Senin, 25 Oktober 2021

Imam Ibnu Jarir Dalam Metode Penafsiran Al-Qur'an


Para pengkaji tafsir tentu akrab dengan kitab Tafsir Jami'ul Bayan fi Tafsiril Qur'an atau lebih dikenali sebagai Tafsir at-Thabari. Kitab ini menjadi kitab tafsir terbaik yang dikarang oleh al-Imam al-Hafizh Ibnu Jarir al-Thabari, sang guru besar tafsir. 
Al-Qur’an sebagai kitab suci dan pedoman hidup manusia memiliki karakteristik yang terbuka untuk ditafsirkan, ini dapat dilihat dalam realitas sejarah penafsiran al-Qur’an sebagi respon umat Islam dalam upaya memahaminya. Pemahaman atasnya tidak pernah berhenti, tetapi terus berkembang secara dinamis mengikuti pergeseran zaman dan putaran sejarah. Inilah yang menyebabkan munculnya beragam madzhab dan corak dalam penafsiran al-Qur’an.
Studi atas Al-Quran telah banyak dilakukan oleh para ulama dan sarjana tempo dulu, termasuk para sahabat di zaman Rasulullah saw. Hal itu tidak lepas dari disiplin dan keahlian yang dimiliki oleh mereka masing-masing. Ada yang mencoba mengelaborasi dan melakukan eksplorasi lewat perspektif keimananm historis, bahasa dan sastra, pengkodifikasian, kemu’jizatan penafsiran serta telaah kepada huruf-hurufnya.
Kondisi semacam itu bukan hanya merupakan artikulasi tanggung jawab seorang Muslim untuk memahami bahasa-bahasa agamanya. Tetapi sudah berkembang kepada nuansa lain yang menitikberatkan kepada studi yang bersifat ilmiah yang memberikan kontribusi dalam perkembangan pemikiran dalam dunia Islam. Kalangan sarjana Barat banyak yang melibatkan diri dalam pengkajian Al-Quran, dengan motivasi dan latar belakang kultural maupun intelektual yang berbeda-beda.
Al-Quran sebagai diketahui terdiri dari 114 surat, yang di awali dengan beberapa macam pembukaan (Fawatih Al-Suwar), di antara macam pembuka surat yang tetap aktual pembahasannya hingga sekarang ini huruf muqatha’ah. Menurut Watt, huruf-huruf yang terdiri dari huruf-huruf alphabet (hijaiyah) ini, selain mandiri juga mengadung banyak misterius, karena sampai saat ini belum ada pendapat yang dapat menjelaskan masalah itu secara memuaskan.

Nama lengkap Ath-Thabari adalah Abu Ja'far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir  bin Ghalib Ath-Thabari, Lahir di Amil Thabaristan yang terletak di pantai selatan laut Thabaritsan pada tahun 225 H/839 M dan meninggal di Baghdad pada tahun 310 H/923 M. Beliau seorang ulama yang sulit dicari bandinganya, banyak meriwayatkan hadits, luas pengetahuanya dalam bidang penukilan, penarjihan riwayat-riwayat, sejarah tokoh masa lalu.
Kaedah yang digunakan dalam tafsir ini yakni tafsir bi al-ma'tsur yang maksudnya menafsir al-Qur'an dengan al-Qur'an, hadist, dan ijtihad sahabat. Dalam kitab karangan al-Thabari, dia menjelaskan tentang aqidah. Misalnya, makna istiwa dalam al-Baqarah ayat 29. Dijelaskan dengan terang bahawa makna istiwa adalah 'ala wa irtafa', yang ertinya 'ketinggian kerajaan dan kekuasaan Allah', bukan berubahnya ketinggian atau berpindahnya 'Arasy. 

Al-Imam As-Suyuthi r.a berkata, "Ia adalah tafsir yang paling baik dan besar, memuatkan pendapat-pendapat ulama, dan sekaligus menguatkan dari pendapat-pendapat itu, dan huraian nahu serta istinbath hukum. Maka dengan kelebihannya, ia menempati kualiti teratas dari kitab-kitab tafsir sebelumnya." [Al-Itqan, 2/190]

Al-Imam An-Nawawi r.a berkata: "Umat Islam sepakat bahawa tidak ada seorang pun yang menulis tafsir sekaliber Tafsir At-Thabari." [Al-Itqan, 2/190]. 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah r.a berkata, "Adapun tafsir-tafsir yang ada di tangan manusia, yang paling baik adalah tafsir Ibnu Jarir Ath-Thabari. Ini kerana ia menyebutkan ucapan-ucapan salaf dengan sanad-sanad yang kukuh, tidak mengandungi kebid’ahan, dan tidak menukil dari orang-orang yang diragukan agamanya…" [Fatawa Ibnu Taimiyyah, 2/192] 

Tafsir Ath-Thabari boleh dikatakan sebagai tafsir pertama dilihat dari masa penulisan dan penyusunan keilmuannya. Kerana kitab tersebut merupakan tafsir pertama yang sampai kepada kita di saat tafsir-tafsir yang mendahuluinya telah lenyap ditelan putaran zaman sehingga tidak sampai ke tangan kita.

Imam al-Thabari mendapat gelaran marja'ul maraji' (induk para ahli tafsir). Selain sebagai mufassir, al-Thabari juga seorang fuqaha. Kitab fiqhnya yakni berjudul Ikhtilaf al-Fuqaha (perbezaan pendapat para ulama).

Di samping itu, Imam al-Thabari juga merupakan ahli hadits dan sejarah. Beliau sering menolak hadits dengan bertapak lemah ataupun jika hadits tersebut tidak sesuai dengan tafsiran ayat yang dia tafsirkan.‎

Dalam bidang sejarah, karyanya diabadikan melalui kitab Tarikhul Umam wal Muluk (Sejarah Umat-Umat dan Para Rajanya) dan Tarikh al-Rasul wa al-Muluk yang dikenali dengan Tarikh al-Thabari. Kitab ini menjadi kitab rujukan kerana mengandungi sejarah peristiwa-peristiwa secara lengkap yang belum pernah ditulis sejarawan lain sebelumnya.

Kitab terkenal ini terdiri atas dua bahagian. Bahagian pertama mengandungi tentang sejarah Arab, Parsi, Rom sebelum Islam. Sedang di bahagian kedua pasca-Islam. Kitab ini memberi inspirasi kepada karya Ibnu Asir, sejarawan besar selepas al-Thabari, berjudul al-Kamil fi al-Tarikh.

Kecerdasan dan kecintaan al-Thabari kepada ilmu sudah kelihatan sejak dia kecil. Dia sudah hafaz Al-Quran ketika usia 7 tahun. Pada usianya 8 tahun, dia diarah menjadi imam bagi orang dewasa di daerah kelahirannya iaitu Thabaristan, Parsi, atau sekarang dikenali dengan Iran. Di usia 9 tahun, dia sudah menulis banyak hadits.

Ayahnya pernah bermimpi bahawa Rasulullah S.a.w menghampiri at-Thabari seraya memegang tangannya dan memberikan segenggam batu-batuan padanya, kemudian mimpi tersebut dita’birkan oleh orang-orang alim sebagai petanda keberjayaan at-Thabari dikemudian hari.

Kemudian at-Thabari memulakan pengembaraannya mencari ilmu. Beliau bermula dari Rayy, Iran. Kemudian ke Baghdad, Iraq, untuk menemui Imam Ahmad bin Hanbal. Namun malangnya, Imam Mazhab Hanbali itu telah wafat sebelum al-Thabari sampai ke bandar tersebut (241 H / 855 M).

Al-Thabari meneruskan perjalanannnya ke Wasit dan Basrah untuk mengikuti beberapa kuliah. Kemudian dia ke Kufah untuk mendalami ilmu hadits. Beliau berguru pada ulama besar hadits, Muhammad bin Humaid ar-Razi. Darinya, al-Thabari mampu menulis lebih dari 100 ribu hadits. Beliau juga menuliskan sejumlah hadits yang sama dari gurunya yang lain, Abu Kuwait.

Al-Thabari kembali ke Baghdad untuk belajar ilmu al-Quran dan fiqh, utamanya fiqh Imam Syafie. Di Baghdad inilah karya-karya besarnya berjaya dimunculkan. Konsisten dan ketekunan al-Thabari akan ilmu membuahkan hasil yang hingga kini dimanfaatkan oleh dunia.

Al Faroghi berkata: "Harun bin Abdul Aziz bercerita kepadaku:" Abu Ja’far At Tabari berkata: "aku memilih Mazhab Imam Syafi'e, dan aku ikuti beliau di Baghdad selama 10 tahun."

Imam Adz-Dzahabi berkata: "Beliau adalah orang Tsiqoh, jujur, hafidz, bapa dalam ilmu tafsir, imam (ikutan) dalam ilmu fiqh, ijma’ serta (hal-hal) yang diperselisihkan, alim tentang sejarah dan harian manusia, tahu tentang ilmu Qiro’at dan bahasa, serta yang lainnya. 

Imam Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawanya mengatakan bahwa Imam Tabari adalah imam Ahlu Sunnah, hal ini beliau katakan ketika membahas mengenai al-Quran Kalamullah. Dan banyak lagi pujian ulama lainnya.

Pada awalnya, at-Thabari bermazhab Syafi'e. Setelah mempelajari  dan meneliti lebih jauh ada ketidak-sesuaian dalam dirinya sehingga dia mendirikan mazhab sendiri, dan pengikutnya memanggilnya Mazhab Jaririyyah. Ianya terjadi setelah sepuluh tahun sekembalinya dari Mesir. Namun, mazhabnya semakin lama semakin kurang pengikutnya kerana ajarannya dianggap bertentangan dengan Mazhab Syafi'e mahupun Hanbali. [Lihat at-Thabari, Tafsir Jami',  hlm. 10]

Meskipun dikenali oleh ramai orang, Thabari tetap hidup berbalut kesederhanaan. Bila musim panas tiba, dia hanya mengambil kurma yang dicampur minyak. Tempat tidurnya pun hanya beralaskan kain tipis. Menjadi kebiasaan al-Thabari, selesai Zuhur dia menulis hingga empat puluh halaman. Hal ini dilakukannya selama 40 tahun. Waktu Ashar dia bergegas menuju masjid untuk solat berjemaah kemudian mengkaji al-Qur'an. Lepas solat Maghrib, dia mengajar hingga menjelang Isya '.

Al-Thabari wafat pada tahun 310 H di Baghdad dalam usia 86 tahun.

·      Guru-guru beliau 
1. Muhammad bin Abdul Malik bin Abi Asy-Syawarib 
2. Ismail Bin Musa As-Sanadi 
3. Muhammad bin Abi Ma'syar 
4. Muhammad bin Hamid Ar-Razi 
5. Abu Kuraib Muhammad Ibnul A'la ‎
6. Muhammad bin Al-Mutsanna, dan selain mereka
·      Murid-murid beliau 
1. Abu Syuaib bin Abdillah bin Al-Hasan bin Al-Harani. 
2. Abul Qasim Ath-Thabrani 
3. Ahmad bin Kamil Al-Qadhi 
4. Abu Bakar Asy-Syafi'i 
6. Mukhallad bin Ja'far Al-Baqrahi 
7. Abu Mammad Ibnu Zaid Al-Qadhi 
8. Ahmad bin Al-Qasim Al-Khasysyab 
9. Abu Amr Muhammad bin Ahmad bin Hamdan 
  
Karya-Karyanya 

1. Jami’ Al-Bayan fi TafsirAl-Qur’an
2. Tarikh al-Umam Wa al-Muluk
3. Ikhtilaf Ulama Al-Amshar Fil Ahkam Syarai Al-Islam, (Ikhtilaf Al-Fuqaha)
4. Lathif Al-Qaul Fi Ahkam Syar'i Al-Islam, fiqih Ibnu Jarir 
5. Basith Al-Qaul Fi Ahkam Al-Islam 
6. Adab Al-Qudhah, dan selainya masih sangat banyak
7. Tarikh Ar-Rijal
8. Tahdib Al-Atsar wa Tafsiilust Tsabit ‘Ani Rasulullah Saw Minal Akhbar. Az-Zahabi ketika mengomentari kitab ini mengatakan bahwa kitab ini termasuk salah satu kitab istimewanya Ibnu jarir, dimulai dengan sanad yang shadiq, lalu bebicara pada Ilal, thuruq dan fiqih hadits, ikhtiklaf ulama serta hujjah mereka, dalam kitab ini juga disebutkan makna-makna asing serta bantahan kepada Mulhiddin, kitab ini menjadi lebih sempurna lagi dengan adanya sanad al-Asyrah, Ahlu al-Bait, al-Mawali dan beberapa sanad dari Ibnu Abbas, dan kitab ini belum selesai pada akhir kematiaannya, lalu ia mengatakan: jika saja kitab ini dkteruskan, niscaya bisa sampai beratus-ratus jilid. 

Karyanya yang paling masyur adalah  Jami' al-Bayan Fi tafsir al-Qur'an atau yang terkenal dengan kitab tafsir tabari. kitab ini berisi fiqih,akidah yang disimpulkan dari alqur'an. ketika beliau menyusun kitab ini, beliau mengumpulkan tafsir bilma'sur ( Al,qur an dengan Al, qur an, Al,qur an dengan hadits ). Dan karena tafsir inilah beliau dijuluki Ulama al-Mufassirun.

SEKILAS TENTANG TAFSIR ATH-THABARI

‎Sejarah Penulisan‎

Semasa hidup al-Tabari, akhir abad 9 hingga pertengahan abad 10 M, kaum muslimin dihadapkan pada pluralitas etnis, relijius, ilmu pengetahuan, pemikiran keagamaan, dan heteroge­nitas kebudayaan dan peradaban. Secara langsung maupun tidak langsung, telah terjadi interaksi kultural dengan ragam muatan­nya, perubahan dan dinamika masyarakat terus bergulir, tentu saja hal ini mewamai cara pandang dan cara pikir kaum muslimin, sebagai sebuah konsekuensi logis yang tak terhindarkan.

Di bidang keilmuan, tafsir telah menjadi disiplin ilmu ke­islaman tersendiri, setelah beberapa saat merupakan bagian inheren studi al-hadis, di samping bidang-bidang keilmuan yang lain. Tafsir telah mengalami perkembangan secara metodologis dan substansial. kemunculan aliran tafsir bi al-ma'sur dan bi al ­ra'yi turut memberikan warna bagi pemikiran muslim. Di sisi yang lain, ada persoalan yang cukup serius di tubuh tafsir bi al-ma'sur, yaitu dengan munculnya varian riwayat, dari riwayat yang sahih/­akurat dan valid-hingga riwayat yang tidak bisa dipertanggung­jawabkan menurut parameter-sanad dan rijal al-hadis- dalam disiplin `Ulumul Hadis. Itulah sebabnya, pada waktu yang ber­samaan tafsir bi al-ma'sur sedang menghadapi masalah serius, karena telah terjadi pembauran berbagai riwayat. Di samping itu, orientasi kajian tafsir yang tidak mono material, tetapi telah berinteraksi dengan disiplin ilmu yang lain seperti fiqh, kalam, balagah, sejarah dan filsafat. Pengaruh unsur-unsur di luar Islam turut mewarnai corak penafsiran, termasuk Israiliyyat.

Al-Tabari ada pada saat hilangnya salah satu aliran, rasional keagamaan Mu'tazilah setelah era al-Mutawakkil, dan munculnya aliran tradisional Asy'ariyah yang belakangan disebut Sunni, belum lagi sekte-sekte yang lain turut menyemarakkan bursa pemikiran di panggung sejarah umat Islam. Kompleksitas yang dilihat dan dialami al-Tabari di negeri sendiri, menggugah sensitivitas keilmu­annya khususnya bidang pemikiran Islam dengan jalan melaku­kan respons dan dialog ilmiah lewat karya tulis. Tentu saja per­gulatan mazhab yang dialami al-Tabari, menyisakan dampak bagi dirinya. Popularitasnya di negeri sendiri dan kota-kota sekitarnya tidak terbantahkan, sampai-sampai pada hal mazhab yang di­ikutinya.

Pada akhir pergulatan pemikirannya, ia lebih dikenal luas sebagai seorang Sunni ketimbang seorang Rafidi-ektremis Ali­ yang pernah hangat diributkan oleh para ulama sezamannya ketika memuncaknya aliran-aliran teologi. Bukti bahwa dia seorang sunni terlihat dalam karya-karyanya di bidang sejarah dan tafsir. Kitab tafsir ini ditulis oleh al-Tabari pada paruh abad III H, dan sempat disosialisasikan di depan para murid-muridnya selama kurang lebih 8 tahun, sekitar 282 hingga 290 H.

Kitab tafsir karya al-Tabari, memiliki nama ganda yang dapat dijumpai di berbagai perpustakaan; pertama, Jami' aI-Bayan An Ta'wil Ay al-Qur'an (Beirut: Dar al-Fikr, 1995 dan 1998), dan kedua bernama Jami' al-Bayan f i Tafsir al- Qur'an (Beirut: Dar al­Kutub al-`Ilmiyyah, 1992), terdiri dari 30 juz/jilid besar. Al-Tabari mencoba mengelaborasi terma takwil dan tafsir menjadi sebuah konstruksi pemahaman yang utuh dan holistik. Baginya kedua istilah itu adalah mutaradif (sinonim). Keduanya merupakan piranti intelektual untuk memahami kitab suci al-Qur'an yang pada umumnya tidak cukup hanya dianalisis melalui kosakatanya, tetapi memerlukan peran aktif logika dan aspek-aspek penting lainnya, seperti munasabah ayat dan atau surat, tema (ma'udu ), asbab al­-nuzul dan sebagainya.

Pada awalnya kitab ini pernah menghilang, tidak jelas keberadaannya; ternyata tafsir ini dapat muncul kembali berupa manuskrip yang tersimpan di maktabah (koleksi pustaka pribadi) seorang Amir (pejabat) Najed, Hammad ibn `Amir `Abd Al Rasyid. Goldziher berpandangan bahwa naskah tersebut dike­temukan lantaran terjadi kebangkitan kembali percetakan pada awal abad 20-an. Menurut al-Subki, bentuk tafsir yang sekarang ini adalah khulasah (resume) dari kitab orisinalnya.
‎Kitabnya tentang tafsir, Jami’ Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur’an, merupakan tafsir yang paling besar dan utama serta menjadi rujukan penting bagi para mufasir bil-ma’sur. Ibnu Jarir memapaarkan tafsri dengan  menyandarkanya kepada sahabat, tabi’in dan tabi’it tabi’in. ia juga mengemukakan berbagai pendapat dan menarjihnya sebagian atas yang lain, Para ulama berkompenten sependapat bahwa belum pernah disusun sebuah kitab tafsir pun yang menyamainya. Nawawi dalam Tahzid-nya mengemukakan, Kitab Ibn Jarir dalam bidang tafsiradalah sebuah kitab yang belum seorangpun pernah menyusun kitab yang menyamainya. Ibn jarir mempunyai keistimewaan tersendiri berupa istinbat yang unggul dan pemberian isyarat terhadap kata-kata yang samar I’rab-nya. Dengan itulah, antara lain, tafsir tersebut berda di atas tafsir-tafsir yang lain. Sehinga Ibn Katsir banyak menukil darinya.   Adapun Sumber Penafsiran kitab tafsir tersebut yaitu.
Ø  Al-Qur’an
Ø  Hadis Nabi saw
Ø  Qaul Sahabat
Ø  Qaul Tabi’in dan Tabi’ Tabi’in
Ø Isra’iliyat

Kitab tafsir Jami’ Al Bayan atau dikenal dengan nama tafsir Al-Thabari ini merupakan tafsir yang boleh dikatakan tafsir terlengkap di antara tafsir-tafsir yang lain hingga saat ini. Hal ini dapat kita pahami dari lengkapnya unsur-unsur yang digunakan dalam penafsiran dengan menyebutkan riwayat dan sanad yang begitu lengkap. Secara garis besar, penafsiran tafsir Ath-Thabari yaitu:
Ø Tafsir ath-Thabari termasuk tafsir bi al-ma’tsur.‎
Ø Mufasir dalam hal ini menafsirkan ayat Al-Quran dengan jelas dan bersandar pada sabda Rasulullah, sahabat dan juga tabi’in disertai sanadnya.
Ø Jika dalam ayat tersebut ada dua pendapat atau lebih, disebutkan satu persatu dengan dalil dan riwayat dari sahabat ataupun tabi’in yang mendukung dari tiap-tiap pendapat kemudian memilih diantara pendapat tersebut yang lebih kuat dari segi dalilnya
Ø Beliau juga menyebutkan segi-segi ir’ab-nya, dan menjelaskan kata-kata sekaligus maknanya (tahlili).‎
Ø Mengali hokum-hukun syari’at jika ayat tersebut berkaitan dengan masalah hukum.
Ø Mufasir juga menjabarkan tentang nasikh wa mansukh.
Ø Menulis kisah-kisah berita-berita, kejadian hari kiamat dan yang lainya. Dan kisah-kisah israliyiat.
Kelengkapan yang dimiliki inilah yang menjadi ciri utama tafsir Al-Thabari. Adapun corak penafsiran yang merupakan ciri khusus tafsir Al-Thabari ini yang mungkin berbeda dengan tafsir lainnya adalah memadukan dua sisi yaitu bi al- ma’tsur dan bi al- ra’yi. Bagi orang-orang yang belum mengkaji secara mendalam.‎

CONTOH PENAFSIRAN DALAM KITAB ATH-THABARI

وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ  (الانعم: اية 152)
‘’Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik sehinga sampai dia dewasa’’


القول في تأويل قوله : { ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن حتى يبلغ أشده }
’Beliau berkata di dalam Tafsirnya (Ath-Thabari), tentang firman Allah yang berbunyi : Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik’
قال أبو جعفر: يعني جل ثناؤه بقوله:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، ولا تقربوا ماله إلا بما فيه صلاحه وتثميره
‘’Abu jakfar berkata : Abu Jakfar mengharapkan dari firman Allah :( Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik ), dan janganlah kamu sekalian mendekati karta tersebut kecuali ada kemanfaatan dan kemaslahatan’’

- حدثني المثنى قال، حدثنا الحماني قال، حدثنا شريك، عن ليث، عن مجاهد:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، قال: التجارة فيه.
‘’Telah menceritakan kepadaku musana, Dia Berkata, Hamani Bercerita Kepadaku, Dia Berkata, Syarik Berkata Kepadaku, Dari Mujahid : (Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik), Ath-Thabari menafsirkan, Berdagang Dengan Harta Tersebut’’

- حدثني محمد بن الحسين قال، حدثنا أحمد بن المفضل قال، حدثنا أسباط، عن السدي:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، فليثمر ماله .
‘’Telah Bercerita Kepadaku Muhammad Bin Hassan, Dia Berkata, Menceritakan Ahmmad Bin Mufdol, Dia Berkata, Berkata Asbad, Dari Sudda, ( (Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik),Mengembngkan Harta Tersebut’’‎

- حدثني الحارث قال، حدثنا عبد العزيز قال، حدثنا فضيل بن مرزوق العنزي، عن سليط بن بلال، عن الضحاك بن مزاحم في قوله:(ولا تقربوا مال اليتيم إلا بالتي هي أحسن)، قال: يبتغي له فيه، ولا يأخذ من ربحه شيئا .
Telah Berkata Kepadaku Haris, Dia Berkata, Menceritakan Abdul Aziz, Dia Berkata, Fudail Bin Marzuq Al-anazi  Dari Sulid Bin Bilal, Dari dohak Bin Mazahim, Didalam Firmanya Allah ; ((Dan janganlah Kamu sekalian mendekati harta anak  Yatim kecuali dengan perbuatan yang baik). Ath-Thabari menafsirkan didalam kitabnya Boleh saja Mengunakan harta tersebut, Dan tidak Mengambil keuntungan sepeserpun.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TAFSIR ATH-THABARI
·   Kelebihan 
1.Tafsir Al-Thabari mengandung banyak cabang ilmu yang menunjang kelengkapan dan kesempurnaannya, seperti ilmu Bahasa, Nahwu, Riwayat, qira’at dan sebagainya.
2.Dengan kandungan yang begitu lengkap dapat berperan penting bagi pengkajinya dalam menambah wawasan.
3.Disebutkannya berbagai pendapat atau atsar yang mutawatir, baik yang bersumber dari Nabi, para sahabat, tabi’in, tabi’ at tabi’in, serta para ulama sebelumnya menujukkan kehati-hatiannya dalam menafsirkan, sehingga mengecilkan kemungkinan ia berpendapat yang salah.
4.Kelengkapan dan kesempurnaan penjelasan menyebabkan orang yang mengkajinya dapat memahami tafsirnya dengan baik. 
·   Kekurangan 
1.Karena banyaknya riwayat yang dimuatnya, ia pun mengomentarinya, namun terkadang ada juga riwayat yang tidak dikomentarinya, sehingga dibutuhkan lagi penelitian lebih lanjut pada riwayat yang tidak dikomentarinya tersebut.
2.Pada umumnya ia tidak menyertakan penilaian shahih atau dho’if terhadap sanad-sanadnya.
3.Kelengkapan penjelasan yang disajikan menyebabkan dalam mengkaji dan mendalami tafsirnya membutuhkan waktu yang sangat lama, serta membutukan kesabaran.

Imam Abu Abdillah Muhammad Ar-Rozi Penulis Tafsir Al-Kabir


Berbicara tentang Al Quran, berarti membahas tentang suatu kitab yang suci nan sakral. Al Quran sebagai rahamat linnas wa rahmatal lil ‘alamiin, menjadikan kitab suci ini sebagai landasan dan huda dalam menapak jejak kehidupan di dunia ini.Dalam Al Quran yang menjadi mukjizat Rasulullah Saw, didalamnya banyak terkandung hikmah  dan interpretasi yang luas, sehingga ketika membaca Al Quran maka kita akan mendapatkan makna-makna yang lain ketika kita membacanya lagi. Inilah yang menjadikan Al Quran terasa nikmat ketika dibaca dan terasa tenang dihati ketika mendengarnya, walaupun yang mendengarnya itu seorang ‘Ajami yang tidak paham bahasa Al Quran.
Dalam bermuamalah dengan Al Quran, terkadang kita mendapatkan ayat-ayat yang sulit untuk dipahami maksudnya. kita memerlukan sebuah perangkat untuk memahami kandungan Al Quran, yang kita kenal dengan istilah tafsir. bahkan sahabat nabi terkadang masih sulit untuk memahami Al Quran. Sehingga ketika para sahabat tidak mengetahui makna atau maksud  suatu  ayat dalam Al Quran, mereka langsung merujuk kepada Rasulullah dan menanyakan hal tersebut.

Sebagai umat Islam yang baik, tentunya kita tidak pernah luput dalam bersentuhan dengan Al Quran, setidaknya dengan senantiasa membacanya.Namun apakah cukup hanya dengan membacanya saja? tentunya untuk meningkatkan kualitas kita dalam bergaul dengan Al Quran, dan untuk merasakan mukjizat Al Quran lebih dalam, adalah disamping kita membacanya, kita juga membaca dan menelaah tafsir-tafsir sebagai bayan atau yang menjelaskan dari Al Quran itu sendiri.

Salah satu jalan yang ditempuh dalam bergelut dalam dunia tafsir, setidaknya dengan mengetahui pengarang dan metodologi yang dipakai dalam menginterpretasi Al Quran.Pada makalah yang singkat ini, penulis mencoba memaparkan salah satu mufassir terkenal, mufassir yang keilmuannya tidak ada yang menandingi pada zamannya, dialah Fakhruddin Ar Razi.

Biografi Fakhruddin Ar Razi

Nama lengkap beliau Abu Abdillah, Muhammad bin Umar  bin Alhusain bin Alhasan Ali, At Tamimi, Al Bakri At Thabaristani Ar Rozi. beliau di juluki sebagai Fakhruddiin ( kebanggaan islam), dan dikenal dengan nama Ibnu Al khatiib, yang bermadzhabkan Syafi’i. Beliau lahir pada tahun 544 H. ‎beliau dilahirkan di Ray, yaitu sebua kota yang terletak disebelah tenggara Teheran Iran.kemudian beliau wafat pada bulan syawal, 606 H/1209 M. 

Tentang perawakannya ia berbadan tegak, berjanggut lebat, memiliki suara yang keras dan juga bersikap sopan santun, beliau mempunyai beberapa nama panggilan seperti Abū ‘Abdillah, Abū Ma’ali, Abul Fādil, dan Ibnu Khatib ar-Ray. Beberapa gelar itu diberikan disebabkan  karna pengetahuaannya yang luas, maka beliau mendapat berbagai gelar seperti: Khatib ar-Ray, Imām, Syaikhul Islām dan fakhruddīn. Dia mendapat julukan Khatib ar-Rayy karena dia adalah ulama terkemuka dikota Ray. Dia dijulukiImām karena menguasai ilmu fikhi dan ushul fiqih.  Dia dipanggil sebagai Syaikhul Islām  karena penguasaaan keilmuannya yang tinggi. Dan di dalam bidang tarfsir beliau lebih di kenal dengan nama Fakhruddīn Ar-Rāzi.

Sejak kecil Imām Fakhruddīn Ar-Rāzisudah di didik oleh ayahnya sendiri, syikh Dhiyauddīn, ulama terkemuka pada masanya yang berjuluk khatib Ar-Ray, beliau adalah seoramg tokoh, ulama dan pemikir yang dikagumi oleh masyarakat Ray.‎ disitulah Ar-Rāzi berkembang menjadi manusia soleh dan pencinta ilmu, setelah beliau menyelesaikan pada ayahnya barulah beliau melakukan perjalanan keberbagai kota seperti Khurasan dimana disana banyak ulama besar yang berasal dari negri itu‘Abdullah bin mubārak, Imām Bukhāri, Imām Tirmiżi dan ulama besar lainnya, Dari khurasan atau lebih dikenal lagi dengan bukhara, beliaumelanjutkan perjalanannya ke irak, terus ke syam,namun lebih banyak waktunya digunakan di khawarzimi untuk belajar memperbanyak ilmunya, kemudia teakhir beliau berangkat kenegri kota heart di daerah afganistan untuk belajar mengajar.

Imam Fakhruddin Ar Razi tidak ada yang menyamai keilmuan pada masanya, ia seorang mutakallim pada zamannya, ia ahli bahasa, ia Imam tafsir dan beliau sangat unggul dalam berbagai disiplin ilmu. Sehingga banyak orang-orang yang datang dari belahan penjuru negeri, untuk meneguk sebagian dari keluasan ilmu beliau. Imam Fakhruddin dalam  memberikan hikmah pelajaran beliau menggunakan bahasa arab dan bahasa asing.

Imam Fakhruddin Ar Razi wafat pada tahun 606 H. Dikatakan beliau meninggal, ketika beliau berselisih pendapat dengan kelompok Al karamiah tentang urusan aqidah, mereka sampai mengkafirkan Fakhruddin Ar Razi, kemudian dengan kelicikan dan tipu muslihat, mereka meracuni Ar Razi, sehingga beliau meninggal dan menghadap pada Rabbi Nya.
Guru-guru beliau
      
Perjalanan panjangnya  kebeberapa daerah tersebut memungkinkannya untuk        menemui beberapa ulama yang kemudian dijadikan guru dalam berbagai disiplin ilmu, utamanya dalam bidang tafsir.  Diantara beberapa ulama yang kemudian menjadi gurunya ialah:
a.    Salmān ibn Naṡir ibn Imrān ibn Muḥammad ibn Isma’īl ibn Isḥāq ibn Zaid ibn Ziyād ibn Maimun ibn Mahran, Abu Al-Qasīm al-Anṣāri, salah seorang murid imām al-Haramain.
b.    ‘Abd Mālik bin ‘Abdullah ibn Yusuf ibn’ Abdullah ibn Yusuf  ibn Muhammad, yang terkenal dengan namaImām Al-Haramain Ḍiyauddin Abu Al-Ma’ali l-Juwaini.
c.    Ibrahīm ibn Muḥammad ibn ibraḥim ibn mahran, Al-Imām Ruknuddīn Abu Isḥak Al-Isfirayani, seorang pakar teologi dan hukum islam dari Khurasan.
d.    Abu Ḥusain Muḥammad ibn Muḥammad ibn Abdurraḥmān ibn As-Sa’īd Al-Bahīli.
e.    ‘Ali ibn Isma’īl ibn Isḥaq ibn Sālim ibn Isma’īl ibn ‘Abdullah ibn Musa ibn Bilāl ibn Abu Bard ibn Abu Musa, seorang teolog yang terkenal dengan nama As-Syaikh Abu Ḥasan Al-Asy’ari Al-Baṣri.
f.     Muḥammad ibn ‘Abdul Wahhāb ibn Salām Abu ‘Ali Al-Jubbā’i, seorang tokoh teolog mu’tazilah.
g.     Al-Ḥasān ibn Mas’ūd ibn Muḥammad abu Muḥammad al-Bagāwi. Dari tokoh ini, Fakhruddīn Ar-Rāzi mendalami filsafat, disamping dari guru lainnya, terutama Majduddīn al-Jilli.
h.     Al-Ḥusain ibn Muḥammad ibn Aḥmad al-Qaḍi, Abu ‘Ali al-Maruzī.
i.       ‘Abdullah ibn Aḥmād ibn’ Abdulāh al-Maruzī, Abu Bakār al-Qaffāl as-Shagīr.
j.       Muḥammad ibn Aḥmād ibn ‘Abdullāh.
k.     Ibrahīm ibn Aḥmād Abu Isḥāq al-Maruzī.
l.       Aḥmād ibnu ‘Umar ibn Sari’ al-Qaḍi Abu al-‘Abbās al-Bagdādi.
m.   ‘Usmān ibn Sa’īd ibn Baṣr Abu al-Qasīm al-Anmati al-Bagdādi al-Aḥwāl.
n.    Muḥammad ibn Idrīs ibn al-‘Abbās ibn ‘Usmān ibn al-Syafī’i ibn as-Sayb ibn ‘Ubaid ibn Abu Yazīd ibn Hasyīm ibn ‘Abdul Muṭṭalib kakek Rasulullah SAW.‎
Murid-murid beliau
Beliau memiliki murid yang banyak dari setiap penjuru, namun yang dianggap paling populer adalah :
a. ‘Abd al-Hamīd ibn ‘Isa ibn Umrawiyah ibn Yusuf ibn Khalīl ibn Abdullāh, ibn Yūsuf. Ia adalah seorang ulama ahli fiqh dan teologi Islam (Mutakallimin). Nama kebesarannya adalahAl-‘Allāmah Syamsuddīn atau Abu Muḥammad Muḥammad al-Khasrusḥāhi.
b. Zaki ibn Ḥāsan ibn ‘Umar, yang terkenal dengan nama Abu Aḥmad al-Biliqāni. Ia adalah seorang ahli fiqh, teolog, ahli ushul dan muhaqqīq (ahli manuskrip).
c. Ibrahīm ibn ‘Abdul Wahhāb ibn ‘Ali, nama sebutan lainnya adalahImaduddīn Abu Ma’āli atau Al-Anṣarī al-Khuzrajī al-Zanjanī.
d. Ibrahīm ibn Muḥammad al-Sulamī al- Magrabī adalah seorang hakim yang terkenal diwilayah pinggiran Mesir.
e.    Aḥmād ibn Khālil ibn Sa’ādah ibn Ja’fār ibn Isa al-Mihlabi. Ia adalah ketua hakim yang terkenal dengan nama Syamsuddīn Abu al-‘Abbās atau ‎al-Khubi.‎‎

Karya-karya Imam Fakhruddin Ar Razi
 ‎
Imam Fakhruddin Ar Razi menguasai berbagai bidang keilmuan seperti al-Qur’an, al-Hadith, tafsir, fiqh, usul fiqh, sastra arab, perbandingan agama, filsafat, logika, matematika, fisika, dan kedokteran. Selain telah menghafal al-Qur’an dan banyak al-Hadits, Fakhruddin al-Razi telah menghafal beberapa buku seperti al-Shamil fi Usul al-Din, karya Imam al-Haramain, al-Mu‘tamad karya Abu al-Husain al-Basri  dan al-Mustasfa karya al-Ghazali. Intelektual sezaman dengan Fakhruddin al-Razi; di antaranya Ibn Rushd, Ibn Arabi, Sayfuddin al-Amidi dan Al-Suhrawardi.

Kecerdasan dan keilmuan beliau sangat tinggi, berbagai macam ilmu dipelajari dan dikuasainya, hal itu bisa dibuktikan dengan kitab-kitab karangan beliau, yang terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, dan tak heran jika Ibnu Katsir dalam bidayah wan nihayahnya menyebutkan, bahwa karya tulis beliau mencapai sekitar dua ratusan buku. 
Kesungguhan Ar-Rāzi dalam menggali berbagai macam ilmu sudah tampak ketika ia masi muda. Disebutkan bahwa beliau telah dapat menghafal kitab Syāmil karya Al-Juāinī, Al-Mustasyfa’ karya ‎Al-Gazāli dan kitab Al-Mu’tamad karya tokoh ternama kaum mu’tazilah aliran Baṣrah.
 Selain sebagai seorang mufassir, beliau juga seorang pakar fikhi dan Ushul fikhi. Ilmu kalam, ilmu kedokteran dan filsafat, mengenai bidang ilmu-ilmu tersebut ia telah menulis beberapa kitab terkait ilmu tersebut, dan kitab-kitanya menjadi rujukan banyak ulama-ulama sesudahnya. Beliau sangat unggul dalam berbagai disiplin ilmu. Sehingga banyak orang-orang yang datang dari belahan penjuru negeri, untuk meneguk sebagian dari keluasan ilmu beliau.
Meski pernah menulis karya tafsir yang sangat terkenal, Ar-Rāzi lebih dikenal sebagai ahli fiqih dan filosof. Beberapa karya di bidang filsafatnya ialah Syariḥ al-Isyaraḥ, yang berisi komentarnya mengenai kitab Al-Isyaraḥ wa At-Tanbihat karya Ibnu Sina. Sedangkan di bidang ushul fiqh karya besarnya berjudul Al-Maul fi ‘Ilmi Al-Uṣul, yang merangkum empat kitab besar dalam madzhab Syafi’i dan pendapat para ahli ilmu kalam.
Di masa tuanya, Ar-Razi menetap di Herat, Afghanistan. Di tempat itu ia membangun masjid, mengajar dan menulis beberapa kitab hingga ajal menjemput nyawanya pada tahun 606 H/1209 M. Di kota Herat itu pula jenazah tokoh yang telah menulis tak kurang dari 81 judul kitab itu dimakamkan.‎

Dilihat dari karya yng dihasilkan, Fakhruddin ar-Razi adalah seorang ulama yang sangat produktif dan memiliki wawasan yang cukup luas, tidak hanya terbatas pada bidang hukum dan metodologinya, tetapi juga dalam bidang filsafat, teologi (ilmu kalam), tafsir al-qur’an, tasawwuf, mantiq dan bahasa arab. Diantara karya yang dimaksud adalah :
a. Al-Tafsīr al-Kabīr: Mafātih al-Ghaib
b. Tafsīr al-Fatīnah
c. Al-Tafsīr al-Shagīr: Asrār al-Tanzīl wa anwār al-Ta’wīl
d. Nihāyat al-‘Uqūl
 e.  Al-Maṣul fi Ilm uṣul al-Fiqh
 f. Al-Mabāhit al-Masraqiyah
 g.  Lubāb al-Isharāt
 h. Al-Maṭālib al-‘Aliyah fi ilm al-Kalām
 i. Al-Ma’ālim fi uṡul al-Fiqh
 j.  Al-Ma’ālim fi uṡul al-Dīn
 k. Tanbīh al-isharah fi al-Uṣul
  l. Al-arba’īn fi uṡul al-Dīn
  m. Sirāj al-Qulūb
  n. Zubdāt al-Afkār wa ‘umdāt al-Nażār
  o. Sharh al-Isharat
  p. Manāqib al-Imām al-Syafi’i
  q. Tafsīr asmaillāh al-Husnā

Dan masih banyak lagi karangan-karangan  beliau yang penulis tidak bisa sebutkan  disini. Setidaknya kita bisa mengambil contoh dari kehidupan Intelektual Imam Fakhruddin Ar-Razi yang mampu menulis banyak karya. 6 karya dalam ilmu Tafsir, 20 karya dalam ilmu Kalam, 9 karya dalam bidang filsafat, 6 karya dalam ilmu Filsafat dan Kalam, 5 karya dalam Logika, 2 dalam Matematika, 6 karya dalam ilmu Kedokteran,(48 karya dalam MIPA) 9 karya dalam ilmu Syariah, 4 karya dalam bidang sastra, dan masih puluhan lagi karyanya dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan lainnya. Masih banyak juga karyanya masih dalam bentuk manuskrip dan belum dikaji.

Sekilas tentang Tafsir Kabiir

Tafsir Mafaihul Ghaib atau yang dikenal sebagai Tafsir al-Kabir dikategorikan sebagai tafsir bir ra’yi (tafsir yang menggunakan pendekatan aqli), dengan pendekatan Mazhab Syafi’iyyah dan Asy’ariyah. Tafsir ini merujuk pada kitab Az-Zujaj fi Ma’anil Quran, Al-Farra’ wal Barrad dan Gharibul Quran, karya Ibnu Qutaibah dalam masalah gramatika.

Riwayat-riwayat tafsir bil ma’tsur yang jadi rujukan adalah riwayat dari Ibnu Abbas, Mujahid, Qatadah, Sudai, Said bin Jubair, riwayat dalam tafsir At-Thabari dan tafsir Ats-Tsa’labi, juga berbagai riwayat dari Nabi saw, keluarga, para sahabatnya serta tabi’in.

Sedangkan tafsir bir ra’yi yang jadi rujukan adalah tafsir Abu Ali Al-Juba’i, Abu Muslim Al-Asfahani, Qadhi Abdul Jabbar, Abu Bakar Al-Ashmam, Ali bin Isa Ar-Rumaini, Az-Zamakhsyari dan tafsir Abul Futuh Ar-Razi.

Ada riwayat yang menjelaskan bahwa Ar-Razi tidak menyelesaikan tafsir ini secara utuh. Ibnu Qadi Syuhbah mengatakan, “Imam Ar Razi belum menyelesaikan seluruh tafsirnya”. Ajalnya menjemputnya sebelum ia menyelesaikan tafsir Al Kabiir. Ibnu Khulakan dalam kitabnya wafiyatul a’yannya juga berkata demikian.Jadi siapa yang menyempurnakan dan menyelesaikan tafsir ini?dan sampai dimana beliau mengerjakan tafsirnya‎

Ibnu hajar Al ‘Asqalani menyatakan pada kitabnya ,” Yang menyempurnakan tafsir Ar Razi adalah Ahmad bin Muhammad bin Abi Al Hazm Makky Najamuddin Al Makhzumi Al Qammuli, wafat pada tahun 727 H, beliau orang mesir. Dan penulis kasyfu Ad dzunuun juga menuturkan,” Yang merampungkan tafsir Ar Razi adalah Najamuddin Ahmad bin Muhammad Al Qamuli, dan beliau wafat  tahun 727 H. Qadi Al Qudat Syahabuddin bin Khalil Al Khuway Ad Dimasyqy, juga menyempurnakan apa yang belum terselesaikan, beliau wafat tahun 639 H.‎
Latar belakang dan sejarah penulisan
Apabila dicari di dalam kitab tersebut, tidak ditemui petunjuk yang menyatakan dinamakan sebagaimana yang tersebut. Bahkan tidak disebut juga di dalam mukadimahnya dengan nama yang tertentu sebagaimana buku lain. Apabila dikaji dalam beberapa buah kitab biografi ulama lain terdapat beberapa penyataan berkaitan kitab ini, antaranya:
1.      Al-Dāwudi berkata  ”Tafsīr al-Kabīr ini ditulis sebanyak 12 jilid dengan di namakan Fath al-Ghaib atau Mafātih al-Gaib.”‎
2.       Berkata pula Siddiq Hasan: Kitab Mafātih al-Ghaib yang dikenali juga sebagai Tafīr al-Kabīr dihasilkan oleh ‎Fakhr al-Dīn, Muḥammad bin ‘Umar al-Rāzi – wafat 606H.
Menurut sebagian ulama, seluruh kandungan kita tafsir al-Kabīr al-Musammā mafātih al-Gaib, itu bukanlah karya otentik dari ‎imām ar-Rāzi yang utuh, karna ia belum sempat menuntaskan penafsiran 30 juz dari ayat-ayat Al-Quran, seputar hal ini,terdapat beberapa ulama yang menyebutkan tentang batasan penafsiran ayat Al_Quran yang diselesaikan oleh imām Ar-Rāzi sendiri. Ada yang mengatakan imām Ar-Rāzi hanya menyelesaikan tafsirnya sampai surah Al-Ambiyā. Pendapat kedua mengatakan bahwa ar-Rāzi menyelesaikan tafsirnya hingga surah al-Wāqi’ah, ada juga yang mengatakan bahwa ar-Rāzi telah menyelesaikan tafsirnya hingga surah ‎Al-Bayyinah, dengan alasan beliau pernah mengutip ayat 5 dari surah Al-Bayyinah.
Mengenai perbedaan pendapat terkait Ar-Rāzi menyelesaikan tafsirnya atau tidak, ‎Al-‘Umari menyimpulkan setelah melakukan penelitian bahwa sebenarnya imām Ar-Rāzi telah menyelesaikan penulisan tafsir 30 juz Al-Quran. Akan tetapi karena kekacauan yang terjadi yan menimpa kota Khawarizmi, yang diantaranya disebabkan karna adanya serangan yang dilakukan oleh Tatar 11 tahun setelah Ar-Rāzi meninggal dunia, maka hilanglah satu juz dari kitab itu. Kekurangan itu kemudian dilengkapi oleh Syihauddīn Al-Kūby (w. 639. H/1241 H)

Metode dan Corak Penafsiran
            
Dari hasil analisis penulis, di tinjau dari metode yang digunakan Ar-Rāzi dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran, sama juga seperti mufassir yang lain, beliau berusaha menafsirkan dan menjelaskan semua isi ayat Al-Quran, baik yang berkaitan dengan masalah kebahsaan, akidah, syariat, ahklak maupun sejarah. Oleh karna itu, tafsir Al-Kabir ini dikategorikan sebagai kitab tafsir bi-Ra’yi, dengan metode tahlili sekaligus maudhui, dan bercorak ilmi, adabi, fikhi dan aqidi.
             
Hanya saja, yang menjadi karakteristik khusus dari tafsir ini, adalah keluasan dan kedalaman pembahasan yang dilakukan oleh imām Ar-Rāzi dalam menafsirkan satu ayat al-Quran, selain itu Imām Ar-Rāzi telah mencurahkan perhatian untuk menerangkan hubungan-hubungan antara satu ayat dengan ayat yang lainnya (Munasabah bil-ayah), dan hubungan antara surah ( Munasabah bi As-Surah), Adakalnya beliau tidak hanya mengemukakan satu hubungan saja, tapi lebi dari satu hubungan. Walaupun demikian, beliau juga tidak melewatkan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan gramatika dan sastra.‎

Dalam bidang fikhi Imām Ar-Rāzi selalu berusaha menjelaskan pendapat Imam Syafi’i khususnya pada ayat-ayat yang berkaitan masalah fikhi dan ushul fikhi. Sedangkan dalam bidang Teologi atau ilmu kalam, Ar-Rāzi banyak mengungkapkan pemikiran yang dikembangkan oleh Abu Musa Al-Ays’ari, yaitu ketika membahas ayat-ayat yang berkaitan tentang ketuhanan, bahkan beliau selalu berusaha menyangkal ide-ide mu’tazila begitupula aliran-aliran yang dianggap sebagai aliran sesat. 

Ar-Rāzi juga dalam tafsirnya menambahkan ayat-ayat israilyat namun sangat sedikit sekali. Tujuan beliau menulis ayat-ayatisrailyat dalam tafsirnya adalah untuk membantah dan meluruskan kepada kisah yang sebenarnya. Seperti kisah harut dan marut, kisah ‎Daud, Sulaimān, dan banyak kisah yang lainnya. Disinilah peran Imām Ar-Rāzi untuk meluruskan kembali kepada kisah yang benar yang berasal dari hadtis yang shahih.
Di samping itu menurut Al-‘Umari bahwa banyak pemikiran Ar-Rāzi yang dikembangkan dalam tafsirnya tersebut diorentasikan pada pemikiran filsafat dan kalam, bahkan bias dikatakan bahwa Ar-Rāzi berusaha mencari titik temu antara filsafat dan wahyu. ‎Metode yang digunakan Oleh Imām Ar-Rāzi ini merupakan metode yang baru dan tidak banyak digunakan atau diluar kebiasaan yang dilakukan oleh para ahli tafsir pada waktu itu, sehingga sebagian ulama telah menyeut bahwa Ar-Rāzi pelopor penfsir yang bercorak ‘ilmi.

Kelebihan dan kekurangan
Ada beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh  tafsir Ar-Rāzi yang ditemukan bagi yang meneliti tafsir ini, antara lain sebagai berikut:
1.      Mengutamakan tentang munasabah surat-surah Al-Quran dan ayat-ayatnya satu sama lain sehingga beliau menjelaskan hikmah-hikmah yang terdapat dalam urutan Al-Quran dan ayat dengan keilmuan  yang berkembang.
2.      Membubuhkan banyak pendapat para ahli, baik ahli falsafah, ahli ilmu kalam, ahli fikhi dan lain-lain.
3.      Kalau beliau menemui  ayat hukum, maka beliau selalu menyebutkan semua madzhab fuqaha. Akan tetapi, ia lebih cenderung kepada madzhab Syafī’i yang merupakan pegangannya dalam ibadah dan mu’amalat.
4.      Ar-Rāzi menambahkan dari apa yang telah disebutkan di atas, dengan masalah tentang ilmu ushul, balaghah, nahwu dan yang lainnya, sekalipun masalah ini dibahas tidak secara panjang lebar.
5.      Belia melengkapi tafsirnya dengan menjelaskan Asbab al-Nuzul.
Adapun kekurangan yang terdapat dalam tafsir Ar-Rāzi, ada bebrapa pandangan Ulama mengenai hal ini, antara lain:
1.      Abu Hayan (w. 988H/1580 M) berkata: “Dalam tafsir Al-Kabīr, Ar-Rāzi telah mengumpulkan berbagai hal yang tidak mempunyai kaitan dengan masalah penafsiran ayat Al-Quran,” lebih tegas lagi, sebagian ulama ada yang mengatakan: “ Segala hal dapat ditemukan dalam kitab Tafsīr Al-Kabīr, kecuali penafsiran Al-Quran,”‎
2.      Manna’Al-Qaṭṭan mengemukakan bahwa: “Ilmu aqliyah mendominasi isi kitab ‎Tafsīr Al-Kabīr, sehingga bisa dikatakan bahwa kitab tafsir ini telah keluar dari ruh tafsir Al-Quran,”‎
3.      Rāsyid Riḍa (w. 1935 M) berkata: “Ar-Rāzi adalah orang ahli tafsir yang sangat sedikit mengetahui tentang sunnah,”‎
4.      Ibnu Ḥajār Al-‘Asqalāni (w. 852 H/1448 M) didalam kitab lisān Al-Mizān mengemukakan bahwa saya membaca dalam ikṡir fil ilmi at-Tafsīr yang disusun oleh At-Tūfi, ia mengatakan bahwa banyak kekurangan yang ditemukan alam kitab ‎Tafsīr Al-Kabīr,‎‎

Diantara beberpa kritikan yang menghujat metode yang dipakai Imām Ar-Rāzi, sebenarnya beliau beralasan bahwa, yang dilakukan itu lebi baik dari pada penafsiran Al-Quran dengan hanya berkutat pada pembahasan gramatika dan sastra suatu ayat. Para penafsir perlu mengungkapakan segala rahasia yang dikandung Al-Quran melalui ilmu pengetahuan yang telah dikuasai, dengan demikian akan tampak kekuasaan Allah dan mukjizat Al-Quran dalam bidang ilmu pengetahuan disamping hanya bidang tata bahasa dan sastra saja.   
Apalagi kalau hanya berkutat pada masalah fiqhiyah saja, maka akan terkesan seakan-akan Al-Quran hanya sebagai sumber hukum saja, padahal Al-Quran itu. Disamping sebagai sumber hukum, ia juga merupakan sumber segala macam ilmu pengetahuan lainnya. Para ahli tafsir seharusnya menggali beberapa ilmu pengetahuan yang dikandung Al-Quran, karna ayat-ayat Al-Quran banyak bercerita tentang  rahasia alam, manusia, berbagai cabang ilmu pengetahuan, dan anjuran untuk mengkaji itu semua, jumlahnya lebih banyak kalau dibandingkan dengan ayat-ayat ahkam yang berjumlah tidak lebih dari 200 ayat saja.

Contoh tafsir Ar-Razi ‎

Di bawah ini, akan kami sajikan beberapa contoh tafsir al-Razi diantaranya telihat dalam menafsirkan surat Al-Baqarah ayat 2 :‎

قوله تعالى ( لاريب فيه ) فيه مسألان : 
المسألة لأولى : الريب قريب من الشك وفيه زيادة كأنه ظن سوء تقول رابني أمر فلان إذا ظننت به سوءِِ, ومنها قوله عليه السلام " دع ما يريبك إلى ما لا يريبك " فإن قيل : قد يستعمل الريب في قولهم " ريب الدهر " و " ريب الزمان " اي حوادثه قال الله تعالى ( نتربص به ريب المنون ) ويستعمل أيضا في معني ما يختلج في القلب من أسباب الغيظ
قلنا : هذان قد يرجعان إلى معنى الشك لأن ما يخاف من ريب المنون محتمل فهو كالمشكوك فيه وكذلك ما اختلج بالقلب فهو غير متيقن..............

Firman Allah : tidak ada keraguan padanya (QS Al-Baqarah : 2), ayat ini mengandung dua masalah.
Masalah pertama : kata al-raib hampir sama maknanya dengan asy-syak, tetapi di dalamnya ada tambahan seakan-akan ia prasangka buruk. Engkau katakan : “perkara si fulan meragukan diriku apabila kamu berprasangka jahat terhadapnya.” Seperti sabda Nabi yang berbunyi : “tinggalkan hal yang meragukanmu kepada hal yang tidak meragu-ragukanmu.” Maka jika dikatakan : kata al-raib kadang-kadang digunakan dalam perkataan mereka : raib al-dahr, raib al-zaman, yakni kejadian-kejadiannya.
Melihat hasil penafsirannya al-Razi terhadap al-Qur’an, beliau menggunakan metode tahlili yang ditinjau dari segi pengumpulan datanya, dan ditinjau dari sumber penafsirannya menggunakan tafsir bi al-matsur dan bi al-ra’yi, disamping itu apabila ditunjau dari metode analisisnya yaitu tafsir tafshily yaitu secara terperinci.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis dapat menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.      Nama lengkap Ar-Rāzi adalah Muḥammad bin ‘Umar bin Ḥusain bin Ḥasan bin ‘Ali Attamimī Al-Bakhri  l-Rāzi, beliau memiliki banyak gelar seperti: Katib Ar-Ray, syaikhul islam,Imam Dan fakhuddin. beliau dilahirkan di Ray, yaitu sebua kota yang terletak disebelah tenggara Teheran Iran  pada tanggal 15 Ramadhan tahun 544 H/1149 M, kemudian beliau wafat pada bulan syawal, 606 H/1209 M.
2.      Nama Mafātih Al-Gaib atau Al-Kabīr adalah pemberian langsun dari imam Ar-Rāzi tidak diketahui apa alasan terkait pemberian nama kitab tersebut  karna tidak ditemukan dalam kitabnya.  Menurut sebagian ulama, seluru kandungan kita Tafsīr Al-Kabīr al-Musammā mafātih al-Gaib, itu bukanlah karya otentik dari ‎Imām ar-Rāzi yang utuh, karna ia belum sempat menuntaskan penafsiran 30 juz dari ayat-ayat Al-Quran. Disebabkan karena kekacauan yang terjadi yang menimpa kota Khawarizmi, yang diantaranya disebabkan karna adanya serangan yang dilakukan oleh Tatar 11 tahun setelah Ar-Rāzi meninggal dunia, maka hilanglah satu juz dari kitab itu. Kekurangan itu kemudian dilengkapi oleh ‎Syihauddīn Al-Kūbī (w. 639. H/1241 H)
3.      Tafsīr Al-Kabīr ini dikategorikan sebagai kitab tafsir bi-Ra’yi, dengan metode tahlili sekaligus maudhui, dan bercorak ilmi, fikhi dan aqidi.
4.      Imām Ar-Rāzi dalam tafsirnya, memiliki banyak keistimewaan, orang yang telah meneliti tafsir ini pasti akan mendapatkan beberapa poin penting. 

Namun ada beberapa ulama yang mengkritik metode yang dipakai oleh Imām Ar-Rāzi karna menurut mereka, metode yang dipakai oleh Imām Ar-Rāzi itu diluar kebiasaan para ahli tafsir kebanyakan, tapi Ar-Rāzi memiliki alasan tersendiri, menurut beliau, Al-Quran memiliki banyak wawasan ilmu pengetahuan, jika seorang mufassir hanya fokus pada satu corak tafsir saja misalnya hanya fokus pada ayat-ayat hokum saja, maka seakan-akan Al-Quran hanya sebagai sumber hukum padahal Al-Quran memiliki banyak cabang ilmu pengatahuan.      

Imam Abu Abdillah Muhammad Ar-Rozi Penulis Tafsir Al-Kabir


Berbicara tentang Al Quran, berarti membahas tentang suatu kitab yang suci nan sakral. Al Quran sebagai rahamat linnas wa rahmatal lil ‘alamiin, menjadikan kitab suci ini sebagai landasan dan huda dalam menapak jejak kehidupan di dunia ini.Dalam Al Quran yang menjadi mukjizat Rasulullah Saw, didalamnya banyak terkandung hikmah  dan interpretasi yang luas, sehingga ketika membaca Al Quran maka kita akan mendapatkan makna-makna yang lain ketika kita membacanya lagi. Inilah yang menjadikan Al Quran terasa nikmat ketika dibaca dan terasa tenang dihati ketika mendengarnya, walaupun yang mendengarnya itu seorang ‘Ajami yang tidak paham bahasa Al Quran.
Dalam bermuamalah dengan Al Quran, terkadang kita mendapatkan ayat-ayat yang sulit untuk dipahami maksudnya. kita memerlukan sebuah perangkat untuk memahami kandungan Al Quran, yang kita kenal dengan istilah tafsir. bahkan sahabat nabi terkadang masih sulit untuk memahami Al Quran. Sehingga ketika para sahabat tidak mengetahui makna atau maksud  suatu  ayat dalam Al Quran, mereka langsung merujuk kepada Rasulullah dan menanyakan hal tersebut.

Sebagai umat Islam yang baik, tentunya kita tidak pernah luput dalam bersentuhan dengan Al Quran, setidaknya dengan senantiasa membacanya.Namun apakah cukup hanya dengan membacanya saja? tentunya untuk meningkatkan kualitas kita dalam bergaul dengan Al Quran, dan untuk merasakan mukjizat Al Quran lebih dalam, adalah disamping kita membacanya, kita juga membaca dan menelaah tafsir-tafsir sebagai bayan atau yang menjelaskan dari Al Quran itu sendiri.

Salah satu jalan yang ditempuh dalam bergelut dalam dunia tafsir, setidaknya dengan mengetahui pengarang dan metodologi yang dipakai dalam menginterpretasi Al Quran.Pada makalah yang singkat ini, penulis mencoba memaparkan salah satu mufassir terkenal, mufassir yang keilmuannya tidak ada yang menandingi pada zamannya, dialah Fakhruddin Ar Razi.

Biografi Fakhruddin Ar Razi

Nama lengkap beliau Abu Abdillah, Muhammad bin Umar  bin Alhusain bin Alhasan Ali, At Tamimi, Al Bakri At Thabaristani Ar Rozi. beliau di juluki sebagai Fakhruddiin ( kebanggaan islam), dan dikenal dengan nama Ibnu Al khatiib, yang bermadzhabkan Syafi’i. Beliau lahir pada tahun 544 H. ‎beliau dilahirkan di Ray, yaitu sebua kota yang terletak disebelah tenggara Teheran Iran.kemudian beliau wafat pada bulan syawal, 606 H/1209 M. 

Tentang perawakannya ia berbadan tegak, berjanggut lebat, memiliki suara yang keras dan juga bersikap sopan santun, beliau mempunyai beberapa nama panggilan seperti Abū ‘Abdillah, Abū Ma’ali, Abul Fādil, dan Ibnu Khatib ar-Ray. Beberapa gelar itu diberikan disebabkan  karna pengetahuaannya yang luas, maka beliau mendapat berbagai gelar seperti: Khatib ar-Ray, Imām, Syaikhul Islām dan fakhruddīn. Dia mendapat julukan Khatib ar-Rayy karena dia adalah ulama terkemuka dikota Ray. Dia dijulukiImām karena menguasai ilmu fikhi dan ushul fiqih.  Dia dipanggil sebagai Syaikhul Islām  karena penguasaaan keilmuannya yang tinggi. Dan di dalam bidang tarfsir beliau lebih di kenal dengan nama Fakhruddīn Ar-Rāzi.

Sejak kecil Imām Fakhruddīn Ar-Rāzisudah di didik oleh ayahnya sendiri, syikh Dhiyauddīn, ulama terkemuka pada masanya yang berjuluk khatib Ar-Ray, beliau adalah seoramg tokoh, ulama dan pemikir yang dikagumi oleh masyarakat Ray.‎ disitulah Ar-Rāzi berkembang menjadi manusia soleh dan pencinta ilmu, setelah beliau menyelesaikan pada ayahnya barulah beliau melakukan perjalanan keberbagai kota seperti Khurasan dimana disana banyak ulama besar yang berasal dari negri itu‘Abdullah bin mubārak, Imām Bukhāri, Imām Tirmiżi dan ulama besar lainnya, Dari khurasan atau lebih dikenal lagi dengan bukhara, beliaumelanjutkan perjalanannya ke irak, terus ke syam,namun lebih banyak waktunya digunakan di khawarzimi untuk belajar memperbanyak ilmunya, kemudia teakhir beliau berangkat kenegri kota heart di daerah afganistan untuk belajar mengajar.

Imam Fakhruddin Ar Razi tidak ada yang menyamai keilmuan pada masanya, ia seorang mutakallim pada zamannya, ia ahli bahasa, ia Imam tafsir dan beliau sangat unggul dalam berbagai disiplin ilmu. Sehingga banyak orang-orang yang datang dari belahan penjuru negeri, untuk meneguk sebagian dari keluasan ilmu beliau. Imam Fakhruddin dalam  memberikan hikmah pelajaran beliau menggunakan bahasa arab dan bahasa asing.

Imam Fakhruddin Ar Razi wafat pada tahun 606 H. Dikatakan beliau meninggal, ketika beliau berselisih pendapat dengan kelompok Al karamiah tentang urusan aqidah, mereka sampai mengkafirkan Fakhruddin Ar Razi, kemudian dengan kelicikan dan tipu muslihat, mereka meracuni Ar Razi, sehingga beliau meninggal dan menghadap pada Rabbi Nya.
Guru-guru beliau
      
Perjalanan panjangnya  kebeberapa daerah tersebut memungkinkannya untuk        menemui beberapa ulama yang kemudian dijadikan guru dalam berbagai disiplin ilmu, utamanya dalam bidang tafsir.  Diantara beberapa ulama yang kemudian menjadi gurunya ialah:
a.    Salmān ibn Naṡir ibn Imrān ibn Muḥammad ibn Isma’īl ibn Isḥāq ibn Zaid ibn Ziyād ibn Maimun ibn Mahran, Abu Al-Qasīm al-Anṣāri, salah seorang murid imām al-Haramain.
b.    ‘Abd Mālik bin ‘Abdullah ibn Yusuf ibn’ Abdullah ibn Yusuf  ibn Muhammad, yang terkenal dengan namaImām Al-Haramain Ḍiyauddin Abu Al-Ma’ali l-Juwaini.
c.    Ibrahīm ibn Muḥammad ibn ibraḥim ibn mahran, Al-Imām Ruknuddīn Abu Isḥak Al-Isfirayani, seorang pakar teologi dan hukum islam dari Khurasan.
d.    Abu Ḥusain Muḥammad ibn Muḥammad ibn Abdurraḥmān ibn As-Sa’īd Al-Bahīli.
e.    ‘Ali ibn Isma’īl ibn Isḥaq ibn Sālim ibn Isma’īl ibn ‘Abdullah ibn Musa ibn Bilāl ibn Abu Bard ibn Abu Musa, seorang teolog yang terkenal dengan nama As-Syaikh Abu Ḥasan Al-Asy’ari Al-Baṣri.
f.     Muḥammad ibn ‘Abdul Wahhāb ibn Salām Abu ‘Ali Al-Jubbā’i, seorang tokoh teolog mu’tazilah.
g.     Al-Ḥasān ibn Mas’ūd ibn Muḥammad abu Muḥammad al-Bagāwi. Dari tokoh ini, Fakhruddīn Ar-Rāzi mendalami filsafat, disamping dari guru lainnya, terutama Majduddīn al-Jilli.
h.     Al-Ḥusain ibn Muḥammad ibn Aḥmad al-Qaḍi, Abu ‘Ali al-Maruzī.
i.       ‘Abdullah ibn Aḥmād ibn’ Abdulāh al-Maruzī, Abu Bakār al-Qaffāl as-Shagīr.
j.       Muḥammad ibn Aḥmād ibn ‘Abdullāh.
k.     Ibrahīm ibn Aḥmād Abu Isḥāq al-Maruzī.
l.       Aḥmād ibnu ‘Umar ibn Sari’ al-Qaḍi Abu al-‘Abbās al-Bagdādi.
m.   ‘Usmān ibn Sa’īd ibn Baṣr Abu al-Qasīm al-Anmati al-Bagdādi al-Aḥwāl.
n.    Muḥammad ibn Idrīs ibn al-‘Abbās ibn ‘Usmān ibn al-Syafī’i ibn as-Sayb ibn ‘Ubaid ibn Abu Yazīd ibn Hasyīm ibn ‘Abdul Muṭṭalib kakek Rasulullah SAW.‎
Murid-murid beliau
Beliau memiliki murid yang banyak dari setiap penjuru, namun yang dianggap paling populer adalah :
a. ‘Abd al-Hamīd ibn ‘Isa ibn Umrawiyah ibn Yusuf ibn Khalīl ibn Abdullāh, ibn Yūsuf. Ia adalah seorang ulama ahli fiqh dan teologi Islam (Mutakallimin). Nama kebesarannya adalahAl-‘Allāmah Syamsuddīn atau Abu Muḥammad Muḥammad al-Khasrusḥāhi.
b. Zaki ibn Ḥāsan ibn ‘Umar, yang terkenal dengan nama Abu Aḥmad al-Biliqāni. Ia adalah seorang ahli fiqh, teolog, ahli ushul dan muhaqqīq (ahli manuskrip).
c. Ibrahīm ibn ‘Abdul Wahhāb ibn ‘Ali, nama sebutan lainnya adalahImaduddīn Abu Ma’āli atau Al-Anṣarī al-Khuzrajī al-Zanjanī.
d. Ibrahīm ibn Muḥammad al-Sulamī al- Magrabī adalah seorang hakim yang terkenal diwilayah pinggiran Mesir.
e.    Aḥmād ibn Khālil ibn Sa’ādah ibn Ja’fār ibn Isa al-Mihlabi. Ia adalah ketua hakim yang terkenal dengan nama Syamsuddīn Abu al-‘Abbās atau ‎al-Khubi.‎‎

Karya-karya Imam Fakhruddin Ar Razi
 ‎
Imam Fakhruddin Ar Razi menguasai berbagai bidang keilmuan seperti al-Qur’an, al-Hadith, tafsir, fiqh, usul fiqh, sastra arab, perbandingan agama, filsafat, logika, matematika, fisika, dan kedokteran. Selain telah menghafal al-Qur’an dan banyak al-Hadits, Fakhruddin al-Razi telah menghafal beberapa buku seperti al-Shamil fi Usul al-Din, karya Imam al-Haramain, al-Mu‘tamad karya Abu al-Husain al-Basri  dan al-Mustasfa karya al-Ghazali. Intelektual sezaman dengan Fakhruddin al-Razi; di antaranya Ibn Rushd, Ibn Arabi, Sayfuddin al-Amidi dan Al-Suhrawardi.

Kecerdasan dan keilmuan beliau sangat tinggi, berbagai macam ilmu dipelajari dan dikuasainya, hal itu bisa dibuktikan dengan kitab-kitab karangan beliau, yang terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, dan tak heran jika Ibnu Katsir dalam bidayah wan nihayahnya menyebutkan, bahwa karya tulis beliau mencapai sekitar dua ratusan buku. 
Kesungguhan Ar-Rāzi dalam menggali berbagai macam ilmu sudah tampak ketika ia masi muda. Disebutkan bahwa beliau telah dapat menghafal kitab Syāmil karya Al-Juāinī, Al-Mustasyfa’ karya ‎Al-Gazāli dan kitab Al-Mu’tamad karya tokoh ternama kaum mu’tazilah aliran Baṣrah.
 Selain sebagai seorang mufassir, beliau juga seorang pakar fikhi dan Ushul fikhi. Ilmu kalam, ilmu kedokteran dan filsafat, mengenai bidang ilmu-ilmu tersebut ia telah menulis beberapa kitab terkait ilmu tersebut, dan kitab-kitanya menjadi rujukan banyak ulama-ulama sesudahnya. Beliau sangat unggul dalam berbagai disiplin ilmu. Sehingga banyak orang-orang yang datang dari belahan penjuru negeri, untuk meneguk sebagian dari keluasan ilmu beliau.
Meski pernah menulis karya tafsir yang sangat terkenal, Ar-Rāzi lebih dikenal sebagai ahli fiqih dan filosof. Beberapa karya di bidang filsafatnya ialah Syariḥ al-Isyaraḥ, yang berisi komentarnya mengenai kitab Al-Isyaraḥ wa At-Tanbihat karya Ibnu Sina. Sedangkan di bidang ushul fiqh karya besarnya berjudul Al-Maul fi ‘Ilmi Al-Uṣul, yang merangkum empat kitab besar dalam madzhab Syafi’i dan pendapat para ahli ilmu kalam.
Di masa tuanya, Ar-Razi menetap di Herat, Afghanistan. Di tempat itu ia membangun masjid, mengajar dan menulis beberapa kitab hingga ajal menjemput nyawanya pada tahun 606 H/1209 M. Di kota Herat itu pula jenazah tokoh yang telah menulis tak kurang dari 81 judul kitab itu dimakamkan.‎

Dilihat dari karya yng dihasilkan, Fakhruddin ar-Razi adalah seorang ulama yang sangat produktif dan memiliki wawasan yang cukup luas, tidak hanya terbatas pada bidang hukum dan metodologinya, tetapi juga dalam bidang filsafat, teologi (ilmu kalam), tafsir al-qur’an, tasawwuf, mantiq dan bahasa arab. Diantara karya yang dimaksud adalah :
a. Al-Tafsīr al-Kabīr: Mafātih al-Ghaib
b. Tafsīr al-Fatīnah
c. Al-Tafsīr al-Shagīr: Asrār al-Tanzīl wa anwār al-Ta’wīl
d. Nihāyat al-‘Uqūl
 e.  Al-Maṣul fi Ilm uṣul al-Fiqh
 f. Al-Mabāhit al-Masraqiyah
 g.  Lubāb al-Isharāt
 h. Al-Maṭālib al-‘Aliyah fi ilm al-Kalām
 i. Al-Ma’ālim fi uṡul al-Fiqh
 j.  Al-Ma’ālim fi uṡul al-Dīn
 k. Tanbīh al-isharah fi al-Uṣul
  l. Al-arba’īn fi uṡul al-Dīn
  m. Sirāj al-Qulūb
  n. Zubdāt al-Afkār wa ‘umdāt al-Nażār
  o. Sharh al-Isharat
  p. Manāqib al-Imām al-Syafi’i
  q. Tafsīr asmaillāh al-Husnā

Dan masih banyak lagi karangan-karangan  beliau yang penulis tidak bisa sebutkan  disini. Setidaknya kita bisa mengambil contoh dari kehidupan Intelektual Imam Fakhruddin Ar-Razi yang mampu menulis banyak karya. 6 karya dalam ilmu Tafsir, 20 karya dalam ilmu Kalam, 9 karya dalam bidang filsafat, 6 karya dalam ilmu Filsafat dan Kalam, 5 karya dalam Logika, 2 dalam Matematika, 6 karya dalam ilmu Kedokteran,(48 karya dalam MIPA) 9 karya dalam ilmu Syariah, 4 karya dalam bidang sastra, dan masih puluhan lagi karyanya dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan lainnya. Masih banyak juga karyanya masih dalam bentuk manuskrip dan belum dikaji.

Sekilas tentang Tafsir Kabiir

Tafsir Mafaihul Ghaib atau yang dikenal sebagai Tafsir al-Kabir dikategorikan sebagai tafsir bir ra’yi (tafsir yang menggunakan pendekatan aqli), dengan pendekatan Mazhab Syafi’iyyah dan Asy’ariyah. Tafsir ini merujuk pada kitab Az-Zujaj fi Ma’anil Quran, Al-Farra’ wal Barrad dan Gharibul Quran, karya Ibnu Qutaibah dalam masalah gramatika.

Riwayat-riwayat tafsir bil ma’tsur yang jadi rujukan adalah riwayat dari Ibnu Abbas, Mujahid, Qatadah, Sudai, Said bin Jubair, riwayat dalam tafsir At-Thabari dan tafsir Ats-Tsa’labi, juga berbagai riwayat dari Nabi saw, keluarga, para sahabatnya serta tabi’in.

Sedangkan tafsir bir ra’yi yang jadi rujukan adalah tafsir Abu Ali Al-Juba’i, Abu Muslim Al-Asfahani, Qadhi Abdul Jabbar, Abu Bakar Al-Ashmam, Ali bin Isa Ar-Rumaini, Az-Zamakhsyari dan tafsir Abul Futuh Ar-Razi.

Ada riwayat yang menjelaskan bahwa Ar-Razi tidak menyelesaikan tafsir ini secara utuh. Ibnu Qadi Syuhbah mengatakan, “Imam Ar Razi belum menyelesaikan seluruh tafsirnya”. Ajalnya menjemputnya sebelum ia menyelesaikan tafsir Al Kabiir. Ibnu Khulakan dalam kitabnya wafiyatul a’yannya juga berkata demikian.Jadi siapa yang menyempurnakan dan menyelesaikan tafsir ini?dan sampai dimana beliau mengerjakan tafsirnya‎

Ibnu hajar Al ‘Asqalani menyatakan pada kitabnya ,” Yang menyempurnakan tafsir Ar Razi adalah Ahmad bin Muhammad bin Abi Al Hazm Makky Najamuddin Al Makhzumi Al Qammuli, wafat pada tahun 727 H, beliau orang mesir. Dan penulis kasyfu Ad dzunuun juga menuturkan,” Yang merampungkan tafsir Ar Razi adalah Najamuddin Ahmad bin Muhammad Al Qamuli, dan beliau wafat  tahun 727 H. Qadi Al Qudat Syahabuddin bin Khalil Al Khuway Ad Dimasyqy, juga menyempurnakan apa yang belum terselesaikan, beliau wafat tahun 639 H.‎
Latar belakang dan sejarah penulisan
Apabila dicari di dalam kitab tersebut, tidak ditemui petunjuk yang menyatakan dinamakan sebagaimana yang tersebut. Bahkan tidak disebut juga di dalam mukadimahnya dengan nama yang tertentu sebagaimana buku lain. Apabila dikaji dalam beberapa buah kitab biografi ulama lain terdapat beberapa penyataan berkaitan kitab ini, antaranya:
1.      Al-Dāwudi berkata  ”Tafsīr al-Kabīr ini ditulis sebanyak 12 jilid dengan di namakan Fath al-Ghaib atau Mafātih al-Gaib.”‎
2.       Berkata pula Siddiq Hasan: Kitab Mafātih al-Ghaib yang dikenali juga sebagai Tafīr al-Kabīr dihasilkan oleh ‎Fakhr al-Dīn, Muḥammad bin ‘Umar al-Rāzi – wafat 606H.
Menurut sebagian ulama, seluruh kandungan kita tafsir al-Kabīr al-Musammā mafātih al-Gaib, itu bukanlah karya otentik dari ‎imām ar-Rāzi yang utuh, karna ia belum sempat menuntaskan penafsiran 30 juz dari ayat-ayat Al-Quran, seputar hal ini,terdapat beberapa ulama yang menyebutkan tentang batasan penafsiran ayat Al_Quran yang diselesaikan oleh imām Ar-Rāzi sendiri. Ada yang mengatakan imām Ar-Rāzi hanya menyelesaikan tafsirnya sampai surah Al-Ambiyā. Pendapat kedua mengatakan bahwa ar-Rāzi menyelesaikan tafsirnya hingga surah al-Wāqi’ah, ada juga yang mengatakan bahwa ar-Rāzi telah menyelesaikan tafsirnya hingga surah ‎Al-Bayyinah, dengan alasan beliau pernah mengutip ayat 5 dari surah Al-Bayyinah.
Mengenai perbedaan pendapat terkait Ar-Rāzi menyelesaikan tafsirnya atau tidak, ‎Al-‘Umari menyimpulkan setelah melakukan penelitian bahwa sebenarnya imām Ar-Rāzi telah menyelesaikan penulisan tafsir 30 juz Al-Quran. Akan tetapi karena kekacauan yang terjadi yan menimpa kota Khawarizmi, yang diantaranya disebabkan karna adanya serangan yang dilakukan oleh Tatar 11 tahun setelah Ar-Rāzi meninggal dunia, maka hilanglah satu juz dari kitab itu. Kekurangan itu kemudian dilengkapi oleh Syihauddīn Al-Kūby (w. 639. H/1241 H)

Metode dan Corak Penafsiran
            
Dari hasil analisis penulis, di tinjau dari metode yang digunakan Ar-Rāzi dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran, sama juga seperti mufassir yang lain, beliau berusaha menafsirkan dan menjelaskan semua isi ayat Al-Quran, baik yang berkaitan dengan masalah kebahsaan, akidah, syariat, ahklak maupun sejarah. Oleh karna itu, tafsir Al-Kabir ini dikategorikan sebagai kitab tafsir bi-Ra’yi, dengan metode tahlili sekaligus maudhui, dan bercorak ilmi, adabi, fikhi dan aqidi.
             
Hanya saja, yang menjadi karakteristik khusus dari tafsir ini, adalah keluasan dan kedalaman pembahasan yang dilakukan oleh imām Ar-Rāzi dalam menafsirkan satu ayat al-Quran, selain itu Imām Ar-Rāzi telah mencurahkan perhatian untuk menerangkan hubungan-hubungan antara satu ayat dengan ayat yang lainnya (Munasabah bil-ayah), dan hubungan antara surah ( Munasabah bi As-Surah), Adakalnya beliau tidak hanya mengemukakan satu hubungan saja, tapi lebi dari satu hubungan. Walaupun demikian, beliau juga tidak melewatkan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan gramatika dan sastra.‎

Dalam bidang fikhi Imām Ar-Rāzi selalu berusaha menjelaskan pendapat Imam Syafi’i khususnya pada ayat-ayat yang berkaitan masalah fikhi dan ushul fikhi. Sedangkan dalam bidang Teologi atau ilmu kalam, Ar-Rāzi banyak mengungkapkan pemikiran yang dikembangkan oleh Abu Musa Al-Ays’ari, yaitu ketika membahas ayat-ayat yang berkaitan tentang ketuhanan, bahkan beliau selalu berusaha menyangkal ide-ide mu’tazila begitupula aliran-aliran yang dianggap sebagai aliran sesat. 

Ar-Rāzi juga dalam tafsirnya menambahkan ayat-ayat israilyat namun sangat sedikit sekali. Tujuan beliau menulis ayat-ayatisrailyat dalam tafsirnya adalah untuk membantah dan meluruskan kepada kisah yang sebenarnya. Seperti kisah harut dan marut, kisah ‎Daud, Sulaimān, dan banyak kisah yang lainnya. Disinilah peran Imām Ar-Rāzi untuk meluruskan kembali kepada kisah yang benar yang berasal dari hadtis yang shahih.
Di samping itu menurut Al-‘Umari bahwa banyak pemikiran Ar-Rāzi yang dikembangkan dalam tafsirnya tersebut diorentasikan pada pemikiran filsafat dan kalam, bahkan bias dikatakan bahwa Ar-Rāzi berusaha mencari titik temu antara filsafat dan wahyu. ‎Metode yang digunakan Oleh Imām Ar-Rāzi ini merupakan metode yang baru dan tidak banyak digunakan atau diluar kebiasaan yang dilakukan oleh para ahli tafsir pada waktu itu, sehingga sebagian ulama telah menyeut bahwa Ar-Rāzi pelopor penfsir yang bercorak ‘ilmi.

Kelebihan dan kekurangan
Ada beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh  tafsir Ar-Rāzi yang ditemukan bagi yang meneliti tafsir ini, antara lain sebagai berikut:
1.      Mengutamakan tentang munasabah surat-surah Al-Quran dan ayat-ayatnya satu sama lain sehingga beliau menjelaskan hikmah-hikmah yang terdapat dalam urutan Al-Quran dan ayat dengan keilmuan  yang berkembang.
2.      Membubuhkan banyak pendapat para ahli, baik ahli falsafah, ahli ilmu kalam, ahli fikhi dan lain-lain.
3.      Kalau beliau menemui  ayat hukum, maka beliau selalu menyebutkan semua madzhab fuqaha. Akan tetapi, ia lebih cenderung kepada madzhab Syafī’i yang merupakan pegangannya dalam ibadah dan mu’amalat.
4.      Ar-Rāzi menambahkan dari apa yang telah disebutkan di atas, dengan masalah tentang ilmu ushul, balaghah, nahwu dan yang lainnya, sekalipun masalah ini dibahas tidak secara panjang lebar.
5.      Belia melengkapi tafsirnya dengan menjelaskan Asbab al-Nuzul.
Adapun kekurangan yang terdapat dalam tafsir Ar-Rāzi, ada bebrapa pandangan Ulama mengenai hal ini, antara lain:
1.      Abu Hayan (w. 988H/1580 M) berkata: “Dalam tafsir Al-Kabīr, Ar-Rāzi telah mengumpulkan berbagai hal yang tidak mempunyai kaitan dengan masalah penafsiran ayat Al-Quran,” lebih tegas lagi, sebagian ulama ada yang mengatakan: “ Segala hal dapat ditemukan dalam kitab Tafsīr Al-Kabīr, kecuali penafsiran Al-Quran,”‎
2.      Manna’Al-Qaṭṭan mengemukakan bahwa: “Ilmu aqliyah mendominasi isi kitab ‎Tafsīr Al-Kabīr, sehingga bisa dikatakan bahwa kitab tafsir ini telah keluar dari ruh tafsir Al-Quran,”‎
3.      Rāsyid Riḍa (w. 1935 M) berkata: “Ar-Rāzi adalah orang ahli tafsir yang sangat sedikit mengetahui tentang sunnah,”‎
4.      Ibnu Ḥajār Al-‘Asqalāni (w. 852 H/1448 M) didalam kitab lisān Al-Mizān mengemukakan bahwa saya membaca dalam ikṡir fil ilmi at-Tafsīr yang disusun oleh At-Tūfi, ia mengatakan bahwa banyak kekurangan yang ditemukan alam kitab ‎Tafsīr Al-Kabīr,‎‎

Diantara beberpa kritikan yang menghujat metode yang dipakai Imām Ar-Rāzi, sebenarnya beliau beralasan bahwa, yang dilakukan itu lebi baik dari pada penafsiran Al-Quran dengan hanya berkutat pada pembahasan gramatika dan sastra suatu ayat. Para penafsir perlu mengungkapakan segala rahasia yang dikandung Al-Quran melalui ilmu pengetahuan yang telah dikuasai, dengan demikian akan tampak kekuasaan Allah dan mukjizat Al-Quran dalam bidang ilmu pengetahuan disamping hanya bidang tata bahasa dan sastra saja.   
Apalagi kalau hanya berkutat pada masalah fiqhiyah saja, maka akan terkesan seakan-akan Al-Quran hanya sebagai sumber hukum saja, padahal Al-Quran itu. Disamping sebagai sumber hukum, ia juga merupakan sumber segala macam ilmu pengetahuan lainnya. Para ahli tafsir seharusnya menggali beberapa ilmu pengetahuan yang dikandung Al-Quran, karna ayat-ayat Al-Quran banyak bercerita tentang  rahasia alam, manusia, berbagai cabang ilmu pengetahuan, dan anjuran untuk mengkaji itu semua, jumlahnya lebih banyak kalau dibandingkan dengan ayat-ayat ahkam yang berjumlah tidak lebih dari 200 ayat saja.

Contoh tafsir Ar-Razi ‎

Di bawah ini, akan kami sajikan beberapa contoh tafsir al-Razi diantaranya telihat dalam menafsirkan surat Al-Baqarah ayat 2 :‎

قوله تعالى ( لاريب فيه ) فيه مسألان : 
المسألة لأولى : الريب قريب من الشك وفيه زيادة كأنه ظن سوء تقول رابني أمر فلان إذا ظننت به سوءِِ, ومنها قوله عليه السلام " دع ما يريبك إلى ما لا يريبك " فإن قيل : قد يستعمل الريب في قولهم " ريب الدهر " و " ريب الزمان " اي حوادثه قال الله تعالى ( نتربص به ريب المنون ) ويستعمل أيضا في معني ما يختلج في القلب من أسباب الغيظ
قلنا : هذان قد يرجعان إلى معنى الشك لأن ما يخاف من ريب المنون محتمل فهو كالمشكوك فيه وكذلك ما اختلج بالقلب فهو غير متيقن..............

Firman Allah : tidak ada keraguan padanya (QS Al-Baqarah : 2), ayat ini mengandung dua masalah.
Masalah pertama : kata al-raib hampir sama maknanya dengan asy-syak, tetapi di dalamnya ada tambahan seakan-akan ia prasangka buruk. Engkau katakan : “perkara si fulan meragukan diriku apabila kamu berprasangka jahat terhadapnya.” Seperti sabda Nabi yang berbunyi : “tinggalkan hal yang meragukanmu kepada hal yang tidak meragu-ragukanmu.” Maka jika dikatakan : kata al-raib kadang-kadang digunakan dalam perkataan mereka : raib al-dahr, raib al-zaman, yakni kejadian-kejadiannya.
Melihat hasil penafsirannya al-Razi terhadap al-Qur’an, beliau menggunakan metode tahlili yang ditinjau dari segi pengumpulan datanya, dan ditinjau dari sumber penafsirannya menggunakan tafsir bi al-matsur dan bi al-ra’yi, disamping itu apabila ditunjau dari metode analisisnya yaitu tafsir tafshily yaitu secara terperinci.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis dapat menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.      Nama lengkap Ar-Rāzi adalah Muḥammad bin ‘Umar bin Ḥusain bin Ḥasan bin ‘Ali Attamimī Al-Bakhri  l-Rāzi, beliau memiliki banyak gelar seperti: Katib Ar-Ray, syaikhul islam,Imam Dan fakhuddin. beliau dilahirkan di Ray, yaitu sebua kota yang terletak disebelah tenggara Teheran Iran  pada tanggal 15 Ramadhan tahun 544 H/1149 M, kemudian beliau wafat pada bulan syawal, 606 H/1209 M.
2.      Nama Mafātih Al-Gaib atau Al-Kabīr adalah pemberian langsun dari imam Ar-Rāzi tidak diketahui apa alasan terkait pemberian nama kitab tersebut  karna tidak ditemukan dalam kitabnya.  Menurut sebagian ulama, seluru kandungan kita Tafsīr Al-Kabīr al-Musammā mafātih al-Gaib, itu bukanlah karya otentik dari ‎Imām ar-Rāzi yang utuh, karna ia belum sempat menuntaskan penafsiran 30 juz dari ayat-ayat Al-Quran. Disebabkan karena kekacauan yang terjadi yang menimpa kota Khawarizmi, yang diantaranya disebabkan karna adanya serangan yang dilakukan oleh Tatar 11 tahun setelah Ar-Rāzi meninggal dunia, maka hilanglah satu juz dari kitab itu. Kekurangan itu kemudian dilengkapi oleh ‎Syihauddīn Al-Kūbī (w. 639. H/1241 H)
3.      Tafsīr Al-Kabīr ini dikategorikan sebagai kitab tafsir bi-Ra’yi, dengan metode tahlili sekaligus maudhui, dan bercorak ilmi, fikhi dan aqidi.
4.      Imām Ar-Rāzi dalam tafsirnya, memiliki banyak keistimewaan, orang yang telah meneliti tafsir ini pasti akan mendapatkan beberapa poin penting. 

Namun ada beberapa ulama yang mengkritik metode yang dipakai oleh Imām Ar-Rāzi karna menurut mereka, metode yang dipakai oleh Imām Ar-Rāzi itu diluar kebiasaan para ahli tafsir kebanyakan, tapi Ar-Rāzi memiliki alasan tersendiri, menurut beliau, Al-Quran memiliki banyak wawasan ilmu pengetahuan, jika seorang mufassir hanya fokus pada satu corak tafsir saja misalnya hanya fokus pada ayat-ayat hokum saja, maka seakan-akan Al-Quran hanya sebagai sumber hukum padahal Al-Quran memiliki banyak cabang ilmu pengatahuan.      

Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

  Nabiyullah Sulaiman  'alaihissalam  (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta'ala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimilik...