Kamis, 21 Oktober 2021

Sejarah Pesantren Paculgowang Jombang


Sebagaimana lazimnya berdirinya pondok pesantren adalah semata-mata merupakan fadloll (anugrah) Allah SWT disamping jerih payah, kesabaran dan kegigihan perjuangan para pendirinya.

Pondok pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang terbilang salah satu pondok tertua di daerah Jombang. Pondok ini pertama kali didirikan oleh KH. Alwi pada tahun 1885. Pondok ini lahir didasari keinginan yang kuat untuk mempertahankan ajaran Islam dan rasa patriotisme yang tinggi dari pendirinya. Kenapa demikian, masalahnya Kyai Alwi yang berasal dari Klaten Jawa Tengah itu pada masa mudanya benci terhadap penjajah yang menyengsarkan kehidupan rakyat, yang akhirnya membuat hati pemuda Alwi berontak dan tidak puas terlebih setelah munculnya undang-undang tanam paksa yang diterapkan pemerintah Belanda yang bertujuan mengeruk kekayaan bumi Indonesia.

Al kisah, pada waktu itu penduduk daerah asalnya, Klaten dipaksa oleh Belanda menanami sawahnya dengan tanaman tebu. Pelaksanaan penanaman tersebut diawasi langsung olah sinder yang berasal dari Belanda. Sinder Belanda itu congkak dan kasar pada penduduk. Itulah yang membuat darah muda alwi bergejolak, merasa terhina. Pada waktu itu Alwi bersama-sama penduduk lainnya bekerja untuk membuat parit untuk ditanami tebu. Dengan diam-diam tanpa sepengetahuan rekan sekerjanya dan dengan keberaniannya parit yang digali untuk menanam tebu tersebut digunakan untuk menanam hidup-hidup sinder Belanda yang sedang mengawasi para pekerja. Ulahnya tersebut untuk beberapa saat tidak diketahui oleh pemerintah Belanda. Namun akhirnya tercium juga perbuatan tersebut . Merasa berbuatannya telah diketahui pemerintah Belanda  maka Alwi pun segera melarikan diri pergi mengembara ke Sumatra. Namun setelah beberapa  saat disana Beliau merasa kurang aman karena banyak dijumpai orang-orang Belanda. Dan akhirnya beliaupun kembali ke Klaten.

Dan atas saran serta restu orang tuanya, Beliau menyusul sanak keluarganya di Jawa Timur. Disana Beliau menetap di Desa Cukir. Pada waktu itu di Cukir sudah berdiri Pabrik Gula milik Belanda, maka Beliau merasa kurang aman. Akhirnya Beliau pindah ke Paculgowang yang berjarak dua kilometer dari desa Cukir. Bermula dari situlah pondok pesantren Tarbiyatun Nasyi’in lahir dan berkembang.

Bermula dari surau yang kecil, Beliau mulai berda’wah kepada para penduduk desa tersebut untuk dididik ajaran agama islam. Dengan tekun dan telaten Beliau memberikan pelajaran kepada penduduk yang menjadi muridnya. Disamping Ilmu agama yang mumpuni dan didukung oleh sikap dan keperibadian yang luhur maka semakin banyaklah penduduk yang menitipkan putra-putrinya untuk dididik dan diberi pelajaran ilmu agama. Murid-murid Beliau pun tidak terbatas dari desa Paculgowang saja Tetapi juga dari desa lainnya bahkan juga dari daerah asal Beliau yaitu Klaten Jawa Tengah.
Didalam mengajarkan ilmu agama KH. Alwi mengutamakan kitab-kitab Fiqih. Disamping itu Beliau juga mengajarkan ilmu Tasawuf, keteladanan, keperwiraan dan kebangsaan kepada para santri, karena waktu itu masih dalam keadaan terjajah. Sikap anti kolonial pada diri Beliau tetap tertanam, sehingga pada setiap kesempatan disela-sela pengajiannya, Beliau selalu menyampaikan sikap anti kolonialnya pada para santri. Rupanya dawuh seorang kyai yang luas, lugu dan sederhana sangat mengenang dan tertanam dilubuk hati para santrinya. Sehingga pada waktu Belanda membagi-bagikan sawah gogolan pada rakyat, semua santri dan penduduk Paculgowang tidak ada yang mau menerimanya, karena sikap antipati kepada Belanda. Hal itu berjalan hingga sekarang keadaan semacam itu karena sudah tertanamnya sikap antipati terhadap Belanda dan menganggap haram pemberian sawah dari Belanda yang merupakan sawah rampasan dari rakyat.

Sepeninggalan KH. Alwi pada tahun 1911 M, kedudukan Beliau diganti oleh KH Anwar, putera Beliau KH Anwar Alwi satu periode denga KH. Hasyim Asya’ri, pengasuh pondok pesantren tebuireng. Beliau dan KH. Hasyim Asya’ri adalah teman karib ketika sama-sama nyantri pada Hadrotussyekh KH. Kholil di Bangkalan Madura. Teman Beliau lainnya ketika mondok di Bangkalan  yang kemudian menjadi kiyai adalah KH. Abdul Karim pendiri pondok Lirboyo, KH. Ma’ruf Kedungloh Kediri. Selesai dari Bangkalan KH. Anwar melanjutkan pendidikannya di tanah suci Makkah, menjadi santri KH. Mahfudz asal termas pacitan.

Dalam mengasuh para santrinya KH. Anwar menjalin hubungan erat dengan KH. Hasyim Asya’ri, Hal ini ditandai dengan adanya pertiukaran santri yang mengaji pada dua kiyai tersebut. Adalah hal yang biasa bila santri paculgowang mengikuti pengajin di Tebuireng terutama pada bulan romadlon  dimana KH. Hasyim Asya’ri selalu membaca kitab hadits shoheh bukhori dan shoheh Mslim. Demikian pula sebaliknya, banyak pula santri Tebuireng yang mengaji di paculgowang kepada beliau yang punya kebiasaan membaca kitab tafsir Jalalain dan syarah hikam pada bulan romadlon.

Disamping menjalani hubungan erat dengan KH. Hasyim Asy’ari sebagai tanda persahabatan dan menunjang pendidikan para santri beliau, KH. Anwar tetap berhubungan dengan KH. Karim Lorboyo Sebagai manifestasi / pengejawantahan dari persahatan beliau berdua. KH. Anwar menerima Nyai Salamah puteri dari KH. Abdul Karim untuk di jodohkan denga putera beliau KH. Mansoer yang pada akhirnya menjadi pengganti setelah sepaninggal beliau pada tahun 1930 M.

Disaat santernya keluhan tentang merosotnya mutu pendidikan dan pengajaran agama islam, orang mulai menengok kembali kepada lembaga yang bernama Pondok Pesantren, yang selama ini nyaris dilupakan. Ini membenarkan pernyataan banyak orang, yang sering kita dengar, bahwa mutu penguasaan kepada ajaran dan keilmuan islam tidak mungkin tercapai tanpa kemampuan memahami teks kitab kuning yang Notabenenya adalah memakai bahasa arab, suatu kemampuan yang oleh mereka katakan tidak banyak dimiliki lagi, bahkan oleh sarjana perguruan tinggi agama islam.

Dari segi kemampuan membaca kitab kuning, dunia pesantren masih dibilang beruntung. Akan tetap masih banyak Pondok Pesanten yang menurunkan penguasaan kitab kuning bagi lulusannya. Hal ini disebabkan Karena merasa di tuntut untuk membagi perhatiannya, untuk menyelenggrakan pendidikan formal, dalam arti harus menambah studi umum.

Namun ada sebagian pondok yang masih mempertahankan corak keasliannya (pesantren salaf) sambil berharap mudah-mudahan para lulusannya juga bisa menjadi kader yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa, sebagaimana yang diharapkan oleh lembaga pendidiakan lain.

Pada kenyataannya sedikit sekali pesantren yang mampu mempertahankan ciri kesalafannya secara total. Padahal pesantren salaf masih sangat dibutuhkan, mengingat keberhasilannya dalam membina penguasaan kitab kuning yang masih belum tergantikan. Mempertahankan kesalafan adalah tugas yang berat mengingat animo masyarakat mulai berkurang dan cenderung meninggalakan pondok pesantren salaf ini, sambil menduga bahwa pesantren salaf  “tidak bisa memberikan jaminan bagi masa depan” Bisa jadi sebuah pesantren salaf akan kehilangan santrinya.

KEMIMPINAN KH.ALWI ( 1900-1911 M )

Pondok pesantren Tarbiyatunnasyi’in pacul gowang ini dididirikan oleh beliau kurang lebih tahun 1880 M. Pondok ini awalnya dari musholla kecil yang dipergunakan sebagai tempah ibadah dan mengajar ilmu agama pada para penduduk setempat. Setelah beberapa lama berselang, kemudian ada beberapa penduduk setempat yang minitipkan anaknya kepada beliau, bahkan ada yang berasal dari Jawa Tengah. Setelah dirasa jumlah santri cukup banyak maka dibangunlah sebuah bangunan yang sangat sederhana disebelah selatan musholla (sekarang Masjid ), untuk dijadikan asrama santri. Semakin hari santri semakin banyak sehingga asrama tidak dapat memaadai, Maka pada tahun 1900 M dibangunlah sebuah bangunan yang sangat besar yang terletak di sebelah selatan musholla, dan bangunan ini sekarang dikenal dengan nama komplek Al Hidayah. Untuk mengenang dan mengharap nilai barokahnya, komplek tersebut sengaja dipetahankan bentuk bangunannya yang berarsitek Jawa kuno

KEPEMIMPINAN KH. ANWAR ALWI ( 1911 – 1929 M)

 Setelah tahun 1911 M KH. Alwi berpulang ke Rahmatulloh, KH. Anwar kemudian menggantikan kedudukan KH. Alwi Almarhum sebagai pengasuh pondok. Beliau adalah santri KH. Kholil Shohibul Fadhilah yang telah menyelesaikan pendidikan di tanah suci Makkah Al Mukarromah. Beliau adalah sahabat dekat KH. Hasyim Asy’ari pendiri pondok pesantren Tebuireng yang juga kawan akrab Hadrotul kirom KH. Abdul Karim Pendiri Pondok pesantren Lirboyo.

A. Tanah Kelahiran

KH. Anwar alwi dilahirkan pada tanggal 3 Romadlon, 1291 Hijrah ke Klaten Jawa Tengan. Dari pasangan KH. Alwi dan Nyai Hj. Sholikhah. KH. Anwar adalah putra kedua dari empat bersaudara masing-masing adalah :

1. Ny. Warsitah Alwi
2. KH. Anwar Alwi
3. K. Mussorib Alwi
4. K. Manshur Alwi

B. Hijrah ke Timur

Pada zaman kolonial belanda, penduduk di daerah klaen dipaksa oleh kompeni untuk menanami sawah dengan tanaman tebu. Untuk mengawasi pekerjaan penduduk itu juga diangkat seorang sinder atau mandor yang asli orang belanda sendiri. Sudah barang tentu sikap mandor ini kurang bersahabat dan cenderung congkak kepada warga pribumi.

Saat itulah K. Alwi salah seorang tokoh masyarakat merasa terhina. Saat bersama panduduk menggali parit untuk menanam tebu, beliau yang melihat mandor yang petentang-petenteng tersebut langsung saja mengambil tindakan. Mandor belanda tersebut dikubur hidup-hidup. Akibat perbuatannya itulah beliau menjadi target operasi dari kompeni belanda untuk dibunuh.

Merasa jiwanya terancam K. Alwi pergi kesumatra namun bukan belanda jikalau tidak dapat menemukan keberadaan beliau. K. Alwi pun akhirnya pulang dan pamid kepada ayah handanya yaitu K. daud untuk hijrah kearah timur yang tepatnya berada di desa cukir. Tapi sayang di desa Cukir ternyata ada pabrik gula milik belanda. Untuk menjaga kemungkinan yang tidak di inginkan akhirnya K. Alwi pindah ke desa terpencil di sebelah utara Cukir yaitu Paculgowang Kecamatan Diwek Kab. Jombang. Disitulah kemudian K. Alwi menetapdan berdakwah untuk mendidik masyarakat agar memahami Agama Islam pada waktu umur KH. Anwar kira-kira 23 tahun.

C. Riwayat Pendidikan KH. Anwar

Si kecil anwar mendapat pendidikan langsung dari ayah handanya. Gemblengan dan keteladanan dari K. Alwi mampu membuat anwar kecil mampu menjadi anwar kecil menjadi anak yang berbudi luhur, dopan dan menjadi tauladan bagi anak-anak sebayanya. Anwar selalu saja haus akan ilmu pengetahuan agama yang beliau pernah terima dari ayah handanya, yang akhirnya membuat beliau ingin belajar kepondok pesantren yang lain. Beliau pernah menjadi santri di beberapa pondok pesantren yang antara lain :

1. Pondok Pesantren Wonokoyo Jogoroto Jombang
2. Pondok Pesantren Tenggilis Wonokromo Surabaya
3. Pondok pesantren Panji Sidoarjo
4. Pondok Pesantren Bangkalan Madura

Di Pondok Pesantren Bangkalan Madura ada kisah yang unik mengenai beliau. Ketika beliau datang kebangkalan beliau di kejar-kejar oleh Almaghfirullah Syaichuna KH. Kholil Bangkalan. Tetapi itu berubah dalam beberapa hari saja. Anwar dulu yang dikejar-kejar oleh kyainya sekarang menjadi salah satu santri kesayangan dari Kyai Kholil. Banyak sekali teman-teman satu angkatan Kyai Anwar di Pondok Pesantren Bangkalan yang menjadi Ulama’ dan tokoh-tokoh besar lainnya diantaranya : Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari (Tebuireng), KH Abdul Karim (Lirboyo), KH. Ma’ruf (Kedunglo Kediri) dan lain-lain.

Setelah empat tahun di bangkalan Kyai Anwar dikabari oleh orangtuanya di Paculgowang bahwa Kyai Alwi dan Nyai Sholikhah akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji. Dengan berat hati beliau harus berpisah dengan guru yang paling dicintainya itu untuk pulang ke Paculgowangdan berangkat untuk menuaikan ibadah haji bersama kedua orang tua beliau.

Kira-kira pada tahun 1890 M K. Alwi sekeluarga berangkat untuk menunaikan ibadah haji ketanah suci. Danketika akan pulang untuk kembali ke jawa, K. Anwar memohon izin untuk tetap tinggal di tanah suci tersebut. Yang tanpa dapat disangka ternyata KH. Anwar bertemu dengan teman akrab beliau pada saat beliau menimba ilmu di Pondok Pesantren Bangkalan tersebut yaitu Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari (Tebuireng), ternyata keduanya memiliki tekad yang sama yaitu untuk menimba ilmu agama di tanah suci tersebut. Ulama’-Ulama’ besar yang menjadi guru beliau di tanah suci tersebut diantaranya adalah :

1. Syaikh Nawawi Al Bantany yaitu Ulama’ besar yang berasal dari banten yang bermukin di Mekkah yang mengarang kitab antara lain : Tafsir Munir.
2. Syaikh Makhfudz At Tirmizy yaitu Ulam’ besar yang berasal dari termas Jawa timur, yang terkenal menguasai beberapa banyak hadits. Salah satu kitab karangan beliau adalah : Minhaju Dzawin Nadlri.
3. Syaikh Khotib Al Minangkabawy yaitu Ulama’ besar yang berasal dari ranah Minang kabau yang bermukin di Makkah.

Dari beberapa Ulama’ tersebut yang paling sering di kaji oleh KH. Anwar adalah Syaikh Makhfudz At Tirmizy yang banyak sekali mengijasahkan kitabnya kepada KH. Anwar.

D. Mengasuh Pondok Pesantren

Setelah empat tahun berada di tanah suci Mekkah. KH. Alwy menunaikan Ibdah haji yang kedua kalinya sambil menjenguk putra tercintanya yaitu KH. Anwar dan mengajaknya pulang ke paculgowang bersama dengan beliau. Dan beberapa waktu setelah setibanya beliau dirumah KH. Alwi menghadap ke ilahi robbu “INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN” semoga Allah SWT. Menerima segala amaliahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya amiin.

Kedudukan KH. Alwi sebagi pengasuh Pondok Pesantren praktis pindah ke tangan KH. Anwar karena beliaulah putra tertua dari KH. Alwi. Beliau mendidik para santri berbagai disiplin ilmu agama. Banyak kitab yang dikaji oleh KH. Anwar diantaranya yaitu :

1. Assyarqowi (Fiqih)
2. Jam’ul Jamawu (Ushul Fiqih)
3. Fathul Mu’in (Fiqih)
4. Ihya’ Ulumuddin (Filsafat)
5. Tafsir Jalalain dan lain sebagainya.

Ada beberapa sistem / metode yang dipakai oleh KH. Anwar untuk mengajar para santri yaitu antara lain :

1. Sistem Sorogan (murid menghadap kepada guru) yang dimulai dari ba’da subuh sampai pkul 06.30 pagi.
2. Sistem Wethonan (Kajian Kitab besar yang memakan banya waktu agak lama minimal setengah tahun) yang biasanya dimulai dari pukul 07.00 s/d 11.00 siang.
3. Sistem Wiridan (Kajian dengan sistem estefet / terus-menerus) yang biasanya di mulai dari ba’da ashar hingga menjelang maghrib tiba.

Pada malam hari KH. Anwar tidak pernah lalai untuk mengajak para santri untuk beribadah kepada Allah SWT.

KH. Anwar tidak melakukan perubahan-perubahan besar, kecuali mengembang-kan kitab kuning. Tercatat beliau sering mnyelenggarakan kitab kuning yang besar baik pengajian tahunan ataupun pengajian kilatan bulan Romadlon. Pada masa inilah Tafsir Jalalain mulai dijadikan wiridan yang dibaca setiap ba’da Ashar. Tradisi menjadikan kitab Tafsir Jalalain sebagai wiridan, juga dilakukan dipesantren lain. Kitab Syrh Hikam juga merupakan yang sering beliau baca. Kegiatan beliau sehari-hari dihabiskan dengan duduk bersila membaca kitab untuk santri-santrinya maupun putra-putrinya. Selain itu beliau sangat rajin mutholaah kitab.

Pada masa KH. Anwar ini jumlah santrinya tercatat lebih besar dibanding dengan masa sebelumnya, baik yang bermukim maupun yang nduduk ( santri kallong ) santri-santri tersebut tidak saja datang dari Jombang dan sekitarnya tetapi juga datang dari daerah lain.

1. Dakwah dan Perjuangan KH. Anwar

KH. Anwar adalah seorang yang bijak dalam mensyiarkan agama Allah SWT. Cara KH. Anwar dalam mengajak orang untuk beribadah adalah dengan cara mendatangi rumah orang tersebut. Beliau kurang sependapat dengan modek dakwah yang hanya ceramah dan pengajian umum. Bahkan KH. Anwar pernah diadakannya lomba pidato di Pondok Pesantren Tebuireng yang pada waktu itu ketua pondoknya adalah KH. Wahab Hasbullah (Tambak Beras). Prinsip dakwah ini rupanya ada sedikit perbedaan dengan yang dilakukan oleh Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari yang kerap berdakwah dengan cara ceramah. Walaupun begitu perbedaan ini tidak menjadikan perpisahan diantara keduanya. Bahkan keakraban keduanya seperti sulit dipisahkan, Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari sering sekali untuk mengajak KH. Anwar untuk pergi ke berbagai acara pembentukan jam’iyah yang diantaranya Nahdlotul Ulama’ (NU), KH. Anwar aktif juga mengikuti muktamar NU ke- I, II, III, IV.

Untuk urusan penjajah beliau selalu keras, bakha beliaupun pernah membuat geger masyarakat yang ada disekitarya, konon ketika itu belanda membuat sumur bor dengan ukuran besar. Masyarakat paculgowang merasa dirugikan karena sumber air sumur menjadi kering. KH Anwar kemudian mengajak masyarakat berdo’a bersama untuk memohon kepada Allah SWT. Betul beberapa hari kemudian sumur bor belanda itu macet total dan tidak dapat digunakan lagi.

KH. Anwar senantiasa aktif mengajak rakyat indonesia untuk berjihad, berjihad pada diri sendiri dengan melaksanakan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar atau siapa saja yang merongrong agama dan bangsa, bahkan KH. Anwar dan beberapa kyai lainnya pernah dituduh oleh belanda sebagai provokator rakyat indonesia untuk melaksanakan pemogokan. Padahal hal itu dilakukan oleh PKI dan sebagaian anggota Syarekat Islam, namun akhirnya tuduhan itu dicabut karena memang beliau tidak terbukti.

Disamping memiliki ilmu yang tinggi KH. Anwar juga seorang kyai yang memiliki kelebihan, dengan mengendarai dokar beliau pernah ada kecepatan kereta api jurusan Jombang – Pare, ketika berserempetan antara dokar KH. Anwar dengan Kereta Api tersebut bukannya dokar yang ditumpangi oleh kyai Anwar melainkan Kereta Api tersebut.

2. KH. Anwar Menghadap Rohmatullah

Beberapa bulan setelah mengikuti Muktamar NU yang ke-IV di hotel arabisan kampung melayu semarang Jawa Tengah pada tanggal 17 – 20 September 1929 M, KH. Anwar tetap melaksanakan aktifitasnya sebagai pengasuh pondok pesantren paculgowang, Hari Ahad Wage 9 Jumadil Awal 1346 H / 1929 M, KH. Anwar Alwy mengakhiri pengajiannya pada jam 09.00 WIB. Pagi untuk pamid akan keluar desa, dengan mengendarai sepeda pancal beliau pergi ke desa ngelaban (sebelah timur cukir) untuk melihat-lihat genting yang akan dipasang untuk pembangunan masjid sokopuro (pondok milik menantu beliau yaitu KH. Kholil Abdul Hadi). Setelah di ngelaban beliau melanjutkan perjalanan ke sokopuro, setibanya disana beliau langsung memeriksa bagian atas dengan menaiki tangga. Tetapi karena beliau sudah udzur, beliau terjatuh dan taksadarkan diri. Memang ketika bersepeda dari ngelaban beliau juga sudah jatuh karena menabrak buk (jembatan), sementara itu masyarakat sokopuro dan para santri berusaha memberikan pertolongan yang maksimal, namun takdir berkehendak lain, KH. Anwar akhirnya meninggal dunia, “INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN” segenap kaum muslimin dan Ulama’-Ulama’ merasa sangat kehilangan seseorang tokoh yang dengan segenap jiwa dan raga untuk membela agama dan bangsa, iring-iringan masyarakat yang berkakziyah memenuhi paculgowang, walaupun jenazah beliau masih di sokopuro, setelah jenazah beliau datang segeralah diadakannya sholat jenazah berulang kali, jama’ah lain , setelah dirasa cukup akhirnya jenazah KH. Anwar disemayamkan di pemakaman desa paculgowang, semoga Allah SWT. Menerima segala amaliahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya amiin.

KEPEMIMPINAN KH. MANSHUR ANWAR ( 1929 – 1983 M )

Setelah Hadrotul KH anwar Alwi wafat pada tanggal 9 Jumadil awal 1348 H atau 1929 M lalu tampillah KH. Manshur putra ketiga KH. Anwar yang pada masa kecil bernama Abdul Barr sebagai pengasuh Pondok menggantikan ayah handanya. Beliau terkenal sebagai seorang kyai yang sabar, tekun dan telaten sekali serta sangat disiplin dalam mendidik santri-santrinya maupun putra-putrinya. Beliau adalah putra menantu Almaghfurlah KH. Abdul Karim Lirboyo.

Pada masa kepemimpinan beliau inilah pondok pesantren Paculgowang mempunyai nama resmi “ Tarbiyatunnasyiin”. Nama tersebut merupakan ide dari beliau KH. Manshur selain meneruskan sistim pengajaran yang telah digariskan oleh ayahhandanya, juga menyelenggarakan pendidikan dengan sistim sekolah. Beliau mendirikan Madrasah Salafiyah yang sama keberadaannya dengan Madrasah tingkat Ibtidaiyyah. Meskipun jenjang pendidikannya hanya untuk belajar ditingkat permulaan, tapi Madrasah ini merupakan Madrasah yang pertama kali didirikan di Paculgowang dan termasuk salah satu Madrasah tertua di Jombang selain Tebuireng, Tambakberas dan Denanyar. Madrasah tersebut sekarang ini kita kenal dengan Madrasah Ibtidaiyyah Salafiyyah Paculgowang, berdiri 1 Januari 1931 M.

Berbeda dengan KH. Anwar, KH. Manshur dalam perjuangannya lebih menonjol dalam bidang organisasi, meskipun demikian kegiatan pendidikan dipondok pesantren tidak pernah diabaikan. Tak ada yang menyangkal bahwa KH. Manshur lah salah satu tokoh yang membentuk dan mengkoordinasi pengajian umum yang diselenggarakan oleh jamiyyah NU dikecamatan Diwek. Serta beliau seorang pejuang yang mempertahankan kemerdekaan. Beliau memimpin perjuangan kelompok Mujahidin Hizbulloh didaerah Surabaya selatan.

Disamping itu juga beliau mengajarkan kitab-kitab kuning dengan sistim bandungan, wetonan dan sorogan serta mengajarkan membaca Alqur’an pada anak-anak Paculgowang dan santri-santri pondok yang belum dewasa serta belum bisa membaca kitab suci al qur’an. Pada zaman KH. Manshur ini jumlah santri tidak mengalami pelonjakan, jumlah santri ketika itu berkisar antara 30 sampai 50 orang. Keadaan semacam ini berlangsung hingga beliau wafat. 
Untuk menampung para santri, KH. Manshur membangun bangunan sebagai asrama tempat tinggal santri, yaitu sebuah bangunan bertingakat dangan enam kamar disebelah barat masjid yang sekarang dikenal dengan nama komplek B Al kautsar, serta sebuah bangunan dibelakang ndalem KH. Manshur yang sekarang kita kenal dengan nama koplek C Tirtojoyo.

KEPEMIMPINAN  KH. M. ABDUL AZIZ MANSUR (1983-2015)

Pertumbuhan Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang Jombang dengan bertambahnya waktu mengalami dinamika yang pesat ketika diasuh oleh KH. M. Abdul Aziz Manshur hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

1.    Sistem yang diterapkan berupa Madrasah Diniyah yang berkelas dan berjenjang yang disesuaikan dengan Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri.
2.    Bertambahnya waktu pengajian baik yang ditangani oleh Romo Kyai ataupun para khodim  beliau.
3.    sistem kepengurusan mengacu pada tatanan dan aturan organisasi, serta pengembangan Open Managemen yang dipantau langsung oleh Romo kyai.
4.    Semakin nampaknya karakter ( Maziyzah ) Pondok Pesantten sebagai lembaga Tafaqquh Fiddin.

Akibat dari sebab-sebab itulah perkembangan kemajuan Pondok Pesantren semakin nyata, yang ditandai dengan munculnya lembaga-lembaga baru dibawah naungan Yayasan Tarbitun Nasyi’in ( YAMTASI ) antara lain :

-    Pada tanggal 17 Syawal 1406 H/1986 M. Madrasah resmi dibuka oleh kakak beliau K.H. Anwar mansur selaku pengasuh PP. Putri Hidayatul Mubtadiat Lirboyo Kediri.
-    Pada tahun yang sama berdirilah Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’at.

Setelah dua institusi berjalan setapak demi setapak, maka semakin hari kian menunjukan sikap kedewasaanya. Setelah dianggap dewasa, lembaga Tarbiyatunnasyi’in mencoba mengembangkan sayapnya untuk lebih memantapkan ilmu keagamaan dan pengabdian pada masyarakat lingkungannya tanpa mengurangi ciri khas kesalafan yang ada, akhirnya muncul lembaga-lembaga yang baru diantaranya:

A.    UNIT PENDIDIKAN FORMAL:

1.    RA ( Raudlotul athfal )
2.    MI ( Madrasah Ibtida’iyah)
3.    Madrasah Diniyah Ibtidaiyah
4.    Madrasah Diniyah Tsanawiyah 
5.    Tahassus AL Qur’an
6.    Tahassus Kitab Kuning
7.    Munadhoroh

8.    Forum Tahassus Fathul Qorib
Lembaga ini merupakan forum diskusi masalah-masalah fiqih dengan acuan pokok kitab fathul qorib dan didukung dengan acuan kitab-kitab lain yang diikuti oleh kelas V Ibtida’iyah sampai kelas III Tsanawiyah yang ditangani oleh  Majlis Musyawarah Madrasah ( M3TN ) dan di katrol langsung oleh Kepala Madrash Diniyah.

9.     Taman Pendidikan AL Qur’an (TPQ) 
Lembaga ini muncul karena ada semangat pengelola Tarbiyatunnasyi’in untuk ikut andil dalm membudayakan dan memasyarakatkan AL Qur’an kepada tunas-tunas bangsa dan calon pemimpin masa depan serta mencetak santri yang qur’ani

10.    Pendidikan Setara SMPNR-SMUTN
Lembaga ini dikelola oleh Drs. Abdul Mun’in Sholeh M Ag. dan sebagai penyelenggaranya adalah KH. M. Abdul Aziz Mansur sendiri, Lembaga ini dimaksudkan untuk meperluas wawasan/SDM santri dan membuka kemungkinan-kemungkinan untuk melanjutkan kejenjang sekolah formal yang lebih tinggi.

B.    UNIT PENDIDIKAN NON FORMAL

1.    Pengajian kitab kuning
2.    Pengajian Tahfidhul Qur’an
3.    Pengajian kilatan 
4.    Bahtsul Masa’il
5.    Seni hadroh AL Banjari
6.    Ketrampilam Computer, Bordir, Pupuk bokashi elektronik dan lain-lain
7.    KOPONTREN
8.    FORUM MUSYAWARAH (FMPPTN)

C.    ORGANISASI  DAERAH ( ORDA )

Disamping tugas utama santri adalah belajar, para santri juga dibina dan dididik dalam organisasi-organisasi daerah yang ada. Dengan harapan Ekstra kulikuler ini bisa menjadi wahana latihan dan pembelajaran santri yang mana ketika pulang nanti mampu memback up masyarakat sekitarnya. Adapun di Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi’in sendiri sekarang sudah terbentuk organisasi daerah antara lain: FOKSATJ, FORSAMA, FILASTA, KESIP, ISPAP, ISTAJABA, IKASASTRA.

TUJUAN

Sebagaimana Pesantren lain, Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi’in didirikan dengan tujuan yaitu membentuk pribadi Muslim yang berilmu dan bertaqwa kepada Allah SWT. Berakhlaqul karimah, dan mandiri untuk mengabdi kepada Nusa dan Bangsa, serta Agama.

KURIKULUM

Kurikulum Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi’in terbagi menjadi dua bagian
1.    Ditangani oleh pengurus Pondok Pesantren, hal ini besifat kondisional/ disesuaikan dengan kebutuhan santri 
2.    Ditangani oleh Pengurus Madrasah, yang trebagi menjadi dua tingkatan Ibtida’iyah dan tingkatan tsanawiyah.

Pengadaan ini khusus mengajarkan pelajaran agama dan mengacu pada kurikulum Pondok Pesanten Hidayatul Mubtadi’in (LIRBOYO) diantaranya: Ilmu Nahwu dan Shorof mulai dari yang paling dasar sampai tingkatan yang paling tinggi seperti Qo’idah Fiqhiyah, usul fiqih, hadits, ilmu hadits, ilmu tafsir, Alfiyah, Balagoh, manteq, arudh, falaq dan lain-lain dengan modifikasi seperlunya.

PONDOK PESANTREN PACULGOWANG SEKARANG

Pondok Pesantren yang merupakan cikal bakal pendidikan agama dan pembinaan para santri, tentu harus ada unsur-unsur penunjangnya, sehingga baru bisa dikatakan Pondok Pesantren, diantara penunjang itu adalah adanya asrama bagi para santri.

Untuk itu PP Tarbiyatunnasyi’in dalam menunjang aktifitas dan interaksi antara santri dan pengurus pondok pesantren, dimunculkan komplek seperti: Al Hidayah, Al Badar, Al firdaus,  Al kautsar, Tirtojoyo, dan Al mansuroh. Dan masing-masing asrama santri tidak dipilah-pilah sesuai dengan daeahnya masing-masing, dengan maksud agar santri mampu mengenal daerah lain dan tak hanya monoton pada dearahnya sendiri. Selain itu untuk menunjang kesejahtraan para santri yang berjumlah kurang lebih 360 santri pondok pesantren Tarbiyatunnasyi’in dalam kesehariannya menyediakan:
1.    Kantor Pondok              6. Ruang tamu
2.    Masjid                   7. Kamar mandi & WC
3.    Perpustakaan YAMTASY           8. Aula
4.    Koperasi                   9. Unit dapur
5.    Kantin                 10. Gudang

Kemudian untuk potret pondok Pesantren Putri Tarbiyatunnasyiat dalam mempermudah aktifitas dan interaksinya antara santri dan pengurus diadakan pula pengklasifikasian komplek-komplek antara lain: komplek Al hikmah, Darunnajah, Darussalam, Al wardah, Baitushofa, Al Mawaddah dan Al azhar. Dan untuk menunjang para  santri dalam kesehariannya yang berjumlah kira-kira 250 santri fasilitas kesejahteraan yang disediakan antara lain: Mushola, Kantor Pondok, Ruang tamu, Aula pertemuan, Kantin, Dapur umum, Kamar mandi, dan lain-lain.

ALUMNI PESANTREN PACULGOWANG

Alumni dari paculgowang pada umumnya melanjutkan langkah perjuangan Ulama-ulama terdahulu. Ini semua terbukti ada beberapa sanrti yang membuka pondok pesantren baru didaerah asal mereka. Disamping itu banyak juga para alumni yang menjadi Da’I, bahkan akhir-akhir ini banyak lembaga-lembaga yang meminta satu dua alumni untuk diperbantukan dilembaga yang mereka bina. Ini menunjukan pangsa pasar alumni paculgowang cukup bagus ditengah masyarakat. Semua ini tidak lepas dari kerja sama dan kerja keras dari unsur-unsur terkait yang ada di pesantren ini. Sehingga dapat memenuhi para konsumen dan bisa diterima ditengah masyarakat. 

Untuk merealisasikan cita-cita pondok yang luhur dan suci, yang mana didalamnya melibatkan para alumni, maka setiap 5 tahun sekali para alumni mengadakan temu kangen yang diadakan dipaculgowang tempat asal mereka Nyantri. Hal ini dimaksudkan agar para alumni yang sudah menyebar didaerahnya masing-masing mampu menyatukan visi dan misi yang sama dan bisa memberikan informasi masalah-masalah yang terjadi dimasyarakatnya untuk diselesaikan bersama dengan para pengasuh dipondok pesantren  Tarbiyatunanasyi’in.

USAHA-USAHA KEBAIKAN UNTUK MASA DEPAN

Mengingat semakin besarnya minat dan kepercayaan masyarakat kepada podok Pesanten Tarbiyatunnasyi’in, hal ini terbukti dari tahun ketahun banyak santri yang berdatangan dari berbagai penjuru tanah air, sehingga sarana dan prasarana yang ada kurang mencukupi, hal ini disebabkabkan naiknya jumlah santri yang ada, dan tentunya untuk melangkah kedepan Tarbiyatunnasyi’in berbenah diri dan memerlukan perhatian yang khusus dari semua pihak yang ada.

Penuilah Seruan Alloh Dan Jangan Meremehkannya


Hakikat kehidupan yang baik ialah kehidupan yang diisi dengan dengan memenuhi seruan Allah dan Rasul-Nya. Mereka yang menjalani seruan ini adalah orang-orang yang tetap hidup meskipun mereka sudah meninggal. Sedangkan mereka yang mengabaikannya adalah orang-orang mati meskipun mereka masih hidup fisiknya. Kalaupun disebut hidup, maka kehidupan itu adalah kehidupan binatang. Karena itu sesempurna kehidupan seseorang ialah yang paling sempurna dalam memenuhi seruan Allah dan Rasul-Nya.

Hakikat Kehidupan

Menurut Imam Mujahid, arti “sesuatu yang memberi kehidupan” dalam ayat ini ialah kebenaran. Sedangkan menurut Imam Abu Qatadah, maksudnya adalah Al-Quran, karena di dalamnya terkandung kehidupan, keyakinan, keselamatan dan perlindungan di dunia maupun di akhirat. Adapun menurut Imam As-Saddy, maksudnya adalah Islam, karena telah memberi kehidupan setelah mati akibat kekufuran.

Sementara itu menurut Ibnu Ishaq dan Urwah bin Zubair, arti kalimat itu adalah peperangan yang karenanya Allah memuliakan umat Islam setelah dihinakan, yang membuat mereka kuat setelah lemah, yang membuat mereka mampu membela diri dari musuh. Menurut Al-Wahidy, mayoritas ulama terutama para ahli ilmu ma’any (sastra Arab) berpendapat makna “sesuatu yang memberi kehidupan” adalah jihad.

Senada dengan itu menurut Al-Farra’, arti kalimat itu, “Allah menyeru kalian untuk menghidupkan urusan kalian dengan cara memerangi musuh kalian.” Maksudnya, urusan mereka menjadi kuat hanya dengan cara perang dan jihad. Jika mereka meninggalkan jihad, tentu urusan mereka akan menjadi lemah, sehingga musuh akan dengan mudah melibas mereka.

Ibnu Qoyim juga mengatakan, ”Memang jihad merupakan sesuatu yang paling mereka (orang beriman) sukai di dunia, di barzakh dan di akhirat. Ketika di dunia, kekuatan dan kemampuan mereka untuk mengalahkan musuh hanya bisa dilakukan dengan jihad.”

Alloh Subhanahu Wata'ala Berfirman 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ (24) 

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kalian, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah mendinding antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kalian akan dihimpunkan. (QS Al-Anfal Ayat 24)
Imam Bukhari mengatakan bahwa makna istajibu ialah penuhilah, dan limayuhyikum artinya sesuatu yang memperbaiki keadaan kalian. 

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ، حَدَّثَنَا رَوْحٌ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: سَمِعْتُ حَفْصَ بْنَ عَاصِمٍ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي سَعِيدِ بْنِ الْمُعَلَّى قَالَ: كُنْتُ أُصَلِّي، فَمَرَّ بِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَدَعَانِي فَلَمْ آتِهِ حَتَّى صَلَّيْتُ، ثُمَّ أَتَيْتُهُ فَقَالَ: "مَا مَنَعَكَ أَنْ تَأْتِيَنِي؟ " أَلَمْ يَقُلِ اللَّهُ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ} ثُمَّ قَالَ: "لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ أَخْرُجَ"، فَذَهَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيَخْرُجَ، فَذَكَرْتُ لَهُ -وَقَالَ مُعَاذٌ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْب بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، سَمِعَ حَفْصَ بْنَ عَاصِمٍ، سَمِعَ أَبَا سَعِيدٍ رَجُلًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذَا -وَقَالَ: " هِيَ {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} السَّبْعُ الْمَثَانِي"

Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepadaku Ishaq, telah menceritakan kepada kami Rauh, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari khubaib ibnu Abdur Rahman yang mengatakan, "Saya pernah mendengar Hafs ibnu Asim menceritakan hadis berikut dari Abu Sa'd ibnu Al-Ma'la r.a. yang menceritakan bahwa ketika ia sedang salat, tiba-tiba Nabi Saw. lewat dan memanggilnya, tetapi ia tidak memenuhi panggilannya hingga ia menyelesaikan salatnya. Setelah itu barulah datang kepada beliau. Maka beliau Saw. bertanya,' Apakah gerangan yang menghalang-halangi dirimu untuk datang kepadaku? Bukankah Allah Swt. telah berfirman:Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan'Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kalian. (Al-Anfal: 24) Kemudian Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya aku akan mengajarkan kepadamu surat yang paling besar dari Al-Qur’an sebelum aku keluar dari Masjid ini.' Rasulullah Saw. bangkit untuk keluar dari masjid, lalu saya mengingatkan janji beliau itu."  Mu'az mengatakan, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Khubaib ibnu Abdur Rahman, bahwa ia pernah mendengar Hafs ibnu Asim menceritakan hal berikut dari Abu Sa'id, bahwa ada seorang lelaki dari kalangan sahabat Nabi Saw. yang mengatakan surat yang dimaksud di atas, yaitu firman Allah Swt. yang mengatakan:Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. (Al-Fatihah: 2) hingga akhir surat. Itulah yang dimaksud dengan sab’ul masani (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dalam salat). 

Demikianlah menurut lafaz yang di­ketengahkannya berikut huruf-hurufnya tanpa ada yang dikurangi. Pembahasan mengenai hadis ini telah disebutkan dalam tafsir surat Al-Fatihah berikut semua jalur periwayatannya.

Mujahid mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: Kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepada kalian. (Al-Anfal: 24) Yakni kepada perkara yang hak. 

Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepada kalian. (Al-Anfal: 24) Maksudnya kepada Al-Qur'an ini; di dalamnya terkandung keselamatan, kelestarian, dan kehidupan. 

As-Saddi mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepada kalian. (Al-Anfal: 24) Di dalam agama Islam terkandung kehidupan bagi mereka yang pada sebelumnya mereka mati karena kekafiran. 

Muhammad ibnu Ishaq telah meriwayatkan dari Muhammad ibnu Ja'far ibnuz Zubair, dari Urwah ibnuz Zubair sehubungan dengan makna firman-Nya: Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kalian. (Al-Anfal: 24) Yakni kepada peperangan yang menyebabkan Allah memenangkan kalian dengan melaluinya, sebelum itu kalian dalam keadaan terhina (kalah). Allah menjadikan kalian kuat karenanya, sebelum itu kalian dalam keadaan lemah. Dan Dia mencegah musuh kalian untuk dapat menyerang kalian, sebelum itu kalian kalah oleh mereka. 

Firman Allah Swt.:

{وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ}

dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah mendinding antara manusia dan hatinya. (Al-Anfal: 24)

Ibnu Abbas mengatakan bahwa Allah menghalang-halangi orang mukmin dan kekafiran, serta orang kafir dan keimanan. Demikianlah menurut riwayat Imam Hakim di dalam kitab Mustadrak-nya secara ‎mauquf (hanya sampai pada Ibnu Abbas). Kemudian Imam Hakim mengatakan bahwa asar ini sahih, tetapi keduanya (Bukhari dan Mus­lim) tidak mengetengahkannya. Imam Ibnu Murdawaih telah meriwayatkannya melalui jalur lain dengan sanad yang marfu' (sampai kepada Nabi Saw.), tetapi predikatnya tidak sahih, mengingat sanadnya lemah, justru yang berpredikat mauquf-lah yang sahih sanadnya. Hal yang sama telah dikatakan oleh Mujahid, Sa'id Ikrimah, Ad-Dahhak, Abu Saleh, Atiyyah, Muqatil bin Hayyan, dan As-Saddi. 

Menurut riwayat lain, dari Mujahid, sehubungan dengan makna firman-Nya: mendinding antara manusia dan hatinya. (Al-Anfal: 24) Maksudnya yaitu hingga Allah meninggalkan (membiarkan)nya sampai dia tidak menyadarinya. 

Menurut As-Saddi, makna yang dimaksud ialah Allah menghalang-halangi antara seseorang dan hatinya, sehingga ia tidak dapat beriman —tidak pula kafir— kecuali hanya dengan seizin Allah.

Qatadah mengatakan bahwa ayat ini semakna dengan firman-Nya:

{وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ}

dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya. (Qaf: 16)

Banyak hadis dari Rasulullah Saw. yang menerangkan hal yang selaras dengan pengertian ayat ini. 

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكْثِرُ أَنْ يَقُولُ: " يَا مُقَلِّب الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ". قَالَ: فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، آمَنَّا بِكَ وَبِمَا جِئْتَ بِهِ، فَهَلْ تَخَافُ عَلَيْنَا؟ قَالَ نَعَمْ، إِنَّ الْقُلُوبَ بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ تَعَالَى يُقَلِّبُهَا".

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah, dari Al-A'masy, dari Abu Sufyan, dari Anas ibnu Malik r.a. yang menceritakan bahwa Nabi Saw. acapkali mengucapkan doa berikut: Wahai (Tuhan) yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. Anas ibnu Malik melanjutkan kisahnya, "Lalu kami bertanya, 'Wahai Rasulullah, kami telah beriman kepadamu dan kepada apa yang engkau sampaikan, maka apakah engkau merasa khawatir terhadap iman kami?' Rasulullah Saw. menjawab:'Ya, sesungguhnya hati manusia itu berada di antara dua jari kekuasaan Allah Swt. Dia membolak-balikkannya'.”‎

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Turmuzi di dalam pembahasan mengenai takdir, bagian dari kitab Jami-nya, dari Hannad ibnus Sirri, dari Abu Mu'awiyah Muhammad ibnu Hazim Ad-Darir (tuna netra), dari Al-A'masy yang namanya ialah Sulaiman ibnu Mahran, dari Abu Sufyan yang namanya Talhah ibnu Nafi', dari Anas, kemudian Imam Ahmad mengatakan bahwa hadis ini hasan.Telah diriwayatkan pula melalui berbagai perawi yang tidak hanya seorang, semuanya bersumber dari Al-A'masy. Dan sebagian dari mereka telah meriwayatkannya dari Abu Sufyan, dari Jabir, dari Nabi Saw. Tetapi hadis Abu Sufyan dari Anas lebih ‎sahih sanadnya.

Hadis lain diriwayatkan oleh Abdu ibnu Humaid di dalam kitab Musnad-nya. Dia mengatakan bahwa: 

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنِ ابْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنْ بِلَالٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْعُو: "يَا مُقَلِّب الْقُلُوبِ ثَبِّت قَلْبِي عَلَى دينك".

Telah menceritakan kepada kami Abdul Malik ibnu Amr, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Al-Hakam, dari Ibnu Abu Laila, dari Bilal r.a., bahwa Nabi Saw. pernah berdoa dengan doa berikut: Wahai (Tuhan) yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu
Hadis ini jayyid sanadnya, hanya padanya terdapat ‎inqita’. Tetapi sekalipun demikian predikat hadis ini sesuai syarat ahlus sunan, hanya mereka tidak mengetengahkannya.

Hadis yang lain diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Disebutkan bahwa: 

حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ جَابِرٍ يَقُولُ: حَدَّثَنِي بُسْرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ: أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيَّ يَقُولُ: سَمِعْتُ النَّوَّاسَ بْنَ سَمْعَان الْكِلَابِيَّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا مِنْ قَلْبٍ إِلَّا وَهُوَ بَيْنُ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، إِذَا شَاءَ أَنْ يُقِيمَهُ أَقَامَهُ، وَإِذَا شَاءَ أَنْ يُزِيغَهُ أَزَاغَهُ". وَكَانَ يَقُولُ: "يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قُلُوبَنَا عَلَى دِينِكَ". قَالَ: "وَالْمِيزَانُ بِيَدِ الرَّحْمَنِ يَخْفِضُهُ وَيَرْفَعُهُ".

Telah menceritakan kepada kami Al-Walid ibnu Muslim yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Ibnu Jabir mengatakan, telah menceritakan kepadanya Bisyr ibnu Ubaidillah Al-Hadrami, ia mendengar dari Abu Idris Al-Khaulani yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar An-Nuwwas ibnu Sam'an Al-Kilabi r.a. mengatakan bahwa ia pernah mendengar Nabi Saw. bersabda:Tidak ada suatu hati pun melainkan berada di antara kedua jari kekuasaan Tuhan Yang Maha Pemurah, Tuhan semesta alam. Jika Dia menghendaki kelurusannya, maka Dia akan meluruskannya; dan jika Dia menghendaki kesesatannya, maka Dia akan menyesatkannyaDan tersebutlah bahwa Nabi Saw. acapkali mengucapkan doa berikut: Wahai (Tuhan) yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. Nabi Saw. telah bersabda pula:Neraca itu berada di tangan kekuasaan Tuhan Yang Maha Pemurah; Dialah Yang merendahkan dan yang mengangkatnya.‎

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Nasai dan Imam Ibnu Majah melalui hadis Abdur Rahman ibnu Yazid ibnu Jabir, lalu disebutkan hal yang semisal.

Hadis lain diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Imam Ahmad menga­takan: 

حَدَّثَنَا يُونُسُ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنِ الْمُعَلَّى بْنِ زِيَادٍ، عَنِ الْحَسَنِ؛ أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ: دَعَوَاتٌ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو بِهَا: "يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ". قَالَتْ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّكَ تُكْثِرُ تَدْعُو بِهَذَا الدُّعَاءِ. فَقَالَ: "إِنَّ قَلْبَ الْآدَمِيِّ بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ، فَإِذَا شَاءَ أَزَاغَهُ وَإِذَا شَاءَ أَقَامَهُ

Telah menceritakan kepada kami Yunus, telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu Zaid, dari Al-Ma'la ibnu Ziyad, dari Al-Hasan, bahwa Siti Aisyah pernah mengatakan bahwa di antara doa-doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah Saw. ialah: Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati. tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. Siti Aisyah melanjutkan kisahnya, bahwa lalu ia bertanya, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau sering sekali mengucapkan doa ini." Maka beliau Saw. menjawab: Sesungguhnya kalbu anak Adam itu berada di antara dua jari kekuasaan Allah jika Dia menghendaki kesesatannya (niscaya Dia membuatnya sesat), dan jika Dia menghendaki kelurusannya (niscaya Dia membuatnya lurus)

Hadis lain diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Disebutkan bahwa: 

حَدَّثَنَا هَاشِمُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ، حَدَّثَنِي شَهْرٌ، سَمِعْتُ أُمَّ سَلَمَةَ تُحَدِّثُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُكْثِرُ فِي دُعَائِهِ يَقُولُ: "اللَّهُمَّ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ". قالت: فقلت  يا رسول الله، أو إن الْقُلُوبَ لَتُقَلَّبُ  ؟ قَالَ: "نَعَمْ، مَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ بَشَرٍ مِنْ بَنِي آدَمَ إِلَّا أَنَّ قَلْبَهُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ، عَزَّ وَجَلَّ، فَإِنْ شَاءَ أَقَامَهُ، وَإِنْ شَاءَ أَزَاغَهُ. فَنَسْأَلُ اللَّهَ رَبَّنَا أَنْ لَا يُزِيغَ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَانَا، وَنَسْأَلُهُ أَنْ يَهَبَ لَنَا مِنْ لَدُنْهُ رَحْمَةً إِنَّهُ هُوَ الْوَهَّابُ". قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَلَا تُعَلِّمُنِي دَعْوَةً أَدْعُو بِهَا لِنَفْسِي؟ قَالَ: " بَلَى، قُولِي: اللَّهُمَّ رَبَّ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ، اغْفِرْ لِي ذَنْبِي، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِي، وَأَجِرْنِي مِنْ مُضِلَّاتِ الْفِتَنِ مَا أَحْيَيْتَنِي"

Telah menceritakan kepada kami Hasyim, telah menceritakan kepada kami Abdul Hamid, telah menceritakan kepadanya Syahr; ia telah mendengar Ummu Salamah menceritakan bahwa-di antara doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah Saw. ialah: Ya Allah Wahai Tuhan Yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. Ummu Salamah melanjutkan kisahnya, bahwa lalu ia bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah hati itu dapat dibolak-balikkan?" Rasulullah Saw. menjawab: Ya, tidak sekali-kali Allah menciptakan manusia dari Bani Adam melainkan kalbunya berada di antara dua jari kekuasaan Allah Swt. Jika Dia menghendaki kelurusannya (tentu Dia melurus­kannya), dan jika Dia menghendaki kesesatannya (tentu Dia menyesatkannya). Maka kami memohon kepada Allah Tuhan kami. semoga Dia tidak menyesatkan hati kami sesudah Dia menunjuki kami. DanJkami memohon kepada-Nya semoga Dia menganugerahkan kepada kami dari sisi-Nya rahmat yang luas. Sesungguhnya Dia Maha Pemberi karunia. Ummu Salamah melanjutkan kisahnya, bahwa lalu ia bertanya, "Wahai Rasulullah, sudikah kiranya engkau mengajarkan kepadaku suatu doa yang akan kubacakan untuk diriku sendiri?" Rasulullah Saw. bersabda: Tentu saja. Ucapkanlah, "Ya Allah, Tuhan Nabi Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, lenyapkanlah kedengkian hatiku, dan lindungilah aku dari fitnah-fitnah yang menyesatkan selama Engkau membiarkan aku hidup.
Hadis lain diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Disebutkan bahwa: 

حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ، حَدَّثَنَا حَيْوَةُ، أَخْبَرَنِي أَبُو هَانِئٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ الحُبَلي  أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو؛ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: " إِنَّ قُلُوبَ بَنِي آدَمَ بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ، كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرِّف كَيْفَ شَاءَ. ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "اللَّهُمَّ مُصَرِّف الْقُلُوبِ، صَرِّف قُلُوبَنَا إلى طاعتك".

Telah menceritakan kepada kami Abu Abdur Rahman, telah menceritakan kepada kami Haiwah, telah menceritakan kepadanya Abu Hani; ia pernah mendengar Abu Abdur Rahman Al-Habli mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abdullah ibnu Amr mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:Sesungguhnya hati Bani Adam itu berada di antara dua jari kekuasaan Tuhan Yang Maha Pemurah seperti halnya satu hati, Dia mengaturnya menurut apa yang dikehendaki-Nya. Kemudian Rasulullah Saw. berdoa: Ya Allah, Tuhan Yang membolak-balikkan hati, arahkanlah hati kami untuk taat kepada Engkau.
Hadis ini diketengahkan oleh Imam Muslim secara munfarid dari Imam Bukhari. Dan ia meriwayatkannya bersama Imam Nasai melalui hadis Haiwah ibnu Syuraih Al-Misri.

Alloh Subhanahu Wata'ala Berfirman 

{وَإِذَا نَادَيْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ اتَّخَذُوهَا هُزُوًا وَلَعِبًا}

Dan apabila kalian menyeru (mereka) untuk(mengerjakan) salat, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. (Al-Maidah: 58)

Yakni demikian pula jika kalian menyerukan azan untuk salat yang merupakan amal yang paling afdal bagi orang yang berpikir dan berpengetahuan dari kalangan orang-orang yang berakal, maka orang-orang kafir itu menjadikannya sebagai bahan ejekan dan permainan mereka.

ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَا يَعْقِلُونَ

Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal.(Al-Maidah: 58)

Yakni tidak mengerti akan makna beribadah kepada Allah dan tidak memahami syariat-syariat-Nya. Yang demikian itu merupakan sifat para pengikut setan. Apabila mendengar azan, ia berlari menjauh seraya terkentut-kentut, hingga suara azan tidak terdengar lagi olehnya; apabila azan telah selesai, ia datang lagi.

Apabila salat diiqamahkan, ia berlari menjauh lagi; dan apabila iqamah sudah selesai, ia datang lagi dan memasukkan bisikannya ke dalam hati seseorang, lalu berkata, "Ingatlah ini dan itu," yang sebelum­nya tidak terpikirkan oleh orang yang bersangkutan, sehingga orang yang bersangkutan tidak mengetahui lagi berapa rakaat salat yang telah dilakukannya. Apabila seseorang di antara kalian mengalami hal tersebut, hendaklah ia melakukan sujud sebanyak dua kali (sujud sahwi) sebelum salamnya. Demikianlah menurut makna hadis yang muitafaq 'alaih.

Az-Zuhri mengatakan bahwa Allah Swt. telah menyebutkan masalah azan dalam Al-Qur'an, yaitu melalui firman-Nya: Dan apabila kalian menyeru(mereka) untuk (mengerjakan) salat, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal. (Al-Maidah: 58). Demikianlah menurut riwayat Ibnu Abu Hatim.

Asbat telah meriwayatkan dari As-Saddi sehubungan dengan firman-Nya: Dan apabila kalian menyeru (mereka) untuk (mengerjakan)salat, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. (Al-Maidah: 58); Seorang lelaki dari kalangan Nasrani di Madinah, apabila mendengar seruan untuk salat yang mengatakan, "Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah," ia berkata, "Semoga si pendusta itu terbakar." Maka di suatu malam seorang pelayan wanitanya masuk ke dalam rumahnya dengan membawa api, saat itu ia sedang tidur,- begitu pula ke­luarganya. Lalu ada percikan api yang jatuh dari api yang dibawa di tangannya, kemudian rumahnya terbakar sehingga dia beserta keluarganya terbakar pula. Demikianlah menurut riwayat Ibnu Jarir dan Ibnu Abu Hatim.

Muhammad ibnu Ishaq ibnu Yasar menyebutkan di dalam kitab Sirah-nya bahwa pada hari kemenangan atas kota Mekah Rasulullah Saw. masuk ke dalam Ka'bah ditemani oleh sahabat Bilal. Lalu Rasulullah Saw. memerintahkannya untuk menyerukan azan, sedangkan saat itu terdapat Abu Sufyan ibnu Harb, Attab ibnu Usaid, dan Al-Haris ibnu Hisyam yang sedang duduk di halaman Ka'bah. Maka Attab ibnu Usaid berkata, "Sesungguhnya Allah telah memuliakan Usaid bila dia tidak mendengar seruan ini, karena dia akan mendengar hal yang membuatnya marah (tidak suka)." Al-Haris ibnu Hisyam berkata pula, "Ingatlah, demi Allah, seandainya aku mengetahui bahwa dia benar, niscaya aku benar-benar mengikutinya," Sedangkan Abu Sufyan berkata, "Aku tidak akan mengatakan sesuatu pun. Seandainya aku berkata (berkomentar), niscaya batu-batu kerikil ini akan menceritakan apa yang kukatakan." Lalu Nabi Saw. keluar menemui Abu Sufyan Ibnu Harb dan bersabda, "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang telah kalian katakan." Kemudian Abu Sufyan menyampaikan hal itu kepada mereka berdua, lalu Al-Haris dan Attab berkata, "Kami bersaksi bahwa engkau adalah Rasul, tiada seorang pun yang bersama kita mengetahui pembicaraan ini, lalu dia menyampaikannya kepadamu."

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا رَوْح بْنُ عُبَادَةَ، حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْج، أخبرنا عبد العزير بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي مَحْذُورَةَ؛ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مُحَيريز أَخْبَرَهُ -وَكَانَ يَتِيمًا فِي حِجْرِ أَبِي مَحْذُورَةَ-قَالَ: قُلْتُ لِأَبِي مَحْذُورَةَ: يَا عَمُّ، إِنِّي خَارِجٌ إِلَى الشَّامِ، وَأَخْشَى أَنْ أُسأل عَنْ تَأْذِينِكَ. فَأَخْبَرَنِي أَنَّ أَبَا مَحْذُورَةَ قَالَ لَهُ: نَعَمْ خَرَجْتُ فِي نَفَرٍ، وَكُنَّا بِبَعْضِ طَرِيقِ حُنَيْنٍ، مَقْفَلَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ حُنَيْن، فَلَقِينَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبَعْضِ الطَّرِيقِ، فَأَذَّنَ مُؤَذِّنُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّلَاةِ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَمِعْنَا صَوْتَ الْمُؤَذِّنِ وَنَحْنُ مُتَنَكِّبُونَ فَصَرَخْنَا نَحْكِيهِ وَنَسْتَهْزِئُ بِهِ، فَسَمِعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّوْتَ، فَأَرْسَلَ إِلَيْنَا إِلَى أَنْ وَقَفْنَا بَيْنَ يَدَيْهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَيُّكُمُ الَّذِي سمعتُ صَوْتَهُ قَدِ ارْتَفَعَ؟ " فَأَشَارَ الْقَوْمُ كُلُّهُمْ إِلَيَّ، وَصَدَقُوا، فَأَرْسَلَ كلَّهم وَحَبَسَنِي. وَقَالَ "قُمْ فَأَذِّنْ بِالصَّلَاةِ". فَقُمْتُ وَلَا شَيْءَ أَكْرَهُ إِلَيَّ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلَا مِمَّا يَأْمُرُنِي بِهِ فَقُمْتُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَلْقَى عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّأْذِينَ هُوَ بِنَفْسِهِ، قَالَ: "قُلِ اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، " ثُمَّ قَالَ لِي: "ارْجِعْ فَامْدُدْ مِنْ صَوْتِكَ". ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، أَشْهَدُ أن لا إله إلا الله، أشهد أن مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ، حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلَّاحِ، حَيَّ عَلَى الْفَلَّاحِ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ". ثُمَّ دَعَانِي حِينَ قَضَيْتُ التَّأْذِينَ، فَأَعْطَانِي صُرَّة فِيهَا شَيْءٌ مِنْ فِضَّةٍ، ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى نَاصِيَةِ أَبِي مَحْذُورَةَ، ثُمَّ أَمَرَّهَا عَلَى وَجْهِهِ، ثُمَّ بَيْنَ ثَدْيَيْهِ ثُمَّ عَلَى كَبِدِهِ حَتَّى بَلَغَتْ يَدُ رَسُولِ اللَّهِ سُرَّةَ أَبِي مَحْذُورَةَ، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ". فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مُرْني بِالتَّأْذِينِ بِمَكَّةَ. فَقَالَ قَدْ "أَمَرْتُكَ بِهِ". وَذَهَبَ كُلُّ شَيْءٍ كَانَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ كَرَاهَةٍ، وَعَادَ ذَلِكَ كُلُّهُ مَحَبَّةً لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. فَقَدِمْتُ عَلَى عَتَّابِ بْنِ أُسَيْدٍ عَامِلِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَكَّةَ فَأَذَّنْتُ مَعَهُ بِالصَّلَاةِ عَنْ أَمْرَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَخْبَرَنِي ذَلِكَ مَنْ أَدْرَكْتُ مِنْ أَهْلِي مِمَّنْ أَدْرَكَ أَبَا مَحْذُورَةَ، عَلَى نَحْوِ مَا أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَيريز.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Rauh ibnu Ubadah, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz ibnu Abdul Malik ibnu Abu Mahzurah, bahwa Abdullah ibnu Muhairiz pernah menceritakan kepadanya hadis berikut, sedangkan dia dahulu adalah seorang yatim yang berada di dalam pemeliharaan Abu Mahzurah. Dia berkata, "Aku pernah berkata kepada Abu Mahzurah, 'Hai paman, sesungguhnya aku akan berangkat ke negeri Syam, dan aku merasa enggan untuk bertanya kepadamu tentang peristiwa azan yang dilakukan olehmu'." Abdullah ibnu Muhairiz melanjutkan kisahnya: Abu Mahzurah menjawabnya dengan jawaban yang positif, lalu ia menceritakan bahwa ia pernah mengadakan suatu perjalanan dengan sejumlah orang, dan ketika dia bersama teman-temannya berada di tengah jalan yang menuju ke Hunain, saat itu Rasulullah Saw. dalam perjalanan pulang dari Hunain. Kemudian kami (Abu Mahzurah dan kawan-kawannya) bersua dengan Rasulullah Saw. di tengah jalan. Kemudian juru azan Rasulullah Saw. menyerukan azan untuk salat di dekat Rasulullah Saw. Dan kami mendengar suara azan itu saat kami mulai menjauh darinya, lalu kami berseru dengan suara keras meniru suara azan dengan maksud memper-olok-olokkan suara azan itu. Ternyata Rasulullah Saw. mendengar suara kami, lalu beliau mengirimkan seorang utusan kepada kami, dan akhirnya kami dihadapkan ke hadapannya. Maka Rasulullah Saw. bertanya,"Siapakah di antara kalian yang suaranya tadi terdengar keras olehku?" Maka kaum yang bersama Abu Mahzurah mengisyaratkan kepadanya dan mereka memang benar. Nabi Saw. melepaskan semua­nya, sedangkan Abu Mahzurah ditahannya, lalu beliau bersabda, "Berdi­rilah dan serukanlah azan!" Abu Mahzurah berkata, "Maka aku terpaksa berdiri. Saat itu tiada yang aku segani selain Rasulullah Saw. dan apa yang beliau perintahkan kepadaku. Lalu aku berdiri di hadapan Rasulullah Saw., dan Rasulullah Saw. sendiri mengajarkan kepadaku kalimat azan, yaitu: Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. Aku bersaksi bahwa tidakada Tuhan selain Allah, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah Marilah salat, marilah salat, marilah kepada keberuntungan, marilah kepada keberuntungan. Allah Mahabesar. Allah Mahabesar, tidak ada Tuhan selain Allah. Setelah aku selesai menyerukan azan, Nabi Saw. memanggilku dan memberiku sebuah kantong yang berisi sejumlah mata uang perak." Kemudian beliau meletakkan tangannya ke atas ubun-ubun Abu Mahzurah, lalu mengusapkannya sampai ke wajahnya, lalu turun ke kedua sisi dadanya, ulu hatinya, hingga tangan Rasulullah Saw. sampai kepada pusar Abu Mahzurah. Setelah itu Rasulullah Saw. bersabda, "Semoga Allah memberkati dirimu, dan semoga Allah memberkati perbuatanmu." Lalu aku (Abu Mahzurah) berkata, "Wahai Rasulullah, perintahkanlah aku untuk menjadi juru azan di Mekah." Rasulullah Saw. bersabda, "Aku telah perintahkan engkau untuk mengemban tugas ini." Sejak saat itu lenyaplah semua kebenciannya terhadap Rasulullah Saw. dan kejadi­an tersebut membuatnya menjadi berubah, seluruh jiwa raganya sangat mencintai Rasulullah Saw. Kemudian ia datang kepada Attab ibnu Usaid, Amil Rasulullah Saw. (di Mekah), lalu ia menjadi juru azan salat bersama Attab ibnu Usaid atas perintah dari Rasulullah Saw.  Abdul Aziz ibnu Abdul Malik berkata, telah bercerita kepadanya hal yang sama.” Semua orang yang sempat aku jumpai dari keluarga­ku yang pernah menjumpai masa Abu Mahzurah menceritakan kisah yang sama seperti apa yang diceritakan oleh Abdullah ibnu Muhairiz kepadaku." 
Hal yang sama telah diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad.

Imam Muslim di dalam kitab Sahihnya dan Ahlus Sunan yang empat orang telah meriwayatkannya melalui jalur Abdullah ibnu Muhairiz, dari Abu Mahzurah yang namanya adalah Samurah ibnu Mu'ir ibnu Luzan, salah seorang dari empat orang muazin Rasulullah Saw. Dia adalah muazin Mekah dalam waktu yang cukup lama.

Ada fenomena di tengah masyarakat, yaitu bermalas-malasan ketika dipanggil oleh Allah. Harusnya masjid dan mushalla di sekitar kita penuh dengan jama’ah tidak hanya pada shalat Jum’at saja, jika mereka benar-benar merespon seruan Allah. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar kita cepat merespon panggilan Allah??

Diperlukan beberapa modal agar cepat merespon panggilan Allah. Diantaranya:

Pertama, keimanan

Karena itu, surah Al Anfal ayat 24 di atas diawali dengan seruan kepada orang-orang beriman, bukan kepada seluruh manusia. Tidak semua manusia mempunyai semangat cepat merespon seruan Allah melainkan orang-orang mukmin.

Di dalam sejarah disebutkan, bahwa para sahabat menceritakan universitas yang dibangun oleh Rasulullah. Mereka mengaku mempelajari iman terlebih dahulu sebelum belajar alquran. Iman-lah yang pertama diajarkan kepada mereka baru disusul oleh al-Qur’an. Pertanyaan kebanyakan kita hari ini: “Apa salahnya kita ajarkan al-Qur’an dahulu?”. Jawabannya ada pada hadist yang diriwayatkan dari Jundub bin Abdillah:

عَنْ جُنْدُبٍ بن عبد الله ، قَالَ : كُنَّا مَعَ نَبِيِّنَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِتْيَانًا حَزَاوِرَةَ فَتَعَلَّمْنَا الإِيمَانَ قَبْلَ أَنْ نَتَعَلَّمَ الْقُرْآنَ ، ثُمَّ تَعَلَّمْنَا الْقُرْآنَ فَنَزْدَادُ بِهِ إِيمَانًا ، فَإِنَّكُمُ الْيَوْمَ تَعَلَّمُونَ الْقُرْآنَ قَبْلَ الإِيمَانِ

Dari Jundub bin Abdillah berkata: Dulu kami adalah anak-anak kecil yang sudah cukup kuat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka, kami pun mempelajari iman sebelum Al-Qur’an, kemudian kami mempelajari Al-Qur’an (setelah itu). Maka, semakin bertambahlah iman kami. Sementara kalian di hari ini, kalian mempelajari Al-Qur’an sebelum iman”. (HR. Ibnu Majah dan Thabrani; Hadits Shahih)

Ini adalah bentuk kerisauan Jundub (generasi sahabat) melihat kualitas tabi’in ketika itu. Dia menyadari ada degradasi kualitas antara sahabat dan para tabi’in. Perlu diingat bahwa nabi menggambarkan generasi terbaik adalah generasi sahabat, kemudian tabi’in, dan seterusnya.  Maka bagaimana dengan kita hari ini yang tidak memiliki iman maupun al-Qur’an. Tentu penurunan kualitasnya sangatlah jauh.

Kecepatan untuk merespon panggilan Allah bukanlah hal yang muncul begitu saja, ia adalah buah dari keimanan kepada Allah sebagai Pemberi dan Pencipta kehidupan, buah dari keimanan kokoh kepada hari akhir di mana kehidupan dan kebahagiaan hakiki berada.

Keimanan itulah yang menjadikan Hanzhalah yang dijuluki ‘Ghasiil Al-Mala’ikah’ (yang dimandikan oleh malaikat) segera merespon panggilan jihad, meski ia baru menikmati malam pengantin dan tidak sempat mandi hadats besar.

Perhatikan pula respon ‘Umair bin Al-Humam Radhiyallahu Anhu tatkala beliau mendengar sabda Rasulullah saw:

قوموا إلى جنة عرضها السموات والأرض

Bangkitlah menuju surga yang luasnya seluas langit dan bumi

Beliau mengucapkan kata “bakh-bakh” (ungkapan takjub terhadap kebaikan dan pahala) semata-mata karena ingin menjadi penghuni surga, lalu segera membuang beberapa biji kurma yang sedang dikunyahnya sambil berkata:

لإن أنا حييت حتى آكل تمراتي هذه إنها لحياة طويلة

Jika saya hidup sampai selesai memakan kurma ini, oh betapa lamanya (menanti surga). Lalu beliau maju hingga gugur di perang Badar. (HR. Muslim – Riyadhus shalihin, Kitab Al-Jihad)

Kedua, memahami dan meyakini sepenuhnya bahwa panggilan Allah dan Rasul-Nya adalah kehidupan

Kehidupan yang dimaksud adalah kehidupan dengan segala bentuk dan makna kehidupan. Kehidupan dalam arti kehidupan yang sebenar-benarnya.

Sesungguhnya agama islam ini adalah manhaj kehidupan yang sempurna, bukan semata-semata aqidah yang tersembunyi. Akan tetapi, merupakan manhaj yang realistis, yang di bawah naungannya kehidupan dapat berkembang dan meningkat. Oleh karena itu, agama Islam ini merupakan seruan kepada kehidupan dalam semua gambaran dan bentuknya, dalam semua lapangan dan petunjuknya. Al-Qur’an mengungkapkan semua ini secara singkat dalam beberapa kata yang mengesankan,

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepada kamu….”

Penuhilah seruan-Nya dengan penuh ketaatan dan dengan hati yang bebas, meskipun Allah berkuasa memaksa kamu kalau Dia menghendaki.

Jika di dalam panggilan Allah terdapat kehidupan, maka sebaliknya panggilan syetan berarti kematian meskipun jasad masih hidup. Atau dengan kata lain “Mati dalam kehidupan dan hidup dalam kematian”.

Ketiga, panggilan Allah dan Rasul-Nya adalah panggilan yang harus menjadi skala prioritas

Kesetiaan seorang pekerja kepada atasannya diukur dengan kecepatannya melaksanakan perintah dan menjauhi larangan atasan tersebut. Demikian juga dalam hubungan interaksi seorang manusia dengan Allah Azza Wa Jalla. Dalam hubungannya dengan Allah seorang muslim bagaikan seorang pekerja terhadap Tuannya. Bahkan Allah melebihi Tuan mana pun di permukaan bumi ini, Dia memberikan fasilitas kepada hamba-Nya dengan berbagai kenikmatan hidup yang tidak dapat dibalas dengan harga semahal apapun. Karena itu, sebagai hamba, manusia yang beriman kepada Allah wajib sesegera mungkin merespon apa saja yang Allah perintahkan sekuat kemampuannya. Manakala ia dilarang atau diharamkan terhadap sesuatu maka dengan cepat dia harus menghentikannya. Seruan Allah harus dijadikan skala prioritas.

Respon yang tinggi dan cepat dari seorang muslim terhadap perintah dan laranganNya ini merupakan buah keimanannya kepada Allah, Malaikat, Kitab, dan Rasul-rasul-Nya. Keimanan yang benar dan mendalam merupakan modal utama dalam merespon seruan Allah Ta’ala.

Keempat, meneladani manusia-manusia terbaik

Dalam Islam, keteladanan adalah satu tema yang sangat penting dan urgen. Karena banyak sekali ayat dan hadits yang menjelaskan tentang urgensi keteladanan. Tentu yang dimaksud keteladanan di sini adalah dalam kebaikan. Bahkan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, setiap muslim diperintahkan untuk meneladani sang teladan terbaik sepanjang masa, yaitu Rasulullah. Baik keteladanan dalam dakwah, ekonomi, politik, hukum, pendidikan, social dan lain sebagainya. Allah Ta’ala berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sungguh telah ada pada diri Rasulullah teladan yang baik bagi kalian. Yaitu bagi siapa saja yang mengharap Allah, hari kiamat, dan senantiasa berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Berkaitan dengan ayat ini, Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata:

هَذِهِ الآيَةُ الْكَرِيْمَةُ أَصْلٌ كَبِيْرٌ فيِ التَأَسِّي بِرَسُوْلِ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَقْوَالِهِ وَأَفْعَالِهِ وَأَحْوَالِهِ

“Ayat yang mulia ini adalah dalil utama dalam meneladani Rasulullah baik dalam perkataan, perbuatan, maupun perilaku.”(Tafsir Ibnu Katsir)

Realitas sekarang, kita prihatin melihat kondisi anak didik (terutama usia remaja) saat ini. Mereka cenderung menjadikan bintang film layar perak, artis sinetron dan bintang lapangan sebagai idola dan model hidupnya. Mulai artis Bollywood  yang tenar sampai artis Hollywood yang bersinar, bintang muda Indonesia berbakat sampai bintang muda Korea yang memikat. Mulai jago lapangan Indonesia bernama Andik Vermansyah yang kecil tapi lincah sampai pada bintang lapangan dunia yang bayarannya mahal seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo yang sering menghiasi pemberitaan olahraga dan dunia hiburan. Mereka ini mengisi pikiran dan hati anak didik sehingga apa yang mereka perankan mulai dari gaya hidup, pergaulan bebas dan kesukaannya dijadikan model kehidupan anak didik.

Oleh karenanya, dalam rangka kesungguhan kita untuk merespon panggilan Allah, maka tirulah, ikutilah manusia-manusia terbaik. Jangankan kita sebagai manusia biasa, nabi terbaik pun -Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam- diperintahkan mengikuti pendahulunya, yaitu Nabi Ibrahim Alaihissalam. Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam diberikan wahyu untuk mengikuti millah Ibrahim.

إِنَّ إِبْرَاهِيمَ كَانَ أُمَّةً قَانِتاً لِلّهِ حَنِيفاً وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِينَ{120} شَاكِراً لِّأَنْعُمِهِ اجْتَبَاهُ وَهَدَاهُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ{121} وَآتَيْنَاهُ فِي الْدُّنْيَا حَسَنَةً وَإِنَّهُ فِي الآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِينَ{122} ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفاً وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ{123}

“Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan). (lagi) yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus. Dan kami berikan kepadanya kebaikan di dunia. Dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang shaleh.  Kemudian kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” (An Nahl: 120- 123)

Sebagai penutup, diantara musibah yang menimpa sebagian saudara kita adalah kurang mencintai sunnah-sunnah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. Bahkan, pemateri pernah mendapatkan berita, ada seorang tokoh islam membenci sunnah nabi dengan mengatakan “hati-hati dengan orang berjenggot! Semakin panjang jenggot seseorang, maka ia semakin bodoh”. Jika ini benar, berarti ia telah mentertawakan sunnah Rasulullah. Jadi, krisis yang menimpa umat islam bukan saja krisis keilmuan, tapi sudah merambah kepada krisis keimanan.

Semoga kita semua bersama anak keturunan kita, dimudahkan oleh Allah Ta’ala untuk segera cepat merespon panggilan Allah Ta’ala. Tidak ada yang lebih penting daripada cepat merespon panggilan-Nya.

Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

  Nabiyullah Sulaiman  'alaihissalam  (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta'ala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimilik...