah bin Bahadur bin Abu Abd Allah Badr al-Din al-Zarkasyi . Abu Abd Allah adalah kuniyahnya manakala Badr al-Din pula merupakan gelaran yang diberikan kepadanya.

Mengenai nama bapa beliau terdapat dua pendapat di kalangan ulama’ yang menyebut mengenai nama sebenar bapa beliau iaitu Bahadur . Ini merupakan pendapat yang dikemukakan oleh al-Hafiz Ibn Hajar yang dinaqalkan di dalam kitab beliau al-Durar al-Kaminah. Perkara ini juga disebut oleh Ibn al-Imad al-Hanbali di dalam kitab Syazarat al-Dhahab serta Ibn Iyas di dalam kitab beliau Bada’i al-Zuhur fi Waqa’i al-Duhur.

Pendapat yang kedua ialah Abd Allah bin Bahadur. Pendapat ini disebut oleh Abu al-Hasan Ibn Taghri Bardi al-Anabiki di dalam kitab beliau al-Nujum al-Zahirah fi Muluk Misri wa al-Qahirah dan ia juga disebut oleh Imam Jalaluddin al-Suyuti di dalam kitab karangan beliau iaitu Husn al-Muhadhorah dan al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an. Begitu juga dengan Imam Shamsuddin, Muhammad bin Abd Allah al-Dawudi di dalam kitab Tabaqat al-Mufassirin turut memberi pandangan mengenai nama sebenar bapa beliau.
Pendapat yang paling sahih mengenai nama bapa beliau yang sebenar adalah Bahadur yang berasal daripada bahasa Turki dan kemudiannya diubah kepada Abd Allah dalam bahasa Arab yang membawa maksud Hamba Allah.

Nisbah Nama Beliau

Imam Badr al-Din al-Zarkasyi dinisbahkan kepada al-Zarkasyi adalah disebabkan
al-Zarkasyi dalam bahasa Parsi membawa maksud tenunan kain sutera emas. Hal ini disebabkan beliau telah mempelajari dan bekerja sebagai penenun benang sutera emas ketika usia muda beliau .

Ada juga yang berpendapat bahawa al-Zarkasyi adalah nisbah kepada salah seorang pemimpin Mamluk. Hal ini disebabkan beliau pernah berkhidmat kepadanya semasa beliau masih muda. Nisbah ini didapati pada suatu catatan di tepi muka surat terakhir dari kitab Zahr al-‘Arisyh fi Tahrim al-Hasyish, cetakan Maktabah Baladiah al-Iskandariah

Kelahiran

Imam Badr al-Din al-Zarkasyi dilahirkan di Mesir pada tahun 745H dari keluarga Turki. Bapa beliau dari keturunan Mamluk . Al-Hafiz Ibn Hajar menyebut mengenai beliau, katanya : “Beliau ( Imam al-Zarkasyi ), berasal daripada Turki dan dilahirkan di Mesir” .

PEKERJAAN AL-ZARKASYI

Mengenai pekerjaan beliau semasa kecil, ada pendapat yang mengatakan beliau bekerja sebagai penenun benang sutera emas dan ada juga pendapat yang mengatakan beliau bertugas sebagai pengawal kepada Raja al-Zarkasyi sebelum beliau berkecimpung dalam bidang ilmu pengetahuan dengan petunjuk Allah s.w.t .

KEILMUWAN

Imam Badr al-Din al-Zarkasyi merupakan contoh terbaik dari segi kesungguhan beliau sebagai penuntut ilmu dan dari segi sumbangan beliau sebagai seorang ulama’ Islam. Semasa tempoh pembelajarannya, beliau hanya menghabiskan waktu beliau dengan belajar dan berdamping dengan guru-guru beliau. Setelah menjadi ulama’, beliau banyak menghabiskan seluruh masanya di rumah dengan tujuan mengarang semata-semata. Dengan ketekunan kesungguhan beliau ini, maka tidak hairanlah, beliau mampu mengarang puluhan buah kitab yang amat bernilai dalam pelbagai bidang ilmu seperti dalam bidang fiqh, hadith, usul, ‘ulum al-Qur’an dan tafsir .

Imam Badr al-Din mula menghafal al-Qur’an pada usia muda. Begitu juga dengan beberapa kitab ringkasan yang terdapat pada zaman beliau seperti kitab al-Tanbih, karangan Imam Syirazi (w. 476H) dan kitab al-Minhaj, karangan Imam Nawawi ( w. 677H ) mampu dihafal oleh beliau ketika usia beliau masih muda lagi.

Imam al-Zarkasyi adalah ulama’ yang bermazhab Syafie dan dikenali sebagai seorang faqih yang amat tajam pemikirannya, seorang ahli usul yang disegani dan seorang ahli tafsir yang dikenali serta seorang yang mahir dalam bahasa Arab . 

Kajian Ilmiah Beliau

Imam Badr al-Din al-Zarkasyi tidak hanya menghabiskan masa beliau dengan belajar bersama guru-guru beliau sahaja, bahkan beliau membahagikan masa kepada dirinya sendiri untuk melakukan kajian dan penulisan ilmiah sepertimana yang telah disifatkan oleh al-Hafiz Ibn Hajar bahawa Imam al-Zarkasyi sentiasa menyendiri di rumah dan jarang sekali berkunjung ke kediaman orang lain kecuali ke kedai-kedai buku. Beliau akan mentelaah ilmu di kedai-kedai buku tersebut sepanjang hari dan mencatat ilmu-ilmu baru yang ditemuinya di atas beberapa helaian kertas yang dibawanya bersama. Kemudian beliau pulang ke rumahnya dan memindahkan catatan-catatan tersebut ke dalam kitab-kitab karangan beliau .

Dari sudut permulaan penulisan beliau, ulama’ bersepakat bahawa Imam Badr al-Din al-Zarkasyi sudah mula menulis kitab di usia muda beliau walaupun mereka berselisih pendapat dalam menentukan umur beliau yang sebenar pada ketika itu. Terdapat dua pendapat ulama’ dalam hal ini iaitu pendapat pertama yang diriwayatkan oleh al-Hafiz Ibn Hajar yang mengatakan bahawa Imam al-Zarkasyi mula menulis pada tahun 769H ketika beliau berusia 24 tahun. Pada ketika itu, guru beliau iaitu Imam al-Bulqini menyandang jawatan hakim di negeri Syam. Imam al-Zarkasyi sering meminjam dari guru beliau( Imam al-Bulqini ) kitab Rawdah al-Talibin, karangan Imam Nawawi, jilid demi jilid dan beliau membuat catatan kecil di tepi setiap halaman daripada kitab tersebut. Maka, dengan ini, beliau dikatakan sebagai orang pertama yang mengumpulkan hawasyi Syarh al-Rawdah yang dikarang oleh Imam al-Bulqini pada tahun 769H .

Al-Hafiz Ibn Hajar menyebut di dalam kitab beliau al-Durar al-Kaminah bahawasanya Qadi Wali al-Din bin al-‘Iraqi telah menghimpunkan hawasyi Syarh al-Rawdah yang dikarang oleh Imam al-Bulqini sebelum beliau bertemu dengan catatan Imam al-Zarkasyi yang tersembunyi di dalam kitab asal Hawasyi Syarh al-Rawdah milik Imam al-Bulqini. Setelah menemuinya, beliau lalu menghimpunkan catatan Imam al-Zarkasyi bersama Hawasyi al-Rawdah di dalam kitab yang sama yang ditulis di setiap tepi muka surat.

Dari sini dapat difahami bahawa Imam al-Zarkasyi telah mula membuat kajian beliau sendiri dan terlibat dalam bidang penulisan ketika beliau berusia 24 tahun, akan tetapi beliau masih tetap merebut peluang yang ada untuk menuntut ilmu daripada tokoh-tokoh ulama’ yang ada pada zaman beliau dari pelbagai negara. Hal ini dibuktikan dengan rehlah ilmiah beliau ke negeri Syam yang dipenuhi oleh ulama’-ulama’ besar dalam bidang fiqh, usul, hadith dan tafsir seperti Imam al-Azra‘i, al-Hafiz Ibn Kathir dan sebagainya. Mereka adalah generasi ulama’ yang menggantikan ulama’-ulama’ besar sebelum mereka seperti Imam Nawawi, Ibn Taimiyyah, Ibn Qayyim dan Ibn Salah. Dengan demikian, ilmu Imam al-Zarkasyi diperoleh melalui ulama’-ulama’ besar ini sebelum beliau melalui perantaraan guru-gurunya .

Walaupun Imam al-Zarkasyi pernah bermusafir ke Syam, namun hampir tiada suatu sumber pun yang dapat menunjukkan berapa lama beliau tinggal di sana. Begitu juga dengan sumber yang menyebut mengenai kehidupan ilmiah dan perjalanan hidup beliau, tidak disebutkan secara terperinci .

Manakala pendapat kedua yang diriwayatkan oleh Haj al-Khalifah di dalam kitab beliau Kasyf al-Zunun bahawa Imam al-Zarkasyi mula mengarang pada tahun 772H ketika beliau telah menyempurnakan Syarh Kitab al-Minhaj yang tidak dapat disempurnakan disebabkan kematian guru beliau iaitu Syeikh Jamaluddin al-Isnawi. Imam al-Zarkasyi dikatakan menggunakan metod penulisan salah seorang daripada guru beliau ketika menyempurnakan Syarh Kitab al-Minhaj ini iaitu Syeikh al-Isnawi sendiri dan Imam al-Azra’i mengikut metode penulisan Kitab al-Tawassut. Di sini dapat disimpulkan bahawa Imam al-Zarkasyi telah berjaya mencapai tahap ilmu guru-guru beliau pada usia beliau yang baru menjangkau 27 tahun .

Tulisan beliau sangat buruk sehinggakan jarang sekali ada orang yang dapat membaca tulisan beliau . Walaubagaimanapun, Imam al-Zarkasyi tetap mengajar dan mengeluarkan fatwa serta beliau juga dilantik oleh Syeikh Karim al-Din sebagai qadi di Qarafah al-Sughra, Qaherah sehingga ke akhir umur beliau .

GURU-GURU AL-ZARKASYI

Di antara ulama’-ulama’ besar yang pernah menjadi guru beliau termasuklah:-

1.Jamal al-Din Abd al-Rahim bin Hasan bin Ali bin ‘Umar bin Ali bin Ibrahim al-Umawi al-Isnawi .
2.Siraj al-Din al-Bulqini, Abu Hafs, Umar bin Roslan bin Nasir bin Saleh bin Shihab al-Kanani .
3.Maghlatoya bin Qalij al-Hanafi, gelarannya al-Hafiz ‘Alau’ al-Din .
4.Ahmad bin Ahmad bin Abd al-Wahid bin Muhammmad bin Ahmad bin Salim, Shihab al-Din al-Azra’i .
5.‘Imad al-Din Abu al-Fida’ Ismail bin ‘Umar bin Kathir bin Dhau’ bin Kathir al-Qaisi .
6.Baha’ al-Din al-Subki, Muhammad bin Abd Barr bin Yahya bin Ali bin Yusuf bin Musa bin Tamam al-Khazraji al-Syafie .
7.Abu Hafs, ‘Umar bin Hasan bin Mazid bin Amilah bin Jumuah al-Maraghi al-Halabi .
8.Badr al-Din, al-Hasan bin ‘Umar bin Habib bin Syawaikh bin ‘Umar al-Dimasyqi al-Halabi .
9.Abu Abd Allah, Syarf al-Din, ,al-Hasan bin Sulaiman bin Rayyan al-Toi al-Halabi .
10.Abu Muhammad, Abd Allah bin Yusuf bin Abd Allah bin Ahmad bin Abd Allah bin Hisyam .
11.Salah al-Din, Abu al-Sofa, Khalil bin Abik bin Abd Allah al-Sofdi .

Sumber-sumber yang dipercayai menyatakan bahawa pengajian al-Zarkasyi ketika bersama guru-guru beliau banyak mempengaruhi diri beliau sama ada dari sudut penulisan mahupun cara hidup. Dari sudut kehidupan, beliau di khabarkan sebagai seorang yang sentiasa menghabiskan masa beliau sama ada dengan belajar ataupun mengarang dan jarang sekali beliau keluar dari rumah kecuali ketika benar-benar perlu . Faktor kemiskinan dan tanggungan hidup yang dijamin oleh seorang ulama’ yang bernama Burhan al-Din bin Jama’ah menyebabkan beliau tidak perlu lagi bersusah payah mencari nafkah hidup dan sebagai gantinya beliau menghabiskan seluruh hidupnya semata-mata untuk mengarang kitab dan mengajar.
Begitu juga dari sudut penulisan, beliau terpengaruh dengan penulisan guru-guru beliau seperti Syeikh Jamal al-Din al-Isnawi. Beliau menyempurna dan melengkapkan kitab Syarh al-Minhaj yang telah terhenti penulisannya disebabkan kematian guru beliau dengan menggunakan metode penulisan al-Isnawi sendiri tanpa mengubahnya sedikit pun. Syarh al-Minhaj ini telah mendapat pengiktirafan daripada al-Hafiz Ibn Hajar di dalam kitab beliau yang terkenal al-Durar al-Kaminah sebagai kitab Syarh kepada al-Minhaj yang paling baik dan bermanfaat daripada kitab Syarh lain .

Sesetengah yang lain berpendapat bahawa Imam Badr al-Din al-Zarkasyi menggunakan metode penulisan guru beliau yang lain iaitu Imam al-Azra’i melalui kitab beliau yang diberi nama “al-Tawassut” dalam melengkapkan kitab Syarh al-Minhaj .

MURID-MURID AL-ZARKASYI

Mengenai murid-murid Imam Badr al-Din al-Zarkasyi, hampir semua sumber tidak menyebutnya melainkan beberapa individu, di antaranya :-

1.Al-Barmawi, Shams al-Din Muhammad bin Abd al-Dayim bin Musa .
2.Al-Qadi Najm al-Din, ‘Umar bin Haj al-Dimasyq al-Syafie. Dilantik sebagai mufti di Dar al-‘Adl sehingga beliau terbunuh di luar kota Damsyiq pada tahun 830H.
3.Selain itu, anak-anak Imam al-Zarkasyi sendiri yang terdiri daripada 5 orang iaitu Aisyah, Fatimah, Muhammad, Ali dan Ahmad merupakan murid beliau. Diriwayatkan daripada anak beliau, Muhammad, bahawa beliau mempelajari Kitab al-Ijabah daripada bapa beliau iaitu Imam al-Zarkasyi dan dalam masa yang sama menjadi guru beliau.

KEPERIBADIAN BELIAU

Imam Badr al-Din al-Zarkasyi adalah seorang yang tawadhuk dan zuhud serta suka menyendiri daripada manusia. Hal ini adalah disebabkan kesusahan dan kemiskinan yang dialami oleh beliau serta pergantungan hidup beliau kepada orang lain .

Para pengkaji yang meneliti secara halus dan mendalam terhadap permulaan kitab-kitab Imam al-Zarkasyi dapat mengetahui sifat tawadhuk, qana’ah dan kezuhudan beliau. Ini dapat dibuktikan apabila tiada suatu sebutan pun di dalam permulaan kitab beliau melainkan pujian kepada Allah s.w.t atas segala nikmat yang dikecapi beliau . Contohnya beliau menyebut di dalam kitab Syarh al-Minhaj : “Segala puji bagi Allah yang Maha Pemurah dengan segala nikmatNya yang tidak terhitung”. Begitu juga sebutan beliau di dalam kitab Khadim al-Rifa’i : “Segala puji bagi Allah yang telah memperluaskan rezeki kami dengan segala nikmatNya”. Di dalam kitab Tanqih al-Jami’ al-Sahih Li al-Bukhari beliau menyebut : “Segala puji bagi Allah yang memberi nikmatNya secara menyeluruh”. Manakala dalam kitab Khobaya al-Zawaya fi al-Furu’ beliau menulis : “Segala puji bagi Allah yang sentiasa memperbaharui nikmatNya”. Dan yang terakhir di dalam kitab Zahr al-‘Arisyh fi Tahrim al-Hasyish dengan tulisan beliau : “Aku mengungkapkan segala pujian kepada Allah yang telah memberi pelbagai nikmat ke atas hambaNya”. Dalil-dalil ini menunjukkan ketinggian sifat tawadhuk Imam al-Zarkasyi terhadap Allah s.w.t dan limpahan kesyukuran beliau terhadap segala nikmatNya .

Terdapat beberapa sumber yang menyebut dalil kecenderungan Imam al-Zarkasyi yang lebih suka menyendiri dan menjauhi manusia, di antaranya al-Hafiz Ibn Hajar dan ulama’ lainnya menyebut bahawa Imam al-Zarkasyi menghabiskan masa beliau sama ada dengan mendampingi guru-guru beliau ataupun menyendiri di rumah beliau sahaja. Beliau sentiasa mengunci pintu rumah beliau sekiranya beliau berada di rumah. Jarang sekali beliau keluar melainkan untuk pergi ke kedai-kedai buku. Maka, kerana itu hidup beliau hanya dihabiskan untuk menuntut ilmu dan mengarang semata-mata.

Beliau juga sering memuji guru-guru yang sering berbuat baik kepada beliau. Beliau sentiasa memuji keperibadian salah seorang gurunya iaitu al-Azra‘i, dengan katanya : “Aku bermusafir menemui beliau ( al-Azra‘i ) pada tahun 763H ( ketika itu beliau baru berumur 18 tahun ) maka, aku bertemu beliau di rumahnya. Beliau sangat memuliakanku sehinggakan seluruh penduduk negeri beliau memuliakan ku juga”.

Sepertimana yang kita ketahui, para cendiakawan Islam terdahulu sangat memuliakan ulama’-ulama’ disebabkan ilmu, kebaikan dan ihsan yang telah terkumpul di dada-dada mereka. Salah seorang ulama’ besar pada zaman Imam al-Zarkasyi iaitu Syeikh Burhan al-Din bin Jama’ah telah menunjukkan satu contoh kemuliaan dan pengiktirafan ulama’ sesama mereka dengan memberi nafkah hidup kepada Imam al-Zarkasyi dan keluarga beliau serta memberi peluang kepada beliau untuk membaca kitab-kitab di Maktabah Jami’ah .

Ibn Jama’ah yang berusia 20 tahun lebih tua daripada Imam al-Zarkasyi dan beliau merupakan satu-satunya pewaris keluarga beliau dari sudut ilmu, kemulian dan harta kekayaan yang ada di seluruh pelosok Syam dan Mesir. Sebagai tanda terima kasihnya, Imam al-Zarkasyi telah menghadiahkan kitab tulisan beliau al-Ijabah li Irad Mastadrakathu ‘Aisyah ala al-Sahabah kepada Syeikh Burhan al-Din dan disertai pujian di dalam ucapan kitab beliau itu, katanya : ‘‘Aku ( Imam al-Zarkasyi ) menghadiahkan kitab ini kepada seorang yang mempunyai ilmu yang luas dan permata yang bernilai, cahaya beliau lebih terang daripada cahaya matahari dan bulan serta mempunyai adab yang luas dan sekuntum bunga yang mekar, beliau ialah Sayyidi Qadi al-Quda Burhan al-Din bin Jama’ah”.

Dengan nafkah yang ditanggung oleh Syeikh Burhan al-Din, maka terlepaslah Imam al-Zarkasyi daripada tuntutan nafkah keluarga beliau. Namun begitu, beliau tidak melepaskan tanggungjawab mendidik anak-anak kepada orang lain, bahkan beliau sendiri yang mendidik mereka. Setelah beliau menamatkan mana-mana kitab karangannya, beliau mengumpulkan anak-anaknya dan dibacakan ke atas mereka dan tidak seorang pun yang dikecualikan daripada mendapat didikan beliau sepertimana yang ditahqiqkan oleh Sa’id al-Afghani di dalam muka surat terakhir daripada kitab al-Ijabah dengan katanya : ‘‘ Sesungguhnya penulis ( Imam al-Zarkasyi ) telah membacakan kitab ini ke atas anak-anak beliau lelaki mahupun perempuan sehinggakan anak beliau yang berumur 2 tahun turut berada dalam majlis beliau”.

Hal ini menunjukkan keprihatinan Imam al-Zarkasyi dalam pendidikan anak-anak beliau dan tidak pernah mengabaikan mereka. Sekalipun beliau gemar dan suka menjauhi manusia namun beliau sangat dekat dan rapat dengan anak-anaknya .

Ketokohannya sebagai ulama’ dan pemikir Islam terkemuka dapat dilihat melalui keperibadian dan akhlaknya yang mulia. Kriteria inilah yang dinilai bagi melayakkan beliau bergelar ulama’ dan pemikir pada pandangan Islam.

KEDUDUKAN AL-ZARKASYI SEBAGAI SEORANG TOKOH ULAMA’

Walaupun Imam al-Zarkasyi mempunyai ilmu yang tinggi dalam pelbagai bidang namun beliau tidak masyhur di kalangan orang ramai pada zaman beliau. Nama beliau hanya dikenali selepas kewafatan beliau pada tahun794H. Hal ini adalah disebabkan sikap beliau yang lebih suka menyendiri dari hidup bermasyarakat, kezuhudan beliau dalam kehidupan serta ketekunan beliau dalam menuntut ilmu dan mengarang kitab .

Namun begitu, beliau amat dikenali oleh ulama’ dan ahli-ahli ilmu yang sezaman dengan beliau dan ulama’-ulama’ yang lahir selepas beliau seperti al-Hafiz Ibn Hajar, yang mana beliau telah menyusun biografi Imam al-Zarkasyi dengan begitu sempurna dan baik sekali di dalam kitab beliau yang dinamakan sebagai al-Durar al-Kaminah serta meletakkan beliau sebagai salah seorang ulama’besar kurun ke-18.

Imam al-Zarkasyi mengikut jejak langkah ulama’ lainnya dengan menuntut ilmu daripada ulama’-ulama’ besar yang sezaman dengan beliau terutamanya ulama’-ulama’ mazhab yang terkenal di dalam dunia Islam pada ketika itu. Perkara ini diakui sendiri oleh Imam al-Zarkasyi dan sebagai buktinya, di dalam kitab-kitab karangan beliau, beliau banyak menisbahkan kembali pendapat-pendapat yang dimuatkan kepada pemiliknya dari kalangan ulama’ dan kitab-kitab karangan mereka. Perkara ini juga disebut oleh al-Hafiz Ibn Hajar di dalam biografi Imam al-Zarkasyi dengan katanya : “Beliau (Imam al-Zarkasyi) menuntut ilmu daripada Imam al-Bulqini dengan mempelajari kitab Hasyiah Bulqini ala Syarh al-Rawdah dan mengambil banyak pendapat guru beliau al-Azra‘i melalui kitab al-Tawassut ketika beliau (Imam al-Zarkasyi) mengarang Kitab Khadim al-Raf‘i serta mempelajari ‘Ulum Hadith dan beberapa buah kitab ringkasan daripada al-Hafiz Ibn Kathir ”.

Bukan setakat itu sahaja, bahkan Imam al-Zarkasyi diberi pengiktirafan oleh al-Hafiz Ibn Hajar sebagai seorang ulama’ yang bukan hanya mengambil pendapat ulama’ lain semata-mata, bahkan beliau adalah seorang yang amat menitikberatkan penyelidikan ilmiah serta mempunyai manhaj tertentu dalam menyusun metode penulisan beliau di dalam kitab-kitab karangan beliau. Sebagai contoh, al-Hafiz Ibn Hajar menyatakan bahawa Imam al-Zarkasyi menjadikan kitab karangan Ibn Abi Mansur al-Baghdadi sebagai kitab asal kepada kitab al-Ijabah li Irad Mastadrakathu ‘Aisyah Ala al-Sohabah. Kitab Abu Mansur ini mengandungi 25 buah hadith Rasulullah s.a.w dan dicetak di dalam bentuk yang nipis sahaja tetapi al-Hafiz Ibn Hajar mengakui bahawa Imam al-Zarkasyi telah menyusun semula kitab ini dengan lebih baik dan menambahkan penjelasan dan keterangan ke atas hadith-hadith tersebut serta banyak mengambil pendapat daripada kitab-kitab besar yang muktabar .

KEWAFATAN

Beliau wafat pada hari Ahad 3 Rejab tahun 794H dalam usia 49 tahun dan dimakamkan di Qarafah al-Sughra, Qaherah, Mesir.‎
Imam Badr al-Din al-Zarkasyi merupakan seorang ulama’ yang terbilang dan luas ilmu pengetahuannya serta mempunyai keperibadian yang tinggi. Walaupun beliau tidak dikenali pada zamannya disebabkan sikap beliau yang suka menyendiri dari hidup bermasyarakat namun beliau lebih dikenali dikalangan ulama’-ulama’ yang hidup pada zaman beliau dan selepas beliau .Ketinggian beliau dalam bidang ilmu menjadikan beliau seorang yang terkenal dan mempunyai kedudukan yang tinggi di kalangan para ulama’ tersohor seperti Ibn Hajar. Justeru, penulis berpandangan berdasarkan keilmuan, kepakaran beliau dan kekuatan peribadinya, melayakkan Imam Badr al-Din al-Zarkasyi untuk digelar mujtahid dan kibar al-ulama’. Penulis berharap agar koleksi kajian berhubung ketokohan Imam Badr al-Din al-Zarkasyi sebagai seorang ulama’ yang menguasai pelbagai disiplin ilmu agama yang melayakkannya digelar sebagai tokoh yang memberikan sumbangan yang bermakna kepada masyarakat diperbayakkan lagi agar dapat dijadikan ikutan kepada pencinta-pencinta ilmu kini.

Tanbihul Ghofilin Imam Abu Laits As-Samarqondi


Nama lengkap beliau adalah Nashr bin Muhammad bin Ibrahim As-Samarqandi At-Tuzy Al-Balkhy, sedangkan julikannya adalah Al Faqih yang menandakan bahwa beliau telah sampai pada derajat yang tinggi dalam dunia ilmu Fiqih yang mana pada saat itu tiada seorangpun yang dapat menyamainya pada zamannya. Beliau begitu menyukai julukan tersebut dan beliau juga tabarrukan dengan julukan tersebut, di karenakan julukan tersebut diberikan langsung oleh Nabi Saw melelui mimpi beliau. Hal itu terjadi saat beliau mengarang kitab “Tanbihul Ghafilin” lalu beliau membawa kitab tersebut untuk sowan ke Raudlahnya Nabi Saw setelah itu beliau menginap di sana, kemudian beliau bermimpi melihat Nabi Saw mengambil kitabnya seraya berkata “Ambillah kitabmu, Wahai Faqih”. Lalu beliau pun terjaga dan beliau menemukan di dalam kitabnya tempat-tempat yang di koreksi Nabi.

Adapun kelahirannya tak diketahui secara pasti. Hal itu disebabkan dikarenakan para ulama’ tak dapat meramalkan bahwa kelak beliau akan menjadi seorang alim & seandainya bisa meramalkannya tentu para Ulama’ akan mencatat tahun kelahirannya. Namun sebagian Ulama’ menuturkan bahwa tahun kelahiran beliau (Abu Laits) di perkirakan pada thn 301/310 H. Setelah itu terjadi perbedaan di antar beberapa sumber mengenai tahun kewafatannya sebagai berikut :
a) Ad-Dawudi di dalam kitabnya yang berjudul “Thabaqatul mufassirin” menuturkan bahwasannya beliau wafat pada malam Selasa tanggal 11 Jumadal Akhirah th 393 H.
b) Pemilik kitab “Thabaqat As-Saniyah fii Tarajim Al-Hanafiya”. Mengatakan bahwa beliau wafat pada thn 383 H.
c) Khaji Khalifa di dalam kitabnya “Kasyf Adz-Dzunun” menuturkan bahwasannya Abu Laits meninggal pada th 376 H.
d) Dan dari kitab “Tarikh At-Turats Al-Araby” bahwa ia wafat thn 373 H, ada juga 375 H, dan ada juga yg mengatakan th 393 H.
Adapun tempat dimana beliau dilahirkan adalah Samarkand yang merupakan salah satu kota dari Khurasan kini masuk dalam daerah Uni Soviet, ada pun yg mengemukakan bahwa kota itu termasuk juga bidang Arab, Samarkand merupaan kota yg besar beserta beberapa iklim di dalamnya. Kota ini pun menjadi kiblat bagi para pelajar yg haus akan ilmu pengetahuan, karena banyak dari fuqaha’ , mutasawwif yg pergi kesana. Maka pada kala itu Samarkand menempati tempat tertingi di antara negara-negara Islam dalam hal keilmuan. Adapun guru-guru beliau adalah sebagai berikut :
1) Muhammad bin Ibrahim AT-Tuzy yang merupakan ayahnya sendiri, beliau adalah seorang Faqih dan Wara’. Beliau merupakan guru Abu Laits waktu kecil.
2) Abu Ja’far Al-Hinduani
3) Al-Kholil bin Ahmad Al-Qadli As-Sijzy
4)      Muhammad bin Al-Fadl Al-Balkhy
Dan masih banyak lagi yang tidak disebutkan dalam kitab ini.
Ikhlas Menurut Kitab Tanbihul Ghafilin Imam Abu Laits‎

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ الْمَلَائِكَةَ يَرْفَعُونَ عَمَلَ عَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ فَيَسْتَكْثِرُونَهُ وَيُزَكُّونَهُ حَتَّى يَنْتَهُوا بِهِ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى مِنْ سُلْطَانِهِ فَيُوحِي اللَّهُ تَعَالَى إِلَيْهِمْ: أَنَّكُمْ حَفَظَةٌ عَلَى عَمَلِ عَبْدِي وَأَنَا رَقِيبٌ عَلَى مَا فِي نَفْسِهِ، إِنَّ عَبْدِي هَذَا لَمْ يُخْلِصْ لِي عَمَلَهُ فَاكْتُبُوهُ فِي سِجِّينٍ، وَيَصْعَدُونَ بِعَمَلِ عَبْدٍ فَيَسْتَقِلُّونَهُ وَيَحْتَقِرُونَهُ حَتَّى يَنْتَهُوا بِهِ إِلَى حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ مِنْ سُلْطَانِهِ، فَيُوَحِيَ اللَّهُ إِلَيْهِمْ أَنَّكُمْ حَفَظَةٌ عَلَى عَمَلِ عَبْدِي , وَأَنَا رَقِيبٌ عَلَى مَا فِي نَفْسِهِ , إِنَّ عَبْدِي هَذَا أَخْلَصَ لِي عَمَلَهُ فَاكْتُبُوهُ فِي عِلِّيِّينَ ". 

فَفِي هَذَا الْخَبَرِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ قَلِيلَ الْعَمَلِ إِذَا كَانَ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى خَيْرٌ مِنَ الْكَثِيرِ لِغَيْرِ وَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، لِأَنَّ الْقَلِيلَ إِذَا كَانَ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، فَإِنَّ اللَّهَ يُضَاعِفُهُ بِفَضْلِهِ كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: {إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۖ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا} [النساء: 40  [

وَأَمَّا الْكَثِيرُ إِذَا لَمْ يَكُنْ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى فَلَا ثَوَابَ لَهُ وَمَأْوَاهُ جَهَنَّمُ

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Sesungguhnya malaikat menaikkan amalan seorang hamba dari hamba-hamba Allah kemudian malaikat tersebut menganggapnya banyak beramal baik dan memuji-mujinya hingga mereka sampai kepada apa yang di kehendaki oleh Allah ta'ala dari kerajaanNya, kemudian Allah mewahyukan kepada mereka:

Sesungguhnya kalian adalah malaikat penjaga amalan-amalan hambaKu dan Aku mengawasi terhadap apa yang ada di dalam hatinya, sesungguhnya hambaku ini tidak ikhlas ketika beramal kepadaKu maka tulislah dia ke dalam neraka sijjin.

Dan malaikat membawa naik amalan seorang hamba maka mereka menganggap amalannya sedikit dan menghinanya hingga mereka sampai kepada apa yang dikehendaki oleh Allah dari kerajaanNya, kemudian Allah mewahyukan kepada mereka:

Sesungguhnya kalian adalah malaikat penjaga terhadap amalannya hambaKu dan aku mengawasi terhadap apa yang ada di dalam hatinya, sesungguhnya hambaku ini ikhlas ketika beramal kepadaKu maka tulislah dia kedalam syurga 'illiyyiin.‎

Dalam hadits ini terdapat dalil bahwa sesungguhnya amalan yang sedikit jika adanya karena mengharap ridha Allah ta'ala itu lebih baik dari pada amalan yang banyak tapi tidak mengharap ridha Allah ta'ala, alasannya karena sesungguhnya amalan yang sedikit jika adanya karena mengharap ridha Allah ta'ala maka sesungguhnya Allah melipat gandakanya dengan anugrahNya sebagaimana firman Allah:

Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarah, niscaya Allah akan melipat gandakan dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. (An-Nisa' : 40).

Adapun amalan yang banyak jika adanya bukan karena mengharap ridha Allah ta'ala maka tiada pahala baginya dan tempat kembalinya adalah neraka jahannam.

وَقِيلَ لِبَعْضِ الْحُكَمَاءِ: مَنِ الْمُخْلِصُ؟ قَالَ: الْمُخْلِصُ الَّذِي كَتَمَ حَسَنَاتِهِ كَمَا يَكْتُمُ سَيِّئَاتِهِ

Dan ditanyakan kepada sebagian ulama' ahli hikmah:

"Siapakah orang yang ikhlas itu?"

"Orang yang ikhlas adalah orang yang menyembunyikan kebaikannya sebagaimana dia menyembunyikan keburukannya."

Namun keadaan ini berlaku untuk hal-hal tersentu, sebab tidak semua kebaikan bisa disembunyikan.

وَقِيلَ لِبَعْضِهِمْ: مَا غَايَةُ الْإِخْلَاصِ؟ قَالَ: أَنْ لَا يُحِبَّ مَحْمَدَةَ النَّاسِ.

Ditanyakan kepada sebagian yang lain:

"Apa puncaknya ikhlas ?"

"Puncaknya ikhlas adalah ketidaksukaan terhadap pujian manusia."

وَقِيلَ لِذِي النُّونِ الْمِصْرِيِّ: مَتَى يَعْلَمُ الرَّجُلُ أَنَّهُ مِنْ صَفْوَةِ اللَّهِ تَعَالَى؟ يَعْنِي مِنْ خَوَاصِّهِ الَّذِينَ اصْطَفَاهُمُ اللَّهُ تَعَالَى، قَالَ: يَعْرِفُ ذَلِكَ بِأَرْبَعَةِ أَشْيَاءَ: إِذَا خَلَعَ الرَّاحَةَ، يَعْنِي تَرَكَ الرَّاحَةَ، وَأَعْطَى مِنَ الْمَوْجُودِ، يَعْنِي يُعْطِي مِنَ الْقَلِيلِ الَّذِي عِنْدَهُ، وَأَحَبَّ سُقُوطَ الْمَنْزِلَةِ، وَاسْتَوَتْ عِنْدَهُ الْمَحْمَدَةُ وَالْمَذَمَّةُ

Ditanyakan kepada Al-Fadhil Dzin Nun al-Mishri:

"Kapankah seseorang itu mengetahui bahwa sesungguhnya dia adalah termasuk sebagian dari pilihan Allah ? maksudnya sebagian dari orang-orang khusus yang dipilih oleh Allah ta'ala."

Al-Fadhil Dzin Nun menjawab: "Hal itu bisa diketahui dengan empat perkara:

1. Ketika dia mencabut kesenangan, maksudnya meninggalkan kesenangan.
2. Memberikan dari yang ada, maksudnya tetap memberikan atau bersedekah meskipun ia hanya memiliki sedikit.
3. Suka terhadap jatuhnya derajat.
4. Sama baginya antara pujian dan celaan.‎

Mengenal Sosok Syaikh Jalaluddin Al-Mahalli


Siapa yang tidak mengenal Imam Muhammad bin Ahmad bin Ibrahim Al-Mahalli? Itu lho salah satu penulis tafsir kenamaan yang oleh banyak orang disebut Tafsir Al-Jalalain. Sebuah tafsir yang dijadikan kurikulum di hampir seluruh pesantren dan lembaga pendidikan di negeri ini. Meskipun tidak terlalu tebal, hanya berukuran satu jilid, namun oleh Al-Qadhi Ahmad Kan’an dinobatkan sebagai ringkasan dari seluruh tafsir-tafsir besar yang pernah ada. Keren, bukan?

Oleh orang-orang, Jalaluddin Al-Mahalli disebut-sebut sebagai sosok ulama yang tidak saja memiliki lautan ilmu, namun juga mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya. Pernah suatu hari sepeninggalan gurunya, Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani, ia diberi tawaran jabatan kehakiman, namun jabatan tersebut tidak diambilnya di saat banyak orang yang mendambakannya. Keputusannya tersebut bukan tanpa alasan. Ia mengatakan sendiri pada murid-muridnya, “Aku tidak sanggup menanggung panasnya api neraka!?”

Selain tafsir di atas, Al-Mahalli juga berhasil menulis sejumlah karya ilmiah yang fonumental yang hingga detik ini masih terus dicetak, dipelajari, dan diperhitungkan tentunnya. Di antaranya ailah Syarah Jam’ Al-Jawami’ yangt bertajuk Al-Badr Ath-Thali’,Syarh Al-Waraqat, dan Kanz Ar-Raghibin syarh Minhaj Ath-Thalibin.

Kepada siapa Al-Mahalli mengaji, sejarah telah merekam sejumlah nama guru-gurunya, seperti Ibnul Mulaqqin, Al-Bulqini, Ibrahim Al-Abnasi, dan Ibnu Hajar sebagaimana yang telah disinggung di atas.

Sebagai seorang ulama besar, tentu akan mengundang para pemburu warisan para Nabi dan Rasul. Oleh karena itu, dari tangannya muncullah generasi kemudian yang menggantikan dan meneruskan perjuangannya. Mereka ialah As-Suyuthi, As-Sakhawi, As-Samhudi, dan seterusnya.

Al-Imam Jalaluddin Abu Abdillah Muhammad bin Syihabuddin Ahmad bin Kamaluddin Muhammad bin Ibrahim bin Ahmad bin Hasyim Al-`Abbasi Al-Anshari Al-Mahalli Al-Qahiri Asy-Syafi`i(bahasa Arab: الإمام جلال الدين أبو عبدالله محمد بن شهاب الدين أحمد بن كمال الدين محمد بن إبراهيم بن أحمد بن هاشم العباسي الأنصاري المحلي القاهري الشافعي) lahir di Kairo, Mesir pada awal Syawwal 791 H/September 1389 wafat pada Sabtu pagi, pertengahan Ramadhan 864 H/1459. Al-Mahalli dinisbatkan dengan daerah Al-Mahallah Al-Kubra yang sekarang ini masuk kedalam Kegubernuran Al Gharbiyah, Mesir.

Jalaluddin al-Mahalli memiliki banyak guru diantaranya:
Al-Imam Syamsuddin Abu Abdillah Muhazmad bin Abdu ad-Da'im An-Nu`aimi Al-`Asqalani Al-Barmawi Al-Qahiri Asy-Syafi`i yang lebih dikenal dengan Syamsu al-Barmawi (763 - 831 H), dalam ilmu fikih, ushul fikih dan bahasa Arab, ia tinggal di Madrasah Al-Baibarsiyyah tempat Jalaluddin al-Mahalli belajar
Al-Imam Al-Faqih Burhanuddin Abu Ishaq Ibrahim bin Ahmad Al-Baijuri, lebih dikenal dengan Burhan Al-Baijuri (825 - 750 H) dalam ilmu fikih
Al-Imam Al-Muhaddits Jalaluddin Abu al-Fadhl Abdurrahman bin Umar bin Ruslan Al-Kanani Al-`Asqalani Al-Bulqini Al-Mishri, lebih dikenal dengan Jalal Al-Bulqini (763 - 824 H) dalam bidang hadits
Al-Imam Al-Muhaddits Waliyuddin Abu Zur`ah Ahmad bin Al-Muhaddits Abdurrahim Al-`Iraqi (762 - 826 H) dalam bidang ilmu hadits
Al-Imam Al-Hafidz Qadhi al-Qudhat `Izuddin Abdul Aziz bin Muhammad bin Ibrahim bin Jama`ah Al-Kanani (694 - 767H), dalam bidang hadits dan ushul fiqih
Asy-Syaikh Syihabuddin Al-`Ajimi, cucu Ibnu Hisyam, dalam bidang nahwu
Asy-Syaikh Syamsuddin Muhammad bin Syihabuddin Ahmad bin Shalih bin Muhammad bin Abdullah bin Makki Asy-Syanuthi (Wafat 873 H) dalam bidang nahwu dan bahasa Arab
Al-Imam Nashiruddin Abu Abdillah Muhammad bin Anas bin Abu Bakr bin Yusuf Ath-Thanatada'i Al-Mishri Al-Hanafi (Wafat 809 H), dalam bidang ilmu waris dan ilmu hitung
Al-Imam Badruddin Mahmud bin Muhammad bin Ibrahim bin Ahmad Al-Aqshara'i (Wafat 825 H), dalam bidang ilmu logika, ilmu debat, ilmu ma`ani, ilmu bayan, ilmu `arudh dan ushul fikih
Al-Imam Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Utsman Ath-Tha'i Al-Basathi Al-Maliki (670 - 842 H), dalam bidang tafsir, ushuluddin, dan lain-lain
Al-Imam `Ala'uddin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al-Bukhari Al-Hanafi (799 - 841 H)
Asy-Syaikh Al-`Allamah Nizhamuddin Yahya bin Yusuf bin Muhammad bin Isa Ash-Shairami Al-Hanafi (777 - 833 H, dalam bidang fikih
Asy-Syaikh Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abu Bakr bin Khudhar bin Musa, lebih dikenal dengan Ibnu Ad-Dairi (788 - 862 H
Asy-Syaikh Majduddin Al-Barmawi Asy-Syafi`i
Asy-Syaikh Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Khalil Al-Gharaqi Asy-Syafi`i (Wafat 816 H) dalam bidang fikih
Asy-Syaikh Syihabuddin Ahmad bin Abi Ahmad Muhammad bin Abdullah Al-Maghrawi Al-Maliki (Wafat 820 H)
Asy-Syaikh Kamaluddin Abu Al-Baqa' Muhammad bin Musa bin Isa bin Ali Ad-Damiri (742 - 808 H), hadir dalam sebagian kajiannya
Asy-Syaikh Syihabuddin Abu al-`Abbas Ahmad bin `Imad bin yusuf bin Abdu an-Nabi al-Aqfahasi Al-Qahiri, lebih dikenal dengan Ibnu al-`Imad (750 - 808 H)
Asy-Syaikh Badruddin Muhammad bin Ali bin Umar bin Ali bin Ahmad Ath-Thanabadi
Syaikh al-Islam Al-Imam SyihabuddinIbnu Hajar Al 'Asqalani (773 - 852 H) dalam bidang hadits dan ilmu hadits
Asy-Syaikh Jamaluddin Abdullah bin Fadhlullah, dalam bidang hadits
Al-Imam Al-Muhaddits Syarafuddin Abu Thahir Muhammad bin Muhammad bin Abdul Lathif Asy-Syafi`i, lebih dikenal dengan Ibnu Al-Kuwaik (737 - 821 H)
Al-Imam Al-`Allamah Syamsuddin Abu Al-Khair Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf bin Al-Jazari Asy-Syafi`i (752 - 833 H)
Asy-Syaikh Nashiruddin Muhammad bin Muhammad bin Mahmud Nashiruddin Al-`Ajami As-Samnudi Asy-Syafi`i, lebih dikenal dengan Ibnu Mahmud (Wafat 855H), Jalaluddin al-Mahalli menghafal al-Qur'an kepadanya ketika masih kecil‎
Murid-muridnya

Al-Imam Nuruddin Abu Al-Hasan Ali bin Al-Qadhi Afifuddin Abdullah bin Aham, lebih dikenal dengan nama As-Samhudi, Ulama, Mufti, Pengajar dan Sejarawan di Madinah (Lahir pada bulan Shafar 844 H, wafat di Madinah pada tahun 911 H), ia mempelajari Syarh al-Minhaj, Jam`ul Jamami`, dan lain-lain.
Asy-Syaikh Burhanuddin Ibrahim bin Muhammad bin Abu Bakr bin Ali bin Mas`ud bin Ridhwan Al-Mari Al-Maqdisi lebih dikenal dengan nama Ibnu Abi Syarif (836 - 923 H) lahir di Yerusalem kemudian pergi ke Kairo dan mempelajari Syarh Jam`ul Jawami`
Asy-Syaikh Syihabuddin Abu Al-Fattah Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Musa Al-Absyaihi Al-Mahalli, ia mempelajari Syarh al-Minhaj dan Syarh Jam`ul Jamami`
Asy-Syaikh Khairuddin Abu Al-Khair Muhammad bin Muhammad bin Daud Ar-Rumi Al-Qahiri Al-Hanafi, lebih dikenal dengan nama Ibnu Al-Farra' (814 - 897 H), ia mempelajari bidang fikih dan ushul fikih
Asy-Syaikh Kamaluddin Abu Al-Fadhl Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Bahadir Al-Maumani Ath-Tharablusi Al-Qahiri Asy-Syafi`i (Wafat 877H, ia mempelajari Syarh al-Minhaj, Syarh Jam`ul Jamami`, Syarh Alfiyah Al-`Iraqi, dan lain-lain
Asy-Syaikh Shalahuddin Muhammad bin Jalaluddin Muhammad bin Muhammad bin Khalaf bin Kamil Al-Manshuri Ad-Dimyathi, Qadhi di Dimyath, lebih dikenal dengan nama Ibnu Kamil (Wafat 887 H)
Asy-Syaikh Syamsuddin Abu Al-Barakay Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf bin Al-Baz Al-Asyhab Manshur bin Syibl Al-Ghiraqi (795 - 858 H)
Asy-Syaikh Najmuddin Muhammad bin Syarafuddin Muhammad bin Najmuddin Muhammad bin Sirajuddin Umar bin Ali bin Ahmad Al-Qurasyi Ath-Thanabadi Al-Qahiri Asy-Syafi`i, lebih dikenal dengan nama Ibnu `Arab, (Lahir pada bulan Rajab tahun 831 H
Asy-Syaikh Syihabuddin Ahmad bin Muhammad bin Musa Asy-Syihab Al-Bairawati Al-Khanaki Asy-Syafi`i
Asy-Syaikh `Imaduddin Abu al-Fida' Ismail bin Ibrahim bin Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ibrahim bin Abdurrahman bin Ibrahim bin Sa`dulah bin Jama`ah (825 - 861 H, ia mempelajari Syaikh Jam`ul Jawami` dan lain-lain
Asy-Syaikh Hisamuddin Husain bin Muhammad bin Hasan Al-Ghazi Asy-Syafi`i atau lebih dikenal dengan nama Ibnu Al-Harasy
Asy-Syaikh Syarafuddin Abdul Haq bin Syamsuddin Muhammad bin Abdul Haq bin Ahmad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Abdul `Al As-Sanbathi, ia mempelajari beberapa kitab (Wafat 842 H
Asy-Syaikh Zainuddin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Syaraf bin Al-Lu'lu'i Ad-Dimasyqi bin Qadhi `Ajlun, (Lahir 839 H
Asy-Syaikh Zainuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Haji bin Fadhl As-Santawi, ia mempelajari fikih dan ushul fikih
Asy-Syaikh Abdullah bin Ahmad bin Abi Al-Hasan Ali bin Isa bin Muhammad bin Isa bin Muhammad bin Isa Al-Jamal Al-Hasani As-Samhudi (Lahir 804 H) ia mempelajari bahasa Arab, Syarh Ibnu Aqil, fikih, ushul fikih, dan lain-lain
Asy-Syaikh Ali bin Daud bin Sulaiman bin Khalad bin `Audh bin Abdullah bin Muhammad bin Nuruddin Al-Jaujari, Khatib Masjid Raya Toulon, ia hadir di beberapa kajian Jalaluddin Al-Mahalli
Asy-Syaikh Nuruddin Ali bin Muhammad bin Isa bin Umar bin `Athif Al-`Adani Al-Yamani Asy-Syafi`i, lebih dikenal dengan nama Ibnu `Athif (Lahir 812 H
Asy-Syaikh Sirajuddin Umar bin Hasan bin Umar bin Abdul Aziz bin Umar An-Nawawi, ia mempelajari Syarh Al-Minhaj
Asy-Syaikh Najmuddin Muhammad bin Burhanuddin Ibrahim bin Jamaluddin Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman, lahir 833 H di Yerusalem, ia mempelajari Syarh Jam`ul Jawami`
Asy-Syaikh Syarafuddin Yahya bin Muhammad bin Sa`id bin Falah bin Umar Al-`Abasi Al-Qahiri Asy-Syafi`i, lebih dikenal dengan nama Al-Baqani, lahir pada tahun 827 H dan wafat pada tahun 900 H, ia mempelajari tafsir
Asy-Syaikh Abu Bakr bin Quraisy bin Ismail bin Muhammad Quraisy Azh-Zhahiri, lahir pada tahun 850 H
Asy-Syaikh Al-Imam Ali bin Muhammad bin Isa bin Yusuf bin Muhammad Al-Asymuni, lahir pada bulan Sya`ban 838 Hdan wafat pada hari Sabtu, 17 Dzulhijjah 918 H
Asy-Syaikh Burhanuddin Abu Al-Hasan Ibrahim bin Umar bin Hasan bin Ali bin Abu Bakr Al-Buqa`i (809 - 885 H
Karya-karyanya

Al-Badru ath-Thali` fi Halli Jam`i al-Jawami`, merupakan Syarh dari Jam`u al-Jawami` yang ditulis oleh Tajuddin As-Subuki, kitab dalam ilmu ushul fiqih, dan kitab ini memiliki banyak hasyiyah antara lain:
Hasyiyah Syaikh Al-Islam Kamaluddin bin Abi Syarif (Lahir pada tahun 905 H) kitab ini bernama Al-Badru Al-Lami`
Hasyiyah Syaikh Al-Islam Zakariya Al-Anshari (Wafat pada tahun 926 H) (Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Hasyiyah Al-`Allamah Nashiruddin Al-Liqani, dicetak pada tahun 1332 H
Hasyiyah Asy-Syaikh As-Sanbathi Asy-Syafi`i (Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Hasyiyah Asy-Syaikh Ali Al-Bukhari (Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Hasyiyah Asy-Syaikh Syihabuddin Al-Barlusi, yang lebih dikenal dengan nama `Amirah
Hasyiyah Asy-Syaikh Abdurrahman Al-Banani (Wafat pada tahun 1198 H) dicetak bersama Syarh Al-Imam Al-Mahalli di Bulaq pada tahun 1285 dan 1297 H dalam 2 jilid, dicetak di Percetakan Al-Khairiyyah pada tahun 1308 H, dicetak di Percetakan Al-Azhar pada tahun 1309 H serta dicetak di Percetakan Al-Maimuniyyah dan Percetakan Asy-Syarafiyyah pada tahun 1318 H.
Hasyiyah Al-Imam Al-`Allamah Hasan Al-`Aththar (Wafat pada tahun 1250 H, dicetak di Percetakan Al-`Ilmiyyah, Kairopada tahun 1313, 1316 dan 1318 H
Syarh Al-Waraqat yang ditulis Imam Al-Haramain Al-Juwaini, Syarh ini memiliki beberapa Hasyiyah antara lain:
Hasyiyah Asy-Syaikh Ahmad Ad-Dimyathi, dicetak bersama Syarh oleh Percetakan Al-Maimuniyyah pada tahun 1315 H dan Percetakan Daar al-Kutub Al-`Arabiyyah pada tahun 1338 H
Hasyiyah Asy-Syaikh Muhammad As-Sanbathi(Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Hasyiyah Asy-Syaikh Muhammad Ash-Shafati (Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Hasyiyah Asy-Syaikh Muhammad bin `Ibadah Al-`Adawi (Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Hasyiyah Asy-Syaikh Syihabuddin Al-Qalyubi (Manuskrip terdapat di Perpustakaan Al-Azhar)
Kanzu ar-Raghibin fi Syarhi Minhaji ath-Thalibin Imam An-Nawawi
Ia melengkapi Tasfir yang belum diselesaikan oleh Imam Jalaluddin as-Suyuthi, sehingga tafsir tersebut dinamai sebagai Tafsir Jalalain
Syarh Mukhtashar Burdah
Al-Anwar Al-Madhiyah
Al-Qaul Al-Mufid fi An-Nail As-Sa`id
Ath-Thib An-Nabawi
Kitab fi Al-Manasik
Kitab fi Al-Jihad
Syarh Al-Qawa`id Ibnu Hisyam, ia belum melengkapinya
Syarh At-Tashil Ibnu Malik
Hasyiyah `ala Jaami`i Al-Mukhtasharat, ia belum melengkapinya
Hasyiyah Jawahir Al-Isnawi, ia belum melengkapinya
Syarh Asy-Syamsiyyah fi Al-Manthiq, ia belum melengkapinya‎

Wafatnya

Jalaluddin al-Mahalli wafat pada Sabtu pagi, pertengahan Ramadhan 864 H, bertepatan dengan tahun 1459 M.‎

Mengenal Al-Qodhi Iyadh Al-Andalusi


Nama al-Qadhi Iyadh ketika penulis ngaji sorogan kitab kuning dulu di Pesantren tidak jarang disebut dan pandang-pandangannya sering dikutip dalam kitab-kitab fiqih Syafi’iyah, sehingga nama al-Qadhi Iyadh ini tidak asing lagi dalam memori kolektif kaum santri. Padahal, jika melihat ‎background mazhab dan akademisnya, al-Qadhi Iyadh adalah penganut mazhab Maliki dan juga lebih populer dikategorikan sabagai pakar hadis dan ulum al-Hadis. Sebagaimana format keilmuan ulama terdahulu yang tidak mengenal spesialisasi di bidang-bidang tertentu seperti sekarang, hal itu juga berlaku pada diri al-Qadhi Iyadh. Sehingga, mengerucutkan al-Qadhi Iyadh sabagai pakar hadis, misalnya, penulis rasa terlalu menyempitkan kompleksitas disiplin keilmuan yang dimilikinya. Hal itu disebabkan karena selain pakar hadis, beliau juga pakar fiqih dan ushul fiqih, bahasa, sastra, tafsir dan ulum al-tafsir dan lainnya. Kualitas keilmuannya lintas disiplin, bahkan juga dapat dikatakan lintas mazhab. Untuk menunjukkan yang terakhir ini, dengan cukup sederhana akan mudah terjawab karena pendapat-pendapatnya sering dikutip dalam kitab-kitab fiqih Syafi’iyah sebagai referensi, meskipun beliau sendiri adalah Maliki. Sebagai penghormatan terhadap beberapa disiplin keilmuan yang kuasainya, lebih objektif jika dirinya dikatakan sebagai “multididsiplin” atau apalah namanya, yang penting tidak memiskinkan keluasan keilmuannya pada kategori khusus yang sempit.        

Juga, selain personal yang multidisiplin, beliau juga sangat produktif dalam menghasilkan karya. Banyak karya yang telah dihasilkan dari buah keluasan ilmunya. Bahkan, karya yang dihasilkannya tidak dapat ditandingi oleh ulama yang semasa dengannya, baik secara kualitas dan kuantitas. Salah satu karya terbaik yang eksis  sampai sekarang adalah kitab al-Syifa. Kitab ini mendapat apresiasi yang bagus dari lapisan ulama dan masyarakat luas sampai sekarang. Mulai dari Maghrib hingga Masyriq. Juga poularitas kitab ini melampaui lintas generasi dan mazhab. Al-Dzahabi dalam kitab Siyar A’lam al-Nubala’ mengatakan bahwa kitab ini adalah karya yang bagus nan indah, meski al-Dzahabi juga menyayangkan beberapa riwayat yang tercantum di dalamnya karena dianggap validitasnya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

Namun, terlepas dari kekurangannya, kitab ini tetap berada dalam jajaran karya-karya yang diperhitungkan, juga menjadi referensi lintas mazhab dan generasi. Tidak sedikit sebuah karya lahir karena terinspirasi dari kitab ini, baik yang bentuknya berupa syarh dari kitab ini maupun yang bentuknya berupa karya utuh namun terinspirasi dari kitab ini. 

Di antara karya yang bentuknya berupa syarah dari kitab al-Syifa ini adalah sebagai berikut; 
(1)Nasim al-Riyadh fi Syarh Syifa al-Qadhi Iyadh, karya al-Shihab al-Khafaji, 
(2)Syarh al-Syifa li al-Qadhi Iyadh, karya al-Malla Ali al-Qari al-Harawi al-Hanafi, 
(3)   Al-Madad al-Fayadh, karya al-Syaikh Hasan al-Adawi al-Hamzawi, 
(4)Muzil al-Khafa An al-Alfadz al-Syifa, karya al-Allamah Taqiyuddin ahmad bin Muhammad bin Hasan al-Syamni al-Tamimy al-Dari al-Hanfi, 
(5)  Al-Muqtafa fi Hilli al-Fadz al-Syifa, karya al-Allamah Burhanuddin Ibrahim bin Muhammad bin Khalil al-Halbi Sabth bin al-Ajami, 
(6)  Manahil al-Syifa fi Takhrij Ahadis al-Syifa, karya al-Imam al-Suyuthi.

Namun, dari berbagai kitab syarh dari kitab al-Syifa, dalam kajian ini penulis tidak menjadikan rujukan primer karena beberapa kendala, di antaranya keterbatasan untuk mengakses kitab-kitab syarh tersebut. Satu-satunya kitab syarh yang dimiliki penulis dan dijadikan referensi adalah kitab Syarh al-Syifa li al-Qadhi Iyadh karya al-Malla Ali al-Qari. Dalam kajian ini, penulis langsung mengeksplorasi kitab al-Syifa dengan sedikit dibantu oleh kitab-kitab syarh yang ada. Namun begitu, semoga dalam keterbatasan referensi tidak mengurangi kualitas kajian ini. Amin.

Nama lengkap beliau adalah Abu al-Fadhl Iyadh bin Musa bin Iyadh bin Amrun bin Iyadh bin Muhammad bin Abdullah bin Musa bin Iyadh al-Yahshabi al-Andalusi al-Maliki.  Beliau merupakan ulama Maghrib dan pakar hadis di masanya. Beliau dilahirkan di sebuah kota bernama Sabtah (sekarang Ceuta), berasal dari Andalus lantaran kakek-kakek beliau tinggal di Andalus. Akan tetapi mereka pindah ke sebuah kota bernama Fes, kemudian menetap di daerah Kairouan. Beliau lahir pada bulan Sya’ban tahun 496 H. Dan beliau wafat  di Marrakech pada bulan Jumadil Akhir. Ada juga yang mengatakan pada bulan Ramadhan di tahun 544 H. Beliau wafat lantaran diracuni. Ada juga yang mengatakan diracuni oleh seorang Yahudi.Menurut al-Dzahabi, beliau wafat karena dipanah. Sedangkan gelar beliau adalah al-Imam, al-Allamah, al-Hafidz al-Auhad, Syaikh al-Islam, al-Qadhi, Abu al-Fadhl.
Al Qadhi Iyadh memiliki banyak ilmu, serta menuangkannya ke dalam kitab, melalui karya-karyanyalah maka ia terkenal di seluruh pelosok negeri.

Suatu ketika ia terpilih sebagai pemimpin di negerinya, tetapi hal itu justru membuatnya semakin tawadhu’ dan takut kepada Allah SWT.

Sekilas Perjalanan Ilmiyahnya

Beliau adalah sosok pribadi yang menguasai berbagai bidang keilmuan, mulai dari al-Hadis wa Ulum al-Hadis, al-Tafsir wa Ulum al-Tafsir, seorang faqih sekaligus menguasai bidang Ushul al-Fiqh. Selain itu, beliau juga sangat mumpuni dalam bidang Ulum al-Arabiyah wa Ayyam al-Arab, pakar mazhab Maliki dan sosok sastrawan. 

Beliau adalah pribadi yang sangat cinta ilmu. Terbukti, pada saat masih sangat belia kira-kira berumur 13 tahun, beliau berangkat dari kota Sabtah di Maghrib  ke Cordoba diAndalus untuk menuntut ilmu pada tahun 509 H. Di sana, beliau banyak menimba ilmu dari ulama-ulama yang hidup di masanya, baik dengan cara mendengar langsung (sima’) maupun ijazah. ‎Di Andalus, baik dengan melalui pola mendengar langsung (sima’) maupun ijazah, secara keseluruhan beliau menimba ilmu tidak kurang dari seratus ulama dari berbagai disiplin keilmuan yang beranekaragam, mulai dari ulum al-Hadis, fiqh, usul al-Fiqh, bahasa, sastra dan sebagainya.

Ketika berumur 30 tahun, beliau pulang ke Magrib dari Andalus. Beliau menetap di Sabta dan belajar dari beberapa ulama yang ada Magrib. Dari sini dengan jelas dapat diketahui bahwa korpus keilmuan beliau merupakan sintesis dari keilmuan Maghrib dan Masyriq. Di Magrib, beliau sangat dihormati oleh penduduk setempat dan sempat menjadi seorang qadhi (hakim) dalam masa yang cukup panjang. Juga kepribadian beliau disanjung dan dipuji. Kemudian, pada tahun 531 H beliau pindah dan berdomisili di Granada dan menjadi qadhi di sana pada tahun 532 H.

Guru-gurunya

Di antara guru-gurunya adalah Al-Qadhi Abu Abdillah Muhammad bin Hamdain, Abul Hasan bin Siraj, Abu Muhammad bin Attab, Al-Qadhi Abi Ali Husain bin Muhammad al-Shadafi, Abu Bakr al-Thurthusy, Abu Ali al-Ghasani, Abu Abdillah al-Mazini, Ahmad bin Baqi, Ahmad bin Muhammad bin Muhammad bin Makhul, Abu al-Thahir Ahmad ibn Muhammad al-Salafi, Al-Hasan bin Muhammad bin Sakrah, Al-Qadhi Abu Bakr ibn al-Arabi, dan Al-Qadhi Abi al-Walid bin Rusd dan lain-lain.
 
Murid-muridnya

Di antaranya adalah putranya sendiri, yaitu al-Qadhi Abu Abdillah Muhammad bin Iyadh,    Al-Hafidz Khalaf bin Basykawal,  Abu Ja’far bin al-Qashir al-Gharnati, Al-Imam Abdillah al-Asyiri, Abu Muhmmad bin Ubaidillah al-Hajri, dan    Muhammad bin al-Hasan al-Jabiri.

Karya-karyanya

Dalam kesibukan sebagai qadhi(hakim), beliau sempat menulis karya-karya ilmiyah yang lumayan banyak. Namun, di antara karya-karya tersebut banyak yang hilang dan hanya sedikityang dapat diselamatkan. Kitab beliau yang eksis dengan baik sampai sekarang adalah kitab al-Syifa. Secara keseluruhan, pandangan dan metode pemahaman beliau dapat diketahui melalui kitab ini.‎ Perhatian beliau sangat besar di berbagai bidang ilmu pengetahuan, akan tetapi kontribusi ilmiyah beliau yang paling terkenal adalah dalam ranah al-Hadis wa Ulumul Hadis. 

Di antara karya-karya beliau yang populer sebagai berikut; 
(1)Ikmal al-Mu’allim fi Syarh Shahih Muslim, ‎
(2) Tafsir Gharib Hadis al-Muwatha’ wa al-Bukhari wa Muslim, ‎
(3)Al-Tanbihat al-Mustanbathah fi Syarh Musykilat Al-Mudawwanah, 
(4) Tartib al-Madarik wa Taqrib al-Masalik li Ma’rifah A’lami Mazhab Malik, 
(5)Bughyat Ar-Raid lima Tadhammanah Hadis Ummu al-Zar’ie min al-Fawaid, 
(6) Sirr al-Surrah fi Adab al-Qudhat, 
(7) Jami’ al-Tarikh, 
(8) Al-Saif al-Maslul ala Man Sabba Ashab al-Rasul, 
dan lain-lain.
Komentar para ulama

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa al-Qadhi Iyadh merupakan sosok multidisipliner. Beliau menguasai berbagai disiplin keilmuan, mulai dari hadis, tafsir, sastra dan fiqh. Bahkan dalam disiplin yang terakhir ini, beliau sering dikutip oleh ulama-ulama Syafi’iyah, meskipun beliau sendiri bermazhab Maliki. Dalam kitab-kitab standar yang digunakan di Pesantren, nama beliau sering disebut sebagai otoritas rujukan, sehingga namanya tidak asing lagi terdengar di telinga kaum santri. Sebagai bukti dari ketinggian dan kredibilitas beliau, baik sebagai pribadi dan keilmuannya, di sini akan dipaparkan beberapa komentar ulama.

Putra beliau yang bernama Muhammad berkata, "Bapakku (Al-Qadhi Iyadh) menjalani kesehariannya dengan iffah (menjaga diri dari perbutan tercela), prilakunya disukai orang setempat, perkataan dan perbuatannya terpuji, beliau mengusai dan paham serta pecinta ilmu, seorang mujtahid, menghormati guru-gurunya, banyak berdiskusi bahkan kadang berbeda pendapat dengan mereka, beliau mengungguli teman-teman sezamannya. Selain itu, beliau juga seorang penghafal al-Qur’an disertai bacaan yang bagus, juga menguasai tafsir dan ulum al-Tafsirnya."

Ibn ‘Ashim berkata, "Al-Qadhi Iyadh adalah pribadi yang rendah hati, lembut, pecinta ilmu sehingga menguasai berbagai disiplin ilmu, bahkan pengetahuannya tidak dapat dikuantitatifkan."

Al-Malahi berkata, "Al-Qadhi Iyadh sangat dalam ilmunya, taat beragama dan lemah lembut, pengetahunnya sangat luas membentang dari berbagai disiplin, mulai dari ilm al-Hadis, ilm al-Ushul,hafal nama-nama rijal hadis, menguasai ilm al-Nahwi, juga mendalami berbagai mazhab fiqh dan sastra."

Ibn Khatimah berkomentar bahwa “Al-Qadhi Iyadh sangat menghormati sunnah, alim dan amil,berkata jujur, dan tidak gentar menghadapi serangan cacian. Juga beliau seorang Maliki yang sangat paham.‎

Al Qadhi Syamsuddin berkata dalam kitab Wafayat Al A’yan, “Al Qadhi Iyadh adalah seorang ulama hadits pada zamannya, dan seorang yang alim di antara orang-orang di sekitarnya, dia juga menguasai ilmu nahwu, bahasa, dan dialek bangsa Arab, serta mengetahui ilmu hari dan nasab.”

Al Qadhi Syamsuddin melanjutkan perkataannya, “Di antara karya Al Qadhi Iyadh adalah kitab Al Ikmal fi Syarh Shahih Muslim sebagai pelengkap kitab Al Mu’lim karya Al Mazari, ia juga mengarang kitab Masyariq Al Anwar fi Tafsir Gharib Al Hadits, dan juga kitab At-Tanbihat. Di dalam kitab-kitab yang dikarangnya, Al Qadhi Iyadh memiliki keunikan tersendiri, dan semua karangannya adalah karangan yang sangat menakjubkan, ia pun memiliki syair yang indah.”

Aku katakan, “Karangan-karangannya sangat berharga, tetapi di antara karangannya yang aku anggap paling bagus adalah kitab Asy-Syifa, tetapi sayangnya kitab tersebut  dipenuhi dengan hadits-hadits yang dibuat-buat (dusta). Kitab tersebut tidak pernah dikritik oleh ulama lain, semoga Allah memberikan kepadanya balasan yang baik, dan menjadikan kitab Asy-Syifa sebagai kitab yang bermanfaat. Di dalam kitab tersebut terdapat pula berbagai macam takwil yang jauh dari kebenaran, kitab ini juga penuh dengan khabar-khabar Ahad yang mutawatir, oleh karena itu mengapa kita masih saja puas dengan khabar-khabar maudhu’ (palsu), dan kita pun menerima khabar yang penuh dengan dendam dan dengki, tetapi ingat bahwa sesuatu yang belum diketahui, dosanya dapat terampuni, bacalah kitab Dala`il An-Nubuwwah karya Imam Al Baihaqi, karena kitab tersebut merupakan obat penyejuk hati dan juga sebagai cahaya petunjuk.”

Al Qadhi Ibnu Khallikan berkata, “Guru-guru Qadhi Iyadh hampir berjumlah seratus orang. Qadhi Iyadh wafat pada tahun 544 H.”
Aku katakan, “Telah sampai kepadaku sebuah riwayat yang mengatakan bahwa Qadhi Iyadh wafat setelah dilempar tombak oleh seseorang, karena Qadhi Iyadh mengingkari kemaksuman Ibnu Tumart.”

Ibn Basykawal berkata, "Al-Qadhi Iyadh adalah orang ahli ilmu yang menguasai di berbagai bidang, cerdas dan sangat paham"

Al-Faqih Muhammad bin Hamadan al-Sabti berkata, "Al-Qadhi Iyadh adalah orang yang suka berdiskusi, di Sabtah tidak ada seorang pun di masanya yang dapat melebihi karangannya dari segi kuantitas."

Al-Imam al-Dzahabi mengatakan bahwa karya-karya Al-Qadhi Iyadh bobotnya sangat bagus. Dan yang paling monumental dari semua karyanya adalah kitab al-Syifa.

Pemikiran Al-Qadhi’ Iyadh

1.      Prosesi peringatan maulid Nabi
Prosesi peringatan maulid Nabi Saw. di kota Makkah secara meriah yang terekam dengan baik dalam sebuah buku yang berjudul Messenger of Allah: Ash-Shofa` of Al-Qadhi ‘Iyadh yang ditulis oleh Aisyah Binti Abdurrahman Bewley dan dijadikan refrensi oleh Syekh Muhammad Hisyam Kabbani untuk bukunya yang berjudul Maulid dan Ziarah ke Makam Nabi ‎terjadi pada abad ke-10 Masehi.

Di dalam buku tersebut dikatakan bahwa ada tiga catatan saksi mata terpercaya, yaitu sejarawan Ibnu Huhayrah, Ibnu Hajar Al-Haytsami dan An-Nahrawali yang menyatakan bahwa setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul Awal, setelah shalat isya, empat qadhi kota Makkah yang mewakili keempat madzhab Sunni dan sekelompok besar masyarakat yang meliputi para fuqaha dan tokoh kota Makkah, para syekh, para guru dan murid Alwiyah, para pemimpin dan orang-orang yang terpelajar semua meninggalkan masjid dan berangkat bersama-sama untuk berkunjung ke tempat kelahiran Nabi Saw., sambil membaca dzikir dan tahlil (laa ilaaha Illallaah). Rumah-rumah di sepanjang jalur perjalanan diterangi dengan lampu-lampu dan lilin-lilin besar. Sebagian besar orang berhamburan. Mereka mengenakan pakaian spesial dan membawa anak-anak bersama mereka. Setelah tiba di tempat kelahiran, sebuah khutbah disampaikan khusus memperingati kelahiran Nabi saw. yang menguraikan berbagai keajaiban yang terjadi pada hari peristiwa tersebut. Setelah itu, do`a dibacakan untuk khalifah, amir kota Makkah dan qadhi Syafi`i dan semuanya berdo`a dengan kerendahan hati. Sesaat sebelum shalat Isya dilaksanakan, semua orang kembali dari tempat kelahiran Rasulullah Saw. ke Masjidil Haram, yang sudah hampir penuh sesak, dan semua duduk bershaf-shaf di bawah maqam Ibrahim. Di masjid, seorang khatib membacakan tahmid dan tahlil dan sekali lagi do`a untuk khalifah, amir Makkah dan qadhi dari mazhab Syafi`i. Setelah itu, adzan untuk shalat Isya dikumandangkan. Setelah shalat, kerumunan bubar.

2.      Mutiara Hadits tentang Kebaikan Dan Keburukan

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ ر عَنْ رَسُوْلِ اللهِ J أَنَّهُ قَالَ] : إِذَا أَحْسَنَ أَحَدُكُمْ إِسْلاَمَهُ فَكُلُّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا يُكْتَبُ لَهُ عَشْرَةَ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ، وَكُلُّ سَيِّئَةٍ يَعْمَلُهَا يُكْتَبُ لَهُ مِثْلَهَا حَتَّى يُلْقِيَ اللهُ[ {a}

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda : "Apabila salah seorang di antara kalian membaguskan keislamannya maka setiap kebaikan yang ia kerjakan dicatat untuknya sepuluh kali hingga tujuh ratus kali lipat. Dan setiap kejahatan yang ia kerjakan, akan dicatat untuknya kejahatan yang sama, hingga ia bertemu Allah." (HR al-Bukhari dan Muslim.)

Penjelasan Hadits

Apabila salah seorang diantara Anda membaguskan keislamannya, yaitu melaksanakan ajaran Islam dengan sebenar-benarnya, bukan seperti Islamnya orang-orang munafik. Maka, setiap kebajikan yang dilakukannya akan dicatat sebanyak sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Ini merupakan bukti anugerah Allah yang melipat gandakan balasan pahala orang mukmin tanpa batas. Dan bisa jadi balasan pahala tersebut melebihi tujuh ratus kali lipat, sebagaimana firman Allah :"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui" Allah SWT juga berfirman : "Barangsiapa berbuat baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amal-nya, dan barangsiapa yang berbuat jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan)"

Setiap kejahatan yang dilakukan oleh seseorang itu akan dicatat yang sama (dengan tekadnya melakukannya, Ed), hingga ia bertemu Allah. Imam al-Maziri mengatakan : "Menurut pendapat al-Qadhi Abu Bakar bin ath-Thayib, orang yang berhasrat dan bertekad ingin berbuat maksiat, maka ia berdosa atas hasrat dan tekadnya itu."

Menurutnya, apa yang diterangkan dalam hadits di atas dan hadits-hadits lain yang senada dengannya adalah berlaku bagi orang yang tidak memantapkan dirinya untuk melakukannya, meski hanya terlintas dalam pikirannya untuk melakukan kemaksiatan itu. Dan ini disebut keinginan yang jelas berbeda dengan tekad. Tetapi pendapat al-Qadhi Abu Bakar ini ditentang oleh banyak ulama ahli fiqih dan ahli hadits yang cenderung berpegang pada lahiriahnya hadits.

Al-Qadhi Iyadh berkata : "Mayoritas ulama salaf dan ulama ahli fiqih serta ahli hadits cenderung kepada pendapat yang dikemukakan oleh al-Qadhi Abu Bakar, berdasarkan beberapa hadits yang menunjukkan adanya tuntutan terhadap perbuatan-perbuatan hati. Tetapi menurut mereka, hasrat seperti itu dicacat sebagai satu kejahatan, sehingga orang yang sudah mantap untuk melakukannya akan disiksa dan dicatat sebagai suatu kemaksiatan. Jika ia melaksanakan hasrat tersebut, maka akan dicacat sebagai perbuatan maksiat yang lain lagi. Dan jika ia meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka dicatat untuknya suatu kebaikan, sebagaimana yang dikemukakan dalam hadits tadi."

3.      Mengangkat tangan ketika takbiratul ihram

Kata Al-Imam Al-Qadhi ‘Iyadh, mengangkat tangan dalam shalat tidaklah wajib. Tidak ada ulama yang berpendapat demikian kecuali Dawud Azh-Zhahiri. Ia mengatakan wajib mengangkat tangan ketika takbiratul ihram. Namun sebagian pengikut madzhab/murid-muridnya menyelisihi pendapatnya ini. Mereka tidak mewajibkannya. (Ikmalul Mu’lim 2/261-262).

Yang berpendapat wajib di antaranya adalah Al-Humaidi, Dawud Azh-Zhahiri, Ahmad bin Yasar, ‘Ali ibnul Madini, Ishaq, Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Khuzaimah, dan Al-Auza’i. (Fathul Bari, Ibnu Rajab 4/296-297, Nailul Authar 2/11)
Ibnu Hazm  mengatakan, “Mengangkat tangan ketika takbiratul ihram pada awal shalat adalah perkara fardhu. Shalat tidak teranggap (sah) tanpa perkara ini.” (Al-Muhalla 2/264)
Dalil mereka di antaranya adalah hadits:

صَلُّوا كَمَا رَأَيتُمُنِي أُصَلِي

“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 628, 7246 dan Muslim no. 1533).

4.      Memakan daging hewan kurban
عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ :إِنَّ رَسُولَ اللهِ n قَدْ نَهَاكُمْ أَنْ تَأْكُلُوا لُحُومَ نُسُكِكُمْ فَوْقَ ثَلَاثِ لَيَالٍ فَلَا تَأْكُلُوا

Ali bin Abi Thalib  pernah menyampaikan, “Sesungguhnya Rasulullah  telah telah melarang kalian memakan daging hewan kurban lebih dari tiga hari. Maka, janganlah kalian makan (lebih dari tiga hari).” (HR. al-Bukhari no. 5573 dan Muslim no. 1969).

Seputar Sanad Hadits Al-Qadhi Iyadh menjelaskan, “Hadits ini, melalui riwayat Sufyan, memiliki ‘illah (cacat) menurut ahli hadits dalam hal rafa’nya (sampai kepada Rasulullah ). Sebab, para hafizh, murid-murid Sufyan tidak menyebutkannya secara rafa’. Oleh karena itu, al-Bukhari  tidak meriwayatkan hadits ini melalui jalan Sufyan akan tetapi meriwayatkannya dari jalan lain.

Ad-Daruquthni  menjelaskan, ‘Riwayat ini termasuk wahm (kesalahan) Abdul Jabbar bin al-‘Ala’. Sebab, Ali al-Madini, Ahmad bin Hanbal, al-Qa’nabi, Abu Khaitsamah, Ishaq, dan yang lain meriwayatkan dari Sufyan bin Uyainah secara waqf (sampai kepada sahabat).

Hadits ini sahih secara rafa’ melalui az-Zuhri, namun bukan dari jalan Sufyan.Shalih, Yunus, Ma’mar, az-Zubaidi, dan Malik dari riwayat Juwairiyah, mereka semua meriwayatkan hadits ini dari az-Zuhri secara rafa.’ Ini adalah penjelasan ad-Daraquthni. Adapun matan hadits tetaplah sahih apa pun keadaannya. 

Wallahu a’lam.”makna hadits-hadits di atas dan hadits-hadits lain yang semakna menunjukkan tidak bolehnya menyimpan daging hewan kurban lebih dari tiga hari. Daging tersebut harus habis dikonsumsi dan dibagikan dalam waktu kurang dari tiga hari. Sejak dan hingga kapan hitungan tiga hari itu?

Al-Qadhi ‘Iyadh menerangkan, “Ada kemungkinan, tiga hari itu terhitung dari hari menyembelih kurban. Bisa jadi juga, tiga hari tersebut terhitung dari hari Nahr (10 Dzulhijjah), meskipun waktu penyembelihannya tertunda sampai hari-hari Tasyriq, dan kemungkinan makna inilah yang paling dhahir dari sabda Rasulullah.”

Hukum ini pernah berlaku selama beberapa waktu. Hingga suatu saat, Rasulullah menerangkan bahwa hukum tersebut tidak lagi berlaku. Yang kemudian berlaku adalah bolehnya mengonsumsi, menyimpan, atau membagikan daging hewan kurban lebih dari tiga hari sejak saat menyembelihnya di hari Nahr. Berikut ini kami akan menyebutkan hadits-hadits yang mansukhah (telah dihapuskan hukumnya) dan hadits-hadits nasikhah (yang menghapus hukum sebelumnya dan yang berlaku seterusnya).

Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

  Nabiyullah Sulaiman  'alaihissalam  (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta'ala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimilik...